,

Lebih Menguntungkan Mana, Investasi Deposito atau Emas?

deposito vs emas

Antara deposito dan emas sebagai produk investasi mana yang lebih menguntungkan. Kedua produk ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh investor. Sebelum memutuskan akan memilih produk investasi deposito atau emas, perlu mengetahui potensi return-nya terlebih dulu.

Kelebihan dan kekurangan Investasi Emas

investasi terbaik
pic: pexels.com

Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk investasi bisa membantu Temans untuk memilih produk yang paling cuan. Saat ini informasi mengenai keuntungan memilih emas sebagai produk investasi cukup banyak, namun agar imbang, Temans juga harus mengetahui kekurangannya agar bisa menentukan apakah emas merupakan investasi terbaik.

Kelebihan Investasi Emas

Tidak sedikit yang meyakini bahwa emas merupakan instrumen investasi yang sangat cuan karena beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan tersebut?

a. Mudah Membelinya

Untuk membeli emas dalam bentuk batangan cukup mudah. Selain toko emas, banyak investor dan pebisnis yang melayani jual beli emas. Bahkan kita cukup menelepon, pembeli bisa datang ke rumah untuk melakukan transaksi.

b. Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Ukuran emas batangan yang biasa menjadi produk investasi sangat beragam, mulai dari ukuran terkecil 0,5 gr sampai ribuan gram semua tersedia. Temans bisa membeli ukuran emas sesuai dengan jumlah uang yang tersedia.

c. Likuid

Emas merupakan produk yang likuid, artinya mudah dijual karena banyak pembeli. Temans juga tidak perlu menunggu sampai waktu tertentu, kapan pun bisa menjual emas tersebut dan langsung mendapat uang sesuai dengan harga penjualan.


Kekurangan Investasi Emas

Selain kelebihan, produk investasi dalam bentuk emas juga mempunyai kekurangan yang menyebabkan pemiliknya bisa mengalami kerugian. Kekurangan tersebut antara lain:

a. Mudah hilang

Bentuk emas sangat kecil sehingga kita perlu menyimpannya dengan baik. Karena kecil resiko emas tersebut hilang sangat besar. Selain hilang karena lupa menyimpan, bisa jadi ada orang yang mencurinya.

b. Perlu Tempat untuk Menyimpan

Salah satu antisipasi agar aset dalam bentuk emas yang dimiliki tidak hilang adalah dengan menitipkan atau menyimpan di deposit box yang tersedia di bank. Namun untuk bisa menggunakan fasilitas ini Temans perlu menyewa sehingga bisa mengurangi keuntungan investasi yang kita lakukan.

c. Produk Palsu

Banyaknya peminat emas ternyata dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menjual produk palsu. Jika Temans sampai membeli produk tersebut tentu akan mengalami kerugian yang tidak sedikit.


Kelebihan dan kekurangan Investasi Deposito

investasi deposito
pic: pexels.com

Semua produk investasi mempunuai kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh investor. Temans perlu mempertimbangkan apakah siap dengan kekurangan deposito sebelum mempunyai instrumen investasi tersebut.


Kelebihan Deposito

Deposito merupakan produk investasi yang aman dan cuan karena mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

a. Bunga Pasti

Investasi deposito bisa memberikan bunga yang pasti saat jatuh tempo karena besarnya bunga tersebut sudah ditentukan di awal. Sebagai contoh, untuk deposito sebesar Rp. 100 juta selama 3 bulan, akan mendapat bunga 3%.

b. Dapat Dijadikan Agunan

Kelebihan kedua dari deposito dapat dijadikan agunan. Temans yang mempunyai deposito namun membutuhkan uang dalam jumlah banyak bisa menggunakan investasi tersebut sebagai jaminan. Dengan demikian kebutuhan uang tercukupi dan tetap bisa mendapatkan keuntungan dari bunga deposito.

c. Aman

Deposito sampai jumlah maksimal Rp. 2 M dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Jika bank tempat menyimpan deposito mengalami kerugian atau collapse maka LPS akan mengambil alih membayar dana milik nasabah yang didepositokan.


Kekurangan Deposito

Setiap investor mempunyai potensi mendapat keuntungan dan kerugian sesuai instrumen pilihan karena masing-masing produk mempunyai kekurangan. Kekurangan deposito diantaranya:

a. Modal Awal Tertentu

Untuk bisa berinvestasi dalam bentuk deposito kita harus mempunyai modal tertentu. Saat ini cukup banyak bank yang mensyaratkan deposito minimal mulai Rp. 1 juta Rupiah.


b. Hanya bisa Diambil Saat Jatuh Tempo

Seperti instrumen investasi kebanyakan, deposito hanya bisa diambil pada saat jatuh tempo tergantung jangka waktu yang diambil. Biasanya bank menawarkan jangka waktu deposito 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan.

c. Ada Penalty

Sebenarnya deposito dapat diambil atau dicairkan sebelum jatuh tempo, namun investor akan mengalami kerugian karena harus membayar penalti atau denda. Besarnya penalti tersebut sudah ditentukan dari awal.


Investasi Emas Vs Deposito?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan antara investasi emas dan deposito apakah Temans sudah memutuskan untuk memilih produk yang mana? Agar lebih mudah memilih antara dua produk investasi tersebut, bisa bandingkan poin berikut:

Tujuan

Pertama lihat tujuan dalam berinvestasi. jika tujuan kita jelas, misal ingin menggunakan modal dan keuntungan investasi dalam waktu 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan mendatang maka deposito adalah pilihan tepat.

Risiko

Deposito merupakan produk investasi dengan resiko minim. Selain aman karena dana disimpan di bank, jaminan dari LPS memberi kepastian bahwa saat jatuh tempo Temans akan menerima dana yang sebelumnya diinvestasikan.

Likuiditas

Emas memang lebih likuid karena dapat dijual sewaktu-waktu. Namun hal ini justru bisa berpengaruh negatif karena dapat mendorong kita untuk menjualnya sementara sebenarnya belum terlalu membutuhkan dana.

Tren Imbal Hasil

Tren imbalan atau hasil dari deposito jumlahnya jelas sesuai dengan % bunga yang bisa diterima sehingga bisa menjadi pilihan sebagai produk investasi terbaik. Sementara untuk emas mengalami fluktuasi dan baru bisa menerima keuntungan signifikan setelah berinvestasi dalam waktu lama.


Penutup

Pemilihan instrumen investasi yang tepat bisa membantu memaksimalkan aset untuk menghasilkan passive income. Temans bisa memilih investasi deposito melalui Aplikasi digibank by DBS. Salah satu keuntungannya, kita bisa mendapatkan laporan perkiraan makro ekonomi dari tim ahli kelas dunia.

Selain itu, ada lebih dari 120 produk investasi yang sudah terkurasi Invofesta untuk menavigasi masa depan investasimu. Menariknya, aplikasi ini bisa diakses 24 jam, untuk memberikan rekomendasi produk sesuai profil risiko dalam berinvestasi. Yuk, segera mulai miliki investasi deposito dari Aplikasi digibank by DBS! Cek di sini detailnya!




Diah
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url