Explore the blog
Friday, March 05, 2021

6 Bisnis Online Rumahan Laris Manis di Masa Pandemi

6 Bisnis Online Rumahan Laris Manis di Masa Pandemi ~ Awal Maret ini tepat setahun sudah pandemi Covid-19 telah hadir di tengah-tengah kita warga Indonesia. Banyak yang telah berubah sejak kehadirannya. Kegiatan pun masih banyak yang dilakukan dari rumah demi menekan penyebaran si virus. 

bisnis online masa pandemi

Pandemi ini pun jelas berdampak bagi perekonomian. Banyak usaha yang tutup karena kurangnya pembeli yang datang langsung untuk berkunjung. Meski masih ada juga kok yang tetap bertahan dan berinovasi agar tetap menarik pengunjung maupun melakukan penjualan dengan cara online. Tidak itu saja, pada akhirnya banyak pula yang mengambil kesempatan untuk memulai bisnis online rumahan yang tentunya dibutuhkan dan menjadi laris manis di saat pandemi ini. 

Membuka Bisnis Online di Masa Pandemi 

 

Tuhan memberikan cobaan sepaket dengan solusinya. 

Kurang lebih seperti itu ya kalimat bijak yang sering kita dengar. 
Demikianlah yang terjadi saat ini. Di tengah pandemi yang meresahkan ini, kita semua tetap bertahan hidup dengan cara dan pilihan kita. Banyak yang terpaksa dirumahkan dari pekerjaan tapi tetap harus berjuang untuk bertahan. Salah satunya dengan membuka usaha online yang bisa dijalankan dari rumah. 

Bisnis Online Rumahan di Masa Pandemi 


Setidaknya ada 6 jenis bisnis online rumahan yang saat ini sedang banyak diminati karena kita semakin sadar akan pentingnya berkegiatan di rumah saja di masa pandemi ini. Tentunya dengan kemudahan akses yang ada, bisnis online pun juga bisa dijalankan dari rumah saja. 

1. Produk Makanan dan Minuman  

Tidak bisa dipungkuri bahwa kebutuhan pangan adalah hal utama yang dibutuhkan saat bertahan di rumah saja dalam menghadapi pandemi ini. 

Frozen Food

Frozen Food atau makanan beku ini pasti jadi favorit keluarga. Menu praktis anti ribet ini bisa jadi penolong bagi perut yang keroncongan. Secara ya, saat di rumah saja seperti ini bawaannya jadi mudah lapar. Gimana tidak, jika berpikir itu juga bisa menguras energi lho. Setelah itu perut mengirimkan signal ke otak. Makanya gak heran deh kalau habis belajar anak-anak jadi menagih minta makan lagi meski beberapa jam sebelumnya sudah makan. Nah, menu frozen food ini bisa jadi penolong buat perut yang protes minta diisi. 

Snack

Selain makanan beku, snack atau cemilan ringan juga pasti jadi primadona keluarga. Ribet juga kan ya kalau tiap hari harus buat cemilan sendiri? Meski ada rasa puas juga sih jika bisa membuatnya sendiri tuk orang-orang tersayang. Tapi coba deh hitung biaya yang dikeluarkan berapa jika buat sendiri VS beli jadi? Lebih hemat dan pastinya praktis kalau beli ya. 

Lauk Siap Saji (Makanan Rumahan)

Menemani anak belajar online itu jelas menyita waktu. Belum lagi harus menyelesaikan kerjaan lain yang sudah menunggu. Masak itu juga kan butuh waktu ya meski sebelumnya sudah melakukan food preparation. Apalagi jika punya anak kecil dan lebih dari satu, duh kebayang deh gimana? Nah, bisnis lauk siap saja ini bisa jadi penolong bagi mamak-mamak rempong, cukup masak nasi aja di rumah lauknya beli di tetangga, beres deh. Dengan begini juga kan kita jadi bisa mengganti menu lain dari biasanya *hmm, pengalaman banget ya Bun* 😜

Minuman Literan

Mau ngopi santai di rumah ala cafe? Bisa dong! Sekarang kan udah banyak yang jualan kopi literan, minuman lain seperti bubble tea ataupun susu kurma juga ada lho. Pastinya permintaan minuman seperti ini di saat pandemi jelas banyak peminatnya. 

