Explore the blog
Thursday, December 16, 2021

Kolaborasi #AyoTunjukTangan Maksimalkan Akses Nutrisi dan Pendidikan Generasi Maju

Halo Bunda! Masih ingat kan dengan gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia dari SGM Eksplor dan Mitra untuk dukung #GenerasiMaju yang diluncurkan pada Agustus lalu? Ya, saya yakin sebagian kita telah mengambil langkah juga untuk kesuksesan gerakan sosial ini. 

#AyoTunjukTangan dukung kolaborasi SGM Eksplor dan Partner untuk Generasi Maju


Terbukti dengan angka dukungan yang masuk saat ini telah mencapai lebih dari 4 juta dukungan, yang mana berarti telah lebih dari 100% dari jumlah target awal yang ingin dicapai. Angka ini tentu tidak berhenti sampai disini saja karena dukungan masih terus berlanjut dan bagi Bunda yang belum ikut  gerakan #AyoTunjukTangan, masih punya kesempatan lho untuk ikut bantu anak Indonesia untuk terus maju dan wujudkan mimpinya. 

Pada Kamis 9 Desember 2021 lalu saya berkesempatan hadir dalam pemaparan secara virtual hasil kerja SGM Eksplor bersama Mitra yang telah sukses menyalurkan konversi dukungan Bunda dalam bentuk akses nutrisi dan pendidikan bagi Generasi Maju di 41 Kabupaten/Kota di Indonesia. 


Anak Indonesia, Generasi Emas Penerus Bangsa


Sudah jelas ya kalau anak Indonesia adalah generasi penerus bangsa yang untuknya itu perlu didukung nutrisi dan pendidikannya agar mereka terus tumbuh menjadi generasi maju. Namun sayangnya, menurut data UNICEF yang dirilis pada 11 Mei 2020 menyebutkan bahwa "9 dari 10 Anak Indonesia masih kekurangan akses nutrisi dan pendidikan."

Tentunya ini bukan angka yang sedikit ya? Apalagi pandemi saat ini membuat banyak anak harus kehilangan orangtua mereka baik Ayah maupun Ibu, bahkan ada banyak anak Indonesia yang terpaksa kehilangan kedua orangtua mereka karena menjadi korban virus Covid-19 yang hingga sekarang belum berakhir. Otomatis mereka pun jadi kekurangan kasih sayang, tumbuh kembang anak juga bisa terganggu karena kekurangan nutrisi dan juga pendidikan yang statusnya mungkin saja bisa putus di tengah jalan. 

Belum lagi akses pendidikan di beberapa wilayah Indonesia yang memang cukup memprihatinkan dikarenakan bangunan sekolah yang tidak layak dan juga akses menuju sekolah yang sulit. Belum lagi saat pandemi sekarang ini yang mana pembelajaran tatap muka masih belum sepenuhnya dilaksanakan. Otomatis anak-anak masih butuh gawai dan juga koneksi internet untuk menunjang aktivitas belajar online mereka. 



Kolaborasi SGM Eksplor Melalui #AyoTunjukTangan Untuk Generasi Maju


Ibu Vera Galuh Sugijanto sebagai VP General Secretary Danone Indonesia menyebutkan bahwa beban pandemi ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak tapi juga tenaga pendidik dan orangtua. Sehingga jika semakin banyak pihak yang terlibat secara sosial dan kolektif, tentu masalah ini bisa ditangani lebih cepat. 

Olehnya itu, di tahun 2021 ini Pihak Danone melalui #SGMEksplor melakukan rangkaian inisiatif kolaboratif melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang mana diluncurkan pada Agustus lalu dan telah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi yang tersebuar di 41 Kota/Kabupaten di 15 Provinsi di Indonesia yaitu berupa: 

  • Gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar
  • Rehabilitasi 10 Sekolah. dan
  • Dukungan nutrisi berupa 75.000 produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun. 

