Explore the blog
Saturday, April 10, 2021

Mengulas Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Setiap bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah di dapur biasanya mempunyai manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Termasuk juga temulawak yang mempunyai bentuk seperti kunyit. Temulawak juga mempunyai khasiat yang bisa membuat kesehatan lebih terjaga.




Manfaat temulawak tersebut juga bisa didapatkan oleh anak-anak yang mengkonsumsi temulawak dengan rutin. Dimana biasanya temulawak dapat digunakan untuk meredakan diare hingga dapat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Adapun beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan apabila anak-anak mengkonsumsi temulawak secara rutin adalah:

1. Menyembuhkan Uveitis


source pic: halobunda.com


Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi temulawak secara rutin adalah dapat menyembuhkan uveitis. Penyakit uveitis merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang lapisan uvea pada mata. Sehingga penyakit ini merupakan jenis radang yang dapat terjadi dan terjadi di iris dan siliar bagian mata. Apabila anak-anak menderita penyakit ini akan mengalami rasa nyeri dan juga kemerahan pada mata. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa untuk menemukan penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga perlu untuk di periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan saran yang tepat. Selain itu, Anda juga memanfaatkan bahan alami yang dapat membantu untuk menyembuhkan uveitis yaitu dengan menggunakan temulawak. Kandungan yang ada pada temulawak dapat untuk mengatasi peradangan yang disebabkan uveitis. Sehingga hal tersebut akan membuat peradangan dapat teratasi dengan baik dan menghindari resiko penyakit yang lebih parah.


2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat temulawak selanjutnya yang bisa diterima adalah dapat menurunkan resiko kanker. Penyakit kanker merupakan jenis yang berbahaya dan bisa terjadi pada siapa saja. Sehingga untuk melindungi anak-anak, orang tua bisa memberikan temulawak dengan rutin yang dipercaya dapat untuk menurunkan resiko terkena kanker. Temulawak mempunyai kandungan kurkumin yang mempunyai sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Sehingga dengan berbagai kandungan tersebut dapat untuk meminimalisir resiko penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, hingga kanker usus besar.


3. Memelihara Kesehatan Pencernaan


source pic: klikdokter.com


Manfaat dari bahan alami temulawak selanjutnya yang bisa didapatkan untuk anak-anak adalah bisa memelihara kesehatan pencernaan. Bagi anak yang sering mengalami masalah pencernaan, bisa mengkonsumsi temulawak dengan rutin. Sehingga hal tersebut juga akan bisa mencegah masalah pencernaan yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Temulawak bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan pendamping, selain tentunya menggunakan obat yang didapatkan dari resep dokter sesuai dengan sakit pencernaan yang dipunyai.


4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat dari bahan alami temulawak selanjutnya yang bisa didapatkan untuk anak-anak adalah bisa memelihara kesehatan pencernaan. Bagi anak yang sering mengalami masalah pencernaan, bisa mengkonsumsi temulawak dengan rutin. Sehingga hal tersebut juga akan bisa mencegah masalah pencernaan yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Temulawak bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan pendamping, selain tentunya menggunakan obat yang didapatkan dari resep dokter sesuai dengan sakit pencernaan yang dipunyai.


5. Mencegah Infeksi Bakteri Virus


source pic: bobo.grid.id


Manfaat temulawak terakhir yang bisa didapatkan anak-anak adalah dapat mencegah bakteri virus. Temulawak mempunyai kandungan sifat antivirus, bakteri, dan anti inflamasi. Sehingga hal tersebut akan dapat menurunkan kadar kolesterol hingga dapat dijadikan antioksidan. Berbagai manfaat tersebut bisa didapatkan dari ekstrak temulawak yang bisa diberikan oleh Herbana Relief Sari Temulawak. Dimana produk ini bisa diberikan untuk anak dengan manfaat untuk perlindungan liver, pereda nyeri otot, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jadi semakin tahu ya manfaat temulawak bagi kesehatan khususnya untuk anak. Kalau di pekarangan rumah masih ada lahan sih emang baik tuh untuk menanam tanaman toga ya, tanaman obat keluarga. 


Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan ya ☺



Whould you like to comment?

  1. Wah, ternyata manfaatnya banyak ya? Selama ini aku tahunya bagus aja untuk pencernaan. Secara orang rumah hampir semuanya bermasalah dengan pencernaannya... hihihi. Ternyata ada banyak manfaat lainnya.

