Tampil Modis dengan Produk Lokal by Mahasara Tenun Sulawesi

Alhamdulillah sekarang ini semakin banyak perempuan yang hijrah dan menjalankan perintah mengenakan hijab (Q.S. An-Nur: 31). Bagi para hijabers, punya koleksi hijab itu salah satu modal dalam keseharian. Terkadang sepasang baju bisa digunakan untuk 2 hingga 3 pcs hijab. Apalagi jika bajunya polos tanpa motif.

produk unggulan Mahasara Scraft

Ditambah lagi sekarang kegiatan yang lebih banyak dilakukan dari rumah, which is bisa dibilang yang jadi pusat perhatian seseorang adalah di bagian atas yekaan. Ayoo ladies ngaku, yang kalau Zoom meeting dandan rapi di bagian atas sedangkan bawahnya sekenanya saja? Ada yang sama? Sini berpelukan hihih. 

Nah, di masa pandemi ini selain makanan, bidang usaha yang tetap berjaya adalah fashion. Terlebih untuk hijab dan perintilannya juga tetap jadi primadona. Kalau saya sendiri sih sebenarnya lebih suka hijab yang punya dua motif dalam 1 hijab, jadi bisa dibolak-balik atau bisa digunakan sisi atas lalu kali berikut bagian sisi bawah. Bahkan terkadang bisa jadi tiga style gitu lho. Hijab model seperti ini biasa dikenal dengan hijab two tone


Mengenal Mahasara Tenun Sulawesi


Mahasara Tenun Sulawesi adalah salah satu UMKM di Sulawesi yang berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan. UMKM satu ini bergerak di bidang fashion yang produk-produknya bahkan telah digunakan oleh beberapa seleb Ibukota dan pernah diliput oleh stasiun TV juga lho. Produknya antara lain; long dress, tunik, scraf/hijab, jaket bahkan sekarang mereka juga sedang memproduksi hijab sporty. 

Produk dari Mahasara ini terbuat dari bahan pilihan dengan motif Lagosi dan Lontara khas Sulawesi Selatan yang membuat produknya jadi berbeda dari yang lain. FYI, Lontara adalah aksara Bugis-Makassar sedangkan Lagosi adalah ornamen atau motif khas berbentuk bunga yang banyak dijumpai pada kain tenun sutra Bugis-Sengkang yang mulanya banyak dihasilkan dari Desa Lagosi, salah satu desa di Kabupaten Sengkang, Sulawesi Selatan. 

Menurut Kak Sri Macharani, owner Mahasara Tenun Sulawesi bahwa di awal-awal produksi mereka menggunakan bahan dari kain tenun namun seiring perkembangan mereka mengubah konsep produksi dengan menggunakan bahan-bahan buatan pabrik yang lebih mudah didapatkan dan terjangkau seperti ceruty, satin dan lainnya namun motif pada kain adalah desain dari Mahasara sendiri dan memang hanya diproduksi khusus untuk produk Mahasara. 

Produk dari Mahasara Tenun Sulawesi 


Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa ada beberapa item yang diproduksi oleh Mahasara Tenun Sulawesi. Penasaran juga kan ya? Kita intip satu per satu yuk. Saya yakin Temans juga akan tertarik melihat produk-produknya yang cute itu dan jadi nilai plus juga bagi saya karena  sih produk mereka ini khas dan unik. Diproduksinya juga terbatas jadi tidak banyak yang sama. Suka garing gak sih kalau jalan, terus tetiba ketemu orang yang outfitnya mirip ama milik kita. Lebih krik-krik lagi kalau pas ketemunya itu di saat yang sama dan kita pun menggunakan outfit yang sama tadi, hihih berasa satu pabrik yekaaan, heheheh. 


Long Dress by Mahasara 


long dress cantik dari Mahasara


Untuk long dress dari Mahasara ini terbuat dari bahan printing fabric seperti silk dengan motif lagosi dan lotara yang menjadi ciri khas dari Mahasara. Pemilihan warna pun sangat diperhatikan. Long dress ini bisa digunakan untuk acara semi formal maupun acara formal. 

Tunik by Mahasara 


tunik by Mahasara

Hampir mirip long dressnya, untuk tunik dari Mahasara ini pada umumnya terbuat dari bahan katun yang tentunya adem digunakan. Cocok banget deh jadi casual outfit yang menambah kepercayaan diri. Namun jika tidak ingin menggunakan bahan katun, Temans bisa memilih tunik dengan bahan ceruty babydoll serta menggunakan aplikasi Embroidery Lagosi sebagai pemanis.


