Mau Liburan dengan Motor? Yuk, Lakukan Tips Penting Perawatan Motor Sebelum Liburan

Liburan akhir tahun selalu dinanti banyak orang, bahkan dari jauh hari sudah pada menyusun menjadi agenda liburan yang tak boleh dilewatkan. Anak-anak liburan dari sekolah, orang tuanya juga liburan dari kerjaan. Melepas penat sejenak, menikmati suasana santai bersama keluarga. Tidak jarang yang menyusun agenda liburan ke luar kota bahkan dengan meggunakan motor biar lebih seru.  

tips perawatan motor sebelum liburan

Nah, Temans ada yang berencana untuk mengisi liburan akhir tahun dengan bepergian ke luar kota menggunakan motor? Wajib banget nih untuk simak tips penting perawatan motor sebelum liburan berikut ini yang tipsnnya saya dapatkan dari Planet Ban, lho. 

Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

tips perawatan motor

Menurut Planet  Ban yang merupakan salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia ada 7 rahasia mengenai tips merawat motor agar setiap komponen-komponen penting pada sepeda motor tetap terjaga.


Lakukan Pengecekan Kondisi Ban

Komponen vital pada motor adalah ban. Jadi, penting untuk melakukan pengecekan kondisi ban motor  secara menyeluruh demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh. Cara mengecek kondisi ban dengan melihat tampilan luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, ataupun tekstur ban yang bergelombang.

Apabila ban baru diganti, sebelum melakukan perjalanan pastikan bahwa tekanan udara pada ban motor dalam kondisi normal. Nah, jika terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, sebaiknya segera menggantinya dengan ban baru sebelum jalan. Gak usah pusing cari tempat ganti ban, langsung saja ke Planet Ban terdekat dari lokasi Temans karena di Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor kita. 


Periksa Kondisi Rem

Tidak hanya ban saja yang penting dilakukan pengecekan demi keamanan saat berkendara, rem juga menjadi komponen penting yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalan. Komponen pengereman ini perlu dicek agar pada saat perjalanan kondisi rem dalam kondisi yang baik. Apabila kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka kita harus mengganti kampas remnya.

Dinding tromol menjadi indikator penunjuk keausan pada rem yang bisa diperiksa secara manual. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera dilakukan penggantian. Sedangkan pada motor yang memiliki rem cakram, Temans bisa melihatnya dari ketebalan kampas maupun piringan rem. Hal ini kita lakukan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.


Cek Kondisi Oli Mesin

Tips lain merawat motor sebelum yaitu lakukan penggantian oli mesin motor. Oli mesin perlu diganti dengan oli baru sebelum melakukan perjalanan jauh. Ingat ya untuk selalu pastikan oli yang dipakai bisa digunakan untuk jarak yang panjang. Bila perlu cek kandungan yang terdapat di dalam oli yang kita gunakan.

Misalnya, kandungan ester yaitu pada oli yang mana merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Manfaat lain dari kandungan ester pada oli mesin agar dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli dengan kandungan ester ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh lho.

Nah, jika Temans ingin mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau, bisa lho menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban yang direkomendasikan yaitu oli X-Ten. Kandungan Ester yang terdapat pada oli X-Ten dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.


Lakukan Pemeriksaan Aki Motor

Selanjutnya, perawatan yang perlu dilakukan sebelum liburan dengan motor yaitu pemeriksaan aki motor. Karena aki motor merupakan komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Saat akan melakukan perjalanan jauh, sangat perlu melakukan pengecekan aki motor.

Ingat ya, perlu dipastikan bahwa aki tidak dalam kondisi bocor, karat, dan rusak. Jika Temans menggunakan aki basah, periksa kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Dengan melakukan pengecekan aki secara berkala, kita bisa mengetahui kondisi aki apakah dalam kondisi baik atau memang perlu diganti.


Cek Sistem Pendingin

Bagian yang sering terlewat untuk dilakukan pemeriksaan adalah sistem pendingin. Letaknya yang tidak terlihat mata secara langsung, membuat komponen sistem pendingin ini jarang jarang terpantau. Sistem pendingin yang bermasalah akan membuat panas tidak mampu di redam dengan baik, akibatnya bisa menyebabkan terjadinya overheat pada mesin. 

Nah, sebelum melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan motor, pastikan Temans telah memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal selama perjalanan. 


Lakukan Pemeriksaan Busi

Komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan dan tidak boleh dilupakan saat akan liburan adalah memeriksa busi. Apabila busi motor terlihat kotor, sebaiknya kita perlu membersihkannya. Tapi jika busi sudah terlihat aus, maka perlu mengganti busi dengan yang baru.

Kondisi Busi yang tidak optimal akan membuat sistem perapian tidak bekerja secara sempurna. Sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.


