Bayi Jadi Rewel Saat Moms Mengganti Popoknya? Pakai Cara Ini Aja Yuk

Menangis menjadi satu-satunya cara komunikasi bayi kepada kedua orangtuanya. Saat si bayi menangis, ia berusaha menyampaikan rasa takut, marah, sakit dan rasa lapar. Tak jarang, tangisan bayi membuat kita sebagai orang tua pun jadi bingung. 

ruam popok bayi


Apalagi, jika tiba saat mengganti popok. Beberapa bayi bisa saja menangis histeris dan membuat Moms semakin pusing. Saya pernah merasakan betapa sedihnya mendengar tangisan bayi yang tiada henti saat waktu mengganti popok tiba, duuh rasanya miris sekali melihatnya. Ternyata si Tengah mengalami ruam popok. Beruntung saya cepat menyadarinya setelah melihat kulitnya yang masih sangat halus itu mengelupas karena salah memilih popok. 

Penyebab Bayi Menangis Saat Diganti Popoknya

Tangisan bayi sudah pasti bukan tanpa alasan. Lalu, mengapakah bayi menangis dan rewel saat akan diganti popoknya?

Mengganti popok bayi yang menangis histeris memang bisa menjadi cobaan tersendiri. Namun, sudah pasti menjadi tugas kita sebagai orangtua untuk menghadapi hal tersebut. Tangisan bayi saat kita  sedang mengganti popoknya ternyata bisa menjadi sinyal dari banyak hal, antara lain:

Bayi Kedinginan


Bayi menangis saat diganti popoknya bisa jadi karena ia kedinginan. Ya, di usianya yang masih sangat muda, kulitnya memang sangat sensitif. Ia juga belum mampu meregulasi suhu tubuhnya dengan baik. Sehingga, tak heran jika ia jadi sangat membenci udara dingin. Saat Moms membuka pakaian si kecil untuk mengganti popoknya, bisa jadi ia menangis karena tak menyukai udara dingin yang tiba-tiba menyergapnya. 


Bayi Bingung dan Tidak Memahami Apa yang Terjadi


Penyebab lainnya si kecil menangis juga bisa disebabkan oleh rasa bingung. Ya, pastinya ini merupakan pengalaman pertamanya dalam mengenakan popok. Jadi, tak heran jika si kecil menjadi panik. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang permanen dan harus dikhawatirkan. Seiring waktu, mereka pun akan memahami tentang rutinitas ganti popok ini. Sehingga si kecil pun tidak lagi panik.


Mereka Merasa Terkekang


Ini biasanya terjadi pada bayi yang sudah mulai belajar untuk bereksplorasi. Misalnya, belajar berguling, merangkak, atau duduk. Saat kita meletakkannya dalam posisi berbaring, mereka seakan kehilangan kemerdekaannya untuk bergerak. Apalagi, mereka harus berbaring dalam waktu yang agak lama. Tak heran jika si kecil menjadi tidak sabar dan merasa terkekang. Akibatnya, mereka akan menangis sebagai bentuk protes.


Apakah Orang Tua Perlu Khawatir akan Adanya Masalah Kesehatan?


Sejauh ini, penyebab bayi menangis tidak ada hubungannya dengan kesehatan. Namun, tentu saja Moms harus mempercayai insting. Misalnya, jika kita menemukan adanya ruam-ruam di area popoknya, maka bisa jadi itu penyebab ia mendadak menangis rewel saat diganti popoknya. Jika  menemukan gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan, jangan ragu-ragu untuk memeriksakan si kecil ke dokter. 



Tips Mengatasi Si Kecil yang Menangis Saat Moms Mengganti Popoknya


bayi rewel saat ganti popok


Setelah mengetahui penyebab dari si kecil yang rewel saat ganti popok, tentunya Moms juga menginginkan solusi. Untuk mengatasi bayi yang sedang rewel saat penggantian popok, lakukan ini:

1. Menyetel Lagu atau Bernyanyi


Moms bisa memutar lagu yang si kecil suka saat sedang mengganti popok. Atau, kita bisa juga mengajaknya untuk bernyanyi mengikuti irama lagu. Mendengar suara lagu yang ia suka tentunya dapat membuat perhatian si kecil menjadi teralih. Lagu jenis ninabobo juga sangat ampuh untuk membuat ia menjadi lebih tenang 


2. Perhatikan Hal yang Mengganggu Si Kecil


Jika biasanya ia tidak rewel saat kita mengganti popoknya, kemudian perubahan perilaku tersebut terjadi, kita patut curiga. Bisa jadi si kecil memang sedang merasa terganggu oleh sesuatu. Misalnya, coba cek bagian area popok. Karena, bisa jadi si kecil menangis rewel karena ia merasa kesakitan. Ruam popok memang jadi salah satu hal yang membuat si kecil rewel. 

