Explore the blog
Wednesday, June 08, 2022

Cegah Penyakit Kulit dengan Betadine Antiseptik Body Wash

Cuaca sekarang tidak menentu, sama sekali sulit diprediksi. Meskipun sebenarnya BMKG masih jadi rujukan utama kita untuk melihat prediksi cuaca, namun pada kenyataannya kerap kali juga prediksi tersebut meleset. Ya namanya juga prediksi, buatan manusia yang tidak selamanya sesuai dengan ketetapan Sang Pencipta. 

cegah penyakit kulit

Cuaca punya peran penting bagi kehidupan, tidak hanya dibutuhkan untuk transportasi, pertanian, termasuk juga kesehatan kulit, lho. Hmm, kok bisa? Iyah doong ini hubungannya dengan kondisi kulit kita. Bagi yang punya kulit kering cenderung sensitif pasti sangat merasakan gimana dampak cuaca yang dingin lalu tiba-tiba panas sehingga membuat kelembaban kulit menjadi berkurang. Bukan hanya itu saja, kelembaban yang berlebih juga tidak bagus karena bisa menimbulkan jamur di kulit. 

Penyakit Kulit yang Sering Dihadapi


Bagi saya yang mengalami eksim kulit, cuaca itu juga pengaruh banget sebab jika terlalu kering maka si eksim bisa kambuh, meradang dan tentu membuat saya sangat tidak nyaman karena harus menahan diri untuk tidak menggaruk. Selain eksim, ada beberapa gangguan atau penyakit kulit yang sering kita hadapi antara lain: 


1. Bau Badan

Cuaca panas dan aktivitas berlebih bisa menimbulkan keringat yang berlebih pula. Nah, saat berkeringat inilah bakteri yang ada pada kulit akan dengan mudah berkembang biak serta memecah protein pada keringat sehingga menjadi zat asam yang kemudian memicu munculnya bau badan yang tidak sedap. 


2. Jamur Kulit

Penyakit jamur seperti panu, kadas, kudis juga kurap bukan lagi penyakit yang asing. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur yang biasanya tumbuh pada area yang lembab, seperti di sela-sela jari, lipatan kulit bahkan ada pula yang muncul di area organ intim. Nah, oleh karena itu sebagai perempuan penting banget lho menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim terlebih lagi saat masa menstruasi.


3. Jerawat di Badan 

Pada umumnya penyebab jerawat di badan sama dengan penyebab jerawat di wajah yaitu disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. Keringat yang berlebih dan debu dapat memperparah penyumbatan pada pori sehingga dapat memicu timbulnya infeksi akibat bakteri penyebab jerawat. 

Jerawat di badan biasanya muncul di daerah dada dan punggung karena pada daerah ini memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mana folikel di area tersebut cenderung tersumbat oleh sebum yang berlebih, yang mengakibatkan sel kulit mati dan bakteri terjebak sehingga menyebabkan terjadinya peradangan. Bukan hanya itu, jerawat badan juga biasa muncul pada punggung yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Faktor lain yang bisa menyebabkan jerawat yaitu gesekan antara pakaian dan kulit yang dapat menimbulkan iritasi pada pori-pori. 


4. Bisul 

Penyakit kulit lain yang sering dijumpai di masyarakat yaitu bisul yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus. Gangguan kulit yang satu ini berbentuk merah dan dapat membesar. Bisul biasanya muncul pada bagian tubuh yang lembab seperti lipatan paha, leher, ketiak, sela bokong dan juga kepala. Selain bakteri,  bisul juga dapat disebabkan oleh faktor kebersihan yang buruk, adanya luka yang terinfeksi, diabetes serta penggunaan bahan kimia. 



Cara Mencegah Penyakit Kulit


Sebelum menggunakan obat bahan kimia, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bahan alami yang dapat membantu meredakan rasa gatal ketika terkena penyakit atau gangguan kulit yaitu: 

1. Gunakan Bahan Alami 


bahan alami


  • Lidah buaya; tanaman satu ini memang dikenal memiliki banyak khasiat termasuk dapat meredakan rasa iritasi yang disebabkan oleh kulit gatal atau kulit kering. Kandungan lidah buaya dapat membantu menjaga dan melembabkan tingkat air yang ada di dalam kulit agar tetap tercukupi. Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menguji reaksi alergi pada kulit dengan cara mengoleskan sedikit lidah buaya ke telapak tangan.
  • Kunyit; tanaman ini mengandung senyawa aktif yang bernama kurkumin yang mana memiliki sifat antiinflamasi serta bakterisida. Selain itu, senyawa ini pula dapat membantu untuk mengobati peradangan juga gatal pada kulit.
  • Cuka apel; bahan ini mengandung asam asetat yang mana telah digunakan oleh ribuan tahun lalu sebagai bahan alami disinfektan dan antiseptik pada luka. Namun, perlu diingat bahwa cuka apel juga bisa mengiritasi luka terbuka. Jadi, hindari mengoleskan larutan ini pada kulit yang luka akibat pecah-pecah ataupun kulit yang berdarah.
  • Minyak kelapa; bahan satu ini juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat pula dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan peradagangan akibat alergi.
  • Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban alami kulit.


