Explore the blog
Tuesday, December 28, 2021

Manajemen Adalah Aspek Penting dalam Divisi HRD, Inilah Cara Meningkatkannya!

Istilah manajemen adalah suatu istilah yang tak lagi asing bagi para karyawan dan para pimpinan perusahaan. Manajemen yang baik dipercaya sebagai kunci kesuksesan tim dalam meraih tujuan. 

cara meningkatkan aspek manajemen untuk Divisi HRD


Namun, Temans tahu gak sih jika manajemen itu sendiri juga dibutuhkan dalam divisi HRD? Bagaimana cara meningkatkan manajemen dalam divisi HRD? Baca hingga tuntas yuk. 

Apa itu Manajemen?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita pahami tentang manajemen terlebih dahulu ya. Sederhananya, manajemen adalah suatu cara atau metode untuk mengelola atau mengatur berbagai aspek dalam sebuah bidang pekerjaan atau project. Adanya manajemen ini diperlukan untuk mengatur apakah semua pekerjaan berjalan sesuai rencana dan mencapai target yang sudah ditetapkan.


Mengapa Manajemen dalam HRD Sangat Penting? 


Seperti yang diketahui, divisi HRD merupakan salah satu divisi krusial dalam perusahaan yang menentukan seberapa unggul para personil di dalamnya. Karyawan yang mempunyai talenta berbeda ini mampu mengerahkan kinerjanya bila ditempatkan, diberi tugas, dan dikelola dengan baik sesuai keunggulannya masing-masing.

Di sisi lain, perusahaan tidak bisa asal-asalan begitu saja dalam mempekerjakan dan memerintahkan karyawan tanpa memperhatikan kesejahteraan dan hak karyawan. Karena bagaimana pun juga, karyawan adalah manusia yang membutuhkan 'sentuhan dan pendekatan' dari manusia yakni tim HRD. Jika karyawan merasa nyaman, maka karyawan pun juga bisa bekerja lebih produktif.

HRD mengurusi berbagai macam tugas demi kelancaran pekerjaan karyawan mulai dari kegiatan administratif seperti penggajian dan mencetak slip gaji sampai kegiatan strategis seperti pengembangan karyawan dan program suksesi. Oleh karena itu, mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) membutuhkan manajemen yang baik.

Manajemen yang berantakan akan berimbas kepada performa karyawan dan akhirnya akan merugikan perusahaan itu sendiri. Buruknya manajemen membuat karyawan menjadi tidak nyaman bekerja di perusahaan. Alhasil tingkat turnover dapat meningkat dan banyak progres terhambat.


Cara Meningkatkan Manajemen dalam Divisi HRD


Melihat ulasan di atas mengenai apa itu manajemen serta pentingnya keterkaitan manajemen dan HRD, tidak heran bahwa perusahaan kini mulai mencari berbagai macam cara untuk meningkatkan manajemen dalam divisi HRD. 

Namun demikian, tim HRD juga dihadapkan dengan tantangan dalam kegiatannya sehari-hari seperti keberagam komponen penggajian, dokumentasi data karyawan yang berantakan, penilaian kinerja yang sering mengalami bias. Jadi, bagaimana cara meningkatkan manajemen di divisi HRD?


Libatkan Seluruh Personil 


Dalam divisi HRD, terdapat beberapa personil yang mempunyai tugas dan tanggung jawab berbeda seperti HR recruiter dan HR admin. Meski mempunyai peranan yang berbeda, pada dasarnya para personil ini mempunyai potensi dan ide untuk mengembangkan tim HRD jauh lebih baik.


team work


Mulailah dari melakukan brainstroming atau diskusi tentang bagaimana baiknya program kerja HRD akan berjalan dan apa yang hendak diraih. Jika perencanaan sudah  matang, HRD juga bisa meminta pendapat dari para karyawan lain di luar divisi mengenai perkembangan pekerjaan tiap divisi dan tantangan apa yang dihadapi oleh mereka.