Saya sudah ikut gerakan sosial ini ya dan rasanya senang juga terharu mendengar laporan progress pencapaian ini yang berlangsung hanya kurang lebih dari 3 bulan saja sejak peluncurannya lho. Ibu Vera pun juga berharap agar inisiatif ini tidak berhenti sampai disini dan kolaborasi ini bisa menginspirasi banyak lagi pihak, mitra, pemangku kepentingan untuk bersama bahu-membahu memperkuat pendidikan dan akses nutrisi anak Indonesia. 


Dukungan Para Pihak dalam Tercapainya Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan untuk Generasi Maju


Gerakan sosial ini bisa berjalan lancar dan sukses seperti sekarang tentu tidak luput dari dukungan semua pihak yang peduli terhadap masalah bersama ini dan telah berkontribusi untuk mengambil bagian dalam mengentaskan masalah nutrisi dan pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia. 


gerakan #AyoTunjukTangan untuk Anak Indonesia


Pada webinar ini juga hadir pihak-pihak penting dalam Gerakan #AyoTunjukTangan diantaranya adalah: 

  • Bapak Jumeri, S.TP. - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dinni, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek
  • Ibu Daisy Indira Yasmien, S.Sos., M.Soc. Sci. - Pengamat Sosial Anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia
  • Mbak Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor
  • Bapak Andry P Santoso - General Manager Coporate Social Responsibity Telkomsel
  • Ibu Siti Messyana Putri - Senior Business Development Manager CAKAP


Apresiasi Pemerintah Terhadap Kolaborasi #AyoTunjukTangan SGM Eksplor dan Mitra


Kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Gerakan Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting Pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Dengan adanya gerakan #AyoTunjukTangan ini Pemerintah tentu menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi dengan Pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujdukan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang. (Bapak Jumeri, S.TP)


Gerakan #AyoTunjukTangan ini jelas sejalan dengan apa yang menjadi fokus Pemerintah. Terlebih lagi di masa pandemi ini diperkirakan semakin mempersulit akses nutrisi dan pendidikan yang penting bagi kemajuan masa depan Anak Indonesia Maju. Akses internet yang terbatas dan perangkat digital yang memadai juga menghambaat siswa untuk belajar daring. Dengan adanya dukungan #AyoTunjukTangan jelas akan membantu anak Indonesia agar mudah dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. 


Kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif, dimana sektor swasta dapat memainkan peran pentingnya sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dimiliki guna mendukung kemajuan anak-anak Indonesia. (Ibu Daisy Indira Yasmin, S.Sos., M.Soc. Sci)

Jelas banget ya jika Pemerintah dan Swasta bersatu menjadi support system demi kemajuan anak Indonesia ini pasti bisa dengan mudah terlaksana karena semakin banyak yang mendukung gerakan positif ini maka tujuan utama pun juga akan mudah tercapai. Anak Indonesia menjadi generasi emas, genarasi maju penerus bangsa. 



Peran Swasta dalam Mendukung Pendidikan dan Nutrisi Anak Generasi Maju


Dalam melaksanakan gerakan #AyoTunjukTangan ini SGM Eksplor mengajak Telkomsel, salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yang memang berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan Komunitas digital talent masa depan yang berkualitas unggul. 

"Kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik." (Bapak Andry P Santoso)


Kebayang dong ya, Perusahaan Telekomuniasi terbesar di Indonesia turut mengambil langkah dukungannya terhadap akses nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak Indonesia, anak-anak generasi maju. 

Hal serupa juga dikemukakan oleh Platform pembelajaran online CAKAP juga mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor. 

"Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan."


Wow, ketika Platform belajar dan Perusahaan Telekomunikasi terbesar Indonesia bersatu hadirkan senyum di wajah anak-anak Indonesia, ini menandakan  bahwa Kolaborasi #AyoTunjukTangan telah berhasil dong ya. Harapan besarnya bahwa seluruh Bunda dapat ikut serta jadi bagian gerakan sosial ini. PR besar kita bersama lho ini yang mana harus segera dilaksanakan. 



