Membiasakan Anak Tidur Sendiri, Salah Satu Goals di 2022

Halo 2022, selamat datang dan semoga tahun ini lebih baik! ☺
Tidak lupa juga dong saya ucapkan terima kasih untuk tahun 2021 yang meski berjalan just so so tapi banyak hal yang bisa disyukuri. Utamanya masih diberi kesehatan dan kesempatan membersamai anak-anak juga mengurus keluarga, Alhamdulillah. 

goals 2022 membiasakan anak tidur sendiri



Oh ya tahun kemarin saya punya banyak kesempatan belajar online, nambah ilmu yang harus dipraktikkan dan akan jadi goals di tahun ini. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa keinginan yang belum terealisasi yang tentu akan harus dilanjutkan lagi termasuk membiasakan anak tidur sendiri, hmm menata kamar tidur anak jadi salah satu yang ingin diwujudkan di tahun 2022 ini. 

Membiasakan Anak Tidur Sendiri 


Tidak terasa sudah 3 tahun kami menempati rumah kami ini. Anak-anak pun juga semakin bertumbuh, namun sampai hari ini ketiganya masih tidur bersama saya karena semua emang nempelnya ke Mamak. Tiga orang anak laki-laki masih suka berada di sekitar ketiak Mamak nih, hihih. Sedangkan si Bapak malah lebih sering di kamar sebelah, kamar yang sebenarnya konsepnya ditujukan untuk anak-anak. Apalagi kalau sedang sibuk kerja siapin bahan ajar ataupun mengajar online, hmm kamar itu sekaligus jadi ruang kerja Beliau juga deh. 

Sebenarnya dari tahun lalu sudah sounding ke si Kakak sulung buat tidur sendiri di kamarnya. Secara di kamar utama dia juga tidur di kasur sendiri kok, sementara saya dan kedua adiknya di kasur lain. Tapi kayaknya dia memang belum berani tidur sendiri makanya cuma semangat doang bilang iyah jika ditanya mau yah untuk tidur sendiri? Eh, tapi yang ada tetap aja balik ke kamar utama lagi kalau sudah jam tidur malam, heheheh. 

Si Kakak sekarang sudah 7 tahun lebih, sebelum libur sekolah kemarin sebenarnya kami berencana untuk sunnat atau sirkumsisi tapi karena lihat anaknya juga kayaknya masih belum sepenuhnya siap dan kami pun juga demikian jadilah rencana itu dipending lagi. 

Nah, meskipun si Kakak ini sebenarnya anak yang lumayan mandiri tapi masih ada beberapa PR juga yang harus segera kami terapkan padanya termasuk tidur di kamarnya sendiri. Makanya ini akan masuk jadi prioritas untuk dilakukan tahun ini. Gak mungkin juga kan ya sampai gede tidur ama Mamaknya mulu, hohohoh. Kali aja setelah si Kakak berani tidur sendiri, si Adek mau juga ikut tidur di kamar Kakak, berbagi kamar dengan kakaknya. Berhubung saat ini kamar yang tersedia di rumah kami ini memang terbatas, heheheh.


Manfaat Anak Tidur Sendiri 


Sebenarnya ini sudah masuk lambat ya mengajarkan anak tidur sendiri di usia 7 tahun ini. Nah biar gak berlarut nih makanya saya ingin mereka bisa segera tidur di kamarnya sendiri karena tidur sendiri punya banyak manfaat buat anak antara lain:

1. Melatih Anak Jadi Mandiri dan Mudah Beradaptasi


Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang mandiri, pun begitupula dengan kami. Apalagi kami memiliki tiga anak laki-laki yang memang harus bisa mandiri sejak dini. Dengan membiasakan mereka tidur sendiri semoga bisa menjadi salah satu jalan pembuka agar mereka bisa terbiasa dengan hidup mandiri juga nanti mudah beradaptasi bila berada di lingkungan baru. Mana tahu kan ya rejekinya nanti mereka bisa lanjut sekolah di luar. 

2. Kualitas Tidur Anak Jadi Lebih Baik


Dengan melatih anak untuk tidur sendiri, anak akan jadi terbiasa dan disiplin untuk bisa tidur sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tentu ini jadi berpengaruh juga dengan kualitas tidur anak yang bisa lebih lama sesuai dengan kebutuhan usianya. Tahu sendiri dong ya, kalau tidur bersama itu banyak godaaannya, ya mainlah dengan saudaranya, anak juga akan terganggu dengan suara orangtua yang ngobrol dan sebagainya. 