2. Hindari Pemicu Iritasi

Untuk meredakan iritasi atau rasa gatal yang disebabkan oleh alergi, kita sebaiknya menghindari pemicunya seperti tidak mandi dengan air panas, hindari pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung zat pewarna, pewangi ataupun bahan kimia lainnya. Tidak hanya itu, hindari pula bahan wol juga bahan dari serat sintetis, tanaman yang memicu alergi serta stress. 


3. Menjaga Kelembaban Kulit

Agar terhindar dari penyakit kulit, kita hendaknya menjaga kelembaban kulit karena gatal atau penyakit kulit juga bisa disebabkan karena kulit kering. Di samping itu, pastikan agar kulit terhidrasi dengan baik dengan cara rutin mengoleskan cream, lotion serta selalu cukupi kebutuhan air minum kita ya. 


4. Gunakan Obat

Jika dirasa bahan alami dan juga cara lain tersebut tidak ampuh menghilangkan rasa gatal atau penyakit kulit masih bertahan, saatnya untuk konsumsi obat anthistamin untuk mengatasi gatal akibat alergi akan tetapi obat jenis ini biasanya menimbulkan efek samping mengantuk. Ini bertujuan agar kita tenang dan berhenti untuk menggaruk. 


5. Berhenti Menggaruk dan Gunakan Sabun Antiseptik

Jalan terbaik agar sakit di kulit atau gatal tidak semakin menjadi adalah berhentilah untuk menggaruknya. Tidak hanya itu jaga kebersihan kulit dengan menggunakan sabun antiseptik setiap hari agar dapat membantu mencegah penyakit kulit akibat bakteri, alergi maupun virus.



Betadine Antiseptik Body Wash Cegah Penyakit Kulit


Betadine Body Wash


Kalau dulu kita mengenal Betadine sebagai obat untuk membersihkan luka, sekarang Betadine punya banyak produk yang bisa digunakan sebagai antiseptik. Selama lebih dari 50 tahun Betadine telah dipercaya oleh masyarakat dan juga tenaga kesehatan, bukan hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Menurut laman https://betadine.co.id/ menyebutkan bahwa sejak tahun 1969 BETADINE telah menjadi antiseptik yang digunakan oleh NASA untuk membersihkan Apollo 11x, lho. Weew, gak perlu diragukan lagi dong ya. 

Nah, untuk mencegah penyakit kulit kita dapat menggunakan sabun antiseptik yang efektif membunuh kuman. BETADINE Natural Defense Body Wash terbuat dari bahan alami yang mampu melindungi keluarga dari kuman penyebab penyakit. 

BETADINE Natural Defense Body Wash dapat digunakan setiap hari karena mengandung kebaikan alami dari Aloe Vera dan Vitamin E yang mampu melembabkan serta menjaga kesehatan kulit. Betadine Antiseptik Body Wash ini terdiri dari dua varian yaitu: Natural Devense Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera Body Wash;  sabun mandi dengan aroma Madu Maduka yang menyegarkan. Selain itu ada juga Refreshing Pomegranate & Moisturising Aloe Vera Body Wash; sabun mandi dengan aroma pomegranate. Keduanya diformulasikan dengan pH seimbang yang diperkaya dengan Vitamin E yang dapat membantu membersihkan, melembutkan kulit. Betadine Body Wash atau BETADINE Natural Defense ini tersedia dalam kemasan 500 ml dan refill 400 ml.



Penutup

Ada berbagai jenis penyakit kulit yang umum dialami oleh masyarakat yang terjadi karena banyak hal, seperti adanya bakteri maupun kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan kulit. Untuk mencegah penyakit kulit kita bisa menggunakan cara alami maupun dengan menggunakan obat. Tidak lupa juga untuk selalu memperhatikan kebersihan kulit salah satunya dengan rutin menggunakan sabun antiseptik setiap hari. 

Betadine Natural Defense Body Wash hadir dalam dua varian yang mengandung bahan alami Aloe Vera, Madu Maduka dan juga Pomegranate yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. 


Nah, mulai sekarang mari cegah penyakit kulit dengan Betadine Antiseptik Body Wash ya sekalian cegah bakteri juga virus yang tak terlihat.




Diah

Whould you like to comment?

