Explore the blog
Friday, June 04, 2021

Harus Tahu! Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi

Di bulan Mei terdapat beberapa peringatan penting yang ternyata masih banyak orang yang belum ngeh, salah satunya saya yang baru saja tahu bahwa setiap tanggal 28 Mei itu diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi

pentingnya manajemen kebersihan menstruasi

Lho? Sepenting itukah persoalan menstruasi itu hingga ada hari peringatannya segala? Oh tentu iyah doong karena menstruasi bukanlah hal yang tabu untuk dibahas karena ternyata banyak yang bisa dan harus dipelajari seputar menstruasi ini, terlebih lagi bagaimana cara yang tepat dalam menghadapinya. 

Pada tanggal 27 Mei 2021 lalu saya berkesempatan mengikuti Webinar 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' melalui Zoom yang diselenggarakan oleh @betadineIndonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis  (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia yang bertujuan untuk mengedukasi 1.000 Perempuan Indonesia mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan juga mengenalkan kampanye #YangIdeal dari Mundipharma Indonesia yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Bicara soal menstruasi terkadang memang masih diumpetin ya, kita masih belum bisa seterbuka itu untuk membicarakannya. Padahal tidak ada yang aneh kok jika kita, khususnya sebagai Ibu untuk membahas topik menstruasi pada anak-anak perempuan yang beranjak remaja, malah jauh lebih baik daripada mereka memperoleh pengetahuan tentang hal ini melalui sumber lain seperti browsing di internet, membaca buku atau dengar cerita pengalaman teman-temannya di sekolah yang lebih dahulu mendapatkan menstruasi pertama kali. 

Saat Menstruasi Pertama Kali 

Saya jadi ingat pertama kali menstruasi itu di bulan Mei tahun 2000, saat itu saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Kebetulan saat itu sedang libur karena kakak-kakak kelas 3 mengikuti EBTA/EBTANAS. Saat saya mendapatkan mens pertama kali (menarke) itu tentu saya kaget juga sih, syukurnya sebelumnya sudah sering dengar tentang mens dari orang sekitar, Ibu juga sudah cerita sedikit tentang mens yang katanya semua perempuan akan mendapatkannya, tidak perlu khawatir. 

Nah, seingat saya, saat itu Ibu memberikan duk - kain yang bisa digunakan selama mens yang tentunya harus rajin dicuci dan diganti dengan kain yang baru. Sayangnya Ibu tidak bilang harus berapa lama waktu menggantinya, jadilah saya ganti saat merasa penuh ataupun mandi. Kenapa bukan pembalut sekali pakai? Karena katanya lebih baik duk, lebih bersih dan hemat. Lagian saat itu sedang libur sekolah, saya juga hanya di rumah jadi gak apa-apalah pakai kain yang diberikan itu. 


Webinar Menyambut Hari Kebersihan Menstruasi:  Sehat dan Bersih Saat Menstruasi 

 
webinar sehat dan bersih saat menstruasi


Webinar hari itu berjalan santai namun semua antusias mengikutinya. Dipandu oleh Mbak Novita Angie, Public Figure yang sudah sering kita lihat di layar televisi. Sebelum masuk ke sesi pemaparan dari para Narasumber, Mbak Angie bertanya kenapa Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei? 

Jawabannya: 28 Mei secara simbolis dari siklus menstruasi yang rata-rata 28 hari dan rata-rata periode menstruasi itu selama 5 hari. Jadi, 28 - 5 atau 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi untuk meningkatkan awareness dan juga pentingnya kebersihan menstruasi dan harus kita tanamkan sedini mungkin.


Kemudian dilanjutkan dengan polling terlebih dahulu bagi semua peserta untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta seputar Manajemen Kebersihan Menstruasi dan dari hasil polling ternyata jawabannya beragam dan kebersihan menstruasi sudah mulai diperhatikan juga. 


flyer webinar sehat dan bersih saat menstruasi


Selanjutnya para narasumber berganti-gantian memberikan pemaparannya. Narasumber pada webinar menyambut Hari Kebersihan Menstruasi ini yaitu: 

  • Ibu Prof. Dr. dr. Dwiana Octiyanti, Sp.OG(K), MPH - Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)
  • Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. - Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta
  • Ibu dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 
  • Ibu Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia, serta
  • Bapak Adi Prabowo selaku Head of Marketing, Digital & E-Commerce Mundipharma Indonesia. 

