Explore the blog
Friday, May 28, 2021

SEO Moms Community, Tempat Belajar SEO Basic Bagi Blogger Perempuan

Maaf lahir batin semua. Maafkan segala kesalahan yang pernah ada. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sabar dan mudah memaafkan. Semoga kita pula bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan di tahun-tahun berikut, Aamiin. 


Ramadhan kemarin sekaligus menjadi Ramadhan kedua kita ya #dirumahaja. Meski bosan dan sedih masih belum bisa seperti dulu tapi nyatanya kita juga sudah mulai terbiasa kan ya dengan aktivitas dari rumah, seperti menghadiri webinar satu ke webinar lainnya, belajar online dari kelas satu ke kelas lain dan sebagainya. Saya pun juga demikian, salah satunya adalah belajar SEO yang bermula dari mengikuti kelas SEO Gratis dari SEO Moms Community yang dimentori langsung oleh foundernya yaitu Bang Qbenk, satu-satunya lelaki di komunitas ini. 

Awal Mula Mengenal SEO Moms Community 


Jujur, sejak awal menulis di blog ini saya itu cukup idealis kalau blog ini for having fun saja. Jadi menulisnya ya sesuka hati tanpa pusing dengan aturan baku dunia SEO. Bagi saya yang paling penting adalah tulisan saya bisa dibaca dan diterima pengunjung blog ini dan sebisa mungkin saya mengikuti kaidah penulisan sesuai EYD meski tentu saja saya juga tetap menulis dengan gaya bahasa saya sendiri. 

Saya juga cukup lama bertahan dengan tidak hijrah untuk membeli domain blog padahal saat itu orang-orang sudah mulai ramai punya domain blog sendiri bahkan punya hosting juga. Saya mah tetap setia bertahan dengan gratisan saja. Namun akhirnya pendirian saya pun juga goyah karena saat itu Google mengeluarkan peraturan baru terkait perubahan domain Blogger Indonesia yang awalnya .com menjadi .co.id sesuai dengan kebijakan negara masing-masing. 

Yaah, intinya kalau mau nulis nama blog juga otomatis berubah dong dari yang biasanya .com menjadi .co.id gitulah. Jadi, saya pun berpikir daripada setengah-setengah mending sekalian aja deh 'alamat rumahnya' diganti. Kebetulan saat itu juga sudah mulai ramai kan monetize blog. So, saya pun juga akhirnya membeli domain dan berharap bisa mendapatkan 'sesuatu yang lebih' juga dari aktivitas ngeblog ini. 

Seiring perkembangan blog, sebenarnya saya masih lebih fokus ke bagaimana cara menaikkan DA/PA, jumlah kunjungan blog dan poin-poin lain yang sering menjadi syarat mendapatkan job baik placement article maupun sponsored post. Dari hasil baca sana-sini, saya pun jadi tahu bahwa salah satu cara memperbaiki kualitas blog dan menambah jumlah kunjungan blog itu adalah dengan menerapkan ilmu SEO (Search Engine Optimization) agar artikel kita mudah diindeks oleh mesin pencari. Jika artikel kita ramah akan SEO, atau istilah kerennya yaitu SEO friendly artinya artikel tersebut bisa dengan mudah nangkring pada posisi page one yang selalu jadi dambaan para blogger, yang mana artikel tersebut lebih mudah mendapatkan kunjungan organik dari yang membutuhkan blogpost itu. 

Suatu hari di akhir Maret atau awal April 2020 saya membaca postingan dari Bang Qbenk di Facebook bahwa SEO Moms Community membuka kelas baru (batch 2) untuk belajar SEO secara gratis yang ditujukan pada seluruh Blogger Perempuan Indonesia. Saya yang memang sedang ingin tahu tentang SEO langsung dong ikutan daftar juga kelasnya, apalagi tidak ada biaya yang harus saya keluarkan alias gratis, *dasar emak-emak doyan gratisan emang* heheheh. 

Setelah daftar saya pun biasa saja, nothing to loose lah gitu. Kalau diterima, Alhamdulillah. Kalaupun tidak, ya artinya coba lagi kemudian, hihih. Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk gabung di kelas itu dan kami mulai belajar di awal Ramadhan tahun 2020 lalu. Kebetulan banget kan ya, bisa isi waktu ngabuburit juga dengan belajar SEO ini yang mana diajari langsung oleh Founder SEO Moms Community yang saat itu juga didampingi oleh Co-Foundernya, Mbak Sari. 