3. Mengajarkan Anak Disiplin dan Memiliki Rasa Tanggung Jawab


Dengan memiliki kamar tidur sendiri, anak akan jadi disiplin dan punya tanggung jawab dengan kamarnya dan ini juga  mengajarkan bahwa kamar adalah ranah privacy anak yang mana tempat tersebut harus dijaga dengan baik dan tidak semua orang bisa masuk ke dalam kamarnya. Anak bisa kita ajarkan disiplin untuk membersihkan dan merawat kamarnya sendiri agar mereka menjadi nyaman berada di dalam kamarnya. 

4. Melatih Keberanian dan Rasa Percaya Diri Anak


Selain mandiri, anak yang tidur sendiri pun bisa menjadi anak yang berani karena sudah terbiasa. Anak tidak mudah takut lagi jika mendengar suara ataupun gangguan lain, terlebih lagi anak laki-laki ini akan menjadi satu tantangan bagi mereka. Dengan tidak takut atau berani itu tentu akan memupuk rasa percaya diri bagi anak. 


Menata Kamar Tidur Anak 


Agar keinginan saya ini bisa segera terwujud, dari sekarang saya harus memikirkan bagaimana cara menata kamar tidur anak agar mereka bisa betah di kamarnya meski ukuran kamar yang lebih mungil dibanding kamar utama. 

Belakangan saya jadi sering intip-intip Pinterest buat ide furniture utamanya tempat tidur anak, ceritanya sih mau buat tempat tidur custom biar bisa menyesuaikan dengan ukuran kamar mereka. Anak-anak yang sempat melihat saya cari ide tempat tidur itu jadi heboh dong tunjuk keinginan mereka tapi sayangnya yang mereka pilih itu agak pricey untuk budget kami saat ini, tapi gak apa-apa kayaknya sih masih ada waktu untuk nabung lagi toh ini juga belum dieksekusi. Hmm, untuk meja belajar, rencana saya mau memindahkan meja belajar saya waktu sekolah dulu, hahahah. Barang antik ya secara usianya sudah 20an tahun lho ini, hihiih . Tapi daripada di rumah Kolaka udah gak kepake lagi kan jadi sekarang tinggal pikirin pengirimannya ke sini aja. 



menata kamar anak
freshome.com via dekoruma.com


Selain urusan furniture, hal penting untuk urusan menata kamar tidur anak adalah pencahayaan. Manalagi di kamar mereka itu jendelanya cukup kecil dan posisinya di belakang, tidak terkena langsung cahaya matahari terutama saat pagi hari. Jadi imenurut saya ni juga harus dipikirkan dengan baik. Tidak lupa juga untuk mengecat kamarnya dengan warna cerah agar suasana kamar jadi ikut ceria serta memilih lampu tidur karena selama ini anak-anak sudah terbiasa dengan lampu yang menyala saat tidur. Ini sebenarnya kebiasaan Mamak sih yang tidak begitu suka dengan kamar gelap jika tidur, berbeda dengan Bapak yang malah susah tidur jika lampu kamar menyala makanya sih dia lebih suka tidur sendiri di kamar sebelah, heheheh. 


AVARO WiFi Smart LED, Lampu dengan Jutaan Ekspresi


Oh ya bahas soal lampu tidur, saya jadi ingat AVARO WiFi Smart LED yang sangat cocok digunakan pada kamar tidur anak karena memiliki teknologi canggih yang semua fiturnya dapat dikontrol melalui Smartphone kita. Ini tentu akan memudahkan kita juga untuk mengontrol jam tidur malam anak karena kita bisa menyetel agar lampu menyala dan padam sesuai waktu yang telah ditentukan. Rasanya tidak bakalan ada lagi drama untuk kasih komando anak untuk tidur maupun membangunkannya. 

Hayooo, penasaran juga ya dengan keunggulan dari produk ini? Yuk kita intip bersama aja ya. 