Ibu Mada Shinta membuka webinar dengan memberikan sambutan mengenai latar belakang diadakannya webinar kali ini sebagai wujud komitmen Mundipharma Indonesia dalam mendukung Pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui rangkaian edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan kesehatan, baik secara langsung ke masyarakat atau melalui tenaga kesehatan. 

Dijelaskan juga bahwa sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi melalui gerakan masyarakat atau dikenal juga dengan GERMAS mengenai kebersihan menstruasi serta membagikan Buku Saku 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' kepada lebih dari 1.000.000 Perempuan Indonesia dengan harapan agar Perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan sedini mungkin serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi. 


Mengenal Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)


Pada kesempatan ini Ibu Prof. Dr. dr. Dwiana Octiyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan bahwa menstruasi adalah kondisi yang normal terjadi pada setiap perempuan dimana keluarnya darah selama 3-7 hari pada organ intip yang mana dalam satu periode setiap bulannya berlangsung setiap 28, atau 21 - 35 hari. Hal ini menandakan bahwa seorang perempuan telah siap untuk bereproduksi atau memiliki anak karena haid ini didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap untuk dibuahi. 

Manajemen Kebersihan Menstruasi adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Dimana perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi terjaga. 

Lalu, Apa sih Pentingnya Memahami Manajemen Kebersihan Menstruasi? 


Dengan mengetahui tentang MKM, sebagai perempuan diharapkan agar dapat: 
  • Menjaga kebersihan ekstra selama periode menstruasi.
  • Mengetahui berbagai kondisi kesehatan yang dapat timbul akibat manajemen kebersihan menstruasi yang buruk yaitu dapat menimbulkan infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan juga peningkatan risiko kanker serviks. 
  • Mengetahui cara mencegah kanker serviks, infeksi vaginal dan ketidaknyamanan (Gatal Vagina, Bau Tak Sedap Vagina dan Keputihan) yang terjadi dan hubungannya dengan manajemen kesehatan yang buruk.
  • Mempraktekkan manajemen kebersihan area kewanitaan yang dapat dilakukan sehari-hari atau pada saat menstruasi. 

cara menjaga kebersihan masa menstruasi

Prof. Dwiana juga menuturkan cara menjaga kebersihan masa menstruasi seperti yang tertera pada gambar di atas. Hayoo, selama ini sudah melakukan hal ini belum? Jadi, ingat ya sebelum membuang pembalut yang sudah dipakai itu harus dicuci bersih dahulu kemudian masukkan ke dalam tempat sampah dan jangan buang ke dalam closet ya. Sedangkan jika menggunakan pembalut cuci ulang juga harus mencucinya setelah digunakan. Ganti pembalut (sekali pakai maupun cuci ulang) sebaiknya dilakukan 4 - 5 jam sekali. Penting juga menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh dengan mandi 2 kali sehari. Dan tidak kalah pentingnya adalah mencuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah mengganti pembalut. 

Tidak hanya itu, Prof. Dwiana pun menambahkan bahwa perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari, tidak hanya pada saat menstruasi untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. Merawat vagina sangatlah mudah yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar, perhatikan cara membersihkan vagina yaitu dari depan ke belakang, hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi akan tetapi sebaiknya menggunakan pembersih khusus kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA secara teratur. 


Nah, gimana cukup mudah kan ya merawat Miss V kita? Tentu tidak ingin dong terjadi iritasi vagina yang lebih lanjut dapat mengakibatkan infeksi lainnya. 