Kenal Lebih Dekat dengan SEO Moms Community


Dari namanya saja bisa kita tebak ya kalau SEO Moms Community ini adalah komunitas SEO bagi Para Mama. Eits, tapi jangan salah lho ya, gak semua membernya berstatus Mama kok, masih ada juga Mama wanna be yang gabung disini, a.k.a. masih single. Jadi, bagi yang masih single dan tertarik ingin ikutan belajar SEO juga, boleh banget dong ikutan gabung tapi kudu melewati proses seleksi dulu ya. 

SEO Moms Community
SEO Moms Community adalah jaringan murni pembelajaran SEO secara online yang dikhususkan bagi Blogger Perempuan Indonesia yang dibentuk pada 25 Januari 2020 oleh M. Sahlan atau lebih dikenal dengan nama Bang Qbenk, Blogger asal Kubu Raya - Kalimantan Barat. Dirinya mulai menggeluti dunia SEO sejak tahun 2008 dan Komunitas ini didedikasikan kepada Almarhumah Ibunya yang berpulang pada 25 November 2019 lalu sebagai ungkapan kasih sayangnya pada Sang Ibu. 

Saat ini SEO Moms Community membagi membernya berdasarkan Regional yaitu: 
  • Sulawesi dikoordinatori oleh Mom Mugniar
  • Yogyakarta dan Jawa Tengah dikoordinatori oleh Mom Wiwin Pratiwanggini
  • Jawa Timur dikoordinatori oleh Mom Rahma Chemist dan Dewi Adikara
  • Sumatera dikoordinatori oleh Mom Arda Sitepu
  • Bali dan Nusa Tenggara dikoordinatori oleh Mom Rizky Ananda
  • SEO Moms 4 (di luar wilayah di atas) dikoordinatori oleh Mom Lidya Fitrian

Namun untuk saat ini dikarenakan jumlah member Regional Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara jumlahnya kurang maka untuk sementara kelas belajarnya digabung menjadi SEO Moms Basic SulBalNusra yang mana semua member dari kelas batch 1 hingga batch 3 digabung bersama member baru dan kembali belajar dari awal lagi. Tentu saya senang sekali bisa kembali mengulang pembelajaran dari awal lagi karena jujur saja saya masih belum bisa menerapkan semua ilmu yang telah  Bang Qbenk paparkan pada kelas sebelumnya. 


Belajar SEO di SEO Moms Community 


Seperti yang saya bilang di awal bahwa saya sebelumnya sangat cuek dengan urusan SEO, namun sejak ikut belajar di SEO Moms Community ini saya jadi merasa tertantang untuk terus membenahi blog saya. Dengan bergabung di komunitas inilah menjadi gerbang awal saya dalam mengetahui seluk beluk SEO meski saya belajarnya sangat lambat dan tentu yang saya pelajari saat ini adalah dasar-dasarnya terlebih dahulu. 

Pas banget dong karena materi pembelajaran di SEO Moms Community ini emang bersifat dasar yang mudah dipahami oleh seluruh membernya karena menurut Bang Qbenk SEO tidak bisa dibangun secara instan. 

SEO adalah ilmu logika yang sama halnya dengan ilmu pemograman, karena bahasa pemrograman adalah bahasa utama algoritma. Maka SEO juga tentu identik dengan logika. Qbenk - Founder SEO Moms Community.


Materi Belajar SEO Moms Community 


Untuk materi yang dipelajari yaitu SEO On Page dan juga Off Page tetapi untuk di awal kami ditekankan untuk belajar Onpage nya terlebih dahulu. 


materi belajar SEO Moms Community


Adapun materi SEO On Page yang kami pelajari di SEO Moms Community yaitu:

  1. Titel blog
  2. Deskripsi utama Blog
  3. Deskripsi penelusuran 
  4. Desain dan tata letak Blog
  5. Struktur Blog
  6. Meta tag header (blogspot)
  7. Meta robot txt (blogspot)
  8. Struktur konten
  9. Penulisan standar SEO
  10. Related link konten

Menurut Bang Qbenk, alasan utama mengapa on page ini begitu penting karena Google memandang faktor internal blog sebagai parameter utama. 