Hasil Dukungan Kolaborasi #AyoTunjukTangan untuk  Anak Generasi Maju


Mbak Astrid Prasetyo selaku Marketing SGM Eksplor juga melengkapi paparan yang disampaikan oleh Ibu Vera di awal tadi bahwa SGM Eksplor  percaya bahwa semua anak berhak untuk maju sehingga seharusnya tidak ada lagi anak yang tertinggal termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. Danone Indonesia melalui SGM Eksplor telah menginisiasi suatu gerakan sosial #AyoTunjukTangan untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia bersama banyak partner yang memiliki tujuan yang sama untuk dalam mendukung kemajuan anak indonesia. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat yang sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul.


hasil gerakan #AyoTunjukTangan untuk anak Indonesia

"Rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor untuk terus bersama-sama memperkuat pendidikan dan kualitas hidup masyarakat di masa depan, tidak terkecuali anak-anak yang saat ini memiliki tantangan kesulitan akses. Inisiatif ini diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan."

Melalui kolaborasi yang kuat dan semangat gotong royong, SGM Eksplor dan Mitra telah berhasil memberikan kontribusi  besar terhadap edukasi dan nutrisi anak-anak Indonesia di 41 Kabupaten/Kota dan 15 Provinsi. Tentu harapannya dukungan ini tidak hanya sampai disini saja. 

Sebagai Bunda pun kita juga masih bisa untuk terus berpartisipasi dalam gerakan #AyoTunjukTangan ini karena keterlibatan publik dapat menghasilkan perubahan dalam peningkatan kualitas. Jika Bunda sebelumnya telah ikut ambil bagian memberi dukungan, sekarang kita bisa  memberi informasi mengenai hasil yang telah dicapai, viralkan gerakan ini agar lebih banyak lagi Bunda lain turut berpartisipasi. 

#AyoTunjukTangan tidak berhenti sampai disini, apalagi saat ini kita masih dalam masa pandemi dan masih banyak anak Indonesia yang masih membutuhkan akses nutrisi dan pendidikan yang dibutuhkan Anak Indonesia Maju



Whould you like to comment?

  1. Wawww sudah lebih dari 4 juta yang ikut gerakan ini ya. Seingatku waktu itu targetnya 2 juta. Keren, ini berarti tinggi antusias para Bunda Indonesia untuk mendukung kemajuan anak Indonesia lewat gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, artinya 200% dari terget awal yaa Kak. Harapannya bisa lebih digalakkan lagi nih Kak programnya dan mampu menjangkau pelosok negeri.
      Apalagi saya pernah membaca sebuah artikel, cuma lupa sumbernya, dulu saat perang dunia, rata-rata tinggi tentara Belanda sekitar 170 cm (terpendek di Eropa). Nah, sekarang penduduknya malah ada yang 200 cm (tertinggi di Eropa). Ini didasari karena masyarakatnya sering mengkonsumsi susu yang berkualitas, tentunya kebutuhan nutrisinya tercukupi.
      Begitupun dengan tentara Jepang yang hanya 160 cm, sekarang masyarakatnya sudah hampir menyamai tinggi masyarakat Eropa loh.
      Semoga Keluarga Indonesia bisa belajar banyak dari Belanda maupun Jepang serta melalui program SGM ini mampu menjembatani kecukupan nutrisi anak-anak Indonesia.

      Delete
  2. Wah semangat banget, ya, si kecil mengikuti programnya. SGM memang yang terbaik, gak hanya memberikan nutrisi tetapi mengeksplorasi perkembangan si kecil.

    ReplyDelete
  3. Luar biasa manfaat gerakan #AyoTunjukTangan ini. Semoga keberadaannya bisa membantu anak-anak Indonesia yang membutuhkan bantuan baik di bidang pendidikan maupun tumbuh kembang mereka.

