,

Tips Call to Action untuk Web Copywriting yang Efektif

Kita pasti sering mendengar atau membaca ajakan seperti "Beli Sekarang," "Daftar Gratis," atau "Pelajari Lebih Lanjut" bukan? Kalimat-kalimat semacam ini memang membuat orang penasaran. Terlebih lagi jika ada embel-embel diskon atau promo yang membuat orang semakin tergiur untuk mendapatkan produk tersebut. 

Tips Call To Action yang efektif

Kalimat persuasif atau ajakan seperti ini dikenal juga dengan Call to Action (CTA) yang mana merupakan elemen penting dalam web copywriting yang dapat menentukan keberhasilan konversi dari pengunjung menjadi pelanggan.

Apa sih Call To Action itu?

Call To Action atau CTA yaitu instruksi yang dirancang untuk mendorong pembaca atau audiens melakukan tindakan tertentu. Dalam konteks web copywriting, CTA biasanya muncul dalam bentuk teks, tombol, atau link yang mengarahkan pengguna untuk mengambil langkah-langkah spesifik, seperti membeli produk, mendaftar ke newsletter, mengunduh ebook, atau menghubungi layanan pelanggan. instruksi kepada audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar newsletter, atau mengunduh ebook.

CTA adalah komponen vital yang menghubungkan pengguna dengan tindakan yang diinginkan oleh pemilik situs atau pemasar. Ini adalah titik konversi yang dapat mengubah pengunjung pasif menjadi pelanggan atau leads aktif. 

CTA yang efektif dapat meningkatkan konversi dan keberhasilan kampanye pemasaran dengan menggunakan kalimat ajakan yang jelas dan tepat sasaran seperti "Beli Sekarang," "Daftar Gratis," atau "Pelajari Lebih Lanjut." 


Tips Membuat CTA yang Menarik dan Efektif

Meskipun tampak sederhana, merancang CTA yang efektif memerlukan strategi dan pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat CTA yang menarik dan efektif yang bisa kita gunakan:

Gunakan Kata-Kata yang Kuat dan Jelas

Kata-kata yang kuat dan jelas dapat mendorong audiens untuk mengambil tindakan segera. Gunakan kata-kata aksi seperti "Mulai," "Jelajahi," "Temukan," atau "Dapatkan." Frasa ini tidak hanya singkat tetapi juga langsung menunjukkan tindakan yang diinginkan.

Hindari kata-kata yang ambigu atau membingungkan. Misalnya, daripada mengatakan "Klik di Sini,"  lebih baik gunakan "Daftar Sekarang" "Unduh Ebook Gratis."


Buatlah Urgensi

Urgensi adalah salah satu teknik yang efektif untuk mendorong pengguna agar segera mengambil tindakan. Frasa seperti "Penawaran Terbatas," "Hanya Hari Ini," atau "Diskon Akhir Pekan" dapat menciptakan rasa urgensi. Pengguna akan merasa terdorong untuk tidak menunda-nunda karena takut kehilangan kesempatan atau juga bisa dikatakan CTA yang efektif itu lebih cenderung memanfaatkan FOMO (Fear of Missing Out).


Personalisasi Pesan

cta web copywriting
pic: Canva

Personalisasi dapat membuat CTA lebih relevan bagi pengunjung. Gunakan data yang tersedia untuk menyesuaikan pesan berdasarkan preferensi atau perilaku pengguna. Misalnya, jika seseorang telah melihat produk tertentu beberapa kali, CTA yang berbunyi "Lanjutkan Belanja untuk [Nama Produk]" bisa sangat efektif.


Jelas dan Terlihat

CTA harus jelas dan mudah ditemukan di halaman web. Gunakan tombol yang mencolok dengan warna kontras yang menarik perhatian. Pastikan teks pada tombol tersebut mudah dibaca dengan ukuran font yang cukup besar. Jangan biarkan CTA Temans tenggelam dalam kerumunan elemen lain di halaman.


Tempatkan di Lokasi yang Tepat

Penempatan CTA sangat penting untuk efektivitasnya. Tempatkan di lokasi strategis di mana pengguna kemungkinan besar akan melihatnya, seperti di bagian atas halaman (above the fold), setelah paragraf yang menjelaskan manfaat produk, atau di akhir web copywriting. Beberapa situs web juga menggunakan floating buttons yang selalu terlihat saat pengguna menggulir halaman.


Berikan Nilai Tambahan

Pastikan CTA Temans menawarkan nilai yang jelas bagi pengguna. Jangan hanya meminta mereka untuk "Mendaftar" tanpa alasan yang kuat. Jelaskan apa yang akan mereka dapatkan dengan mengambil tindakan tersebut, "Daftar untuk Mendapatkan Diskon 10%" atau "Unduh Ebook Gratis untuk Meningkatkan Produktivitas Anda."


Uji dan Evaluasi

Terakhir, uji berbagai versi CTA untuk melihat mana yang paling efektif. Gunakan A/B testing untuk mencoba variasi teks, warna, ukuran, dan penempatan. Analisis hasilnya dan sesuaikan strategi berdasarkan data yang diperoleh. Uji coba terus menerus adalah kunci untuk menemukan formula CTA yang paling efektif untuk audiens.


Selain CTA masih banyak elemen lainnya dari web copywriting sehingga cukup membingungkan bagi orang awam untuk membuat web copy yang baik. Wordsmith Group menyediakan jasa web copywriting yang ditangani oleh penulis dan marketer berpengalaman. Apapun niche bisnismu, apapun produknya, konsultasikan dengan Wordsmith untuk mendapatkan web copy yang terbaik.


Penutup

CTA yang efektif adalah kombinasi dari kejelasan, relevansi, urgensi, dan nilai tambah. Dengan menggunakan kata kerja yang kuat, desain visual yang menarik, dan melakukan tes A/B, Anda dapat meningkatkan efektivitas CTA Anda. Hindari kesalahan umum seperti terlalu banyak CTA dalam satu halaman dan pesan yang tidak jelas. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan konversi dan keberhasilan kampanye pemasaran Anda. Mulai sekarang, perbaiki CTA Anda dan lihat peningkatan konversi!
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Kalender Bunda
    Kalender Bunda 7:37 AM

    Bermanfaat banget bahasan mengenai CTA ini, terutama buat kita kita yg lagi jualan onlen. Makasih Bunda.

  • Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com
    Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com 10:45 PM

    Adanya personalisasi ini bermanfaat banget dan jadi lebih menarik dalam copy writing. Btw, jadi pengen mendalami copywriting dengan baik deh.
    Apalagi, kalau ditraktir kopi *eh :D

Add Comment
comment url