Explore the blog
Saturday, December 18, 2021

Ayo Bersama JNE Dukung UMKM Jangkau Pasar Nusantara

"Sambal tumisnya sudah habis ya?" tanya Paksuami dua hari yang lalu. 
 
"Upss, iyah Pa, maaf ya belum sempat buat lagi. Tadi pagi juga lupa beli lombok dan tomatnya di penjual sayur. Sekalian deh kalau Papa sebentar keluar titip beli ya." Jawab saya panjang lebar kemudian, hihih.

mari bersama dukung umkm jangkau pasar



Ya, begitulah Si Paksuami ini Alhamdulillah tipe orang yang  gak rewel soal makanan, yang penting ada sambal sih udah aman. Makanya salah satu menu yang wajib ada di meja makan adalah sambal tumis. Kalau gak ya sambal mentah atau botolan pun juga jadi. Demikianlah, sejak menikah saya pun jadi ikut suka makan sambal juga dan sering coba-coba sambal olahan dari aneka ikan atau bahan lainnya. Seperti usaha milik teman saya di Kendari yang buat sambal ikan roa, terus pernah juga coba sambal baby cumi jualan tetangga.

Ahaaa saya jadi ingat, beberapa waktu lalu teman saya Darna yang tugas di Wanci posting makan siangnya pakai sambal kaholeo (ikan teri yang dipanggang khas Buton). Hmm saya jadi ngences dibuatnya. Bayangin makan nasi panas tanpa lauk saja dengan sambal kaholeo itu kayaknya bakalan lupa berhenti deh, xixiixix. *hempaskan timbangan*

Sore itu saya pun langsung hubungi Darna cari tahu tentang sambal Kaholeo ini, apa bisa dikirim ke Kendari atau saya boleh nitip dia saja kalau pas balik kesini? Biasanya sih akhir tahun itu dia balik Kendari habisin liburan. Eits kabar baiknya, katanya sambal kaholeo ini bisa dikirim kok pakai JNE, sudah sering juga dikirim ke berbagai wilayah. Cihuuyy saya langsung semangat dong dan minta detail contact sambal kaholeo by Ani Cake itu. 


Kirim Paket Makanan Nusantara dengan Layanan PESONA JNE 


Hmm, memang semudah itu ya sekarang kita bisa dapatkan barang yang kita inginkan. Dengan bantuan media sosial ataupun market place kita sudah bisa memesan barang, duduk manis saja sambil nungggu kurir antarin paket kita. Pasti deh happy banget kalau dengar sorakan "pakeeet" ya kaaan? 😀

Apalagi untuk kirim paket makanan khas Nusantara. Sekarang itu kita tidak perlu lagi deh repot-repot ke tempat asal makanan khas suatu daerah untuk dapatkan makanan tersebut karena kita bisa mengandalkan JNE yang punya layanan khusus PESONA yaitu Pesanan Oleh-Oleh Nusantara yang bisa kita manfaatkan  nih. Cocok juga kan ya bagi yang sedang merantau dan kangen ingin menyantap makanan khas kampung halaman. Gak perlu khawatir pesanan kita sampai dalam keadaan yang tidak diinginkan karena UMKM sekarang sudah hebat-hebat lho dalam mengemas  produk mereka. 

Seperti cerita saya tadi yang inginkan sambal kaholeo yang diproduksi di Wanci, Wakatobi (Sulawesi Tenggara ini. Dengan memesan online saja, tunggu, pesanan akan segera sampai di tangan. Duh gak kebayang deh harus keluarin berapa biaya coba kalau harus kesana segala hanya untuk sambal, hihih. FYI, produk dari Ani Cake ini juga sudah Go Nasional lho terbukti salah satu produk andalannya ikut pameran di Bogor beberapa waktu lalu. Hmm, rasanya saya sudah tidak sabar deh dengan pesanan saya.


JNE Content Competition 2021


JNE Content Competition 2021


Nah, Temas tentu juga punya pengalaman berbelanja pada UMKM dong ya? Ahaaaa, saatnya Temans juga ceritakan pengaalamannya itu yuk dengan mengikuti JNE Content Competition 2021 yang mengambil tema "JNE Bersama UMKM untuk Indonesia" yang terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE lho. 

Kompetisinya juga ini beragam lho, tidak hanya kompetisi menulis (Writing Competition) saja tapi juga ada Photo Competition, Video Competition, dan Design Competition. Tiap kategori punya variasi hadiah sendiri lho. Jadi kita bisa bebas mengikuti kompetisi mana yang diinginkan. Info lengkapnya bisa dicek di link ini ya. 

Syarat dan Ketentuan Mengikuti JNE Blog Competition 2021


Khusus untuk info blog/writing competitionnya saya mau spill disini ya, biar sekalian jadi pengingat saya juga nanti ikutan lombanya nih.