    ReplyDelete
  4. mudah2an pendidikan anak Indonesia makin maju yaa, apalagi didukung oleh perusahaan sebesar SGM ini

    ReplyDelete
  5. Kereeen aksi #ayotunjuktangan ini sampai bisa menjangkau 41 kota ya mba. Semoga makin banyak yg terbantu dan ladang kebaikan ini bisa jadi ajang saling motivasi kebaikan

    ReplyDelete
  6. Salut dengan SGM. Terus konsisten dengan gerakan ini. Anak-anak memang menjadi generasi penerus bangsa. Sayang banget kalau asupan gizi dan pendidikannya gak terpenuhi

    ReplyDelete
  7. setahu aku kampanye ayo tunjuk tangan SGM sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu dan senang sekali tahun ini makin banyak yang mendukung untuk kesuksesannya, semoga terus ada hingga tahun2 yang akan datang

    ReplyDelete
  8. SGM dari saya kecil sampai dewasa seperti sekarang ini memang selalu jadi piihan mbak, pokoknya SGM luar biasa sekali

    ReplyDelete
  9. Memang untuk gerakan sosial seperti ini tuh semua pihak harus ambil bagian dan saling mendukung untuk generasi masa depan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Gerakan yang sangat baik untuk genarasi bangsa. Anak-anak memang butuh sekali dukungan dari banyak pihak, terutama orang tua dan nutrisi seperti SGM.

    ReplyDelete
  11. Program Ayo Tunjuk Tangan bisa membantu para anak-anak di Indonesia mendapatkan akses nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembangnya, keren nih

    ReplyDelete
  12. Miris banget emang. Mayoritas anak Indonesia kekurangan akses terhadap nutrisi dan pendidikan. Tugas berat kita sebagai orangtua utk menyediakan nutrisi terbaik kepada buah hati kita, sekaligus akses pendidikannya. Beruntung SGM peduli thd masalah ini. Bantuannya sangat berarti sekali. CSR mereka tepat sasaran. Perlu dicontoh nih buat perusahaan lain.

    ReplyDelete
  13. Mari tunjuk tangan keren slogannya, SGM memberikan pemenuhan nutrisi untuk generasi masa depan

    ReplyDelete
  14. Semoga saja gerakan #AyoTunjukTangan ini bisa memberikan pengaruh yang baik bagi pemenuhan kebutuhan akan nutrisi dan pendidikan anak-anak di Indonesia...

    ReplyDelete
  15. Keren ini programnya, mana nama programnya lucu kagi, tunjuk tangan. Keliatah sepele, dampaknya gede ya mbak...

    ReplyDelete
  16. Gerakan sosial yg dipelopori oleh SGM ini patut menjadi contoh bagi yg lain. Agar terwujud generasi terdidik dan sehat

    ReplyDelete
  17. SGM ini sangat peduli pada tumbuh kembang anak anak ya mbak. Semoga bisa diikuti oleh pihak lain agar semakin banyak yg mengedit mengenai pentingnya gizi anak

    ReplyDelete
  18. Kolaborasi antara SGM dan rekanan bagus banget untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Semoga programnya dapat terus berkesinambungan

    ReplyDelete
  19. Dari data yang dirilis UNICEF tsb tentu sangat mencengangkan dan membuka mata kita ternyata begitu banyak anak di Indonesia yang kurang dalam hal akses nutrisi dan pendidikan. Untuk itulah diperlukan peran serta masyarakat secara aktif untuk peningkatan nutrisi anak

    ReplyDelete
  20. Kolaborasi ini sangat mendukung agar anak-anak menjadi generasi maju karena di tangan mereka nantinya akan menjadi pemimpin bangsa

    ReplyDelete
  21. Setuju banget, kalo soal anak-anak, itu adalah tanggungjawab bersama. Mereka akan jadi generasi Penerus yang bakal mengelola bangsa ini. Jadi harus disiapkan sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  22. akses nutrisi itu emang masih jadi persoalan di beberapa tempat ya mba.. kadang sudah ada yang daerah bisa memaksimalkan potensi nutrisi2 dari makanan lokal, eh edukasinya yang belum dapat