    ReplyDelete
  2. Termasuk untuk menambah nafsu makan juga bukan sih kak? Agak lupa deh jamu yang biasa dikasih ke anak itu apa ya temulawak ya kalo gak salah biar nafsu makan

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata banyak ya mbak Diah, manfaat temulawak.. Saya pernah beli di ibu² sirup temulawak.. cuma kondisinya kurang baik. Mungkin kelamaan ngga laku atau proses yang kurang higinis, produk nya sudah agak berbuih dan rasa kecut. Jadi kapok mau beli lagi. Boleh nih mau coba Herbana Reloef Sari Temu lawak.. aslinya saya memang suka minuman herbal

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak juga manfaat temulawak untuk anak yaa, saya pikir temulawak ini hanya dikonsumsi orang dewasa saja, ternyata anak-anak juga bisa

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat pas awal-awal covid datang, aku pun lanngsung berburu temulawak sampai harganya pun mayan mahal pas itu. Baru kali itu liat yang namanya temulawak tuh, baunya enak dan manfaatnya juga banyak ya ternyata..

    ReplyDelete
  6. Untuk anak-anal, temulawak olahan sendiri boleh gak ya? Atau beli kemasan yang sudah di campur bahan lain. Soalnya kadang ragu ngasih temulawak olahan sendiri.

    ReplyDelete
  7. Temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan anak yaa,, wah Herbana ini mengandung temulawak ya,, nice share Mbak

    ReplyDelete
  8. Dilemanya aku tuh katanya temulawak bisa bikin gendut sementara aku jg suma kalau dibuat minuman gitu.hiks.. kalau utk sembuhkan sakit udah ga diragukan lg ya mbak

    ReplyDelete
  9. Temulawak memang banyak manfaatnya. Yang ini rasanya pahit ga, ya?

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak ya manfaat dari temulawak ini. Termasuk bagus juga buat jaga daya tahan tubuh. So bagus nih dikonsumsi apalagi di masa pandemi

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak manfaat temulawak untuk anak ya mbak. Aku baru tahu, ku kira cuma buat anti radang dan penambah napsu makan. Wkwk

    ReplyDelete
  12. Temulawak ini rasanya enakkk banget dibanding jamu-jamu lainnya. Selain untuk daya tahan tubuh, bagus juga untuk menambah nafsu makan dan kelelahan. Gak heran waktu awal pandemi tahun lalu bahan ini termasuk salah satu yang diburu selain jahe, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. Iyap temulawak dan jenis rimpang lainnya memang banyak manfaatnya. Saya selalu minum satu pil isinya temulawak, kunyit, jahe untuk jaga daya tahan tubuh 😊

    ReplyDelete
  14. Aku rutin mimum temulawak nih, kebetulan tetangga bikin sendiri dan aku pesan 1 liter. Anak-anak juga suka minum. Ada temulawak dalam bentuk praktis dari herbana,makin memudahkan.

    ReplyDelete
  15. Bagi ibu ibu penting banget nih nyetok herbal ini untuk anak ya mbak. Jadi tenang kalau misal tiba tiba anak sakit atau lg ga fit.

    ReplyDelete
  16. Setuju. Anak-anak harusnya dibiasakan sama bahan-bahan herbal gini. Udah terjamin khasiatnya dan aman ya mbak.

    ReplyDelete
  17. aku baru tahu temulawak ini bentuknya mirip kunyit yaa. Selama ini belum pernah beli dalam bentuk aslinya soalnya. Setahuku temulawak ini bisa buat nambah nafsu makan juga bukan sih?

    ReplyDelete
  18. Jarang banget nemuin tanaman temulawak ini. Tahunya susu dan obat-obat aja yang mengandung temulawak. ternyata banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  19. Ternyata banyak banget manfaat temulawak, yang saya tau cuma katanya bisa menambah nafsu makan aja. Ini kira-kira manfaatnya berlakuku untuk orang dewasa juga gak ya ?

    ReplyDelete
  20. Wah, baru tahu kalau herba ini mengandung temulawak ya mbaakk..

    ReplyDelete
  21. Dulu dicekokin temulawak waktu kecil sampe traumaaa sama baunya...pfffttt
    Eh tapi skrg bebikinan kunir asem sll pake temulawak, biar makannya hap hap.

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata manfaat temulawak banyak sekali. Jujur saya baru tahu jika temulawak bisa menyembuhkan penyakit uveitis. Dan baru tahu juga ada penyakit ini

    ReplyDelete
  23. Baru tahu manfaat temulawak sebanyak ini. Dulu tahunya cuma untuk pencernaan anak dan penambah nafsu makan. kujadi ingat dulu sama Mamak suka dicekokin jamu temulawak. weeek! pahit banget :D

    ReplyDelete
  24. Aku suka bikin jamu temulawak nih. Enak. Seger. Dulu awal2 buat jamu gegara suami sakit hepatitis. Alhamdulillah cepet sembuhnya

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^