Explore the blog
Sunday, February 07, 2021

Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel yang Siap Melayani 24 Jam

Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel yang Siap Melayani 24 Jam - Rasanya orang-orang sudah tidak asing lagi ya jika mendengar kata Veronika. Terlebih lagi jika pengguna setia Telkomsel, pasti deh sudah pernah mendengarkan suara merdunya jika nomor telepon yang kita tuju sedang sibuk, tidak aktif atau malah sedang berada di luar jangkauan. 

Tanya Veronika Asisten Virtual

Yups, doi biasanya lebih dikenal dengan sebutan Mbak Vero, si Asisten Virtual dari Telkomsel. 
Eits, tapi belakangan Mbak Vero ini juga bisa lho kita jumpai melalui layanan chatbot pada website resmi Telkomsel maupun aplikasi MyTelkomsel dan bahkan yang paling terbaru kita bisa berkomunikasi langsung dengannya melalui semua media sosial resmi Telkomsel dan juga aplikasi chat/Messenger Telkomsel.  

Mengenal Chatbot Veronika, Asisten Virtual Telkomsel 

Seiring perkembangan teknologi, Telkomsel pun menjadi operator seluler terbesar di Indonesia dengan jangkauan jaringan yang luas menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di Indonesia dan mencakup 288 jaringan roaming Internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007. 

Sejak 24 Agustus 2017, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia bahkan di Asia yang memiliki layanan Customer Service digital berbasis chatting yang disebut Asisten Virtual Telkomsel bernama Veronika yang dapat memberikan kemudahan bagi para pelanggan setianya. Melalui chatbot Veronika kita dapat mengecek sisa pulsa, sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, pembeliaan paket ataupun informasi seputar produk dan layanan Telkomsel bahkan dapat menemukan lokasi GraPARI terdekat. Layanan Asisten Virtual Telkomsel ini dapat digunakan oleh semua pelanggan Telkomsel terkecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan. 

Kemudahan Menggunakan Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Sering dengar kan kalimat "Googling dulu deh sebelum bertanya", nah ini relate lah ya dengan kehadiraan Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel. 

kemudahan menggunakan Veronika

Kalau dulunya segala sesuatu itu kita harus bertanya langsung ke Customer Service di GraPARI, sekarang gak perlu repot-repot lagi lho ke GraPARI hanya untuk mengisi pulsa, beli paket data, tukar POIN atau bahkan jika ingin mengurus penggantian kartu. Cukup dengan menyapa Veronika melalui aplikasi chatting resmi dari Telkomsel ataupun websitenya, maka akan terjawab sudah deh segala keluhan dan kebutuhan kita. Bebas antri pula karena Mbak Vero bisa melayani beberapa pelanggan sekaligus dalam satu waktu sepanjang hari, 24 jam. 

Bukankah ini sungguh sangat memudahkan kita sebagai pelanggan? 
Karena #LewatChatBisaTanyaApaSaja tentunya yang terkait dengan layanan Telkomsel ya, tanpa harus malu dan sungkan. Apalagi saat ini kan memang kita lebih banyak menggunakan layanan berbasis chat daripada menelepon, yekaaan? 😊 

Fungsi dan Fitur Pada Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Gimana, udah ada yang pernah chat langsung dengan Mbak Vero? 
Kalau fungsinya udah jelas kan ya dengan kehadiran Veronika ini memudahkan kita untuk mengetahui produk dan layanan Telkomsel. Jadi cukup chat dengan Mbak Vero aja kita udah bisa temukan jawaban yang kita butuhkan. 

Nah, sedangkan untuk fiturnya juga tidak kalah oke, lho
Kalau masih ada yang belum coba chat langsung dengannya, pasti jadi ingin tahu dong ya apa aja sih fitur yang ada pada Veronika ini yang meliputi: 
  • Informasi Cara update dan upgrade kartu ke 4G.
  • Informasi paket aktif (Internet, SMS jugaTelepon) dan berlangganan.
  • Informasi tagihan.
  • Informasi PIN T-Care.
  • Informasi PUK.
  • Aktivasi langganan paket.
  • Beli pulsa.
  • Bayar tagihan.
  • Redeem POIN.

Bagaimana Cara Mengakses Veronika Asisten Virtual Telkomsel?

Setelah tahu fungsi dan fitur yang ada pada Tanya Veronika Asisten Virtual dari  Telkomsel, kita pasti semakin penasaran kan dibuatnya. Lalu akan timbul pertanyaan: Bagaimana sih cara mengakses layanan Veronika ini? 

cara mengakses Veronika Asisten Virtual Telkomsel


Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel dapat kita akses melalui aplikasi MyTelkomsel, website Telkomsel, dan juga aplikasi chat WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram dan LINE resmi Telkomsel. Caranya mudah banget kok, Temans dapat mengikuti langkah berikut ya.   