AVARO Wifi Smart LED

  • 16 Millions RGB Colors; #Avarobotic Bohlam pintar yang terjangkau yang dapat dipasang pada soket E27 standar apa saja dan terhubung langsung ke WiFi rumah tanpa perlu menggunakan hub lagi. Menampilkan 16 juta warna dan 765 Lumen yang dapat saling berinteraksi dengan smart home devices lain melalui aplikasi AVARO. 
  • Warm to Cool Temperature Setting; #AvaroisYourAssistant Bohlam yang dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menggunakan perintah suara, begitu pun untuk menyetel tingkat kecerahan dan juga mengubah warna dan suhu. Untuk fitur voice  command support ini atau perintah suara dapat didukung oleh Amazone Alexa & Google Assistant. 
  • Control Lamp & Appliances from Smartphone;  Untuk mengoprasikannyaa dapat diakses melalui aplikasi AVARO Mobile Android maupun iOS yang dapat dikontrol dari mana saja. Jika memiliki lebih dari 1 bohlam Avaro yang terinstall, maka akan tampil pada layar menu yang sesuai dengan penunjukkan ruangan yang telah diatur berdasarkan posisi dimana bohlam tersebut ditempatkan (misalnya pada ruang anak, ruang utama, living room, dsbnya)
  • Avaro WiFi Smart LED hanya tersedia untuk tegangan 9 Watt dengan klaim masa pakai hingga 15.000 jam

Gimana, kebayang kan betapa bohlam pintar ini bisa membantu tugas Mamak dalam mengontrol anak tidur, #SmartAssistant ini bisa menyetel alarm juga mengatur temperature/suhu ruangan agar kamar tidur anak menjadi lebih nyaman. 

Saya yakin Temans juga ingin punya Avaro WiFi Smart LED #RoboticHomeAssistant ini juga kan di rumah? #BeSmartWithAvaro aja dan langsung lakukan pembelian di Avaro Official Shop di Shopee & Tokopedia ya. Tenang, gak perlu khawatir berlebih soal budget karena #WiFiSmartLED sangat bersahabat kok, yang mana dibandrol dengan harga Rp 85.000,-. 

Semoga goals saya tahun 2022 ini bisa segera terwujud dan anak-anak bisa cepat mandiri dengan punya kamar sendiri juga nantinya. Saya yakin anak-anak juga pasti bakalan senang punya kamar sendiri apalagi mereka suka heboh kalau lihat lampu yang berwarna-warni. Lah, diffuser aja mereka heboh, si Kakak malah sebut lampu baru, waktu saya pertama kali pasang diffuser itu di kamar kami. Malah sampai sekarang istilah itu melekat kalau mereka mengingatkan saya untuk memasang si diffuser sebelum tidur, heheheh. 


Semoga bermanfaat. 


   
Next Post Previous Post
44 Comments
  • Farida Pane
    Farida Pane 6:14 PM

    Sama nih anak2 masih suka nyeberang ke kamar ortu walau sudah gede2. Semoga bisa berhasil membuat mereka tidur di kamarnya sendiri yang nyaman, ya

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 7:01 PM

    Hmmm pengen sih tapi belum punya rumahnya semoga 2022 ini kebeli dulu rumahnya aamiin biar bocil bisa bobo dinkamarnya, aku juga pasti happy dekor apalagi ada Avaro yang unik gini ya

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 2:50 PM

    Duh, goals saya juga pengin anak-anak lekas berani bobok di kamarnya sendiri. Sekarang, yang masih berat adeknya. kalau kakaknya sudah bisa. Penasaran juga dengan Avaro WiFi Smart LED-nya, Mbak. Anak-anak pasti senang juga nih punya lampu kamar tidur kayak gini. Sangat berguna juga untuk mamaknya..hihi.

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 7:59 AM

    Ternyata manfaat anak2 tidur sendiri banyak jg ya mbak Diah. Semoga goalsnya tercapai, yaaa. Pasti anak2 makin betah dan antusias kl kamar tidurnya pakai lampu Avaro yg bisa diatur dr hp dan bisa diubah2 warnanya. Hihi

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 1:58 AM

    Samaaa nih mba, aku pun lagi berusaha supaya anak2ku bisa tidur sendiri. Sebenernya udah mulai, tapi si Kaka harus bareng adeknya, Krn kalo sendirian dia masih takut. Sementara adeknya masih harus nempel emaknya 🤣🤣. Cuma kadang mau juga sih disuruh tidur di kamar Kaka nya. Dengan syarat sesekali dia bisa tidur Ama aku .