2. Produk Kesehatan dan Kebersihan

Selain makanan dan minuman tentu produk kesehatan dan kebersihan juga banyak dicari. Bahkan di awal-awal pandemi dulu stock di toko-toko pada habis, kalau pun ada harganya jadi meroket. Beli online pun juga masih sering kehabisan stock.  Makanya ini juga jadi salah satu usaha yang laris manis di saat pandemi. 

Produk Kesehatan 

Produk yang paling banyak dicari yaitu vitamin maupun herbal karena kita harus selalu menjaga kesehaatan dengan cara makan cukup, olahraga yang teratur dan tentunya mengonsumsi vitamin agar virus tidak mudah masuk. Produk herbal yang banyak diminati yaitu jahe, kunyit, temulawak yang diyakini dapat menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, madu dan minyak kayu putih juga jadi produk kesehatan yang paling banyak dicari. 

Selain vitamin, jenis produk kesehatan lainnya yang paling dibutuhkan saat pandemi ini adalah masker dan juga face shield untuk melindungi diri dari penyebaran virus secara langsung. Secara saat ini penggunaan masker adalah sebuah kewajiban jika kita keluar rumah dan berada di tempat umum. Saat di rumah dan sedang tidak fit pun kita wajib menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang sekitar. Bagi yang punya keterampilan menjahit ini tentu bisa digunakan sebagai peluang usaha juga untuk memproduksi masker kain sendiri. Apalagi saat ini begitu banyak tutorial pembuatan masker kain yang dapat dijadikan rujukan. 

Produk Kebersihan 

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga wajib dilakukan terlbih di saat pandemi seperti ini karena penyebaran virus yang sangat rentan. Selain menggunakan masker, kita pun juga wajib membawa hand sanitizer jika bepergian sebagai pengganti air untuk membersihkan tangan. Saat di rumah, kita juga harus menjaga kebersihan dengan menggunakan disinfektan agar menghalau kuman ataupun virus.

3. Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Meski di rumah saja, tetap harus memperhatikan diri sendiri dong yaa. Salah satunya dengan cara merawat kecantikan kulit dan juga tubuh. Makanya tidak heran saat ini banyak produk perawatan yang bermunculan dan tentunya ini bisa jadi bisnis yang laris manis juga. 

4. Produk Fashion 

Sama halnya dengan produk kecantikan, fashion pun juga tetap banyak peminatnya meski di masa pandemi ini yang kebanyakan dari kita di rumah saja. Tapi beraktivitas di rumah bukan berarti tidak bisa mengikuti trend fashion juga kan? Itulah mengapa produk fashion pun tetap laris manis meski situasi pandemi seperti saat ini. 

5. Tanaman Hias

tanaman hias

Hayoo, siapa yang sejak pandemi jadi punya hobi baru bercocok tanam? Dengan munculnya trend baru saat ini, bisnis tanaman hias pun juga jadi semakin banyak diminati. Berawal dari hobi kemudian bisa berubah menjadi sebuah peluang usaha menghasilkan cuan dari rumah. 

6. Membuka Jasa Pengiriman 

Dengan banyaknya bisnis online yang bermunculan maka jasa pengiriman pun tentunya sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis online rumahan agar barang pesanan dapat diantarkan ke tujuan dengan cepat. 