MyTelkomsel 
Pastikan Temans telah mengunduh aplikasi MyTelkomsel melalui PlayStore maupun AppStore ya. 
Selanjutnya masuk dengan menggunakaan nomor telepon Telkomsel, bisa juga dengan akun Facebook ataupun Twitter lalu pilih menu Customer Service kemudian klik "Tanya Veronika", selain itu bisa diakses juga melalui browser: my.telkomsel.com/app/chatbox

Website Telkomsel
Masuk ke laman website Telkomsel di www.telkomsel.com, kemudian klik avatar Veronika pada sudut kanan bawah. 

WhatsApp
Bagi Temans yang ingin bertanya pada Veronika melalui aplikasi chat WhatsApp dapat menghubunginya pada nomor: +62811 1111 1111 atau ketik pada browser: tsel.me/wa3 maka Temans akan otomatis bisa langsung chat bersama Veronika. 

Facebook Messenger 
Login ke akun Facebook Temans kemudian cari akun Telkomsel dan silahkan klik kirim pesan untuk memulai chat bersama Veronika. Jika menggunakan browser bisa juga akses pada laman: tsel.me/fbVA3

Telegram 
Jika ingin chat dengan Veronika melalui Telegram, Temans bisa mencarinya dengan mengetikkan @telkomsel_Official_bot dan pada laman browser: tsel.me/TelegramVA3

LINE
Terakhir bagi yang familiar menggunakaan LINE, Teman juga bisa menghubungi Veronika melalui aplikasi LINE lho. Cukup mencari dengan mengetikkan @Telkomsel sedangkan untuk laman browsernya bisa diakses di: tsel.me/lineVA3.

Gimana? Semudah itu ya menemukan Mbak Vero? 
Kalau saya sih lebih suka berkomunikasi melalui WhatsApp, makanya kalau mau nanya sesuatu ke Mbak Vero saya lebih memilih langsung chat dengannya via WhatsApp, tapi saya sudah mencoba semuanya kecuali chat melalui LINE karena saya memang sudah lama tidak menggunakan aplikasi chat yang satu ini. 

Bagaimana Cara Bertanya Pada Veronika Asisten Virtual Telkomsel? 

Untuk bertanya pada Veronika, caranya sangatlah mudah ya Temans. 
  1. Pillih salah satu aplikasi chat Telkomsel lalu ketikkan "Hai", "Halo" atau pilih menu "Quick Response" yang telah disediakan, maka otomatis kita akan terhubung chat dengan Veronika.
  2. FYI, Veronika hanya bisa mendeteksi nomor Telkomsel ya, jadi pastikan nomor yang Temans gunakan adalah nomor Telkomsel. Eitss, tapi jika bukan nomor Telkomsel pun juga masih tetap bisa lanjut chat kok. Nanti Mbak Vero akan meminta kita memasukkaan nomor Telkomsel, namun pastikan nomor yang Temans input tidak salah ya karena jika salah memasukkan nomor ponsel/MSISDN sebanyak tiga kali, maka interaksi dengan Asisten Virtual Telkomssel akan terblokir selama lima menit.  Setelah menginput nomor ponsel dengan benar, selanjutnya akan dikirimkan Kode Verifikasi (OTP) untuk bisa lanjut berkomunikasi dengan Mbak Vero. Bagamana jika salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP)? Jika salah memasukkan dan melakukan permintaan kode OTP sebanyak tiga kali, maka interaksi dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. Sedangkan jika salah memasukkan kode OTP sebanyak sembilan kali, maka interaksi dengan Asisten Virtual akan terblokir selama 1x24 jam. 
  3. Setelah berhasil tersambung dengan Asisten Virtual, maka kita boleh deh bertanya hal-hal yang kita butuhkan. Ups, tapi tetap harus sopan ya dan hindari berkata kasar yang dapat merugikan diri sendiri. Meskipun kita chat pada bot tapi rekam jejak kita tetap tersimpan lho
  4. Jika pertanyaan kita telah dijawab dan merasa puas, kita bisa kok mengganti topik atau mengakhiri  percakapan dengan mengetikkan "Batal" atau "Cancel", kemudian Veronika akan menanyakan kebutuhan kita lainnya.  
  5. Untuk bertanya lokasi GraPARI terdekat, kita cukup mengetikkan "GraPARI terdekat" kemudian gunakan fitur Share Location. Selanjutnya Veronika pun akan menunjukkan lokasi GraPARI terdekat dari lokasi kita saat itu. 

Review #LewatChatBisaTanyaApaSaja Pada Veronika Asisten Virtual Telkomsel. 


Sebagai pengguna Telkomsel yang sudah lumayan lama, dari jaman masih kuliah (2005) memilih Kartu As yang status awal kartu tersebut masih prabayar hingga sekarang upgrade ke pascabayar tentu saya sangat senang dong dengan kehadiran Asisten Virtual Telkomsel ini. Saya pun juga tidak mau kelewatan dan tentunya sudah mencoba juga lho menggunakan layanan ini. 