Untuk membantu meredakan gejala ruam popok tersebut, Moms bisa mengaplikasikan krim Bepanthen ke area yang terkena ruam.


Demikianlah ulasan penyebab sekaligus tips mengatasi bayi yang rewel saat sedang ganti popok. Dengan adanya tips ini, tentunya kita menjadi lebih terbantu dalam membuat sesi penggantian popok menjadi lebih menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. ☺


__________
References: 
Megan Nelson, 11 Tips What To Do When Baby Screams During Nappy Change, Mei 2021, dingledanglebaby. Diakses pada 11 Maret 2022 dari  https://www.dingledanglebaby.com/blogs/blog/baby-screams-during-nappy-change

Pierette Mimi Poinsette, Why Your Baby Cries During Diaper Changes, 25 November 2021, momlovebest. Diakses pada 11 Maret 2022 - https://momlovesbest.com/diapering/baby-cries-changing-diaper





Diah
Next Post Previous Post
11 Comments
  • Boghaisan
    Boghaisan 10:22 PM

    Anak kalau kena ruam popok, kasian banget bisa rewel terus karena ga nyaman, setuju bgt klo insting harus peka mengenai penyebab ank menangis, selain itu kita juga harus siapkan slalu krim ruam di rumah, anak nyaman ibu juga pasti akan semakin happy.

  • lendyagassi
    lendyagassi 1:23 AM

    Dengan gercep menangani apa yang sedang dialami si kecil dan membuat naman kembali dengan treatment yang benar, ini akan sangat membantu. Karena anak yang sehat adalah anak yang cukup dari segi istirahat juga asupan bergizi. Untuk tumbuh optimal, harus sesuai dengan kebutuhan antara aktivitas dan waktu istirahat di setiap fasa pertumbuhan.

  • Antung apriana
    Antung apriana 4:05 PM

    bayi juga bisa rewel ya kalau mau dipakaikan popok. kalau anakku dulu rewelnya pas lagi kena ruam popok sih kalau sekarang anaknya malah lari melulu pas mau pakai popok. hehe

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 9:10 PM

    Bayi ruam popok pasti gak nyaman banget. Aku kasih krim anti ruam popok dan pake popok kain aja yang bisa bebas bernapas. Pake diaper sesekali aja.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 11:35 PM

    Ahhhh ilmu banget buat aku ini mba Diah, asli penting ya memahami allhamdulilah sekarang ada produk yang mengerti kebutuhan kita.

  • Desy Yusnita
    Desy Yusnita 10:18 AM

    Iya, aku mengandalkan banget cream anti ruam itu mba, supaya jadi barrier kulit ga kena pipis langsung

  • Jasa Kirim Mobil
    Jasa Kirim Mobil 12:01 PM

    terimakasih bunda untuk tipsnya

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 2:32 PM

    Memang Ibu harus berusaha memahami kenapa bayi menangis saat ganti popok, bisa karena perih akibat ruam popok.
    Kalau anakku dulu seringnya menangis saat ganti popok di masa-masa merangkak, mungkin memang merasa terkekang dan aktivitas merangkaknya terganggu, ya.

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 7:29 PM

    Bener banget, Mbak. Untuk mengetahui penyebab bayi nangis pas ganti popok memang harus cari tahu dlu ya apa penyebabnya. Syukurnya, proses ganti popok cuma sebentar. Setelah itu bayi bisa happy lagi bermain seperti biasa.

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 8:11 PM

    Iya yah.. Dulu gantiin popok anak sambil nyanyi atau ajak ngobrol. Dan ada tips lain ya.. Thanks sharingnya mba

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 12:19 AM

    biasanya diajak bercanda, diajak ngobrol, diciumi, kayaknya tangisnya langsung reda.

Add Comment
comment url