Jika bagus dari dalam, di luarnya bisa dipastikan bagus, namun sebaliknya jika jelek di dalam, walaupun di luar bagus tetap saja kualitasnya gak bagus karena di dalamnya ada beberapa faktor pendukung yang tidak diterapkan dengan baik. Qbenk - Founder SEO Moms Community. 


Eheem, macam menilai orang gitu ya, inner beauty juga sangat berpengaruh dalam menilai seseorang, jangan hanya menilai dari kecantikan luarnya saja, uhuuk. 



Proses Belajar SEO Moms Community 


Belajar di SEO Moms Community itu secara online, kami digabung dalam satu WhatsApp Group dimana Bang Qbenk sebagai mentor akan memberikan kuliahnya sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama oleh semua member. Saya yang berasal dari Kendari, Sulawesi Tenggara otomatis bergabung dengan SEO Moms Community Regional Sulawesi yang kebetulan dikoordinatori oleh Mom Mugniar. Akan tetapi berhubung jumlah member SEO Moms Community Regional Sulawesi saat ini jumlahnya kurang dari batas minimal yang ditentukan Bang Qbenk jadilah untuk saat ini kami digabung dengan Regional Bali-Nusa Tenggara agar bisa belajar bersama dan namanya berubah menjadi SEO Moms Basic SulBalNusra. 


logo SEO Moms Basic SulBalNusra

Sebenarnya yang belajar di grup SulBalNusra ini tidak semuanya member baru, seperti saya dan beberapa orang teman lain yang sebelumnya telah mengikuti SEO Moms Community di batch sebelumnya. Tentu saya merasa beruntung bisa kembali mengikuti kelas ini lagi. Meskipun Bang Qbenk memberikan materi sesuai jadwal kesepakatan, tapi kami boleh lho membaca materinya kapan saja. Tidak mesti masuk kelas saat itu juga karena Bang Qbenk sangat mengerti dengan kesibukan emak-emak ini. Kami bisa belajar sambil mengasuh anak maupun mengerjakan pekerjaan wajib sebagai seorang Ibu dan Ibu wanna be (iyaah doong, kan ada juga lho yang masih single available yang gabung disini) 

Meski jadwal belajarnya terlihat santai tapi tetap kami harus memperhatikan dengan baik materi yang diberikan. Bagi yang ingin bertanya pun juga dipersilahkan ketika sesi tanya jawab dibuka. Paling penting lagi sih mengerjakan tugas jika ada karena akan ada yang tereliminasi jika tidak sesuai dengan ketentuan. Hmm, kelasnya asyik banget kan? Santai kayak di pantai tapi tetap serius!


Diskusi Antar Member SEO Moms Community


Tidak hanya belajar di kelas melalui WAG saja, semua member berkesempatan kopdar virtual dan juga dapat kelas tambahan optimasi blog. Seperti yang baru saja diselenggarakan bebeapa waktu lalu kami belajar mengenai Google Search Console. Tidak hanya itu, waktu momen Hari Kartini April kemarin juga kami bertemu dan berdiskusi kecil tentunya seputar blog juga bertukar pengalaman tentang penerapan SEO dari hasil belajar kami selama ini. 


Pengalaman Bergabung Bersama SEO Moms Community


Alhamdulillah, sejak ikut di SEO Moms Community di bulan April 2020 lalu, saya menjadi sadar bahwa saat ini ngeblog itu tidak hanya menulis saja tetapi juga penting menerapkan ilmu SEO agar artikel kita lebih mudah terbaca oleh mesin pencari, sebutlah saja di halaman Google. Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika artikel kita masuk dalam halaman muda Google, berada di posisi 3 halaman awal saja bisa membuat kita senang apalagi jika berhasil nangkring di page one, pasti lebih senang lagi dong. 

Setelah belajar SEO Basic di batch 2 lalu, kami pun diberi kesempatan juga tantangan untuk mengikuti berbagai lomba SEO yang ada. Saya ingat pertama kali ikut lomba SEO itu yang diselenggarakan oleh SEO Moms Community bekerja sama dengan rinaresep.com dan diutamakan bagi . Meskipun di lomba itu saya tidak mendapatkan juara bahkan masuk nominasi pun tidak, saya sudah puas karena telah berhasil menyelesaikan tantangan pertama yang diberikan.  

