Yuk Jualan Online! 5 Ide Bisnis Grosir Bagi Ibu Rumah Tangga

Jadi Ibu Rumah Tangga (IRT) bukan berarti hanya bisa berdiam diri di rumah. Ibu Rumah Tangga juga bisa menghasilkan dari rumah, selain jadi Blogger, menjalankan bisnis online juga bisa menjadi pilihan yang tepat lho. Jadi, gak perlu ragu dong jika ada tawaran yuk jualan online! Terlebih lagi saat ini pandemi yang masih belum berakhir tentu belanja online-lah menjadi pilihan yang aman dan mudah dilakukan oleh masyarakat.

Yuk Jualan Online!


Sejak awal  tahun 2020 lalu, saya kembali menjadi IRT setelah hampir 4 tahun menjadi Working Mom. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada rasa yang beda, apalagi kalau bukan merindu pay day a.k.a. gajian. Saya yang memang lebih senang jika punya pegangan sendiri tentu tidak ingin terus-terusan meratapi keadaan. Maka saat itu saya memutuskan untuk berjualan online disamping menjadi Blogger juga.

5 Ide Bisnis Grosir Bagi Ibu Rumah Tangga

bisnis grosir
pic: Canva


Jika Moms ingin memulai bisnis online, tidak ada salahnya lho untuk mencoba langsung jalankan bisnis grosir. Lho, baru mulai kok langsung pilih bisnis grosir? Hmm, iyah karena orang biasanya cenderung belanja dalam jumlah yang banyak agar bisa mendapatkan harga yang lebih hemat dan tidak berat di ongkos kirim karena bisa memanfaatkan promo ongkos kirim dan juga pilihan pengiriman yang lebih hemat seperti cargo. Selain itu banyak pula yang berbelanja untuk dijual kembali.


1. Bisnis Grosir Sembako

Sembilan bahan pokok atau sembako tentu menjadi yang utama bagi kehidupan sehari-hari. Dengan bisnis grosir sembako kita bisa menyediakan beragam jenis produk seperti beras, gula, minyak goreng, terigu, telur dan kebutuhan lain yang pasti akan dicari oleh banyak orang bahkan akan memesannya kembali dalam waktu yang tidak perlu menunggu lama. Meskipun banyak pedagang lain yang juga menjajakan sembako tapi jangan khawatir karena sembako adalah barang yang memang dibutuhkan oleh semua orang.


2. Bisnis Grosir Makanan Beku (Frozen Food)

Saat ini makanan beku atau frozen food bukan hanya diminati oleh anak-anak saja tapi remaja bahkan dewasa juga suka dengan makanan beku seperti nugget, bakso, sosis, kentang goreng dan olahan beku lainnya yang bisa jadi bekal karena praktis dan tidak jarang pula jadi penyelamat di saat stock makanan di rumah habis.


3. Bisnis Grosir Makanan Ringan (Snack)

Selain sembako, kios kecil selalunya menjual aneka camilan atau makanan ringan untuk anak-anak. Ada juga camilan untuk segala usia seperti anaka kerupuk, astor, kripik pisang, stik keju, telur gabus, permen, astor dan lain sebagainya yang bisa dijadikan ide untuk bisnis grosir kita.


4. Bisnis Grosir Minuman Kemasan

Selain makanan, minuman kemasan seperti air mineral dalam kemasan ataupun teh dan kopi dalam kemasan gelas juga menjadi barang incaran yang dapat dijadikan bisnis grosir karena praktis dan bisa disajikan langsung ketika sedang berkumpul ataupun bekerja dari rumah.


5. Bisnis Grosir Kebutuhan Anak

Ide bisnis grosir lainnya adalah kebutuhan anak seperti pakaian sehari-hari anak dan juga kebutuhan sekolah seperti buku tulis dan perlengkapan tulis yang memang digunakan setiap hari. Untuk keperluan sekolah biasanya ramai pada awal tahun ajaran baru.



Bisnis Grosir itu Mudah, Asal Tahu Ilmunya


Kalau masih berpikir bahwa jualan online butuh modal besar, apalagi jika ingin memulai bisnis grosir berikut tips yang bisa dipertimbangkan.

jualan di Lazada


Membuat Daftar Produk yang Ingin Dijual

Setelah yakin memilih bisnis grosir, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat daftar produk apa saja yang akan kita jual. Mengapa penting membuat daftar karena bisnis grosir berarti kita akan menjual lebih dari satu jenis produk dan harus menyediakan berbagian varian juga ukuran serta warna.


