Tips Memilih Popok Bayi Terbaik

Tips Memilih Popok Bayi Terbaik ~ Salah satu kebutuhan bayi apalagi yang baru lahir adalah popok, baik popok sekali pakai ataupun popok kain. Setiap orang tua punya pertibangan sendiri apakah ingin memakaikan anaknya popok sekali pakai (diapers) ataupun popok kain yang dapat dicuci ulang (cloth diapers a.k.a. clodi). Tentu, keduannya mempunyai fungsi yang sama yaitu menampung kotoran bayi agar tidak berceceran dan langsung mengotori tempat tidur ataupun saat bayi digendong. 

tips memilih popok bayi terbaik

Udah, gak usah dipermasalahkan ya pilihannya apa! Karena yang pasti setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya dan juga keadaan orag tua itu sendiri. Saat ini, anak ketiga saya yang berusia 20 bulan dan sudah tidak tergolong bayi lagi masih tetap menggunakan popok sekali pakai dan kadang juga sih menggunakan popok kain (clodi) karena baik dia maupun saya belum siap untuk toilet training menyusul jejak kedua kakaknya. 

Efek Samping Penggunaan Popok Pada Bayi

Nah, untuk urusan popok ini memang sebaiknya butuh perhatian khusus dari orang tua karena penggunaan popok juga tentunya berhubungan erat dengan kebersihan dan kesehatan anak. Tentu, tidak mau dong asal memilih dan menggunakan popok untuk anak karena jika salah memilih popok akan berisiko anak akan mengalami iritasi pada kulit atau biasa dikenal dengan ruam popok, alergi dan beberapa efek samping lain yang dapat disebabkan oleh penggunaan popok antara lain: 

  • Kulit menjadi merah; gejala awal yang mudah terlihat akibat penggunaan popok adalah warna kulit pada area yang tertutup oleh popok menjadi merah. Penting untuk selalu memperhatikan reaksi bayi jika tidak nyaman akibat menggunakan popok. Bisa saja ditandai dengan gejala ringan seperti gatal-gatal, adanya goresan bahkan infeksi.
  • Ruam; salah satu hal yang paling sering dialami oleh bayi adalah ruam popok, yang mana popok kontak pada bagian kulit bayi yang elastis seperti pada lipatan paha, pantat bayi ataupun sekitar kelamin. Daerah tersebut akan menjadi merah bahkan terkadang akan lecet. Jika disentuh, bagian tersebut akan terasa hangat karena terjadi peradangan.
  • Infeksi pada kulit; ketika terjadi gesekan atau popok menggosok kulit bayi yang sangat halus ini dapat menimbulkan gatal ataupun ruam kecil yang dapat menyebabkan infeksi pada daerah tersebut.
  • Infeksi saluran kemih; umumnya terjadi pada bayi perempuan karena factor anatomi. Karena waktu penggunaan popok sekali pakai cenderung bias digunakan lebih lama disbanding jika menggunakan popok kain biasa.
  • Infeksi jamur; penggunaan popok secara terus menerus untuk waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi jamur karena retensi kelembapan.
  • Alergi; isi yang terkandung dalam popok dapat membuat bayi menjadi alergi karena aroma atau gel yang digunakan untuk menutupi bau busuk.
  • Imunitas; Volatile Organic Compunds (VOC) yang terkandung dalam popok dapat memengaruhi kekebalan pada bayi. Sistem kekebalan tubuh yang buruk dapat menyebabkan infeksi dan radang.
Meskipun popok sekali pakai sangat membantu orang tua karena lebih praktis dan mudah digunakan dibanding popok kain yang mengharuskan kita lebih sering menggantinya jika bayi buang air. Tapi ada pula efek samping lain yang bias ditimbulkan. Maka dari itu sebagai orang tua, kita harus bijak dalam memilih popok bayi terbaik agar anak bebas dari ruam popok, alergi dan efek samping lainnya. 


Tips Memilih Popok Bayi Terbaik

Jika Mama lebih memilih akan menggunakan popok sekali pakai karena lebih praktis dan mudah, berikut beberapa tips memilih popok bayi terbaik yaitu: 

1. Pilihlah Bahan Popok yang Aman dan Elastis 

Hal pertama dalam memilih popok adalah pilihlah bahan yang aman bagi bayi karena kulitnya yang masih sangat lembut dan halus, bahkan ada beberapa bayi yang memiliki kulit yang sangat sensitif. Permukaan popok yang kasar dapat melukai pantat bayi ketika bagian dalam popok penuh karena cairan ataupun kotoran.

Pengalaman saya sendiri ketika anak kedua saya mengalami ruam di usia dua bulan karena kami mengganti popoknya dengan bahan yang berbeda dari yang biasa ia gunakan sebelumnya. Kulitnya menjadi ruam dan membuatnya menangis ketika kami memakaikannya popok setelah buang air. Sadar karena perubahannya ini kami pun kembali mengganti bahan popoknya ke popok yang semula ia gunakan dan sejak saat itu kami tidak mau lagi mengambil risiko untuk mengganti bahan popoknya. Selain bahan yang aman, penting juga memilih popok yang elastis agar bayi bebas bergerak. 

2. Perhatikan Daya Serap Popok 

Selanjutnya adalah mengenai kualitas daya serap popok dalam menampung kotoran dan bebas bocor. Pada umumnya, popok yang tebal memiliki daya serap yang tinggi dan dapat menampung cairan hingga berkali-kali. Namun, ada pula beberapa popok yang memiliki ukuran yang tipis tapi daya serapnya tinggi.