Bicara Menstruasi Kepada Anak


Setelah pemaparan dari Prof. Dwiana, dilanjutkan dengan narasumber berikutnya yaitu Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi yang menjelaskan mengenai Peran Ibu untuk Edukasi Anak mengenai Menstruasi. 

Bukan rahasia lagi jika pembahasan menstruasi ini memang masih sulit menjadi pembahasan diantara Ibu dan Anak, ada berbagai alasan seperti pembicaraan menstruasi masih dinilai tabu bagi sebagian orang, selain itu Ibu juga terkadang masih bingung ingin memulai pembicaraan dari mana ataupun Ibu kurang pengetahuan atau pengalaman berbicara menstruasi karena dirinya pun dahulu tidak mendapatkan informasi yang cukup dari sang Ibu. Alasan lainnya karena remaja itu sendiri ragu akan kemampuan sang Ibu dalam menjelaskan persoalan menstruasi. 

Padahal pembicaraan tentang menstruasi itu memiliki efek baik jika dibicarakan antara lain: 
  • Kesehatan reproduksi remaja lebih baik
  • Menunda hubungan seksual pertama
  • Mengurangi Risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas
  • Relasi Ibu - Remaja lebih dekat. 
Sedangkan jika tidak dibicarakan, tentu juga akan menimbulkan efek negatif seperti takut, cemas, malu, marah dan sebagainya; selain itu anak menjadi tidak siap menghadapi menarke dan juga akan terjadi kesalahpahaman tentang menstruasi.

hal-hal yang dibicarakan seputar menstruasi

Seharusnya kita tidak perlu bingung untuk memulai berbicara tentang menstruasi karena sebenarnya banyak hal yang dapat dibicarakan kepada anak mengenai menstruasi bahkan jauh sebelum anak mengalami menarke dan dari diskusi itu pastinya anak akan mendapat banyak informasi dan tidak malu lagi untuk membicarakannya jika telah mendapatkan menstruasi pertamanya. 


7 Tips Bicara Menstruasi 


Beruntungnya mengikuti webinar ini karena Ibu Anna dengan senang hati berbagi tips berbicara menstruasi kepada anak yaitu:

1. Ingat, Ibu yang Paling Diharapkan

Ibu adalah sumber informasi tentang menstruasi yang paling diharapkan oleh anak perempuan. Oleh karena itu sebagai Ibu perlu membekali diri dengan pemahaman yang tepat tentang menstruasi juga perlu paham mana yang MITOS dan mana pula yang FAKTA seputar menstruasi. Di samping itu, Ibu juga perlu membekali diri dengan cara berkomunikasi tentang menstruasi. 

2. Bicara Menstruasi Tidak Tabu

Berbicara menstruasi bukanlah hal yang tabu karena ini penting untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi perempuan sebagai generasi penerus bangsa. 

3. Lakukan Berulang Kali

Topik menstruasi bukanlah hal yang bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan. Oleh karena itu jangan pernah bosan membahasnya. Bisa dimulai sejak ada tanda-tanda awal puberitas, ataupun sebelumnya. Semua dapat disesuaikan dengan usia anak. 

4. Bersikap Positif 

Isu-isu puberitas (termasuk menstruasi) bisa merupakan topik yang sensitif bagi remaja. 

5. Banyak Bertanya dan Berdiskusi

Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan jawaban remaja, dibandingkan banyak menceramahi/menasihati. Selain itu, Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif. Jika pun Ibu tak siap menjawab pertanyaan anak, katakan jujur bahwa Ibu butuh waktu berpikir dulu. Setelahnya cari informasi dan jawablah kemudian. 

6. Jelaskan Secara Kongkrit

Ibu dapat mengunakan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan. Kita dapat menunjukkan pembalut dan mengajari cara menggunakannya. Dapat dilakukan dengan games, misalnya Menstrual Maze (Tran & Choi, 2018). 

7. Jelaskan Juga Kepada Anak Laki-laki

Nyatanya, anak laki-laki pun harus dibekali seputar menstruasi, lho. Tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami perempuan, tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, melainkan dapat membantu misalnya dengan ikut menutupi teman perempuan yang mengalami 'bocor menstruasi di roknya', atau contoh lain dapat membawakan minuman hangat untuk teman yang lesu karena menstruasi. 

