Explore the blog
Monday, May 30, 2022

Wisata ke Jember, Jangan Lupa Bawa Pulang Jajanan Khas Berikut

Kalau sebut Jember mungkin tidak seheboh Surabaya atau Malang, kota-kota yang di wilayah Jawa Timur. Namun, kalau sebut Jember mungkin kebanyakan orang malah jadi ingat musisi, juri  pencarian bakat sekaligus anggota DPR. Udah tahu kan siapa? Yes, Mas Anang yang memang asal Jember dan sangat bangga dengan kota asalnya itu.

jajanan khas jember


Kalau saya sendiri sih pertama kali dengar Jember itu sewaktu tahun 2004 - 2005, saat itu lagi senang chating di mIRC dan gabung di room Jember, kebetulan beberapa teman juga gabung disitu, kadang main scramble atau acak kata bareng. Seseruan berlomba susun kata. Hmm, jadi kepengen juga nih suatu saat bisa berkunjung ke Jember. Apalagi lihat-lihat dari hasil browsing kalau Jember itu banyak makanan khas daerahnya juga yang sayang banget dilewatkan kalau berkunjung ke sana bisa juga lho dibawa pulang sebagai buah tangan.  


Jajanan Khas Jember yang Memikat Hati


Jika berkunjung ke suatu daerah, pasti kita akan dengan senang hati untuk berburu tempat mengunjungi wisata andalan tempat tersebut, menikmati keindahan alam, mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut dan tidak lupa juga mencari buah tangan untuk dibawa pulang. Sekalian bantu UMKM Lokal juga kan, larisin produk mereka. Nah, kalau ke Jember konon beberapa jajanan khas Jember berikut selalu jadi incaran wisatawan.


1. Aneka Olahan Tape Singkong

Siapa nih yang suka tape singkong? Kalau saya sih YES! Saya suka dengan tape singkong dan biasanya saya jadikan bolu tape. Hampir tiap kali penjual tape singkong keliling lewat depan rumah, saya selalu membelinya lalu jadikan bolu tape. Nah, ternyata Jember salah satu daerah penghasil tape singkong besar di Pulau Jawa lho. Tape manis yang dari fermentasi singkong ini kebanyakan berasal dari daerah Sekar Madu. Menariknya, tape singkong ini kemudian diolah menjadi aneka makanan yang banyak dicari wisatawan untuk dijadikan buah tangan lho.

aneka olahan tape singkong



Adapun olahan tape singkong ini antara lain: Pia Tape yang bentuknya mirip bakpia Jogja yang isiannya berupa kacang hijau, cokelat, juga keju. Kemudian ada juga Prol Tape dan Brownies Tape. Tidak hanya itu, olahan tape singkong yang terkenal lainnya adalah Pao Tape yang disebut sebagai jajanan khas Jember. Kalau mau dibawa pulang sebagai oleh-oleh kita bisa membeli Pao Tape yang sudah dibekukan, lho. 

Selanjutnya tidak ketinggalan juga ada Suwar Suwir yang merupakan permen mirip dengan dodol, yang mana bahan utamanya adalah tape, gula, dan tepung. Suwar Suwir ini sudah melegenda karena telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Biar semakin menarik, Suwar Suwir tersedia dalam berbagai varian rasa seperti: durian, mangga, jeruk, apel, semangka, nanas, melon, anggur, pepaya, sirsak, stroberi, pandan, sirsak, vanili, dan juga ada rasa cokelat juga dong. 

2. Olahan Kopi dan Kakao

Melansir dari surabaya.liputan6.com menyebutkan bahwa selain olahan tape, Jember juga terkenal dengan produk kopi dan kakaonya. FYI, di Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) yang telah berdiri sejak tahun 1911 dan hingga kini masih digunakan sebagai pusat penelitian. 

Disamping sebagai pusat penelitian, sekarang Puslitkoka juga dijadikaan sebagai tempat wisata edukasi. Dimana pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pengolahan kopi dan kakao selanjutnya hasil produksi dari kopi dan kakao ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Adapun produk olahan kopi dan kako ini yaitu kopi bubuk, permen, cokelat, hingga minuman cokelat. 

3. Jenang Waluh


jenang waluh


Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan utama buah labu kuning yang diolah bersama ketan, kelapa tua, dan gula merah yang dibentuk seperti dodol dengan cita rasa legit, manis, gurih dan kenyal. 

