Ayo Bersama JNE Dukung UMKM Jangkau Pasar Nusantara

"Sambal tumisnya sudah habis ya?" tanya Paksuami dua hari yang lalu. 
 
"Upss, iyah Pa, maaf ya belum sempat buat lagi. Tadi pagi juga lupa beli lombok dan tomatnya di penjual sayur. Sekalian deh kalau Papa sebentar keluar titip beli ya." Jawab saya panjang lebar kemudian, hihih.

mari bersama dukung umkm jangkau pasar



Ya, begitulah Si Paksuami ini Alhamdulillah tipe orang yang  gak rewel soal makanan, yang penting ada sambal sih udah aman. Makanya salah satu menu yang wajib ada di meja makan adalah sambal tumis. Kalau gak ya sambal mentah atau botolan pun juga jadi. Demikianlah, sejak menikah saya pun jadi ikut suka makan sambal juga dan sering coba-coba sambal olahan dari aneka ikan atau bahan lainnya. Seperti usaha milik teman saya di Kendari yang buat sambal ikan roa, terus pernah juga coba sambal baby cumi jualan tetangga.

Ahaaa saya jadi ingat, beberapa waktu lalu teman saya Darna yang tugas di Wanci posting makan siangnya pakai sambal kaholeo (ikan teri yang dipanggang khas Buton). Hmm saya jadi ngences dibuatnya. Bayangin makan nasi panas tanpa lauk saja dengan sambal kaholeo itu kayaknya bakalan lupa berhenti deh, xixiixix. *hempaskan timbangan*

Sore itu saya pun langsung hubungi Darna cari tahu tentang sambal Kaholeo ini, apa bisa dikirim ke Kendari atau saya boleh nitip dia saja kalau pas balik kesini? Biasanya sih akhir tahun itu dia balik Kendari habisin liburan. Eits kabar baiknya, katanya sambal kaholeo ini bisa dikirim kok pakai JNE, sudah sering juga dikirim ke berbagai wilayah. Cihuuyy saya langsung semangat dong dan minta detail contact sambal kaholeo by Ani Cake itu. 


Kirim Paket Makanan Nusantara dengan Layanan PESONA JNE 


Hmm, memang semudah itu ya sekarang kita bisa dapatkan barang yang kita inginkan. Dengan bantuan media sosial ataupun market place kita sudah bisa memesan barang, duduk manis saja sambil nungggu kurir antarin paket kita. Pasti deh happy banget kalau dengar sorakan "pakeeet" ya kaaan? 😀

Apalagi untuk kirim paket makanan khas Nusantara. Sekarang itu kita tidak perlu lagi deh repot-repot ke tempat asal makanan khas suatu daerah untuk dapatkan makanan tersebut karena kita bisa mengandalkan JNE yang punya layanan khusus PESONA yaitu Pesanan Oleh-Oleh Nusantara yang bisa kita manfaatkan  nih. Cocok juga kan ya bagi yang sedang merantau dan kangen ingin menyantap makanan khas kampung halaman. Gak perlu khawatir pesanan kita sampai dalam keadaan yang tidak diinginkan karena UMKM sekarang sudah hebat-hebat lho dalam mengemas  produk mereka. 

Seperti cerita saya tadi yang inginkan sambal kaholeo yang diproduksi di Wanci, Wakatobi (Sulawesi Tenggara ini. Dengan memesan online saja, tunggu, pesanan akan segera sampai di tangan. Duh gak kebayang deh harus keluarin berapa biaya coba kalau harus kesana segala hanya untuk sambal, hihih. FYI, produk dari Ani Cake ini juga sudah Go Nasional lho terbukti salah satu produk andalannya ikut pameran di Bogor beberapa waktu lalu. Hmm, rasanya saya sudah tidak sabar deh dengan pesanan saya.


JNE Content Competition 2021


JNE Content Competition 2021


Nah, Temas tentu juga punya pengalaman berbelanja pada UMKM dong ya? Ahaaaa, saatnya Temans juga ceritakan pengaalamannya itu yuk dengan mengikuti JNE Content Competition 2021 yang mengambil tema "JNE Bersama UMKM untuk Indonesia" yang terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE lho. 

Kompetisinya juga ini beragam lho, tidak hanya kompetisi menulis (Writing Competition) saja tapi juga ada Photo Competition, Video Competition, dan Design Competition. Tiap kategori punya variasi hadiah sendiri lho. Jadi kita bisa bebas mengikuti kompetisi mana yang diinginkan. Info lengkapnya bisa dicek di link ini ya. 

Syarat dan Ketentuan Mengikuti JNE Blog Competition 2021


Khusus untuk info blog/writing competitionnya saya mau spill disini ya, biar sekalian jadi pengingat saya juga nanti ikutan lombanya nih.