Periksa Kondisi CVT dan Rantai

Periksa kondisi komponen CVT dan rantai motor merupakan langkah lebih lanjut yang harus diperhatikan saat akan melakukan perawatan motor sebelum liburan. Pemeriksaan kmponen CVT yaitu untuk motor matic sedangkan pemeriksaan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Fungsi sistem penggerak inilah yang berperan dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda.

Saat kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna maka akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, sebelum melakukan perjalanan liburan sebaiknya Temans melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motornya ya untuk menjaga performa optimal selama perjalanan.


Penutup

Oh ya ada tips merawat motor dari Planet Ban lho yang bisa menjadi pengingat bagi kita semua yang akan melakukan perjalanan agar kondisi sepeda motor dengan performa optimal, membuat perjalanan kita tanpa hambatan yaitu jika ingin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor, Temans bisa datang ke Toko Planet Ban. 

FYI nih ya kalau di Planet Ban itu tidak hanya menyediakan ban motor saja tapi juga menyediakan spare part berkualitas seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor kita layaknya sepeda motor baru lho.

Planet Ban konsultasi gratis

Sebelum melakukan pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor, kita bisa melakukan konsultasi pada mekanik Planet Ban terlebih dahulu. Kabar baiknya nih, konsultasi kondisi sepeda motor di Planet Ban tanpa dikenakan biaya lho. Hmm, tunggu apalagi nih? Langsung aja berkunjung ke toko-toko Planet Ban terdekat dari lokasi Temans saat ini ya. 

WA Customer Service Planet Ban

Eits, tapi gak cuma itu aja kok karena Temans pun bisa melakukan konsultasi secara online dan gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.


Nah, sudah siap liburan? Jangan lupa lakukan pemeriksaan dan perawatan motor dahulu ya sebelum berangkat. Selamat berlibur, semoga selamat saat berangkat hingga kembali ke tujuan. 



Diah

Next Post Previous Post
23 Comments
  • nitalanaf
    nitalanaf 9:36 PM

    Cek keadaan motor secara berkala memang penting banget ya. Apalagi kalau perjalanan jauh. Jangan sampe ada kerusakan di tengah jalan yang susah nyari bengkel pula.

  • WARTATOKOH.COM | Local Hero Way
    WARTATOKOH.COM | Local Hero Way 1:19 PM

    Teman-teman, Motor matic itu Perawatanya mudah asal rutin seperti ganti oli, ganti kampas rem, ganti filter udara. Nah sekarang sudah ada tempat yang nyaman untuk melakukan perawatan yaitu Planet Ban. Jangan ragu untuk datang ke Planet Ban terdekat

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 5:35 PM

    Ban dan rem emang komponen sing paling vital sih. Terus oli. Biasanya sebelum motornya diajak mudik ke Jember emang kudu diservis dulu sama bapak. Bawa ke Planet Ban , udah kita tinggal duduk manis dah.

  • Nurrahmah Widyawati
    Nurrahmah Widyawati 10:34 AM

    Aku rasanya harus sering baca-baca artikel begini biar ngga hanya bisa pakai sepeda motor namun paham perawatannya. Terutama saat akan perjalanan jauh :) eh tapi percayakan perawatannya ke Planet Ban aja deh ya.

  • Heni Puspita
    Heni Puspita 3:13 PM

    Ayah saya rutin cek dan servis motornya, makanya sampai ada adiknya yang mohon-mohon motornya dijual saja walau usia motornya nggak baru. Soalnya tau kalau ayah saya makai motornya hati-hati banget dan rajin dirawat/dicek ke bengkel he he. Kalau rutin dicek dan dirawat insyaa Allah saat dibawa jalan lebih minim resiko. Meski merawat motor butuh biaya, tapi kalau rusak karena nggak dirawat biasanya lebih mahal nanti biaya perbaikannya.

  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany 11:41 PM

    Jadi keinget video viral tentang pengendara sekeluarga naik motor dan remnya blong. Jujur ngeri banget tuh kalau kejadian rem blog gitu. Makanya kalau mau pergi liburan atau jarak jauh wajib cek motor secara menyeluruh, biar aman dan tenang di jalannya.

  • Heni
    Heni 4:33 AM

    Jadi dapat info tentang motor, minimal harus tau komponen apa ya yang krusial. Supaya lebih aware tentang perawatan motor. Kadang ada yang taunya makai aja, nggak pernah cek atau merawat motornya. Kalau masih bingung bawa aja ke Planet Ban atau pakai layanan konsultasi gratisnya.