Jaket by Mahasara


jaket by Mahasara

Melihat perkembangan lifestyle masyarakat Indonesia yang saat ini ingin hidup sehat dengan olahraga, Mahasara melihat jaket bukan hanya sebagai tren, namun juga sebagai kebutuhan.  Masih mengusung motif Lagosi dan juga Lontara, jaket cantik berbahan parasut water repellent dengan pilihan warna yang cerah dan dapat memberikan semangat untuk terus berolahraga. Ups, jaketnya juga bisa digunakan bahkan saat tidak berolahraga lho. Misal saat ngemall atau cuaca dingin. Hmm, wishlistku banget ini mah. Semoga saja bisa segera meminangnya! Nah, berani tampil beda? Yuk, pakai jaket dari Mahasara aja. 😉 


Mahascarf - Hijab by Mahasara


Mahascarf by Mahasara

Khusus untuk produk hijab, Mahasara memberikan brand khusus yaitu Mahascarf. Produk-produk Mahascarf.ini antara lain Printed scarf one two juga two tone hijab dengan motif Lontara dan Lagosi yang mana berbahan dasar Voal Premium yang adem dan mudah tegak. Jadi gak pakai lama tuh saat menggunakannya. Semua motifnya pun cantik dan juga banyak pilihan warna. Kalau Temans suka yang mana? Kalau saya sih jelas suka yang two tone hijab secara bisa lebih hemat, sekali beli bisa dapat dua motif bahkan bisa dijadikan 3 motif lho. Oh ya saat ini tiap pembelian Mahascraft akan mendaptakan masker cantik ya jadi tetap modis dan juga patuh prokes dong. 



JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia 




Oh ya, masih ingat kan di bulan Desember kemarin saya info tentang JNE Content Competition 2021? Ayo, Temans sudah pada ikutan belum nih? Nah, bagi yang belum sempat ikutan jangan sampai ketinggalan ya karena kompetisinya diperpanjang hingga 31 Januari 2022 ya. Saatnya kita ikuti jejak JNE dalam mendukung UMKM untuk bisa maju di Negeri sendiri bahkan jika bisa hingga Go International. 

Content Competition 2021 ini beragam lho, dari kompetisi menulis (Writing Competition) yang mana artikel wajib ditulis di Kompasiana, juga ada Photo Competition, Video Competition dan juga Design Competition lho ya. Jadi kita bisa ikut yang sesuai dengan kenyamanan kita ya demi satu tujuan untuk mendukunng UMKM Indonesia. 


Penutup

Saat ini UMKM Indonesia sudah semakin maju. Pelayanan dan produk mereka pun juga semakin baik.JNE Content Competition 2021 Jadi bangga dong dengan produk lokal yang kualitasnya juga tidak kalah dari produk luar. Apalagi jika pemilik UMKM adalah orang terdekat kita dan hasil produksi mereka juga layak diapresiasi dan direkomendasikan, wah pasti akan jadi lebih maju tuh kedepannya. 


produk Mahasara Tenun Sulawesi



Dengan adanya Writing Competition dari JNE ini jadi waktu yang tepat untuk kita berbagi pengalaman dan dukungan terhadap UMKM. Agar masyarakat Indonesia lebih mengenal produk-produk lokal terbaik yang memang layak diapresiasi, salah satunya adalah Mahasara Tenun Sulawesi yang bisa buat kita tampil makin modis dengan produk-produk lokal terbaik dari mereka. Penasaran dengan produk Mahasara? Bisa langsung kepoin di akun medsos mereka ya @mahasara_id



Semoga bermanfaat ya. 



Diah
Next Post Previous Post
42 Comments
  • yogadwipa.com
    yogadwipa.com 7:44 PM

    agak anomali ketika pandemi bisnis fashion masih berjaya ya, apakah ini menunjukkan besarnya daya konsumsi masyaarakat kita? anyway, sy selalu mendukung produksi dan brand lokal Indonesia. semoga segera menjadi brand nasional ^_^

  • Anisa AE
    Anisa AE 10:15 AM

    Wah cantik hijab dan long dressnya apalagi simple dan kece dipakainya.

    • Artha Amalia
      Artha Amalia 10:37 PM

      cantik banget yaaa. saya suka yg ada motif di bagian bawah, woaaa manis sekali. kita yg pakai dijamin makin bikin disayang suami. aduuuh jd pengen punyaaaa

  • Ainun
    Ainun 2:23 AM

    aku paling suka kalau beli produk lokal karena kualitasnya nggak kalah bagus dengan produk luar. Apalagi kain tenun indonesia emang bagusnya kebangetan

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 3:56 PM

    Aku sukaaaa liat jaketnya mbaaa 😍😍😍. Kalo bahan parasut gitu cocok memang buat jalan2 , jadi ga kepanasan tapi juga melindungi dari panas. Langsung cuuusss mau cari jaketnya, kebetulan ada plan mau liburan, pas banget kalo jaketnya utk melindungi dari panas.