  • Untuk mengikuti lomba ini kita harus terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum daftar ya wajib daftar dulu dong. Caranya gampang kok.
  • Akun Kompasiana yang sudah terevalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
  • Tulisan bersifat baaru, original (bukan hasil karya orang lain ataupun plagiat ya!) dan artikel tersebut tidak sedang diikutkan lomba pada tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar tata tertib Kompasiana.
  • Setelah artikel tayang, Tim Moderator akan mengunci artikel yang dilombakan sehingga Temans tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Jadi, pastikan artikelnya sudah fix ya sebelum isi formulir keikutsertaan lomba.

Mekanisme JNE Blog Competition 2021


Selain syarat dan ketentuan di atas, setiap peserta juga wajib ya mengikuti mekanisme JNE Blog Competition 2021 berikut: 

  • Tema lomba: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia
  • Ceritakan tentang pengalaman Temans bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, disamping juga mendukung kemajuan perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fashion/beauty, dll) yang menjembatani kebutuhan para stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb).
  • Periode lomba berlangsung pada 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022.
  • Tulisan minimal 500 kata dan tidak boleh lebih dari 1.500 kata dengan keyword: JNE
  • Wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia.
  • Tulisan yang tidak sesuai ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan dalam kompetisi ini.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Ingat! Tidak boleh curang ya karena pihak penyelenggara berhak menganulir pemenang atau menggeluarkan pihak yang bersangkutan.
  • Pengumuman pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir.

Gimana, pasti tertarik untuk ikutan juga kan ya? Ikut lomba ini sama juga kita bantu UMKM untuk terus maju. Apalagi jika UMKM itu kita kenal dan memang memiliki potensi tinggi, saatnya kita dukung keberlangsungannya dong ya.



Semoga bermanfaat ☺


Whould you like to comment?

  1. Saya juga penyuka sambal, ditambah lalapan dan ikan, lengkap lah sudah makan siang. Maknyus

    ReplyDelete
  2. Astagaa sa ngiler baca sambal kaholeo kasian
    Tambah nasi anget saja nikmat sangat
    Huhuhu postingan ini sukses bikin saya lapaaaar

    ReplyDelete
  3. Kirim paket luar pulau pun sekarang makin mudah dengan ekspedisi JNE. Saya pas jualan online paling sering pakai JNE soalnya aman dan mudah sampai.

    ReplyDelete
  4. Ah jadi kangen sambel Roa dari Manado dah. Kalo ada layanan pengiriman instan gini, terutama pesona nusantara dari JNE, kirim/beli makanan antardaerah makin gampang dah. Besok pesen ah pake layanan JNE.

    ReplyDelete
  5. Aku selalu keskip nih lombanya JNE. mudah2an bisa ikutan nantii, deadlinenya januari yahh. noted mba diahh

    ReplyDelete
  6. JNE selalu terdepan dalam mendukung UMKM di Indonesia ya. Dia menjadi sahabat terdekat yang selalu siap menjadi penghubung owner dengan pelanggannya. Waah seru banget ada kompetisinya, jadi pengen ikutan...terimakasih informasinya mbak.

    ReplyDelete
  7. wah ada lomba dari JNE ya
    mau ikutan ah, dedlinenya januari ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Kebetulan banyak sekali kenangan saya dengan JNE. Secara sejak tahun 2012 hanya JNE kurir yang masuk ke kampung saya di pelosok ini selain PT Pos. Semoga bisa ikut kompetisinya

    ReplyDelete
  9. Masih ada kesempatan nih buat ngumpulin ide brilian biar menang hehe. Dan asiknya udah punya akun Kompasiana, jadi tinggal eksekusi

    ReplyDelete
  10. Aku dari dulu dapat kiriman paket rendang juga melalui pengiriman JNE ini.
    Mau ikut lomba blognya juga ahh, mumpung deadline masih panjang. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ikutan lombanya mbak, deadlinenya juga masih lama jadi masih ada waktu. Btw makasih infonya ya mbak

    ReplyDelete
  12. Salut dengan program JNE nih, Kak. Harapan saya, semoga dengan adanya program ini, UMKM bisa bangkit kembali setelah serangan pandemi Covid19.
    Anw, bahas sambal khas Buton, jadi ingat teman kuliah saya yang seringkali bawakan sambal khas Buton, setiap liburan kuliah selesai.. Hhe

    ReplyDelete
  13. Duh Kak, saya langsung auto ngiler membayangkan sambal baby cumi atau sambal ikan teri, dkk. Itu kalau disantap pake nasi panas/hangat nikmatnya bukan main,hehe.

