Explore the blog
Sunday, June 12, 2022

Manfaat Belajar Mengenal Coding

Belajar coding? Mau dong! Secara belajar coding itu punya banyak manfaat untuk semua, terlebih bagi kita yang terjun  sebagai Blogger. Sebenarnya coding tidak hanya bermanfaat bagi blogger saja sih, semua juga bisa belajar coding agar dapat menambah skill yang dimiliki sebagai bekal menghadapi era digital ini. Bahkan anak-anak sekalipun udah bisa lho belajar coding karena sekarang sudah banyak cara ataupun metode pengenalan coding pada anak termasuk melalui game agar belajarnya lebih menarik dan menyenangkan.


apa itu coding


Ketika pertama kali mengenal blog, selain menulis saya juga sempat belajar dasar coding secara otodidak agar bisa mengganti template sendiri. Saat itu masih menggunakan template klasik yang mana kita memang harus tahu dasar dari script yang ada pada template yang ingin digunakan. Setidaknya harus tahu bahwa tiap kode itu harus 'ditutup' agar bisa bekerja dan tidak merusak kode yang lainnya. Kalau untuk bikin template sendiri sih sampai sekarang masih belum bisa, heheh. Paling jika ada sesuatu yang salah dengan blog coba cari tahu sendiri di YouTube atau bertanya ke teman-teman yang lebih mengerti. 

Mengenal Coding


Sebelum lebih jauh, baiknya kita mengetahui dulu ya apa itu coding? Coding atau pengkodean yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang programmer untuk menuliskan deretan program dengan bahasa pemprograman atau skrip tertentu yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. 

Dengan kata lain bahwa coding merupakan cara kita berkomunikasi dengan komputer, dimana agar skrip atau perintah dapat dipahami oleh komputer, maka harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Karena setiap kode yang ditulis akan membantu komputer untuk tahu dan paham apa yang diinstruksikan. Maka komputer tersebut akan menerima perintah dan melakukan operasi berdasarkan instruksi yang dituliskan. 


Bahasa Pemprograman dalam Coding

Coding merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari bahasa pemprograman karena bahasa pemprograman ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses coding. Bahasa pemprograman inilah yang menjadi bahasa yang dipahami oleh mesin sehingga mesin bisa melakukan kegiatan dalam program yang telah disusun sesuai dengan apa yang diinginkan oleh programmer. 


bahasa pemprograman
pic: canva


Ada beberapa jenis bahasa pemprograman yang biasa digunakan dalam proses coding antara lain: 

  • Phyton; salah satu bahasa pemprograman populer yang hingga saat ini banyak digunakan. Awal munculnya Phyton ini pada dekade 90-an yang maan termasuk dalam bahasa level tinggi di antara jajaran bahasa pemprograman lainnya. 
  • Ruby; menurut para programmer profesional dianggap sebagai bahasa pemprograman yang sangat fleksibel dan relatif mudah digunakan. Ini dikarenakan sintaks yang dimilikinya menggunakan istilah-istilah yang cukup dekat dengan bahasa Inggris pada umumnya. 
  • Java; hampir sama dengan Phyton, Java juga muncul di era tahun 90-an. Namun hingga saat ini Java masih banyak digunakan untuk berbagai program mulai dari aplikasi desktop hingga smartphone. Sounds familiar? Iyah dong, yang biasa cek-cek detail smartphonenya pasti sering lihat tulisan Java ini. FYI, Java ini umumnya digunakan untuk merancang sistem informasi perbankan, pemerintahan hingga program untuk retail. 
  • HTML (Hypertext Markup Language); merupakan bahasa script yang wajib dipelajari dalam coding nih terlebih lagi bagi Blogger agar bisa utak-atik template sendiri. HTML diibaratkan sebagai sebuah kerangka website yang menjadi dasar dalam styling.
  • CSS (Cascading Style Sheets); ini merupakan bahasa script pelengkap dari HTML yang berfungsi untuk menyempurnakan tampilan website sehingga tampak lebih menarik dan user friendly. Bagi yang ngeblog di Wordpress pasti gak asing lagi kan ya dengan CSS ini. 
  • PHP (Hypertext Preprocessor); yaitu bahasa pemprograman yang bersifat open source yang biasanya digunakan dalam pengembangan website. PHP menjadi bahasa pemprograman yang terkenal bagi para web developer di seluruh dunia. Contoh website yang menggunakan PHP adalah Facebook. 
  • JavaScript; merupakan bahasa pemprograman yang paling populer dan banyak digunakan oleh para web developer profesional. Dimana bahasa pemrograman ini berfungsi untuk membentuk website menjadi lebih interaktif. 