Ups, noted nih! Sebagai Ibu yang anaknya saat ini semua berkelamin laki-laki ternyata saya pun juga harus membekali anak-anak seputar menstruasi ini. 


Dukungan Pemerintah dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi


Untuk sesi berikutnya dilanjutkan oleh Ibu dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid memaparkan beberapa program dari Pemerintah dalam mendukung Kesehatan Reproduksi Remaja antara lain: 

program kesehatan reproduksi remaja

  • UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang merupakan kolaborasi sekolah dengan Puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah ssehat attau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.
  • Aku Bangga Aku Tahu yaitu giat penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan Penyakit Infeksi Menular Seksual.
  • Posyandu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi daalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber. 
  • Vaksinasi HPV yang mana menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi risiko Kanker Serviks. 

Beliau juga memaparkan bahwa setiap anak perempuan idealnya mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya) karena ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. 


Produk Khusus Pembersih Kewanitaan Saat Menstruasi 


Seperti yang disampaikan Prof. Dwiana tadi bahwa kita tidak boleh menggunakan sabun mandi untuk membersihkan daerah kewanitaan melainkan sebaiknya menggunakan pembersih khusus kewanitaan yang dirancang sesuai dengan pH vagina. Nah, untuk saat ini di Indonesia produk yang dapat kita gunakan adalah BETADINE® Feminine Care yang merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan yang dapat digunakan sehari-hari, menstruasi dan juga pada saat terjadi infeksi area kewanitaan seperti yang dijelaskan oleh Bapak Adi Prabowo pada pemaparan materi terakhir webinar ini.   


Betadine Feminine Care pilihan #YangIdeal


Tidak perlu khawatir lagi ya karena BETADINE® adalah produk yang telah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. BETADINE® Feminine Care pilihan #YangIdeal untuk menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. 

Produk-produk BETADINE® dapat ditemukan pada E-Commerce, official store mereka di Shopee dan juga Tokopedia.

Ayooo, tunggu apalagi? Semoga kita bisa lebih terbuka ya membahas menstruasi kepada anak dan juga tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan area kewanitaan kita ya. 

Semoga bermanfaat dan sehat selalu.






Whould you like to comment?

  1. Manajemen Kebersihan Menstruasi memang harusnya sejak dini diajarkan ya, mbak. Supaya miss V tetap sehat dan bersih. Miris juga lihat data-data yang tercatat tentang minimnya pengetahuan MKM.

    Semoga semua pihak, bukan hanya ibu, bisa menjadi sumber informasi untuk MKM.

    ReplyDelete
  2. Penting banget mengajarkan anak soal fakta dan mitos tentang menstruasi, jangan sampai lebih paham soal mitosnya saja daripada faktanya.

    ReplyDelete
  3. Menstruasi bagi perempuan merupakan siklus yang musti ditemui rutin, perawatan dan pola hidup bersih sehat menjadi bagian kebutuhan.

    ReplyDelete
  4. iyes, memang sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui tentang manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi ya mbak
    agar bisa tetap nyaman beraktivitas meski sedang menstruasi

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu kenapa dipilih tgl 28 karena siklus menstruasi tiap 28 hari sekali ya mbak. Begitu pentingnya menstruasi ini sampai dibuat hari menstruasi. Artinya semua orang khususnya ibu dan ayah wajib mengedukasi putrinya jika mendapat mens pertama

    ReplyDelete
  6. Sekarang sudah bukan jamannya lagi merasa tabu dalam membahas masalah menstruasi ini yaa, justru masalah ini sudah harus dibicarakan sejak dini dengan anak-anak kita agar mereka lebih paham saat kelak mengalami menstruasi

    ReplyDelete
  7. Jadi inget pertama kali menstruasi aku tuh nangis nangins mbak, kirain kenapa gitu ya berdarah. Tapi setelah dijelaskan ibu saya akhirnya paham dan berusaha menjaga pergaulan. Bener nih, setiap datang bulan perempuan harus menjaga kebersihan organ intimnya ya mbak.