4. Kedelai Edamame

Saya sendiri pertama kali makan kedelai edamame atau dikenal dengan kedelai Jepang itu di tahun 2018, saat mengikuti workplan di Surabaya. Dasar saya yang emang suka olahan kacang, langsung suka dong sejak kunyahan pertama, heheh. Belakangan baru tahu kalau Jember ternyata dikenal dengan produksi edamamenya bahkan menjadi salah satu komoditi ekspor andalan Jember, Jawa Timur yang telah mendunia karena kualitasnya yang unggul.

5. Terasi Udang Puger

Jember juga memiliki terasi khas yang biasa dijadikan oleh-oleh, Terasi Puger namanya. Puger merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jember ini terkenal karena hasil lautnya yang melimpah, salah satunya adalah udang yang merupakan bahan baku dari terasi.


Gol...Aborasi JNE Gandeng UMKM Jember di Era New Normal

Gol...Aborasi JNE Jember


Pandemi yang telah kita jalani sejak 2 tahun belakangan ini tentu membuat segala sektor menjadi terkena dampaknya. Sekarang kita sudah memasuki era new normal. Perlahan kondisi pun mulai membaik. Kabar baik buat kita semua terutama bagi para pelaku UMKM untuk bangkit dan melanjutkan kembali bisnisnya. 

Ngomongin soal bisnis UMKM pasti juga akan bahas cara mereka memasarkan produk termasuk juga cara pengirimannya. Nah, pas banget nih, pekan lalu JNE sebagai perusahaan logistik terbesar di Indonesia melalui kegiatan Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM di Jember, harapannya agar melalui workshop ini dapat mendukung pelaku UMKM untuk bangkit dari kondisi perekenomian yang berdampak dari adanya pandemi. 

Melalui webinar yang mengangkat tema Bersama JNE Jember, Dorong UMKM Adaptif dan Inovatif di Pasca Pandemi, Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE mengungkapkan bahwa "Kalo untuk kolaborasi kita sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap ada komunitas UMKM, saya kunjungi dan ajak sharing apa nih yang dibutuhkan UMKM. Kita juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas." jelasnya pada JNE Goll..Aborasi Bisnis Online, Jumat (20/5).

Program ini bertujuan memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM selain layanan bisnis terpadu. Dalam kegiatan ini para UMKM baru juga diberikan tips dan trick dalam membuka usaha agar bisa bersaing dalam bisnisnya. 

Tidak hanya itu saja, untuk mendukung UMKM Jember agar terus berkembang, JNE Jember memberikan berbagai jasa dan solusi bagi para UMKM setempat, serta melaksanakan kegiatan sosial dan CSR untuk para korban erupsi Semeru dan juga membangun yayasan yatim. 

Seru banget ya kegiatan dari JNE ini. Selalu bangga dengan program-program dan inovasi dari JNE yang selalu dekat dan terus mendukung UMKM lokal kita. Kalau di daerah Temans jajanan apa aja nih yang jadi primadona dan selalu jadi incaran wisatawan? Semoga UMKM kita makin maju ya dan program yang dijalankan JNE bisa lancar. 



Diah




Referensi: 
https://www.javatravel.net/oleh-oleh-khas-jember



Whould you like to comment?

  1. bagus nih, jne merambah ke umkm umkm, sehingga bisa makin berkembang umkm di indonesia

    ReplyDelete
  2. Diriku paling suka olahan tape singkong say, pernah bikin sendiri malah bolu tape, enak emang.
    Tapi diriku belom pernah cobain sih oleh-oleh khas Jember, kemaren ke Jember cuman cicipin makanan khasnya, dirimu bikin pengen balik ke Jember dong :D

    ReplyDelete
  3. Ingat Jember jadi ingat mas Anang ya, hehe ternyata ada banyak oleh-oleh khasnya. Aku suka tuh olahan tape. Pengen nyobain dong.

    ReplyDelete
  4. jenang waluh ini aq suka bikin sendiri kalo pas punya waluh pemberian tetangga. aq sendiri yang orang jawa timur belum pernah mengunjungi Jember mbak. ternyata main q kurang jauh ya

    ReplyDelete
  5. yang paling sering aku bawa biasanya olahan tape sih ama jenang. Beneran jadi oleh oleh favorit dan khas banget terus temenku ama orang rumah juga suka dan pasti habis

    ReplyDelete
  6. diriku biasanya sering bawa oleh oleh olahan dari tape sama Jenang sih. Soalnya keluarga ama temen temenku pada doyan dan selalu abis. Jadi seneng kan ya. dan emang khas sih rasanya

    ReplyDelete
  7. Wah ngiler nih bolu tapenya pengen nyobain. Makasih informasi oleh2 Jember nya siapa tau suatu saat nanyi kesana eh tp klo ada JNE mah bisa aja dikirim yaa

    ReplyDelete
  8. wah ternyata banyak banget ya olahan khas Jember yang bsia dijadikan oleh-oleh, saya waktu ke Jember diajak makanan khas sana dan bawa oleh-oleh jenangnya

    ReplyDelete
  9. Bapakku berasal dari Jember dan menikahi ibuku yang orang Madura. Sesekali aku pasti mudik ke Jember. Dan biasanya emang nggak bisa tanpa beli prol tape dan suwar-suwir.