Ternyata banyak juga ya bisnis online rumahan yang laris manis di masa pandemi ini. Ada yang menggeluti salah satu bisnis ini juga kah? Atau tertarik ingin mencoba peruntungan dengan berbisnis online juga namun ada terkendala dengan modal? Don't worry be happy ya, kita bisa kok wujudkan keinginan itu dengan bantuan Tunaiku


Tunaiku, Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan

Tunaiku merupakan produk unggulan dari PT. Bank Amar Indonesia, yaitu sebuah bank asal Surabaya yang telah berdiri sejak 1991. Tunaiku merupakan aplikasi pinjaman online pertama di Indonesia yang aman dan terpercaya yang hadir pada tahun 2014 yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Tunaiku menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) berupa pinjaman uang secara tunai yang cepat cair, dengan proses yang mudah dan tenor tinggi hingga 20 Juta Rupiah dengan masa angsuran hingga 20 bulan. Tidak hanya itu saja, teknologi yang digunakan Tunaiku pun telah canggih sehingga memudahkan penggunanya.

pinjaman modal usaha

Tunaiku tidak hanya dapat digunakan sebagai pinjaman modal usaha saja, tapi juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak lainnya seperti renovasi rumah, biaya pendidikan, kesehatan, biaya tak terduga bahkan biaya pernikahan. Hal ini disebabkan karena syarat pengajuannya yang lebih mudah dibanding layanan KTA lainnya yang masih bersifat tradisional dan masih membutuhkan agunan serta dokumen pendukung yang banyak saat proses pengajuan KTA online maupun offline. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Proses pengajuannya pun sangat mudah, dan hanya bermodalkan KTP saja.


Gimana, udah siap untuk memulai bisnis online di masa pandemi ini juga? 
Semoga sukses ya karena kita gak akan pernah tahu suatu hasil, jika kita tidak mencobanya terlebih dahulu. Saya sendiri sih percaya bahwa rejeki itu harus dijemput dan tak pernah tertukar. 

Semoga bermanfaat. 



Whould you like to comment?

  1. Btw yang booming sekarang tuh tanaman hias dan jasa pengiriman ya, semenjak pandemi ini kayaknya bermunculan nama-nama baru bergerak di ekspedisi :D

    Kalau saya usaha apa ya?
    Ngeblog aja deh wkwkwkwk

    Btw setuju banget, semua masalah dan tantangan dan cobaan itu, udah sepaket dengan solusi, justru dikasih masalah dulu ya, biar solusinya keliatan jelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Saya sendiri merasakan kalau tanaman hias dan jasa pengiriman itu jadi menjamur. Padahal di kampung. Apalagi di kota ya

      Delete
  2. Idenya mantuull dan brilian mbaaa
    pokoknya kita mau berusaha, insyaALLAH ada jalan untuk menggapai rezeki yaa
    kalo ada masalah dengan modal, no need to worry, ada TUNAIKU kaann

    ReplyDelete
  3. Kalao Jastip (jasa penitipan) ... .gimana Diah, laris ndak ya di masa pandemi?Kalau barang yang dibeli banyak kan butuh modal juga ya.

    ReplyDelete
  4. Nah bisnis tanaman hias di daerah saya ikut buming juga lho. Dulu hanya pengusaha yg agak besar seperti di daerah Cipanas, dan sekitarnya sekarang sampai di rumah penduduk pun pada menjual nya hehehe

    ReplyDelete
  5. kayaknya yang no 1 makanan ya mba, soalnya banyak banget yg share makanan hahahaa baik di WAG maupun medsos

    ReplyDelete
  6. Di sekitar rumah ku ada 3 orang yang jual Frozen food dan Snack di rumahnya. Bener2 ngebantu banget buat nyetok makanan di rumah. Varian yang dijual juga macam2 bgt

    ReplyDelete
  7. Jasa pengiriman itu yang menarik. Beberapa tahun lalu sempat berpikir mendirikan usaha ini, tapi konsepnya belum terlalu matang jadi ya sampai sekarang hanya wacana, hehe.. Padahal pas kan ya, pandemi banyak yamg belanja online

    ReplyDelete
  8. Untuk membuat usaha sekarang lebih mudah ya, apalagi sekarang ada Tunaiku yang bisa meminjamkan modal tanpa agunan dan yang terpenting sudah ada izin dari OJK biar aman

    ReplyDelete
  9. Betul banget ini. Sejak pandemi melanda dunia saya jadi suka menanam tanaman hias, awalnya hanya iseng-iseng, eh keterusan deh sampai sekarang. Tiap lihat tanaman hias yg cantik dan harga bersahabat, langsung beli deh.