    UMKM begini, jujurnya tempat fav ku buat belanja. Krn di saat sedang ga menentu gini, udh seharusnya kita bantu membeli dr tempat2 lokal, supaya perekonomian tetep gerak. 👍 At least ini hal kecil yang bisa kita kasih buat mendongkrak para UMKM

  • Allamandawi
    Allamandawi 10:08 PM

    Masyaa Allah, sekarang kita emang harus lebih percaya diri dengan produk lokal, ini banyak manfaatnya terutama dari sektor ekonomi

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 10:34 AM

    Longdressnya dan tuniknya cakep. Saya juga suka hijab yang two tone motif begini. Bisa dipakai bolak-balik ya. Jaketnya juga unik ada gambar pulau Sulawesinya. Semoga ke depannya produk UMKM Kita bisa berkembang dan maju.

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi 3:42 AM

    wah tenunnya itu yang bunga2 itu bukan seperti bordir ya?

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 5:40 PM

    Wah cantiknya tenun Sulawesi, jadi pengen koleksi juga nih cocok buat ootd ya mba

  • dey
    dey 10:37 PM

    Suka nih dengan motif-motif khas kayak gini, unik aja gitu.

  • Yustrini
    Yustrini 6:11 AM

    Koleksinya cantik-cantik tenun Sulawesi ini. Produksinya juga terbatas,jadi kemana-mana ga khawatir ada yang nyamain hehe.

  • ginanelwan
    ginanelwan 8:10 AM

    pembahasannya kece banget, scra aku dr sulawesi...trnyta ada produk lokal yang merakyat plus bisa tampil modis soal fashion. Mantap

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 8:50 AM

    Sebagai orang yang lahir dan besar dewasa di Sulawesi, pastinya saya bangga sekali dengan produk Mahasara ini. Produknya beragam dan bagus-bagus. Pastinya akan jadi salah satu unggulan UMKM di Sulawesi juga.

  • Anotherorion
    Anotherorion 12:21 PM

    Wah cakep produknya, aku juga sering liatin tuh mbak mode mode baju sekarang produk lokal juga cakep kek mahasara ini

  • Sabrina
    Sabrina 12:52 PM

    keberadaan JNE ini benar2 sangat membantu para UMKM ya dalam pengiriman barangnya, apalagi yang pengirimannya suepr banyak, bisa menggunakan jasa JNE trucking, pasti lebih hemat buat mereka

  • Lintang
    Lintang 3:47 PM

    Wah keren yah Mahasara Tenun Sulawesi berarti diproduksinya terbatas jadi exclusif banget. Btw, bener banget kalau kita harus memajukan UMKm karena dari merekalah pertumbuhan ekonomi terus berputar.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 5:53 PM

    Daku jadi kesemsem melihat produk Mahasara ini, dijadikan longdress mewah ya kak Diah penampilannya. Bahannya sepertinya nyaman untuk dikenakan.

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 6:46 PM

    Cantik-cantik banget sih produknya. Jadi pengen belanja nih buat self reward wkwkw. Nunggu ada yang ngasih kok gak ada juga.

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 7:48 PM

    huu cantik banget itu gamisnya mbaa.. aku juga suka banget kalau bisa pakai kain2 dari daerah tertentu. kayak ada rasa bangga banget gitu lho.. makasi mba referensinya yaa

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 8:40 PM

    longdressnya cakeup banget ini mah, ya ampun berapaan harganya mba diah?

    aku suka nih produk2 karya lokal gini, apalagi kalau membawa budaya dan ciri khas daerah tersebut.. senang deh umkm dukung produk lokal begini

  • Han
    Han 9:10 PM

    Manteppp. Aku kok mupeng sama scarfnya yah mba hihi. Motifnya bagus2 lagii. Jadi kepo pengn liatin produk2 lainnya

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 10:10 PM

    Wah bagus2 banget produknya, mba. Langsung aku cek n follow ol shopnya nih. Enak ya kalau bisnis sudah dihandle oleh jasa ekspedisi profesional, pebisnis tinggal fokus produksi saja :)

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 10:32 PM

    wawwww.... bagus bagus ya produk nya. Bikin cewe cewe makin fashionable dan kece. Sekalian juga support produk dari UMKM lokal biar makin berjaya

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 11:02 PM

    Waahh tjakeep2 nih bajunya mbak, boleh nih nyicil-nyicil buat baju lebaran, biar nanti gak perlu repot nyari lagi hehe.