Analisis Pasar Untuk Efisiensi Biaya

Penting untuk menganalisis pasar agar kita tahu informasi mengenai produk yang akan kita jual. Bisa dilakukan dengan cara survey, dari hasil survey ini bisa kita analisis dan prediksi apakah produk tersebut laku di pasar atau sebaliknya.


Hubungi Distributor Agar Dapatkan Harga yang Lebih Murah

Jika telah menentukan produk apa saja yang akan dijual, saatnya menghubungi distributor dari setiap merek produk yang akan dijual agar kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Caranya dengan menghubungi melalui website ataupun media sosial. Dengan menghubungi distributor secara langsung ini memungkinkan kita untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan juga bisa ikut program reseller yang tentu saja akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Pastikan juga untuk dapat informasi lengkap tentang sistem pemesanan dan pengiriman barang.


Hitung Modal

Jika telah tahu harga produk yang akan kita jual, saatnya menghitung berapa banyak modal yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menghitung semua biaya yang diperlukan untuk membeli produk yang akan dijual termasuk biaya pengirimannya. Selain itu penting juga untuk menghitung biaya operasional termasuk gaji karyawan jika ada. Eits, jangan khawatir jika modalnya minim tetap bisa bisnis grosir kok dengan cara menjadi dropshipper.


Gunakan Platform Online

Jangan khawatir jika ingin berjualan online namun modalnya minim karena kita bisa memanfaatkan platform online dalam memulai bisnis grosir secara online seperti Lazada. Sebab di platform belanja online ini sebagai seller, kita tidak dipungut biaya sepeserpun ketika memulai berjualan. Tentu ini sangat menguntungkan karena kita tidak perlu lagi memikirkan untuk mengeluarkan biaya sewa tempat.


Lakukan Pemasaran Efektif

Namanya juga bisnis online, semua bisa dikerjakan dengan online dong termasuk untuk urusan pemasaran. Maka kita bisa memasarkan bisnis kita melalui online dengan cara memasang iklan di semua media sosial juga website yang tentunya ini lebih efektif karena bisa diakses oleh semua orang dari gadget mereka.




Yuk Jualan Online di Lazada


Selama ini saya jualan online hanya mengandalkan media sosial saja, cara jualan saya pun masih semau gue aja karena jujurly saya memang belum fokus untuk berjualan. Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol banyak dengan teman yang memang sudah bisa dibilang sukses dalam bisnis online. Dia pun mengajak saya untuk mulai fokus berjualan dan memanfaatkan e-commerce kan menurutnya berjualan di e-commerce jauh lebih menguntungkan. Tidak berlama-lama dia pun berkata yuk jualan online dan mengajak saya untuk mulai jualan di Lazada.


Tentu saya jadi tertarik juga dong ingin gabung di Lazada. Makanya saya pun langsung mengiyakan untuk gabung di eCommerce yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini dan merupakan platform eCommerce terdepan di Asia Tenggara dan pada tahun 2016, Lazada telah menjadi perusahaan eCommerce utama dari Alibaba Group yang didukung oleh teknologi terbaik di perusahaan Alibaba.


Cara Daftar Menjadi Seller di Lazada


jualan online bisnis grosir


Nah, saya juga mau ajak Temans nih, Yuk Jualan Online karena dengan berjualan online dapat menambah pendapatan untuk kita dan juga membantu orang lain menemukan barang yang diinginkan. Gak perlu takut karena cara daftar sebagai seller di Lazada mudah kok.


  1. Masuk ke website https://www.howwesell.asia/id/yukjualanonline/lazada/ lalu klik tombol MULAI BERJUALAN yang ada pada pojok kanan
  2. Masukkan nomor HP yang ingin didaftarkan, bisa juga daftar dengan menggunakan email (Gmail) atau akun Facebook.
  3. Siapkan data diri berupa KTP, data rekening dan NPWP (jika ada)
  4. Verifikasi SMS atau email yang telah didaftarkan
  5. Toko telah siap. Saatnya upload foto produk yang ingin dijual, disarankan untuk posting minimal 10 produk.
  6. Jangan lupa lengkapi identitas toko seperti alamat dan nama penjual dengan jelas agar calon pembeli percaya dengan toko kita.