    ReplyDelete
  10. Jasa foto produk juga lumayan Mbak. Memang sih harus ada modal kamera dan lampu. Tapi untuk yang awalnya buka jasa foto outdoor, lalu karena pandemi jadi berkurang jobnya, bisa juga foto produk dilirik sebagai alternatif usaha.

    ReplyDelete
  11. Wah iya..
    Kini masanya hobi bisa banget menjadi cuan. Kemudahan zaman dan saat orang dirumahaja bisa menjadi ladang rejeki yaa..
    Tinggal mencari peluang dan target market yang jelas.

    ReplyDelete
  12. Semoga yang meminjam bisa sadar kewajiban sehingga ga ada info lagi kemudian kalau ada yang bunuh diri karena terjerat hutang

    ReplyDelete
  13. yang pasti aku paling banyak beli produk makanan nih mba selama pandemi.. Memang banyak yang menawarkan dan kreatif2 yaaa

    ReplyDelete
  14. Wiwin | pratiwanggini.net7:28 AM

    Pandemi sudah setahun. Selama pandemi banyak yang usahanya kolaps. Tapi tidak sedikit juga yang justru berani buka usaha baru. Semoga aja Tunaiku ini bisa memberikan solusi yang tepat bagi yang membutuhkan modal.

    ReplyDelete
  15. Bisnis online di masa pandemi begini justru laris manis ya. Kalau bisa menjual sesuatu, coba aja berbisnis online.

    ReplyDelete
  16. Banyak pilihan untuk berbisnis online ini, karena memang yang kerap dicari masyarakat, tinggal bagaimana menekuni lnya dan juga sabar dengan memiliki keunikan pada produk yang ditawarkan

    ReplyDelete
  17. iya nih mba kalau aku liat yang laris banget sekarang itu ya makanan dan produk2 kesehatan kayak masker dan vitamin, juga jejamuan gitu

    ReplyDelete
  18. katanya seorang chef, bisnis yang paling menjanjikan itu bisnis frozen food mak, soalnya pandemi bikin orang jadi malas keluar rumah klo nggak penting2 banget, nah frozen food ini semacam penolong gtu klo misalnya nggak ada makanan dirumah

    ReplyDelete
  19. Aku jg lagi pengen banget buka usaha sampingan .. tapi apa ya... Masih bingung.. karena masih punya balita. Jadi pengennya usaha yg bisa dilakukan sambil urus2 anak di rumah.

    ReplyDelete
  20. Bener banget, selain banyak bisnis yang sepi, di masa pandemi kayak sekarang banyak juga ya bisnis yang menjanjikan. Saya juga kepengen nih punya salah satu dari bisnis di atas. Tapi masih maju mundur nih. Dan iya, salah satunya adalah modal yang jadi ganjalan. Bisa nih ya Tunaiku jadi andalan untuk tempat kredit modal. Gak ribetnya itu yang jadi kelebihannya.

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya kalau dilihat banyak banget ya peluang usaha online rumahan ini. Tinggal kitanya aja yang mau memulainya kapan dan bagaimana

    ReplyDelete
  22. Kita emang kudu jeli liat peluang usaha ya Mbak... Jangankan kebutuhan harian utama kayak makanan, skrg tanaman juga laris ya... Pengen sih punya bisnis rumahan. Tapi mungkin akunya blm siap aja masih rempong sama yg lain2

    ReplyDelete
  23. Usaha makanan sejenis Frozen food gitu kayaknya rame banget deh emang saat ini. Sama masakan rumahan karena kadang kan orangtua gak sempet masak kan, jadi bisa beli yang udah matang. Senengnya lagi ada tunaiku bisa buat modalin setiap orang untuk berusaha. Semangat

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^