Up-to-Date dengan Tren & Regulasi


Regulasi mengenai ketenagakerjaan selalu berubah. Oleh karenanya HRD pun harus mengetahui perubahan apa yang sedang terjadi mengenai ketenagakerjaan, contohnya soal kenaikan UMK dan UMP. Aspek seperti ini akan berpengaruh dalam penggajian bulanan yang dilakukan HRD.

Selain regulasi, hal selanjutnya yang harus dipahami dan dipantau HRD adalah perkembangan tren dunia kerja. Dunia kerja begitu dinamis sehingga tren-trennya pun juga sering mengalami perubahan.

Biasanya perubahan tren ini juga akan berpengaruh kepada bisnis perusahaan dan karyawan yang ada. Misalkan, perkembangan digital marketing mulai menggeliat dan dipenuhi anak muda yang menyukai fleksibilitas kerja. Fenomena ini bisa dijadikan acuan bagi perusahaan dan HRD untuk membuat manpower planning atau perencanaan SDM di periode mendatang


Pertimbangkan Menggunakan Software


Ada banyak data dan informasi karyawan yang dipergunakan ketika HRD melakukan pekerjaan. Semua komponen tersebut berbeda-beda dari satu karyawan dengan karyawan lain. Belum lagi perencanaan stategis yang harus dilakukan untuk pengembangan karyawan yang lebih baik.

Ada baiknya jika perusahaan mempertimbangkan menggunakan software HRIS yang akan membantu pekerjaan HRD lebih efektif dan efisien. Bila perusahaan tidak mempunyai tenaga yang cukup untuk mengembangkan suatu software, maka menggunakan jasa vendor adalah pilihan tepat.

Contohnya adalah LinovHR sebagai vendor HRIS Software Indonesia yang sudah berpengalaman membantu manajamen SDM para klien dari industri yang berbeda.


Ciptakan Budaya Kerja Kondusif


Budaya kerja akan berpengaruh besar terhadap produktivitas karyawan. Bagaimana bisa? Semakin positif budaya kerja yang berkembang di suatu perusahaan, semakin produktif kinerja karyawan. Produktivitas ini disebabkan didukung sense of belonging atau rasa kepemilikan yang tinggi dari para karyawan.

HRD dapat mulai dengan memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi dan mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan ketika ada karyawan yang mengundurkan diri. Hal-hal sederhana ini akan membuat situasi kerja lebih kondusif dan membuat karyawan merasa lebih dihargai keberadaannya.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah hal penting dalam divisi HRD dan mempengaruhi banyak hal termasuk tingkat produktivitas karyawan dan efektifitas kerja HRD itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa manajemen dalam tiap lini perusahaan berlangsung lancar. 

Semoga ulasan di atas dapat membantu! ☺




Whould you like to comment?

  1. Nah, mantep bermanfaat banget ini untuk yang bekerja harus pinter-pinter manajemen divisi HRD. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  2. jelas banget kalo manajemen HRD itu sangat penting di setiap perusahaan. Makanya kalo ada software yang membantu manajemen HRP itu pasti membantu banget

    ReplyDelete
  3. Managemen HRD memang tempatnya memaksimalkan pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan. Bagus pengelolaan HRD akan berimplikasi positif.

    ReplyDelete
  4. Iya ya manajemen memang penting karena tanpa dimenej dengan baik, apa pun itu akan berakibat buruk, ambyaar deh .heu..

    ReplyDelete
  5. Suka deh mampir di blog ini. Isinya daging semua, gak ada lemaknya.
    Sebagai makhluk sosial, manusia pasti bersinggungan dengan yang namanya managemen.
    Makasih kak pencerahannya...
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. Aku pernah bekerja pada perusahaan yang managemen HRDnya cukup baik. Dan benar saja. Kinerja karyawan selalu meningkat seiring berjalannya waktu.