  • Ainun
    Ainun 10:44 PM

    aku termasuk males kalau urusan servis motor, padahal itu ga baik, hiks
    biasanya kalau aku udah ngerasa motor ga enak, baru aku bawa ke servisan motor
    terakhir kali ke planet ban waktu ganti ban dalam
    dan menurutku cepet ya untuk pelayanannya dan harga juga terjangkau

  • Melly Feyadin
    Melly Feyadin 8:38 PM

    Periksa kondisi ban sama rem itu yang paling penting sih, apalagi kalau liburannya ke tempat-tempat yang agak tinggi, macam ke bukit, air terjun yg kadang kondisi jalanannya agak jelek, menanjak dan menurun.

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 10:23 PM

    Penting banget masalah motor ini, apalagi kalau buat perjalanan jauh. Kalau kita bepergian harus memastikan gimana kondisi kendaraan kita, jangan sampai malah di tengah jalan nanti jadi kenapa-napa

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 1:22 PM

    Melakukan servis rutin sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik ke Jember memang penting bgt. Bawa motor ke bengkel atau tempat servis terpercaya seperti Planet Ban dapat membantu memastikan bahwa semua komponen kendaraan dalam kondisi baik, sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

    • Fenni Bungsu
      Fenni Bungsu 6:46 PM

      Bener, apalagi mau memasuki musim juga nih bentar lagi. Rawat mesin motor udah jadi keharusan banget biar dalam perjalanan lebih menyenangkan

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 4:51 PM

    Baca ini baru ingat sebenarnya waktunya service motor dong akoh. Kasian si uzur merahku itu, bestie terbaik akoh, tapi jarang kuperhatikan.
    Padahal ya, sekali kami ajak jalan bertiga, udah deh, sampai hampir 100KM baru berhenti, mutar Surabaya, dari ujung ke ujung wkwkwkwkwkw

  • hani
    hani 7:12 PM

    Aki motor tuh yang sering terlewat engga diperhatikan. Kita engga mencatat kapan belinya. Tahu-tahu udah habis dan mati aja. Kalau rajian dirawat, minimal isi ulang air aki, kan bisa memanjangkan usia aki.

  • Han
    Han 8:49 AM

    Aku juga langganan ini olinya mba. Beberapa kali udah pake oli matic dari Planet Ban gitu sih.. alhamdulillah banget lebih awet itu nyata benar adanya. Jadinya kalau ganti oli bisa 6 bulan sekali. Sebelumnya 3/4 bulan udah ganti, huhu. Padahal dengan pemakaian yang sama.

  • Topik Irawan
    Topik Irawan 7:17 PM

    Motor itu sudah seperti teman, jadi wajar kalau kita rutin melakukan perawatan berkala agar makin moncer saat berpergian dan nggak mudah mogok

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 11:19 AM

    Pemeriksaan aki motor ini yang sering terlupa, gegara ga cek keseluruhan, waktu itu hanya cek beberapa bagian saja, eh la kok lupa kalau akinya sudah waktunya diganti

  • Teacher Blogger
    Teacher Blogger 1:02 PM

    service motor bonus konsultasi ini sesuai keinginan saya banget. Sejak dipasrahi motor sendiri sama suami, jadi kepo motor yang sehat itu harus bagaimana. Planet ban, tahu yang ku mau, hhhe

  • YWidya
    YWidya 7:51 AM

    Harus dong kalau cek kondisi motor itu, apalagi pas mau bepergian, jangan sampai liburan ga jadi aja pokoknya mah

  • Karunia Sylviany Sambas
    Karunia Sylviany Sambas 8:07 AM

    Liburan nyaman emang bisa banget berawal dari pengecekan kendaraan yang memang direncanakan sejak awal, ya, Mba. Nggak nyaman saat menikmati liburan eh malah ribet sendiri sama kendaraan yang ngadat.

  • Nita Juwithafina
    Nita Juwithafina 12:04 PM

    Cek keadaan motor berkala penting banget ya. Ga cuma buat motor yang dipakai sehari-hari, yang jarang dipakai juga. Syukur banget planet ban ada di mana2

  • Eka FL
    Eka FL 2:35 AM

    penting banget cek dan servis motor selama liburan apalagi kalau jarak tempuh cukup jauh ya. kalo gak duh ribet deh perjalanan nanti kalau ternyata ban bitu, eh pecah. rem longgar dan aki tiba-tiba abis. liburan bisa jadi ngebetein. auto cek cek dong motor kesayangan di planet ban

  • Eka FL
    Eka FL 2:35 AM

    penting banget cek dan servis motor selama liburan apalagi kalau jarak tempuh cukup jauh ya. kalo gak duh ribet deh perjalanan nanti kalau ternyata ban bitu, eh pecah. rem longgar dan aki tiba-tiba abis. liburan bisa jadi ngebetein. auto cek cek dong motor kesayangan di planet ban

Add Comment
comment url