    selain itu,fakta dan hal2 valid seputar menstruasi harus kita pahami, dan sebarkan edukasi kpd anak2 ya.
    Jadi, semoga banyak yg paham, bahwa Menggunakan sabun mandi untuk daerah intim dapat merusak perlindungan alami vagina. Karena, pH area miss V adalah kisaran 3-5 yang artinya bersifat asam. Sedangkan sabun mandi mempunya PH diatas 7 yang artinya basa.

    ReplyDelete
  8. @betadineIndonesia selalu terdepan dalam merawat organ intin perempuan ya?

    puluhan tahun lalu saya mendapat resep Betadine Vaginal Douche dari dokter obgyn

    dan ampuh sampai sekarang, nggak ada yang ngalahin

    ReplyDelete
  9. Kalau di kampung meski soal fikih haid pada hafal karena sejak dini sudah diajarkan di madrasah, tapi kalau soal manajemen kebersihan dan kesehatan memang masih kurang. Anak remaja banyak yg bilang orang tua mereka menganggap tabu membicarakan Sola itu. Beruntung di pengajian mereka bisa bebas bercerita dan kami bisa memberikan informasi sesuai arahan dari Germas Kemenkes ini

    ReplyDelete
  10. Edukasi menstruasi ternyata tidak sebatas pada remaja putri saja ya, ternya laki2 pun perlu edukasi menstruasi. Aku setuju hal ini. Mengapa? karena saya pernh ingat ada siswa di sekolah saya perempuan yang anunya "bocor" ada darahnya, eh...ternyata banyak diledek sama siswa laki-laki...thanks informasi yang sangat bermanfaat ini kak Diahalsa..Saya akan lanjutkan ke teman-teman yang lain.

    ReplyDelete
  11. Pengetahuan menstruasi sangat perlu diajarkan kepada remaja/anak baik laki-laki atau perempuan sejak dini, kebanyakan jaman sekarang mereka telat mengetahui tentang pemahaman soal menstruasi. Peran orang Tua sangat penting disini!

    ReplyDelete
  12. aku salut dengan Betadine ini mbak
    produknya super lengkap untuk membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya
    aku juga punya beberapa

    ReplyDelete
  13. Kalau diingat waktu dulu pertama kali haid, sangat memalukan sekali. bener2 ga paham harus ngapain dan deg2an karena ketakutan.

    makanya, anak gadis kita perlu banget dikasih edukasi seputaran menstruasi atau organ kewanitaan. setidaknya mereka paham dengan hal yg mereka hadapi.

    webinar seperti ini sangat bagus sekali. jarang lho ada yg bahas tentang menstruasi seperti ini.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih mbak, tulisannya bermanfaat dan membuka wawasan baru buat para cowok (salah satunya aku) untuk memahami tentang dunia perempuan dan menstruasi. Jadi lebih bisa memahami perempuan :)

    Baru tau juga Betadine ada produk khusus untuk kewanitaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaps kak, karena pria pun perlu paham juga ya, agar bisa lebih mengerti apa yang sedang dirasakan perempuan alias PMS hehe

      Delete
  15. Membaca banyak ulasan tentang hal ini dari teman-teman blogger, semakin menyadarkan saya bahwa manajemen kebersihan menstruasi tuh penting banget. Untuk kesehatan pribadi khususnya hal-hal yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita.

    ReplyDelete
  16. Selama ini, aku nggak pernah menggunakan feminim care gitu sih. BErsihkan bagian itu cuma pakai air mengalir doang. Kayaknya memang kudu milih betadine feminim care kali ya. Sekalian biar manajemen kebeersihan menstruasinya lebih afdol. Kan penting banget tuh menjaga kebersihan saat mens.