  • Untuk mengikuti lomba ini kita harus terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum daftar ya wajib daftar dulu dong. Caranya gampang kok.
  • Akun Kompasiana yang sudah terevalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
  • Tulisan bersifat baaru, original (bukan hasil karya orang lain ataupun plagiat ya!) dan artikel tersebut tidak sedang diikutkan lomba pada tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar tata tertib Kompasiana.
  • Setelah artikel tayang, Tim Moderator akan mengunci artikel yang dilombakan sehingga Temans tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Jadi, pastikan artikelnya sudah fix ya sebelum isi formulir keikutsertaan lomba.

Mekanisme JNE Blog Competition 2021


Selain syarat dan ketentuan di atas, setiap peserta juga wajib ya mengikuti mekanisme JNE Blog Competition 2021 berikut: 

  • Tema lomba: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia
  • Ceritakan tentang pengalaman Temans bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, disamping juga mendukung kemajuan perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fashion/beauty, dll) yang menjembatani kebutuhan para stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb).
  • Periode lomba berlangsung pada 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022.
  • Tulisan minimal 500 kata dan tidak boleh lebih dari 1.500 kata dengan keyword: JNE
  • Wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia.
  • Tulisan yang tidak sesuai ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan dalam kompetisi ini.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Ingat! Tidak boleh curang ya karena pihak penyelenggara berhak menganulir pemenang atau menggeluarkan pihak yang bersangkutan.
  • Pengumuman pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir.

Gimana, pasti tertarik untuk ikutan juga kan ya? Ikut lomba ini sama juga kita bantu UMKM untuk terus maju. Apalagi jika UMKM itu kita kenal dan memang memiliki potensi tinggi, saatnya kita dukung keberlangsungannya dong ya.



Semoga bermanfaat ☺


Next Post Previous Post
32 Comments
  • Yonal Regen
    Yonal Regen 3:58 PM

    Saya juga penyuka sambal, ditambah lalapan dan ikan, lengkap lah sudah makan siang. Maknyus

  • Arni
    Arni 4:38 PM

    Astagaa sa ngiler baca sambal kaholeo kasian
    Tambah nasi anget saja nikmat sangat
    Huhuhu postingan ini sukses bikin saya lapaaaar

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 6:44 PM

    Kirim paket luar pulau pun sekarang makin mudah dengan ekspedisi JNE. Saya pas jualan online paling sering pakai JNE soalnya aman dan mudah sampai.

  • Didik
    Didik 10:31 PM

    Ah jadi kangen sambel Roa dari Manado dah. Kalo ada layanan pengiriman instan gini, terutama pesona nusantara dari JNE, kirim/beli makanan antardaerah makin gampang dah. Besok pesen ah pake layanan JNE.

  • Han
    Han 10:49 PM

    Aku selalu keskip nih lombanya JNE. mudah2an bisa ikutan nantii, deadlinenya januari yahh. noted mba diahh

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 6:47 AM

    JNE selalu terdepan dalam mendukung UMKM di Indonesia ya. Dia menjadi sahabat terdekat yang selalu siap menjadi penghubung owner dengan pelanggannya. Waah seru banget ada kompetisinya, jadi pengen ikutan...terimakasih informasinya mbak.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 8:44 AM

    wah ada lomba dari JNE ya
    mau ikutan ah, dedlinenya januari ya mbak?

  • Okti Li
    Okti Li 9:18 AM

    Kebetulan banyak sekali kenangan saya dengan JNE. Secara sejak tahun 2012 hanya JNE kurir yang masuk ke kampung saya di pelosok ini selain PT Pos. Semoga bisa ikut kompetisinya

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 11:09 AM

    Masih ada kesempatan nih buat ngumpulin ide brilian biar menang hehe. Dan asiknya udah punya akun Kompasiana, jadi tinggal eksekusi

  • YSalma
    YSalma 11:16 AM

    Aku dari dulu dapat kiriman paket rendang juga melalui pengiriman JNE ini.
    Mau ikut lomba blognya juga ahh, mumpung deadline masih panjang. Makasih infonya mba.

  • Fionaz
    Fionaz 4:42 PM

    Jadi pengen ikutan lombanya mbak, deadlinenya juga masih lama jadi masih ada waktu. Btw makasih infonya ya mbak

  • Muhammad Patintingan
    Muhammad Patintingan 5:23 PM

    Salut dengan program JNE nih, Kak. Harapan saya, semoga dengan adanya program ini, UMKM bisa bangkit kembali setelah serangan pandemi Covid19.
    Anw, bahas sambal khas Buton, jadi ingat teman kuliah saya yang seringkali bawakan sambal khas Buton, setiap liburan kuliah selesai.. Hhe

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 7:54 PM

    Duh Kak, saya langsung auto ngiler membayangkan sambal baby cumi atau sambal ikan teri, dkk. Itu kalau disantap pake nasi panas/hangat nikmatnya bukan main,hehe.

    Btw boleh juga nih kompetisinya. Eh tapi kudu pake Kompasiana ya. Udah punya akunnya sih. Tinggal nulis aja berarti.