Hmm, sudah siap jualan di Lazada? Tentu dong! Secara sudah tahu cara daftar jadi seller di Lazada yang ternyata semudah itu ya. Tinggal kita harus mantapkan niat nih dan berusaha agar jualannya jadi lancar dan sukses.

Nah, kalau Temans masih ragu, bisa banget lho langsung baca tips memulai bisnis grosir dengan minim modal yang ada pada laman Lazada.


Kesimpulan

Bisnis online saat ini menjadi pilihan di masyarakat. Hadirnya platform belanja online seperti Lazada sangat membantu masyarakat yang ingin memulai berjualan untuk mendapatkan penghasilan, seperti Ibu Rumah Tangga yang tetap bisa bekerja dan menjalankan bisnis dari rumah. Bisnis grosir bisa menjadi pilihan terbaik, meskipun modal minim tetap bisa dijalankan jika kita bisa menghitung semua dengan cermat sebelum memulai usaha. Memilih platform eCommerce yang tepat juga menjadi kunci sukses dalam berbisnis.



Jadi, tunggu apalagi nih? Yuk jualan online sekarang juga! :)




Diah
Next Post Previous Post
41 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 9:21 AM

    Bisnis grosir sering jadi pilihan karena mudah dilakukan dan murah modalnya, apalagi sekarang bisa merambah ke internet. Makin mudah dengan online shop maupun media sosial, gak heran kalau banyak yang lebih milih beli online termasuk aku hehe. Terima kasih sharingnya!

  • lestari131313
    lestari131313 3:12 PM

    Bu diah klo ke bogor atau jakarta atau depok atau bekasi kabari y bu

  • Anisa AE
    Anisa AE 9:48 AM

    Wah, bisnis online memang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan ekonomi sekarang apalagi dengan adanya grosir yang semakin menguntungkan dan memudahkan. Mantep, bisa dicoba ini idenya. Terima kasih sharingnya!

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 6:45 PM

    Sekarang ini belanja online udah jadi kayak kebiasaan dan rasanya aku sendiri susah buat belanja offline lagi mba. Walo dikata COVID udah melandai, aku ttp lebih suka belanja secara online. Apalagi sampe belanja pasar aja ada aplikasinya, aku seneng banget sih itu 😄.

    Buatku belanja online justru menguntungkan drpd offline. Apalagi kalo dikasih free onkir. Kalo utk jualan sendiri, aku blm kepikiran memang, Krn masih ada kerjaan skr. Jadi sementara ini pengguna aktif belanja ajalah 😁. Pastinya sih aku pakai market place yg udah terkenal trusted kayak lazada, Tokped, shoppe dll.belum berani kalo belanja lwt IG atau FB. Takut ketipu 😄

  • nitalanaf
    nitalanaf 7:48 PM

    Kalau kebutuhan harian emang yang paling bagus sih. Kebutuhan anak2 pun juga bagus, kayak susu bayi, diapers, dan snack. Apalagi kalau jual kayak di Lazada gitu, macam2 pun bisa. Oh harus 10 foto ya kalo dagang di Lazada. Kadang saya pingin deh jualan produk2 khas kampung ini di marketplace.

  • Supriyadi
    Supriyadi 2:14 PM

    Waw, sepertinya memulai bisnis jadi lebih mudah ya bu. Kita tidak perlu membangun toko konvensional, cukup dengan memiliki toko online di Lazada, kita sudah bisa memulai bisnis. Salam

  • Santi Dewi
    Santi Dewi 7:56 PM

    Aku pun kepengen dan tertarik punya bisnis online seperti ini, apalagi dlm bentuk grosiran

  • Zahra Rabbiradlia
    Zahra Rabbiradlia 5:15 AM

    Wow, thanks mba infonya lengkap banget. Sekarang kebetulan saya lagi merintis usaha jastip barang2 Jepang. Kedepannya pengen banget buka store online kaya gini. Makasih banget ya mba