Jika ada lomba-lomba SEO, Bang Qbenk selalu memotivasi kami untuk ikut serta dan tentu saja Beliau dengan senang hati mengawal semua member SEO Moms Community yang ingin berpartisipasi. Seperti bulan Maret lalu saya juga kembali menantang diri saya untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Sosiago dan Telkomsel. Sekali lagi, meskipun kembali tidak menang pada lomba kali itu, saya tidak berputus asa kok karena dengan mengikuti lomba yang berskala besar ini saya telah menambah pengalaman lagi dalam berkompetisi. 


Penutup 

Sekarang kalau penyakit malas update saya kumat, saya suka buka kembali tulisan-tulisan lama dan mencoba membenahi artikel-artikel tersebut sesuai dengan pemahaman saya tentang SEO ini. Baik itu pada artikel-artikel yang memang sudah punya banyak pageview maupun yang emang masih butuh dipermak karena kurangnya minat orang untuk mengklik dan membacanya. 

Alhamdulillah, perlahan pageview saya pun mulai meningkat di tahun 2021 ini. Terima kasih ilmunya Bang Qbenk, terima kasih juga tuk semua koordinator dan teman-teman SEO Moms Community, semoga ilmu yang kita pelajari selalu berkah dan bermanfaat buat pembaca blog kita. Belajar di SEO Moms Community ini benar-benar menjadi gerbangku dalam belajar ilmu SEO. 


Nah, buat Temans perempuan yang ingin tahu tentang SEO juga pasti bisa kok selagi ada keinginan untuk belajar dan berusaha mengikuti kelas dengan baik, tentu akan ada jalannya. Bukankah usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, kan?  Bisa lho belajar SEO dari mana saja atau jika ingin bergabung belajar dengan kami di SEO Moms Community pun juga bisa banget dong. Rajin saja pantengin sosmed dan juga website SEO Moms Community pada link berikut karena info lebih lengkap selalu diupdate di sana dan pembukaan kelas bisa sewaktu-waktu dilakukan. 






Whould you like to comment?

  1. Aku juga masih awam banget nih tentang SEO gini.. Intinya cuma dibanyakin nulis yang pageviewsnya tinggi, kalau di blogku tentang sunscreen yang banyak pembacanya. Ternyata belajar tentang SEO tuh sepenting itu ya..

    ReplyDelete
  2. Pengen banget bisa ikutan belajar SEO mbak. Apakah open member untuk wilayah Bogor?

    ReplyDelete
  3. Materi nya bagus kak, apalagi yang nomor 7 soal meta robot txt, yang daku ndak paham. Semoga buka lagi ya batch 3 nya

    ReplyDelete
  4. Penyakit kita tuh. Malas, dengan ikutan seo moms community akan membuat hidup kita jadi ada spirit baru

    ReplyDelete
  5. Maaf lahir batin juga Mbak Diah
    Wah tulisannya bergizi banget karena sedang saya tekuni
    Awalnya bikin kepala nyut2an, tapi saya pikir challenge dibutuhkan agar kita naik kelas
    Ngga sekadar punya blog

    ReplyDelete
  6. Keren bangetttttt isinya. Saya lihat kece-kece juga koordinatornya. Sebagian besar saya kenal karena teman-teman BW juga.

    Hijrah itu memang baiknya total ya. Termasuk hijrah blogger dari yg tadinya cuek bebek sama seo sekarang menjadi bersahabat. Memang kalo punya target, harus berani berubah kalo gak, ya blogging as usual aja. Jangan baper kalo teman-teman lain dapat banyak passive income dari tulisannya, sementara kita tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, kalau dipertimbangkan udah harus peduli banget sama blog dengan teknik SEO agar terus berkesinambungan juga manfaatnya ya

      Delete
  7. wah mau belajar juga dong tentang seo, bisa bergabung dimana kak, ada nomor wa SEO Moms Community, nanti dengan siapa foundernya ?

    ReplyDelete
  8. Banyak hal ternyata yg harus kita pelajari jika ingin serius di dunia literasi. Makasih sudah berbagi Mbak. Benar-benar info yang bermanfaat buat saya pribadi

    ReplyDelete
  9. ah aku pun bangga bisa gabung di seo moms ini
    belajar seo buat emak emak jadi lebih mudah di seo moms

    ReplyDelete
  10. wah komunitas blogger lagi ya bunda bunda

    ReplyDelete
  11. mau ikutan mba diah seo moms community, aku juga tahun ini lagi mulai berbenah blog lagi, nggak cuma biar pv perbulan bisa lebih baik, inginnya lebih banyak manfaat juga buat yang baca dan biar cangkupan pembaca lebih banyak kan harus memperbaiki seo biar ada di page one mbah google yah..