    ReplyDelete
  23. Program Tunjuk tangan ini bagus banget ya mba, apalagi bisa berkolaborasi dengan sejumlah brand besar buat membantu anak2 Indonesia dalam mendapatkan akses pendidikan dan nutrisi yang lebih baik, semoga terus menginspirasi ya :)

    ReplyDelete
  24. Mbaa iya benar baha pandemi ini membuat anak-anak juga merasakan dampaknya. Tapi itu juga yang terjadi pada pendidik dan orangtua ya. Jadi bagaimanapun harus tetap memperhatikan asupan nutrisinya. Kolaborasi yang apik

    ReplyDelete
  25. Kontribusi SGM sangat besar bagi pendidikan di Indonesia dan bagi anak-anak. Banyak sekali yang sudah sangat terbantu.

    ReplyDelete
  26. Keren banget programnya SGM ini, mudah2an ngga ada lagii yah yang namanya kasus stunting di indonesia <3 aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, benar kak,
      Itu yang diharapkan. Sehingga anak-anak dapat optimal tumbuh kembangnya, karena mereka yang nantinya akan memimpin bangsa

      Delete
  27. kebutuhan nutrisi buat mendukung tumbuh kembang anak emang penting banget yaa, ditambah belajar yang efektif dan mumpuni demi mencapai target penciptaan SDM yang unggul, karena di tangan2 anak-anak kecil jaman sekarang yg akan menerima estafet kepemimpinan dan roda perekonomian di masa depan

    ReplyDelete
  28. Gerakan Ayo Tunjuk Tangan sangat membantu anak2 Indonesia untuk mendapatkan akses pemenuhan nutrisi dam akses pendidikan jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  29. Gerakan #AyoTunjukTangan membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terus mendukung SGM agar memberikan akses kemudahan dan bantuan untuk para anak yang kurang beruntung di pelosok Indonesia. Semoga semua anak Indonesia bisa berkembang dan memiliki kesempatan yang sama.

    ReplyDelete
  30. Program Ayo Tunjuk Tangan bisa meningkatkan kesadaran kita semua nih untuk memenuhi nutrisi anak-anak sebagai generasi maju

    ReplyDelete
  31. Program seperti ini sangat bagus ya dalam mendukung nutrisi dan pendidikan anak se-Indonesia. Seharusnya perusahaan lain contoh seperti ini

    ReplyDelete
  32. Dari dulu SGM selalu memberikan dukungan untuk generasi muda bangsa ini. Selalu ada gerakan-gerakan nyata baik untuk kesehatan maupun pendidikan anak-anak.

    Semoga dengan begini, makin banyak anak yang sekolah dan terpenuhi kebutuhan gizinya.

    ReplyDelete
  33. Semoga dengan banyaknya dukungan dr berbagai pihak dkm gerakan ini, dapat membantu anak2 Indonesia yg terdampak pamdemi yah.

    ReplyDelete
  34. jika ingin anak tumbuh menjadi generasi maju, pastinya harus dipenuhi kebutuhan nutrisi dan edukasinya ya mbak

    ReplyDelete
  35. nice movement sih ini menurutku dari SGM, mengajak semua orang termasuk para bunda di Indonesia untuk menyatakan dukungan demi kemajuan dan pemerataan nutrisi dan edukasi anak Indonesia

    ReplyDelete
  36. Salut buat SGM eksplor dan para mitra.. aksinya benar-benar nyata dan selalu memberikan dukungan buat kemajuan anak bangsa.