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 11:56 AM

    sekarang malah banyak yang usaha online jastip mba, khususnya yang tinggal di kota besar di mana semua dapat di peroleh dengan mudah

  • Farida Pane
    Farida Pane 3:30 PM

    cespleng banget nih idenya. bener2 deket sama dunia ibu dan cepet muternya, ya. apa lagi kalau dibantu lazada

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 5:14 PM

    Bisnis grosir sedang diminati emang, tetanggaku yang jualan sembako sampai kerjasama dengan platform online dan rame banget, tiap hari ada aja ojek online yang ambil pesanan. Jadi tertarik buka bisnisan juga

  • Putu Felisia
    Putu Felisia 8:58 PM

    Terima kasih infonya. Akan berguna sekali jika ingin membuka bisnis grosir. Bisa coba buka toko di Lazada juga.

  • Nchie Hanie
    Nchie Hanie 11:06 PM

    Ide yang kreatif buat berbisnis online tuh, apalagi sekarang marak banget frozen food yang digemari buibu buat anak2nya dan dibikin simple ngolah dan masaknya.

  • Reyne Raea
    Reyne Raea 11:23 PM

    Diriku dulu pernah jualan baju dan perlengkapan anak say, trus jualan makanan beku tapi jajanan.
    Sayangnya dulu, belom kenal Lazada, belom ada e-market kek sekarang, saya jualannya di FB, dan jualan brownies pakai Twitter, di zaman-zaman @Poconggg booming dulu :D

  • Eka Mustika @umi.journey
    Eka Mustika @umi.journey 11:47 PM

    Sama banget mba, aku juga memilih bisnis online setelah resign dulu. Dan memang iya bisnis online dengan e commerce lebih banyak membantu para penjual online apalagi Lazada terpercaya ya. Sayang nya sekarang dari kota Batam keluar kota kita dikenakan pajak tinggi sepertu penjualan dari luar negeri #jadicurcol

  • Inda Chakim
    Inda Chakim 6:08 AM

    Aku jualan kebutuhan baju sehari-hari tapi baru secara offline aja. Abis baca ini jadi terpikir utk jualan di lazada. Ya melebarkan sayap gituuu. Do'akan ya mbak

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 7:47 AM

    Sekarang makin mudah ya mbak untuk berpenghasilan. Banyak platform digital yang bisa dijadikan media untuk berjualan online seperti Lazada. Asal ada kemauan dan tekad yang kuat insyaallah ibu rumah tangga pun bisa berpenghasilan dari rumah.

  • Aprillia Ekasari
    Aprillia Ekasari 8:13 AM

    Wah bisa nih dijalankan. Kalau aku suka bisnis bahan makanan atau sembako atau frozen food gitu. Semoga nanti pas pindah rumah bisa nih dijalankan.
    Bahkan kalau enggak punya toko fisik/offline bisa juga dijualin via pnline ya mbak. Yg penting ikhtiar nambah pemasukan keluarga 😁

  • indahjuliarti.com
    indahjuliarti.com 9:58 AM

    semua idenya sangat bagus. dari kelima ide jualan yang ditulis kak pling bnyak, marak dan trrend skrg banyak yang jualan frozen food

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 11:19 AM

    Usaha grosir ini memang menguntungkan ya. Terutama frozen food yang lagi marak. Tetangga saya malah jualan sembako sekaligus frozen food. Rame usahanya

  • lendyagassi
    lendyagassi 10:23 PM

    Kalau melihat orang bisa memulai berbisnis tuh rasanya happy yaa..
    Aku sampai ditantangin sama suami, mau dikasih modal untuk membuka bisnis apapun yang aku sukai.

    Dari artikel kak Diah, aku bakalan mencoba riset masing-masing nih, sepertinya seru yaa... bisa merasakan dinamika dalam berjualan online.

  • Lintang
    Lintang 10:30 PM

    Cocok banget jual kebutuhan anak buat ibu rumah tangga. Pasti laris manis karena pasarnya juga akan selalu ada. Apalagi kalo jualan online di Lazada, banyak untung banget.