    ReplyDelete
  12. Wahh sudah selesai aja nih PR-nya. Saya belum buat nih. Kemarin banyak artikel di blogku yang noindex, semoga dengan belajarr teknik seo di seo moms community ini pageviews blogku bisa merangkak naik kembali, amiiin

    ReplyDelete
  13. Wah salut dengan mbak Diah dan teman-teman SEO Mom community. Aku belajar SEO tapi belum konsisten menerapkan jadinya PV kadang naik turun naik gitulah. Hehehe ...

    ReplyDelete
  14. Wah ini penting banget deh infonya karena aku memang sedang belajar SEO juga nih, biasanya aku nulis ya suka-suka aku aja gak pernah memperhatikan SEOnya. Ini bisa gak sih kelasnya untuk di Jakarta.

    ReplyDelete
  15. Keren banget mamak-mamak diatas. Aku pengen gabung mbak. Gimana caranya?

    ReplyDelete
  16. Duh aku jadi pengen bergabung! Kalau mau liat kapan ada waktu registrasi bisa pantengin sosmednya ya mbak? Kira-kira bulan apa aja? Ada bocoran kah? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seru ya kak kalau ada komunitas yang bersinergi untuk para perempuan

      Delete
  17. menarik banget nih bisa belajar basic SEO bareng-bareng, aku jadi pengen ikutan tapi sepertinya pendafataran udah tutup ya

    ReplyDelete
  18. Pengin banget gabung mbaa, ada bocoran info pendaftaran atau bisa tengok di mana daftarnya nggak? Wkwk, gapernah ikut kelas SEO selama ini

    ReplyDelete
  19. Pengguna blogspot bikin catatan 😃 aku juga pingin ikutan gabung nih.. semoga bisa biar dongkrak da pa blogku yg merosot huhu

    ReplyDelete
  20. Belajar SEO emang seru sih dan uniknya juga selalu ada updatean jd belajarnya terus ya mbak.
    Wah aku kenal sebagian besar koordinatornya tu. Kece2 deh ngeblognya dah pd serius dengan artikel2 keren :D

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya Mba Diah bisa join ke SEO Mom. Belajar gratis dan santai banget. Berkah bisa join banyak pelajaran yang bisa diterapkan ke blog

    ReplyDelete
  22. Yang Jatim juga belajarnya mulai dari awal lagi, Mbak. Sebagai member batch 1 saya malah seneng banget karena bisa ngulang lagi materi yang belum paham. Barakallah, Mas Qbenk, Mbak Sari dan para admin yang udah bantuin emak-emak ini belajar SEO.

    ReplyDelete
  23. Informasi mengenai SEO yang sangat membantu. Artikel yang memberikan pencerahan untuk SEO. Terimakasih Bu

    ReplyDelete
  24. Menariiikkk. Aku coba buka linknya tp gak nemu info cara gabungnya mba. Bisa liat dimana ya infonya?

    ReplyDelete
  25. bener. saya juga mau benahi artikel lama rasanyaaaaa ky perlu ditarik dulu biar mau jalan hehe

    ReplyDelete
  26. Seo buat saya misteri banget nih. Masih banyak yg harus dipelajari. Senang ya bisa belajar bareng2 kayak gini. Cuma emang klo buat emak2 tuh efforts banget. Haha

    ReplyDelete
  27. Hepi banget aku mba gabung ama SEOMOM Jateng DIY berkah bisa belajar SEO yang dulu saya idam-idamkan.

    ReplyDelete
  28. Bersyukur juga bisa menjadi bagian dari SEO Moms Community. Jadi bisa tumbuh dan berkembang sebagai blogger yang kini nggak awal lagi dengan yang namanya SEO bahkan karena SEO Moms ini saya punya keberanian buat ikut lomba SEO, hehe

    ReplyDelete
  29. Mau tidak mau, SEO ini wajib dipelajari oleh content writer zaman sekarang. Beruntung komunitas ini mampu mewadahi anggotanya dengan beragam skills yang harus digali informasinya oleh para blogger.

    Ilmunya harus diserap banget tuh. Ini materi dasar agar tulisan kita mampu dibaca Google. Kalo bisa berhasil, kan cuan tinggal kita petik. Ya kan?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^