    ReplyDelete
  17. senang bisa ikut webinar ini mbak
    dan salut sama Betadine
    produknya sangat lengkap untuk membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan

    ReplyDelete
  18. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    ReplyDelete
  19. yuup sepenting itu. mungkin kita masih inget betul loh momen pertama mens. memang penting obrolan soal menstruasi ini lebih sering dilakukan sama orang tua dan anak di rumah yaa.. biar anak2 perempuan juga lebih sadar tentang keadaannya.

    ReplyDelete
  20. Penting banget memang tahu soal manajemen kebersihan diri. Beruntung ada webinar semacam ini.

    ReplyDelete
  21. luar biasa ya acaranya, jadi semakin tahu tentang menstruasi yg ternyata penting untuk dibahas pada anak sedini mungkin agar mereka siap saat masa puber itu datang :)

    ReplyDelete
  22. Membicarakan menstruasi dengan anak mungkin dulu adalah hal yang tabu. Tapi, sekarang ini sangat penting ya. Bisa sekalian menjadi momen sex edukasi untuk anak, juga mendekatkan hubungan anak dengan ibu..

    ReplyDelete
  23. jaman smp dulu saking nggak tahunya kalau pembalut itu harus sering diganti aku pakainya seharian loh. mana ada kan iklan yang pembalut antibocor tapi kok aku tetap tembus. ya iya dipakainya seharian pas lagi banyak-banyaknya. heu

    ReplyDelete
  24. Emang udah waktunya yaah ini pengetahuan soal kebersihan menstruasi ini jadi pembelajaran tersendiri di sekolah. Penting bangett loh kek gini. Ga hanya sekadar event di sekolah yang kadang ngga didengerin sama murid2 hikss. Dikira cuma soal menstruasi doang. Padahal mah soal manajemen kebersihannya ni penting bangettt.

    ReplyDelete
  25. Aku baru tau istilah manarke kemarin pas webinar loh ternyata ini istilah untuk menstruasi pertama ya. Perlu banget anak perempuan diedukasi sejak dini tentang menstruasi supaya gak bingung dan lebih siap

    ReplyDelete
  26. Setuju mbak. Wajib emang untuk perempuan nih. Apalagi menuju remaja kan. Edukasinya harus mulai diterapkan dan disiarkan menyeluruh nih

    ReplyDelete
  27. Manajemen kesehatan menstruasi nih emang nggak boleh diabaikan ya mak. Karena serem kan kalo sampe kena infeksi karena kurang menjaga kebersihan saat mens.. huhu

    ReplyDelete
  28. Sejak tahu Betadine Feminine Wash ini jadi beli dan pakai juga. Yang cair untuk dipakai di rumah sama yang tisu basah disimpan di tas. Anak gadis juga dibawain yang tisu biar menjaga kebersihan organ pribadinya terutama saat menstruasi.

    ReplyDelete
  29. Seru banget ya ikut webinarnya banyak pengetahuan baru, udah itu biar makin paham dan makin sadar tentang manajemen kebersihan dan kesehatan saat menstruasi

    ReplyDelete
  30. Edukasi tentang pentingnya jaga kebersihan saat menstruasi penting banget ya, bukan cuma untuk anak perempuan saja, tetapi para ibu juga. Karena banyak juga yang sudah ibu-ibu, belum paham benar kalau saat menstruasi itu perawatan dan menjaga kebersihan organ intim bahkan perlu dilakukan dengan lebih intensif.

    ReplyDelete
  31. wah ilmunya pasti bermanfaat banget apalagi bagaimana mengelola area kewanitaan kita agar selalu bersih dan sehat saat sedang menstruasi, ini penting banget

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah, secara bertahap saya mulai mempraktikkan ilmunya kepada anak perempuan saya. Memang harus dimulai sejak awal dan nggak bisa sekali berbicara. Pertanyaannya juga semakin banyak dan lumayan menakutkan, hehe. Alhamdulillah lagi, saya menang giveaway jadi dapat voucher belanja Betadine. Hehe

    ReplyDelete
  33. aku baru tau lho kalo tgl 28 mei itu hari menstruasi...

    ReplyDelete
  34. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^