Manfaat Belajar Coding 


Setelah mengenal apa itu coding dan jenis-jenis bahasa pemprograman yang biasa digunakan oleh para web developer maupun orang awam yang memiliki kemauan belajar coding, tentu kita juga jadi tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut dong. Iyah doong apalagi belajar coding itu punya banyak manfaat lho seperti


1. Mengasah Kemampuan Memecahkan Masalah

Coding merupakan kegiatan yang berhubungan dengan logika. Dengan rutin melakukan coding akan mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan sistematis.

2. Mendorong Kreativitas

Proses coding yang mana programmer dituntut mencari solusi agar program bisa berjalan lancar akan mendorong seseorang untuk mengeluarkan potensi kreativitas yang ada untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi atau membuat suatu program yang baru. 

3. Membentuk Keperibadian

Selain kreatif, programmer juga dituntut untuk disiplin, bertanggung jawab dan pantang menyerah untuk menyelesaikan program yang dikerjakan. 

4. Peluang Kerja yang Lebih Luas

Pertumbuhan di bidang IT sangat pesat, memiliki kemampuan coding dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas di masa depan dan dengan kecanggihan teknologi seorang programer dapat bekerja secara remote - dimana saja hanya bermodalkan koneksi internet dan listrik. 

5. Mendapatkan Lebih Banyak Penghasilan

Memiliki kemampuan coding dapat menciptakan program atau apalikasi sendiri yang kemudian dapat menghasilkan keuntungan yang besar. 


Gimana nih punya kemampuan coding ternyata banyak manfaatnya ya? Untuk langkah awal kita bisa membuat sebuah webiste sendiri yang mana kita bisa mendapatkannya dengan cara memiliki domain dan hosting yang sesuai kebutuhan kita. Jika sekarang budgetnya masih terbatas kita bisa lho memanfaatkan hosting murah Indonesia sesuai dengan kemampuan kita. 


Sudah siap untuk buat program atau aplikasi sendiri? Saatnya belajar coding dari sekarang, yuk! 




Diah


Whould you like to comment?

  1. Coding ini dari kelihatannya rumit hemm lebih rumit daripada matematika, tetapi asyik juga kalau bisa buat game dengan belajar coding. Ga heran kalau lebih baik anak diarahkan belajar coding dari pada main gamenya. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Wadidaw, mantaaaaaap mama Diah. Ini saya mulai gemetaran kalau harus berhadapan sama koding. Salah satu angka saja bisa salah semua, wkwkwk. Seru sih main koding-kodingan, dan pasti kt butuh waktu yang lebih lama duduk di depan leppie menuntaskan koding cepat kelar.

    ReplyDelete
  3. Agak rumit ya bahasa dalam coding ini, tetapi seru juga kalau bisa buat game daripada kecanduan main game mulu. Gak hanya itu manfaatnya, lumayan juga buat dicoba apalagi bocah laki ini perlu belajar deh. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  4. jadi inget waktu pertama kali ngeblog tahun 2012an, waktu itu seru banget belajar coding template bawaan blogger, belajar tentang html dan kode warna juga. sekarang kepake sih ilmunya setelah serius jadi blogger.

    ReplyDelete
  5. Belajar coding emang banyak manfaatnya, apalagi era digital saat ini. Harus dari anak-anak memang sudah diajarkan coding. Btw, skrg banyak perusahaan yang membutuhkan orang yg punya skill IT khususnya programming, beruntunglah ya sudah paham coding dll.

    ReplyDelete
  6. Sekilas agak ngeri karena rumit. Hehe. Tapi zaman now memang banyak hal yang harus kita tahu. Begitu juga dengan coding ini. Banyak ya sarana belajarnya. Salah satunya phyton...

    ReplyDelete
  7. menarik sih mbak, tapi untuk saat ini enggak dulu deh, tsunami info saya, satu per satu saja diselesaikan, bagaimanapun juga terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  8. Belajar coding menurut pendapat saya seru, namun karena belum pernah mencoba jadinya seru saja dengan membacanya

    ReplyDelete
  9. Bener banget. Belajar coding itu sangat baik untuk upgrade diri dan tambah penghasilan. Dulu saya suka entah kenapa sekarang ,mending bayar yang bisa "ngoding". Banyak yang kayak saya dan ini pasar yang bagus lho.

    ReplyDelete
  10. Saya juga belajar coding mba tapi untuk kebutuhan blogging, kalau untuk bikin aplikasi gak syanggup, berat, hehe. Tapi saya pengen anak saya belajar coding karena kan udah jamannya lah kids jaman now berdekatan dengan dunia digital ya

    ReplyDelete
  11. Saat kuliah, aku tinggal satu kos dengan anak IT. pas skripsian mbak kosku itu berkutat dengan coding gitu. Aku lihatnya saja puyeng. Tapi bener sih. Kalau kepuyengan itu, harusnya kita jadi terlatih bisa memecahkan masalah. Iya nggak kak?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^