    Memang harus pelan2 sih yaaa. Kalo dipaksa, takutnya mereka yg ada trauma juga dipaksa tidur sendiri padahal msh takut.

    Aku nyesel ga pake cara ortuku dulu. Kalo dulu sejak bayi aku dan adekku memang tidur di kamar sendiri, tapi ada babysitter yg nemenin. Jadi kami pas kecil malah ga terbiasa tidur Ama ortu.

    Padahal anak2 ku juga ada babysitter, tapi ntah kenapa aku malah biasain tidur di kamar kami 😅.

  • hastinpratiwi.com
    hastinpratiwi.com 7:24 PM

    Iihh aku jadi inget waktu kecil dulu, Mbak. Udah berani tidur sendiri, beda kamar dengan ortu, ehh tengah malam kebangun dan nangis. Terus, aku lari deh gedor-gedor kamar ortu sambil sesenggukan. Batal tidur sendiri, hehehe..

    Btw, Avaro WiFi Smart LED ini keren banget sih. Anakku bakal terkagum-kagum juga pasti kalau aku beli lampu ini. Boleh juga dicoba ah biar tidur kami jadi nyaman.

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 10:10 PM

    Sepakat anak-anak agar belajar tidur sendiri ya Mbak? Btw, lampu ini keren banget, jadi pengen lampu tidur nih.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 10:21 PM

    Semoga goalsnya tahun ini terwujud ya Kak,apalagi didukung dengan Avaro WiFi Smart LED pastinya bisa bikin anak tidur dengan nyaman. Tinggal perlu dilatih dan dibiasakan saja. Saya juga rencananya pengen latih anak tidur sendiri sedini mungkin. Cuma belum tahun ini sih, soalnya masih pada toodler, hehe

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 6:59 AM

    Dengan Avaro WiFi Smart LED anak jadi lebih nyaman untuk tidur sendiri ya. Memang tidak mudah untuk membiasakan anak untuk tidur sendiri di kamarnya. Tapi lama2 akan nyaman dengan sendirinya

  • Anggi Putri
    Anggi Putri 1:07 PM

    Semoga goals-nya segera tercapai ya Mbak. Avaro WiFi Smart LED ini keren banget. Kayaknya boleh juga dicoba

  • Antung apriana
    Antung apriana 1:31 PM

    wah harga lampunya bersahabat ya, mbak. saya pikir tadi ratusan ribu. kalau anak saya sekarang dua-duanya sudah tidur di kamar berbeda dengan saya dan suami cuma mereka masih perlu ditemani juga sebelum tidurnya dan alhamdulillah jarang banget malam-malam mendadak pindah kamar

  • Erny Note
    Erny Note 9:06 AM

    Goal thn 2022 mba smoga tercapai ya...Bener banget dgn melatih anak2 tidur di kamar sendiri bisa melatih kemandirian dan kedisiplinan anak. Apalagi ada ada Avaro Smart WiFi LED makin mendukung lah...

  • Rini Rahmawati
    Rini Rahmawati 8:20 AM

    Anak bungsuku usia 6 tahun masih belum mau tidur sendiri

    Harus melakukan banyak cara nih supaya bisa membiasakan anak tidur sendiri

    Cara dalam postingan ini sepertinya bisa dicoba, 2022 harus bisa hehehe

  • Maria Tanjung
    Maria Tanjung 2:22 PM

    Wah anaknya 3 jagoan semua ya mbak. Memang membiasakan utk tidur sendiri itu tidak mudah namun lama kelamaan mungkin bisa ya.

  • Sabrina
    Sabrina 11:39 PM

    wah hemat juga ya hanya 9 watt dan bisa tahan sampai dengan 15.000 jam. bisa jadi rekomendasi untuk di rumah saya niy mba Diah, wajib cobain

  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman 5:12 PM

    baca artikel ini jadi inget jg cara membiasakan tidur si kecil yg alhamdulillah semenjak di sapih, 6 bulan kemudian terbiasa tidur sendiri. btw mba lampu avaro led ini terjangkau banget ya dengan berbagai kelebihannya.