  • Eka FL
    Eka FL 11:05 PM

    wah cantik ya kain tenunnya, dijadikan fashion hijab juga gak kalah cantik. aku suka Jaket by Mahasara, cocok sama aku. BTW JNE keren nih dukung umkm, sebagai pelaku umkm kebantu banget sih sama jne

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 11:14 PM

    cantikk banget motifnya :) umkm mulai bangkit lagi ya, apalagi didukung ekspedisi terpercaya kaya JNE nih

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 11:48 PM

    wah longdressnya cantik , bisa untuk lebaran nih. Semoga umkm semakin maju dengan adanya jasa ekspedisi yang bagus

  • Erny Note
    Erny Note 12:29 AM

    Keren-keren ih produk kain tenun Makassar dari Mahasara. Cuz deh kepoin akun IG nya, mana tahu ada yg nyantol...

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:56 AM

    Melihat produk Mahasara Tenun Sulawesi aja uda bikin deg-degan, saking cantiknya.
    Model dan desainnya cantik juga kekinian yaa..
    Kebayang para seniman yang menciptakan detil Mahasara Tenun Sulawesi.

    Sukses selalu UMKM INdonesia.

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 3:40 AM

    Wah, cantik ya tunik dan gamis tenun Sulawesi Mahasara ini, bisa buat siap2 jelang Ramadan dan lebaran nanti nih insyaallah. Tfs yaa Mbak Diah ^^ Mari kita dukung produk lokal asli Indonesia smoga sukses terus dan eksis, aamiin yra

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 12:14 AM

    Cantik tawwa modelnya
    Simple tapi elegan kalau dilihat
    Hmm jadi pengen deh coba beli juga kalau mudik

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 12:33 AM

    Tunik dan longdress-nya bagus banget ya. Yang longdress itu bahan silk printing, kan? Dan saya suka jaketnya. Unik.
    Btw, lombanya ini hanya di Kompasiana ya? Tadinya saa kira bisa di blog apa saja, sudah riset dkk, dan baca di keterangan sini untuk di Kompasiana. Jadi patah hati, deh.

  • Allamandawi
    Allamandawi 7:53 AM

    Masyaa Allah, sy orang sulawesi tp baru tau produk satu ini

  • Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss 7:41 PM

    Suka deh sama motifnya kak, khas Sulawesi banget yah, jadi pengen punya deh

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 10:00 PM

    Motif hijabnya manis-manis dan kalem, Mbak. Mana dekat lebaran pula ya ini. Jadi pengin berburu dan mengoleksi juga :D

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 12:24 AM

    Masya Allah, mataku langsung ademmm lihat warna-warna produk Mahasara ini. Apalagi warnanya banyak nuansa ungu yang merupakan warna favoritku. Bikin hati kebat-kebit pengen nentuh gamis dan hijabnya. :D

  • denik
    denik 3:59 PM

    Tertarik sama kerudungnya. Tunik ya juga. Semuanya deh. Bagus-bagus soalnya... hehehe

  • Antung apriana
    Antung apriana 8:44 AM

    cakep-cakep ya mbak produknya. mana motifnya juga khas yaa jadi pengen kepoin nih saya sama produk mahasara ini

  • Sitatur Rohmah
    Sitatur Rohmah 10:01 AM

    Makin banyak karya anak bangsa yang jadi bukti kreatif dan inovatifnya orang Indonesia. Semoga lombanya menang ya mbak

  • Lailatul Istiqomah, S.M
    Lailatul Istiqomah, S.M 11:26 AM

    Sylish sekali gamisnya kak. Meski ada tomboynya tapi bisa tetap terlihat feminim gitu. Cakep jadinya kalau dipakai.

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 10:29 AM

    Kain motif tenun Sulawesi bagus-bagus ya mbak. Senang banget UMKM Indonesia maju dengan menunjukkan kearifan lokal dengan produk kainnya.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 7:45 AM

    Waduh, lokasinya dekat dengan domisili saya tapi saya malah baru tahu nih Mahasara Tenun Sulawesi. Senang juga tahu ada produk lokal dari Sulawesi. Model serta motif Jilbab, gamis dan produk lainnya keren-keren pula. Cus ah mau kepo dulu akun IGnya. Kali aja ada yang bisa dibawa pulang.

Add Comment
comment url