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 8:22 PM

    wah menarik bgt nih klo kangen masakan khas nusantara bisa dikirim pakai jne dong yaaaaaa

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:04 PM

    Ikut lombanya dan bisa menuliskan UMKM yang sering mendukung kehidupan sehari-hari ini udah paling nyaman yaa.. Bagaikan story telling.
    UMKM semakin terbantu dengan testimoni dan kepuasan pelanggan saat menggunakan ekspedisi terbaik.

  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina 10:47 PM

    Saya sering dapat kiriman menggunakan paket JNE. Alhamdulillah selama ini selalu memuaskan. Semoga para UMKM semakin berkembang dan ekonomi lebih cepat pulih ya

  • Adriana Dian
    Adriana Dian 12:54 AM

    Wah setuju banget nih, JNE yang sudah menjangkau banyak kota pastinya cocok banget buat dukung UMKM di seluruh Indonesia yaaa..

  • BlogSabda.com
    BlogSabda.com 10:02 AM

    sebagi bentuk support atas usaha makanan UMKM bahkan JNE punya jasa layanan khusus yang namanya PESONE ya mbak, ini sebagi bentuk pelayanan logistik terbaik sih untuk memajukan dan mendorong perekonomian. karena bagaimanapun jasa pengiriman berperan besar

  • Munasyaroh
    Munasyaroh 11:38 AM

    JNE berasa banget dalam perputaran ekonomi dan usaha. Jadi pingin ikut lombanya juga, Temanya gampang

  • PemudaPembelajar
    PemudaPembelajar 4:10 PM

    Wahh, terimakasih artikelnya kak, baru tahu JNE ngadain kompetisi dari artikel ini, masih ada waktu walau tinggal sedikit bisa ikutan nih. Sukses terus buat JNE dalam mendukung UMKM indonesia

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 4:23 PM

    wuaahhh aku juga dari kemaren udh baca baca nih JNE competition buat dukung UMKM, aku mau ikutan photo competitionnya ahhhh

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 12:22 PM

    Kalau suami saya, makan tanpa kerupuk tuh kayaknya kurang banget. Jadi wajib banget ada kerupuk hihihi, alhamdulillah di sini juga ada umkm yang menyediakan kerupuk putih kayak mie itu. ada yang kecil sampai besar. Btw wah ada lomba dari JNE ya jadi pengen ikutan deh.

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 4:25 PM

    seneng banget nih sama JNE.. sejak dulu pas masih jualan online, aku setia banget pakai JNE. soalnya aftersalesnya cukup baik, terutama kalau pas ada keluhan pelanggan misalnya paket ngga sampai. tapi itu jarang banget terjadi sih

  • indahriadiani
    indahriadiani 8:42 PM

    Waaaah jiwa lomba ku meronta ronta wkwkwk...apalagi temanya untuk dukung UMKM ya, aku bantu sebarin juga ya Mba. Info baik ini ga boleh berhenti di aku.. hehe

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 9:57 PM

    Kalau JNE Alhamdulilah gak pernah kejadian paket nyasar kemana2. Kalau pake ekspedisi lain pernah paket nyasar ke surabaya, ke banyumas. Dan mau complain bingung kemana, kirim email pun gak ada tanggapan

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 6:37 AM

    dari kemarin liat info lomba ini, mudah2an aku ga kelewat ikutan, karena temanya juga bagus dari JNE

  • Ida
    Ida 7:48 AM

    Bagus nih ada kompetisi seperti ini karena temanya sesuai dengan kebutuhan saat ini yang sedang meningkatkan UMKM kita

  • lendyagassi
    lendyagassi 1:26 PM

    Cakep banget nih, kerjasama antara JNE yang mengangkat tema UMKM sebagai bisnis masa kini yang harus ditingkatkan dan dihidupkan kembali dengan cara melalui tulisan. Semoga UMKM Indonesia bangkit kembali dan perekonomian Indonesia semakin menguat.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 2:02 PM

    Semoga banyak yang ikutan nih kompetisi ini. Mantap hadiahnya, sekaligus juga kita bersama-sama support UMKM Indonesia agar selalu jadi andalan perekonomian di masa mendatang.

  • Emanuella Christianti
    Emanuella Christianti 4:47 PM

    Jadi inget mamaku dulu pernah kirim pisang hasil panen kebun pakai JNE.... Soalnya cuma JNE kurir online yang ada si kampung kami yang bisa ditracking online.... :love

  • Idah Ceris
    Idah Ceris 4:55 PM

    Di Pesona JNE banyak banget oleh2 khas daerah, ya. Pingin jajan camilan khas kota mana, tinggal pilih dan bayar.

    Btw, ikut lombanya yuk! Hahaha

  • ginanelwan
    ginanelwan 11:14 PM

    JNE ternyata concern thdp pelaku UMKM, menginspirasi banget! Semoga makin banyak yg seperti JNE tuk bisa support UMKM

Add Comment
comment url