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 8:45 AM

    Saya juga pengen membiasakan anak tidue sendiri tapi keknya belum tega. Tipsnya boleh juga nih

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 10:22 PM

    Super keren sih ini mbak Diah. Avaro WiFi Smart LED, bikin betah dan nyaman sih buat anak-anak tidur sendiri.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 9:31 PM

    Avaro WiFi Smart LED jadi idaman lampu LED ya mba, aku juga pengen memberikan yang terbaik buat keluarga. Semoga apa yang diimpikan dapat tergenapi aamiin

  • Rella Sha
    Rella Sha 12:43 AM

    Tadinya tuh pengen punya kamar anak yg bagus, yg nyaman baru pada disapih bobo sendiri eh gak nyampe-nyampe ke situ padahal kan anak tambah gede ya hehe... Jadilah dibuatin kamar yang cukup ajalah satu bertiga dulu, yg penting udah bisa dan berani bobo sendiri.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 12:21 AM

    Pastinya nyaman banget nih kalau kamar tidur dilengkapi Avaro Smart WiFi LED ini. Anak-anak juga pastinya suka apalagi lampu ini bisa bikin mereka tidur dengan lelap. Oh ya semoga goalsnya tahun ini tercapai ya. Lega juga rasanya kalau anak2, udah bisa tidur mandiri dan tentunya kehadiran lampu canggih ini bisa membantu

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 11:32 PM

    Menurut sisi parenting juga bagus mbak. Membiasakan anak tidur sendiri melatih disiplin dan berani. Btw avaro smart wifi led aku udh ngincer ini, enak soalnya bisa ngatur dan setting lampu via ponsel.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 9:57 AM

    kemarin saat Wahyu sakit, akhirnya kami berlima tidur sekamar. Akibatnya, walau AC sudah disetel dengan suhu seminimal mungkin tetap aja gerah, hehehe

    Tapi sejak usia 5 tahun anak sebaiknya sudah tidur terpisah dari orang tua yaa

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 10:28 AM

    bener mba, nyuruh anak tidur sendiri tuh bukan perkara mudah ya hahaa kalau aku sih pasang cctv jadi anak keliatan ngapain aja walau beda ruangan, dan anak juga tau kalau mami papinya ngeliatin dari kamera wkwkwk jadi dianya lebih tenang

  • Linimasaade
    Linimasaade 11:10 AM

    Jadi ingat dulu saya juga susah sekali pengin tidur sendiri. Setelah orang tua mmebujuk akhirnya bisa tidur sendiri. Dulu tuh takut tidur sendiri karena takut hantu mbak hihi.

  • lianny
    lianny 11:13 AM

    Pasti senang tuh anak-anak tidur sendiri dengan kamar yang dilengkapi Avaro Smart WiFi LED ini. Semoga goalsnya tercapai ya mbak.
    Jadi ingat waktu anakku yang paling kecil tidur sendiri, takut awalnya, sampai kami belikan guling bentuk kelinci dan boneka-boneka ditaruh di kasurnya, lama-lama terbiasa juga akhirnya tidur sendiri haha.

  • Gina Nelwan
    Gina Nelwan 1:48 PM

    berhubung di rumah cuma bertiga, saya belum sih nih membiasakan anak tidur sendiri, semoga nanti deh kalo pas udah punya rumah baru, jadi lebih nyaman dan kamar anak juga bisa didesain sesuai kesukaan dia

  • Mpo Ratne
    Mpo Ratne 10:39 PM

    Tidur sendiri merupakan cara belajar mendewasakan anak. Tidak perlu takut hantu. Avaro buat suasana tidur tambah nyenyak

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 1:40 AM

    wah kalau ada lampu Avaro anak anak bakalan betah di kamarnya sendiri ...
    Memang kudu sabar ya kalau mengajarkan sesuatu yang baru pada anak, akupun merasakannya hehehe

  • Allaely Hardhiani
    Allaely Hardhiani 6:32 AM

    Lampunya kece nih, jadi pengin beli juga. Apalagi harganya juga terbilang masih terjangkau. Siapa tahu anakku juga mau tidur sendiri kalau dipasangin lampu Avaro Smart Wifi LED.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 6:48 AM

    aku sejak kecil nih mba membiasakan anak - anak tidur masing - masing. Memang awalnya suka ngga tega tapi we have to do it

  • Helenamantra
    Helenamantra 7:01 AM

    Impianku juga si kakak berani tidur di kamar sendiri tapi ... karena rumah masih minimalis, sementara ya dia tidur di kasur sendiri.
    Kalau lampu, aku udah pakai yang warna-warni gini. Saking excited-nya, sebelum tidur sibuk pilih warna lampu. Kadang dia minta yang ijo, biru, merah, hahahah malah pusing aku.