    Lalu keberadaan JNE ini emang membantu banget. Kita bisa mengirimkan apapun pake JNE. Bahkan jika itu makanan.

    ReplyDelete
  10. Ya ampun, baru nyadar kalau edamame itu komoditas andalan Jember. Kalo suwar-suwir ... udah akrab banget, Halah, akrab. Hehe.... Mas iparku (alm) orang Jember. Dulu sukanya bawain suwar-suwir. Kalau pia tape, brownies tape, dsb itu sepertinya lebih baru ya, Mbak?

    ReplyDelete
  11. Brownies tape itu gimana rasanya ya. Saya penasaran banget. Secara ya, saya hanya makan tape singkong ya yang masih bentuk tape. Belum diolah jadi makanan yg lebih menggoda.

    Jadi pengen nyicipin nih. Gimana rasa brownies tape.

    ReplyDelete
  12. Tape singkong mah enak deh rasanya, terus juga jenang waluh nikmat ...ah pokoknya camilan Nusantara memang selalu menggugah selera ya. Hebat ini dukungan JNE untuk para UMKM di sana.

    ReplyDelete
  13. Si tape singkong kok kayaknya enak ya, penasaran deh sama oleh-oleh jember. JNE juga keren deh selalu mendukung UMKM lokal

    ReplyDelete
  14. penasaran nih dengan kue olahan singkong. enak banget kayaknya. JNE semakin keren ya visinya, membantu UMKM tumbuh

    ReplyDelete
  15. Wah iya, banyak juga ya oleh oleh khas Jember ini
    Acara yang dilakukan oleh JNE ini sangat inspiratif ya mbak, agar UMKM cepat berkembang

    ReplyDelete
  16. Wahh Jember juga punya ciri khas oleh-oleh yaa, mantapp kekayaan kuliner Indonesia

    ReplyDelete
  17. Kesukaan aku bangeeett..suwar-suwir.
    Aku pernah bertamu di rumah teman Ibu dan saking enaknya si suwar-suwir ini aku makan sampe hampir abis se-toples ((sambil nungguin Ibuk ngobrol pan yaa.. namanya anak SD, kutak bisa menahaaan))

    Ternyata asal tahu yang jualannya, ketemu produk terbaik Jember yang bikin gak bisa berenti makanan. Kudu banget hunting oleh-oleh Jember via online karena kini UMKM sudah berkolaborasi dengan JNE melalui Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember.

    Semoga semakin banyak produk kuliner, wisata dan semuanya yang berkaitan dengan Jember ke seluruh dunia.

    ReplyDelete
  18. Aku kurang suka tape singkong sebenernya tapi kayaknya kalau dijadikan produk olahan kayak oleh-oleh Jember gini jadi penasaran pengen nyoba, hihihi

    ReplyDelete
  19. Ayaa suka tape singkong daerah Blambangan sana. Jember, probolinggo, banyuwangi dll. Enak, manis gitu.

    ReplyDelete
  20. Eh, aku baru tahu lho kak kalau Jember ternyata salah satu daerah penghasil edamame. Selama ini juga cuma ngemil edamame doang hahaha. Jadi pengen nih ke Jember

    ReplyDelete
  21. Wah beberapa bulan lalu aku ke Jember tapi malah nggak beli apa2 saking nggak taunya oleh2 khas Jember mbak.

    ReplyDelete
  22. Menarik banget nih, makanan kesukaanku juga tape singkong. Rasanya seger dan manis.

    ReplyDelete
  23. Wah saya suka banget makanan dari olahan tape. Pia tape kayaknya unik banget ya, Mba. Terasi khas Jember saya belum pernah nyoba nih. Asyiknya kalo ada pengiriman kayak JNE ini, yg jauh pun jadi mudah dibeli. Saya pun untuk bumbu2 kayak kluwek, ebi, ini beli di Jakarta juga :D

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^