Chat dengan Veronika via WhatsApp 

Pertama, saya mencoba chat dengan Veronika menggunakan aplikasi WhatsApp karena memang ini yang paling dekat dalam keseharian saya. Saat menghubungi Veronika Asisten Virtual saya chatnya menggunakan WhatsApp web karena jika di rumah saya memang lebih sering menggunakannya daripada chat di ponsel. 

Tanya Veronika Asisten via WhatsApp

Setelah saya bilang "Hai", Veronika langsung menjawab dengan menampilkan profile penggunaan kartuHalo saya, mulai dari pemakaian berjalan saya saat ini, jumlah tagihan bulan Januari yang belum  saya bayar, jumlah limit bulanan saya dan tidak lupa juga Veronika mengingatkkan untuk segera membayar tagihan. Veronika tidak meminta kode OTP karena sudah mendeteksi nomor yang saya gunakan. 

Chatbox ini pun juga memberikan pilihan lain yaitu: 

1. Bayar tagihan
2. Beli paket
3. Tukar poin
4. Kirim paket untuk teman
5. Ganti Kartu
6. Bantuan lainnya

Saat saya mencoba memilih menu 1 yaitu bayar tagihan, eeh ternyata saya diberi pantun lho ama Mbak Vero. Unik nih, heheheh. 
Ikan Cupang
Ikan Piranha
Bayar tagihan
Jangan lupa
Itu dia pantunnya.
Kemudian saya pun diarahkan pada beberapa pilihan pembayaran melalui aplikasi MyTelkomsel, MyGrapari, ATM, Indomaret, Tokopedia, Blibli, OVO, GoPay, Dana dan lainnya. Berhubung saya belum mau bayar saat itu, saya batalkan dan mencoba pilih Bantuan lainnya, penasaran ada apa aja. Wah ternyata di menu ini kita bukan hanya diberikan informasi layanan produk Telkomsel saja melainkan berbagai tawaran seru lho seperti: 

1. Main tebak-tebakan ♟️
2. Buat aku tertawa ☺️
3. Inspirasi destinasi travelling ✈️
4. Cari ide makan ♨️
5. Lihat artikel lifestyle ⌚

Cocok banget ya kalau pas gabut langsung Tanya Veronika Asisten Virtual aja nih biar bisa ceria lagi, karena kita bakalan dapat berbagai macam informasi seru, lho.  

Chat dengan Veronika via Telegram

Di lain waktu, saya juga mencoba layanan Tanya Veronika Asisten Virtual via Telegram.
Penasaran gitu, apa aja sih perbedaannya dari WhatsApp. Setelah saya coba ternyata pada Telegram, Mbak Vero meminta saya memasukkan nomor Telkomsel terlebih dahulu agar dapat dikirimkan Kode OTP. Berhubung kali itu saya ingin merasakan pengalaman berbeda antara nomor pascabayar dan prabayar, maka saya meminjam nomor Adik saya. 



Yeaaay, ternyata emang beda. Setelah dikirimi Kode OTP dan saya memasukkannya dengan benar, baru deh bisa lanjut chat dengan Veronika. Untuk tampilan menunya pun berbeda, tapi tetap mudah kok untuk mengetahui produk dan layanan yang ada pada Telkomsel. 

Kalau disimpulkan sih, dari pengalaman saya mencoba layanan Veronika melalui berbagai aplikasi chat yang tersedia bahwa tiap aplikasi memang memiliki perbedaan dari segi tampilan. Namun fungsinya tetap sama yaitu memudahkan pelanggan untuk mengetahui layanan-layanan Telkomsel yang ada. Tidak hanya itu saja dengan keberadaan layanan Tanya Veronika Telkomsel ini pelanggan tidak perlu repot lagi ke GraPARI hanya untuk konsultasi ke Customer Service, apalagi saat pandemi sekarang ini kan kalau bisa sih semua dilakukan dari rumah aja. Nah, melalui layanan Asisten Virtual kita berasa ketemu Customer Service juga kok karena layanan ini bisa diakses setiap saat selama 24 jam dan pastinya tidak perlu antri lagi karena Veronika bisa menjawab pertanyaan dari para pelanggan bersamaan dalam satu waktu.

Bagi yang ingin mengganti kartu pun juga bisa lho dimudahkan dengan adanya layanan ini karena Veronika memberikan informasi yang cukup jelas mengenai apa yang harus kita lakukan dan siapkan terkait penggantiaan kartu. Sayangnya saat ini jawaban Veronika masih singkat-singkat dan harus sesuai menu yang telah disediakan. Jadi jika Temans ingin curhat bertanya yang membutuhkan jawaban sebab akibat, Temans harus bersabar ya karena belum bisa mendapatkan jawabannya. Semoga kedepaannya layanan ini bisa lebih berkembang lagi ya. 

Nah Temans, udah coba menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini juga kah? Kalau yang sudah pernah coba sukanya chat dari aplikasi mana? Kalau saya sih lebih suka chat via WhatsApp karena lebih simple aja gitu. 😊

Semoga bermanfaat ya. 



Would you like to comment?