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 12:17 AM

    saya sebenere tertarik bisnis grosir sembako itu mbak, sekarang ini siapa sih yang nggak butuh makan. Kita bisa jual sedikit lebih murah dari pasaran saja pasti banyak yang akan beli. Tapi ya gitu, ilmu dan modal bikin jadi ngawang

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 1:11 AM

    Bisnis sembako nih tiada matinya, selalu dibutuhkan gitu kan yaaa... Beberapa daftar di atas bener banget bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan. Makin mudah sekarang karena bisa melakukannya lewat media online.

  • Okti Li
    Okti Li 9:01 AM

    Bisnis kebutuhan anak bisa jadi ide usaha nih. Baru kepikiran saat anak mau kenaikan kelas aduh kelimpungan nyari ini itu mana dadakan. Nah dari pengalaman itu ditambah insight dari artikel ini jadi kepikiran serius di bisnis perlengkapan keperluan anak deh

  • YSalma
    YSalma 10:44 AM

    Kalau bergabung dengan marketplace seperti Lazada, bisnis online jad lebih mudah ya, karena pelanggan lebih percaya tentunya. Apalagi kalau grosir ya.

  • Sabrina
    Sabrina 12:14 PM

    Kebetulan banget mba Diah, saya juga sedang menyusun usaha niy mau dijual di Lazada juga, semoga bisa terjual dengan laku dan dikenal masyarakat niy kak

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 8:22 PM

    Nah, bisnis grosir ini memang bisa lebih memberi keuntungan ya. Apalagi didukung dengan platform khusus seller seperti yg ditawarkan e-commerce ini dengan menghadirkan Seller Center Lazada

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:01 PM

    Bisnis grosir ini jadi pilihan buat mengembangkan skill berniaga. Karena dalam partai cukup besar ya. Apalagi dipasarkan secara online, biar jangkauannya lebih meluas lagi.

  • Laily M Octavia
    Laily M Octavia 9:04 PM

    Jualan online jadi lebih mudah ya bun. Ide untuk jualan onlinenya mantab banget. Jadi terinspirasi say

  • Han
    Han 9:10 PM

    Belanja online kayak gini sebenernya udah jadi kebiasaan sejak pandemi, apa2 belanja online lohh skrg hahaa, jadi marketplace seperti ini jadi helper banget untuk saya yang mager banget mau kemana2 skrg

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:17 PM

    Senang sekali Karena kini semakin dimudahkan dari sisi seller dan buyer untuk memperoleh barang yang diinginkan melalui Lazada.

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 10:46 PM

    Waktu memutuskan jadi IRT, yang terpikir pertama kali juga jualan online. Sayangnya dulu belum kenal sama Lazada. Coba udah kenal kan bisa join Lazada University, jadi jualannya lebih terarah ya. Bersyukur banget deh yang sekarang memulai jualan online bareng Lazada, pasti makin cuan.

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 11:02 PM

    Saya juga kepikiran gini sih buka usaha online tapi kayak takut maju mundur khawatir gagal wkwk

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 12:57 AM

    Terakhir belanja ATK di Lazada
    Ternyata bisa digunakan sebagai bisnis online juga untuk orang-orang seperti saya
    Hmm, coba ah...

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 1:10 AM

    Tips memulai bisnis grosirnya lengkap banget dan bisa diaplikasikan nih buat yang mau punya usaha sendiri. Apalagi sekarang ada Lazada yang memungkinkan siapa pun punya toko online ya.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 6:28 AM

    Bisnis grosir online banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga ya mbak
    Sebab bisa dilakukan dari rumah
    Dan jika bergabung bersama Lazada, tentu akan lebih menguntungkan

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 8:56 AM

    Sekarang tempat jualan online udah banyak sih. Harusnya gak terlalu susah kaya dulu ya, Mbak

  • Heizyi
    Heizyi 12:02 PM

    Ternyata sembako sekarang juga bisa di online kan ya kak. Timeless banget loh bisnis ini karena emang kebutuhan setiap hari

  • HM Zwan
    HM Zwan 2:11 PM

    Jadi inget waktu jualan baju dulu, jualan via medsos aja. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, termasuk untuk urusan jualan online. Bisa daftar di Lazada..

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 11:39 AM

    Lazada memang pas buat belajar jualan online. Pemula harus coba nih biar bisa jualan online dengan sukses. Lazada udah memfasilitasi loh

Add Comment
comment url