  • Rotun DF
    Rotun DF 9:28 AM

    Jadi ingat anak-anakku nih Mba. Dulu salah satu syarat mereka mau tidur sendiri memang minta lampu tidur, hahahaha. Soalnya pas masih tidur bareng sama aku tidurnya gelap-gelapan. Nah mereka mungkin masih kurang nyaman kalau tidur sendiri dalam keadaan gelap. Alhamdulillah sekarang yang dua udah tidur sendiri, tinggal yang bayi deh. Btw kok aku jadi tertarik ya sama lampu Avaro smart LED ini, buat di kamarku, hihi.

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:38 AM

    Banyak persiapan yang harus dilakukan ketika mempersiapkan kemandirian anak.
    Ini penting banget yaa..sekaligus mengajarkan anak adab 3 waktu terhadap orangtua.

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 10:07 AM

    Anak pertamaku dulu bisa bobo sendiri walau usianya masih 4-5 tahun. Namun anak yang kedua nih susah nempel banget, sampai suainya 7 tahun dia msh nyariin emaknya haha
    Kdng ketiduran di kamarku trus kupindahin, kdng gak berhasil krn dia nangis2
    Kyknya perlu ganti lampunya sama smart LEB Avaro nih supaya anaknya jg betah di kamarnya sendiri :D

  • Ainhy Edelweiss
    Ainhy Edelweiss 10:10 AM

    Mungkin saya tahun depan Insya Allah dah mau biasakan anak tidur sendiri, soalnya biar bisa mandiri. Menarik sharingnya kak, smga sy juga bisa menerapkan tipsnya

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 10:48 AM

    Aku nih mba masih senang tidur ama anak. Hahaa. Bahkan tidur bertiga di kamar. Tapi memang ya soal pencahayaan ini memang menjadi point yang harus diperhatikan mba. Aku baru tahu nih mba tentang lampu secanggih ini

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 11:45 AM

    Aamiin ya Allah aku juga pengen punya rumah baru dan punya kamar anak-anak masing-masing biar mereka mandiri. Semoga goals kita tercapai ya mba.

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 12:35 PM

    Pengen banget menata kamar dan dilengkapi dengan Avaro Smart WiFi LED pasti nyaman banget. Saya juga nih mbak lagi mengusahakan kamar anak yang lebih nyaman sehingga anak-anak juga lebih mandiri untuk tidak sendiri.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 12:40 PM

    Saya jadi teringat dengan permintaan anak lelaki saya untuk bisa menggunakan lampu seperti Avaro WiFi Smart LED di kamarnya. Dia suka dengan kecanggihannya, dan memang terlihat praktis, ya...

  • iidyanie
    iidyanie 12:58 PM

    Goals saya juga ingin anak bisa tidur sendiri nih mba, tapi emang agak susah sih secara dia gak mau tidur sendirian hehe, lampunya memang keren banget ya ada robot asistant lagi :)

  • Diyanika
    Diyanika 5:05 AM

    Saat ini malah kondisi di keluargaku berbeda, Mbak. Jadi, si kakak tidur dengan abinya, aku dengan si bayik. Aku malah ingin bisa sekamar tidur uyel-uyelan gitu. Hihihi. Karena seperti ada yang hilang gitu pas tidur terpisah gini.

  • Sri rahayu
    Sri rahayu 11:23 PM

    Aamiin. Ikut mendoakan kesuksesan goal nya. Kalau aku sendiri permasalahan nya justru aku yang agak gimana gitu kalau pisah tidur sama si jagoan kecil

  • Erny Note
    Erny Note 10:37 AM

    Waiya kudu ada goal mba untuk anak tidur sendiri. Sebab aku yg tak punya goal jadi malah smpi usia 17 tahun anakku masih suka tidur sama aku hehe...Semangat y mba ..

Add Comment
comment url