    ReplyDelete
  7. Memang kalau kerja itu selain pendekatan secara profesional perlu juga pendekatan dengan hati ya mba agar karyawan merasa dihargai dan bisa loyalitas ama perusahaan. Begitu juga dalam pengaturan manajemen. Harus tahu juga karyawan ini cocoknya di bagian apa. Emang butuh kerja sama semua pihak untuk membuat kondusif juga tempat kerja.

    ReplyDelete
  8. Baca ini aku jadi inget punya temen yang HRD dan super duper rapi dan tertata dalam menangani dokumen yang mana menurutku itu juga skill juga sih. Aku share ahh ke temenku ini ya, softwarenya pasti sangat membantu pekerjaan divisi HRD

    ReplyDelete
  9. Up to date terkait trend dan regulasi saya pikir ini sangat penting apalagi di jaman serba canggih seperti sekarang. Kalau kita tidak mengikut trend bisa bisa tertinggal ya

    ReplyDelete
  10. sekarang udah banyak banget sih aplikasi untuk manajemen HRD, cuma ada satu hal yang suka aku tanyain kalau dalam manajemen HRD ini apakah mereka juga melakukan tinjau langsung ke lapangan untuk mencocokkan sama sistem ya.

    ReplyDelete
  11. HRD harus bersyukur dengan kemajuan teknologi

    saya ingat banget sebelum internet dan komputerisasi berkembang pesat seperti sekarang, HRD sangat kesulitan

    Beda dengan sekarang, cukup hubungi LinovHR sebagai vendor HRIS Software Indonesia yang pengalaman dan kompeten

    ReplyDelete
  12. Wah iya, HRD adalah bagian penting dalam sebuah perusahaan ya mbak
    Oleh karena itu perlu di manage dengan baik
    Salah satunya dengan menciptakan budaya kerja yang kondusif

    ReplyDelete
  13. Management itu penting banget, apalagi dalam dunia HRD ya? Dulu saya awal kerja di bank saja, sebagai Customer Service, dikirim untuk training Self Management selama 3 hari di Bogor, bersertifikasi.

    ReplyDelete
  14. Wuih, ternyata loading kerjaan orang-orang HRD lumayan juga. Enggak cuman sekedar teknis doang. Untungnya di jaman sekarang, tersedia berbagai software yang bisa membantu penyelesaian pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah

    ReplyDelete
  15. Saya 17 tahun bekerja di perusahaan property building dengan sistem management HRD yang bagus,transparan dan mengikuti aturan pemerintah.Saat tahun lalu saya mengundurkan diri HRD memberikan hak-hak saya sebagai karyawan (memuaskan) dan sebelum keluar perusahaan adakan perpisahan

    ReplyDelete
  16. Manajemen dalam divisi HRD begitu besar perannya ya seperti memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi dan mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan ketika ada karyawan yang mengundurkan diri, misalnya...akan memengaruhi tingkat produktivitas karyawan dan efektifitas kerja HRD dan juga hal lainnya

    ReplyDelete
  17. Wah aku baru tahu ada software yang bisa bantu kerjaan HRD. Kebetulan sodara juga lagi ngeluh nih ama kerjaannya. Coba aku kasih artikel ini. Sapa tau bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  18. Dari pembahasan ini saya belajar bahwa peranan HRD itu penting banget, wawasannya harus luas, dan tanggung jawabnya teramat besar. Dia menjadi kunci pertama dalam keberhasilan perusahaan.

    ReplyDelete
  19. Setuju nih staff HRD ruh kerjaannya berat kalau kepala HRD gak terpakan manajemen pada divisinya secara bener..soalnya kerjaan tuh ga abis 2 hehehe curcol sayah

    ReplyDelete
  20. Aku baru tahu sekarang ada aplikasi HRD gitu ya. Bakalan sangat membantu kerjaan HRD nih yang cenderung memang berat

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^