  1. Wuiihhhh lengkap sekaliiiiihhhh, btw serius loh, kalau saya tidak baca tulisan ini, saya tidak ngeh kalau Betadine ada sabun mandi antiseptiknya, ckckckck.
    Kudet banget sayah 😪

    ReplyDelete
  2. Kulit sendiri menjadi bagian tubuh yang paling sensitif jangan terpapar sinar matahari dan berbagai efek lingkungan lainnya, menggunakan skincare aja bingung. Wah betadine bisa menjaga kebersihan kulit, nih, baru tahu. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  3. Betul mbak, dulu taunya Betadine itu obat luka aja ternyata sekarang ada produk body wash nya ya. Paling sebel itu kalo kulit kering, nggak enak gitu rasanya.

    ReplyDelete
  4. Loh kok aku belum pernah lihat botol Betadine yg ini ya? Ternyata Betadine punya produk body wash. Barutau loh. Cari ah buat anak mau kkn. Khawatir aja air mandirnya nggak cocok. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  5. Bener banget, dulu Betadine itu identik dengan obat luka antiseptik. Sekarang wah, banyak sekali varian dan kegunaannya dari Betadine ya. Masing-masing punya kelebihan tersendiri. Saya di rumah selalu sedia yang antiseptik luka sih. Yg antiseptik body wash ini belum punya nih

    ReplyDelete
  6. aku baru ngeeeh ada body washnya...pernah liat tapi memang belum pernah coba langsung. Untuk kondisi cuaca yang lembab seperti di Indonesia, memang kita harus hati - hati dengan gangguan kulit ya

    ReplyDelete
  7. Wah, aku perlu stock ini deh karena lagi musim hujan dan belakang rumahku itu kan sungai, banyak lahan kebanjiran dan jadi ada lalat. Khawatir deh kalau bakterinya kena ke kita jadi kulit butuh antiseptik

    ReplyDelete
  8. Betadine antiseptik memang banyak diandalkan keluarga di Indonesia ya. Selalu ada di kotak obat-obatan P3K

    ReplyDelete
  9. Masalah utamaku terhadap cuaca adalah bau badan dan jerawat badan. Ampuuuuun dijeh. Apalagi kerjaanku banyakan di lapangan. Terpapar langsung sama cuaca. Jadi kadang ada hawa2 negatif. Bukan hanya bau badan, jerawat badan ikut2an muncul. Eh, ndak cukup apa jerawat dimuka? Ngapain cari lokasi baru dibadan si? Kesel kan?

    Itu betadin adaji d lippo kaaan? Hopely dengan sabun betadin, BB pluuuus jerawat badan, byeeeeee selama-lamanya.

    ReplyDelete
  10. Bisa usir segala jenis kuman dan bakteri yang mungkin menganggu kesehatan kulit. Kudu banget menggunakan produk BETADINE Natural Defense Body Wash.

    ReplyDelete
  11. Betadine ini 3mang andalan akundan keluarga sari dulu, Mbak. Aniseptik pilihan. Apalagi sekarang udah banyak banget produk Betadine, mulai dari untuk luka, mulut, sampe body wash ya. Aku cobain juga.

    ReplyDelete
  12. Betadine punya body wash? Wah baru tau saya, sekira betadine diberikan setitik ke dalam air

    ReplyDelete
  13. Yang sering kita alami pastinya bau badan ya,bikin gak pede. Syukurnya sekarang betadine gak keluarin produk untuk luka aja tapi produk body wash juga. Mesti stock dirumah juga nih

    ReplyDelete
  14. Ternyata bau badan juga termasuk penyakit kulit ya. Btw baru tahu nih Betadine punya berbagai manfaat ya. Kirain juga buat obat membersihkan luka saja tapi ternyata sekarang produknya makin variatif ya sampai ada yang dalam kemasan body wash gini

    ReplyDelete
  15. Wah, betadine punya body wash juga, ya, Mbak. Cocok nih untuk kulit sy yang kadang bermasalah dan sensitif kalau cuaca berubah. Misal terlalu panas jadi muncul ruam... :(

    ReplyDelete
  16. Betadine, dikenal sebagai obat merah. Namanya sudah melekat hehe, meski saya juga mengenal obat kumurnya. Tapi kalau body wash merek Betadine? Wah, saya baru tahu nih. Jadi penasaran juga.

    ReplyDelete
  17. Wow Betadine ada produk untuk body wash ya. Baru tau kalo ada masalah kulit jangan mandi air panas ya. Makasiy sharenya mba

    ReplyDelete
  18. Kerennn ya Mbak, Betadine sejak tahun 1969 sudah dipakai untuk membersihkan Apollo 11. Sampai sekarang pun saya masih pakai Betadine untuk luka sehari-hari.
    Habis ini perlu cobain body wash-nya deh.

    ReplyDelete
  19. aku di rumah juga pakai sabun betadine ini, mbak. pas banget kemarin ketemu di minimarket langsung beli deh buat keluarga

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^