    ReplyDelete
  37. Gerakan sosial yang keren banget, sebagai generasi bangsa emang anak harus diperhatikan segitunya tumbuh kembangnya. Gerakan yang simple dan mudah dilupakan tapi ternyata dampaknya besar

    ReplyDelete
  38. keren banget nih program SGM tunjuk tangan. aku udah ikutan juga dong kak, dan kaget pas dapet watsapp langsung, hehe

    ReplyDelete
  39. SGM memang selalu terdepan untuk urusan kemajuan anak Indonesia. Selalu punya cara sederhana untuk mewujudkan cita cita besar...

    ReplyDelete
  40. Bagus nih program dari SGM, semoga semakin banyak masyarakat Indonesia sadar akan kebutuhan nutrisi anak-anak mereka yaa Kak.

    ReplyDelete
  41. Salut banget dengan berbagai support yang diberikan SGM dlam berperan aktif demi anak bangsa. Salah satunya #AyoTunjukTangan ini. Semoga gk pernah bosan memberi yg terbaik demi para penerus bangsa ya. Bangga adanya SGM

    ReplyDelete
  42. Aku tiap liat kegiatan sgm tuh ngerasa keren dan bermanfaat. Karena mengajak ibu ibu untuk aktif dan peduli generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  43. Wah keren banget ini programnya SGM, beneran membantu dan mendukung pemerintah supaya anak-anak dan generasi bangsa tercukupi kebutuhan nutrisi dan juga pendidikannya.

    ReplyDelete
  44. Pasti sedih sekali ya..karena ternyata masih banyak anak Indonesia yang tidak memperoleh kesempatan pendidikan dan akses kesehatan yang sama. Bersama program Ayo Tunjuk Tangan dari SGM, semoga mimpi semua anak bangsa bisa terwujud dan membuat Indonesia maju.

    ReplyDelete
  45. Rehabilitasi sekolah maksudnya kyk memperbaiki sekoah gtu ya mbak?
    Program SGM ini sangat bagus untuk membantu di bidang pendidikan ya mbak, soalnya memang kalau mengandakan pemerintah aja gak bisa sih. Kudu dibantu ma swsta dan tentu saja masyarakat jg melalui kempen2 kyk gini.

    ReplyDelete
  46. Kerren banget nih kak, programnya SGM. Baru dirilis bulan Agustus aja, udah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi yang tersebuar di 41 Kota/Kabupaten di 15 Provinsi di Indonesia

    ReplyDelete
  47. Generasi ini harus betul-betul diperhatikan, dgn adanya gerakan ini sy sangat mendukung langkah perusahaan yg ikut serta dlm dlm gerakan ini, termasuk SGM.

    ReplyDelete
  48. keren banget deh SGM dengan adanya gerakan tunjuk tangan ini berupaya ya mba buat penuhi asupan nutrisi apalagi pandemi ya makin miris kondisinya

    ReplyDelete
  49. gerakan yg inspiratif
    memang klo mau anak tumbuh jadi generasi maju, harus didukung dengan pemberian edukasi dan nutrisi terbaik ya mbak

    ReplyDelete
  50. semoga semakin banyak yang mendapatkan akses edukasi nutrisi untuk generasi maju. Yuk bisa yuk

    ReplyDelete
  51. Keren banget programnya komplit. Bantuan di belasan provinsi itu berarti ga cuma Jawa aja ya? Semoga pendidikan kita ke depannya semakin mudah murah dan merata.

    ReplyDelete
  52. alhamdulillah ya, mbak banyak anak-anak yang terbantu lewat program tunjuk tangan SGM ini. semoga saja ke depannya program ini bisa terus dijalankan dan bisa membantu lebih banyak anak indonesia

    ReplyDelete
  53. Aku sudah ikutan juga dong.. seneng ya bisa ikut support nutrisi dan edukasi anak-anak lain dengan cara yang sangat mudah.

    ReplyDelete
  54. Masalah pendidikan dan kesehatan memang problem bersama ya. Untuk mengatasinya perlu kerjasama semua pihak. Termasuk adanya gerakan ayo tunjuk tangan ini juga upaya nyata ikut serta mengatasi masalah pemerataan pendidikan

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^