    Btw boleh juga nih kompetisinya. Eh tapi kudu pake Kompasiana ya. Udah punya akunnya sih. Tinggal nulis aja berarti.

    ReplyDelete
  14. wah menarik bgt nih klo kangen masakan khas nusantara bisa dikirim pakai jne dong yaaaaaa

    ReplyDelete
  15. Ikut lombanya dan bisa menuliskan UMKM yang sering mendukung kehidupan sehari-hari ini udah paling nyaman yaa.. Bagaikan story telling.
    UMKM semakin terbantu dengan testimoni dan kepuasan pelanggan saat menggunakan ekspedisi terbaik.

    ReplyDelete
  16. Saya sering dapat kiriman menggunakan paket JNE. Alhamdulillah selama ini selalu memuaskan. Semoga para UMKM semakin berkembang dan ekonomi lebih cepat pulih ya

    ReplyDelete
  17. Wah setuju banget nih, JNE yang sudah menjangkau banyak kota pastinya cocok banget buat dukung UMKM di seluruh Indonesia yaaa..

    ReplyDelete
  18. sebagi bentuk support atas usaha makanan UMKM bahkan JNE punya jasa layanan khusus yang namanya PESONE ya mbak, ini sebagi bentuk pelayanan logistik terbaik sih untuk memajukan dan mendorong perekonomian. karena bagaimanapun jasa pengiriman berperan besar

    ReplyDelete
  19. JNE berasa banget dalam perputaran ekonomi dan usaha. Jadi pingin ikut lombanya juga, Temanya gampang

    ReplyDelete
  20. Wahh, terimakasih artikelnya kak, baru tahu JNE ngadain kompetisi dari artikel ini, masih ada waktu walau tinggal sedikit bisa ikutan nih. Sukses terus buat JNE dalam mendukung UMKM indonesia

    ReplyDelete
  21. wuaahhh aku juga dari kemaren udh baca baca nih JNE competition buat dukung UMKM, aku mau ikutan photo competitionnya ahhhh

    ReplyDelete
  22. Kalau suami saya, makan tanpa kerupuk tuh kayaknya kurang banget. Jadi wajib banget ada kerupuk hihihi, alhamdulillah di sini juga ada umkm yang menyediakan kerupuk putih kayak mie itu. ada yang kecil sampai besar. Btw wah ada lomba dari JNE ya jadi pengen ikutan deh.

    ReplyDelete
  23. seneng banget nih sama JNE.. sejak dulu pas masih jualan online, aku setia banget pakai JNE. soalnya aftersalesnya cukup baik, terutama kalau pas ada keluhan pelanggan misalnya paket ngga sampai. tapi itu jarang banget terjadi sih

    ReplyDelete
  24. Waaaah jiwa lomba ku meronta ronta wkwkwk...apalagi temanya untuk dukung UMKM ya, aku bantu sebarin juga ya Mba. Info baik ini ga boleh berhenti di aku.. hehe

    ReplyDelete
  25. Kalau JNE Alhamdulilah gak pernah kejadian paket nyasar kemana2. Kalau pake ekspedisi lain pernah paket nyasar ke surabaya, ke banyumas. Dan mau complain bingung kemana, kirim email pun gak ada tanggapan

    ReplyDelete
  26. dari kemarin liat info lomba ini, mudah2an aku ga kelewat ikutan, karena temanya juga bagus dari JNE

    ReplyDelete
  27. Bagus nih ada kompetisi seperti ini karena temanya sesuai dengan kebutuhan saat ini yang sedang meningkatkan UMKM kita

    ReplyDelete
  28. Cakep banget nih, kerjasama antara JNE yang mengangkat tema UMKM sebagai bisnis masa kini yang harus ditingkatkan dan dihidupkan kembali dengan cara melalui tulisan. Semoga UMKM Indonesia bangkit kembali dan perekonomian Indonesia semakin menguat.

    ReplyDelete
  29. Semoga banyak yang ikutan nih kompetisi ini. Mantap hadiahnya, sekaligus juga kita bersama-sama support UMKM Indonesia agar selalu jadi andalan perekonomian di masa mendatang.

    ReplyDelete
  30. Jadi inget mamaku dulu pernah kirim pisang hasil panen kebun pakai JNE.... Soalnya cuma JNE kurir online yang ada si kampung kami yang bisa ditracking online.... :love

    ReplyDelete
  31. Di Pesona JNE banyak banget oleh2 khas daerah, ya. Pingin jajan camilan khas kota mana, tinggal pilih dan bayar.

    Btw, ikut lombanya yuk! Hahaha

    ReplyDelete
  32. JNE ternyata concern thdp pelaku UMKM, menginspirasi banget! Semoga makin banyak yg seperti JNE tuk bisa support UMKM

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^