3. Pilihlah Popok yang Sesuai dengan Ukuran Bayi 

Hal penting lain dalam memilih popok adalah popok yang sesuai dengan ukuran bayi. Popok untuk bayi yang baru lahir jelas berbeda dengan popok untuk bayi yang berusia 6 bulan karena berat bayi pun juga sudah semakin bertambah. Tapi ada juga ya bayi yang lahir dengan berat di atas normal, nah untuk kasus khusus seperti ini juga tidak boleh memaksakan untuk tetap menggunakan popok bayi dengan ukuran new born ya! Namun gunakan popok yang sesuai dengan berat bayi. Hindari menggunakan popok yang terlalu sempit atau terlalu ketat karena hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan pantat bayi akan menjadi mudah lembab, ini dapat menyebabkan risiko iritasi pada kulit bayi. 

4. Pilih Popok Sesuai dengan Perkembangan Gerak Bayi 

Untuk bayi baru lahir dan belum bisa bergerak sendiri sebaiknya menggunakan popok tipe perekat agar memudahkan saat mengecek popok bayi apakah telah penuh atau belum dan juga memudahkan saat mengganti popok.

popok bayi terbaik

Sedangkan untuk anak yang sudah mulai aktif bergerak, sebaiknya menggunakan popok tipe celana karena lebih praktis dan memudahkan dalam melepas dan mengganti popok. 

5. Pilih Popok Sesuai dengan Budget Keluarga 

Selain poin-poin yang telah disebutkan di atas, sangat penting juga menyesuaikan budget yang dimiliki ketika hendak memilih popok bayi terbaik. Karena popok adalah salah satu kebutuhan yang paling banyak mengeluarkan biaya. 

Memilih Popok Bayi Terbaik dengan Belanja Secara Online

Promo Shopee Year End Sale

Nah, setelah mengetahui tips memilih popok bayi tentu kita tidak sabar dong ingin segera berbelanja keperluan yang satu ini juga. Saya sendiri biasanya membeli popok bayi secara langsung di toko terdekat, tapi sesekali saya pun melakukan pembelian online di marketplace kesayangan saya yaitu Shopee. Apalagi saat ini sedang bertabur Promo Shopee Year End Sale lho, Mams. Segala merk popok bayi terbaik ditawarkan dan bisa double hematnya karena ada gratis ongkirnya jugaya. Penasaran? Yuks, langsung aja deh cek di Shopee!


Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.


Next Post Previous Post
48 Comments
  • Kyndaerim
    Kyndaerim 8:18 PM

    duh, alhamdulillah, anakku nggak pernah sampe ruam gitu. memang harus milih popok yang tepat ya mbak, supaya anak nyaman geraknya.

  • Asasunnajah
    Asasunnajah 12:06 AM

    Urusan popok suami paling care nih, pokoknya anak harus senyaman mungkin. Mau ceki-ceki shopee juga ah hihi

  • Arum Anggraeni Maulida
    Arum Anggraeni Maulida 12:54 AM

    Makasih infonya mbak. Memamg mudah kalau pakai pospak ya. Tapi harus mengetahui cara memilih pospak yang sesuai dengan kebutuhan anak.

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 6:04 AM

    Jadi inget bosku dulu di kantor tiap bulan pasti belanja diapers sampe berbungkus2. Bener2 ya seorang Ibu itu emang mau yang terbaik untuk anaknya. Aku juga kasihan kalau lihat debay ruam gegara diapers

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 7:38 AM

    Betul sekali. Apalagi anak saya kulitnya sensitif, salah pakai popok ya pasti merah dan ruam muncul.

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 8:00 AM

    Efeknya menggunakan popok kadang bikin sadar sejenak buat berhenti, tp kenikmatan menggunakan popok itu nyaman setiap saat ya mbaak. Dulu asal pake clodi jg tp karena sering wara wiri jd keenakan dan keterusan deh pake popok..

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 10:31 AM

    Mbaaa akupun snagat memerhatikan pemilihan popok atau pampers. Meski nggak ada bayi tapi mertuaku udah make pampers, jadi ya udah kayak punya bayi akunya hehehe milihnya emang kudu ati2.

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 4:16 PM

    Anakku pake popok skali pake cma pas pergi2 aja nih mba, drumah slalu pake popok kain dan perlak, heheheh

  • Rika Widiastuti Altair
    Rika Widiastuti Altair 2:57 PM

    Pemilihan popok bayi ini nggak bisa asal ya. Karena kadang ada jenis popok yang suka buat kulit bayi merah2 dan iritasi.

  • nurul rahma
    nurul rahma 6:07 PM

    Selalu menyenangkaaannn kalo lihat promo2 Shopee ya Bund.
    Popok bayi, peralatan masak, bahan pangan, semuaaa komplet ada di Shopee.
    Siap2 pantengin ah!

  • Okti Li
    Okti Li 7:32 PM

    Popok bayi saat ini banyak banget pilihannya. Kalakalau ga bisa milih yang terbaik bisa mencelakakan anak kita ya. Terimakasih tipsnya. Mohon doanya saya masih bisa diberi kesempatan ok unya bayi lagi. Aamiin...

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 10:00 AM

    Setuju banget, pemilihan popok penting banget selain nyaman dipakai juga harus nyaman dikulit bayi biar nggak terjadi iritasi.

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 10:51 AM

    Aku pas di Surabaya 2 bulan, beli popoknya di shopee aja wkwkw. Selain harga dasar murah, gak pake ongkir juga. Jadi gak perlu ngeluarin bensin, gak perlu keluar capek, untung pula hehe. Bukan hanya popok, detergen dan segala kebutuhan rumah kos belinya di shopee

  • Shyntako
    Shyntako 11:47 AM

    Dulu juga aku pilah-pilih popok mba, sampai akhirnya nemu yang pas dan cocok sama anakku, karena kalo gak bisa bikin iritasi kasian gak nyaman si baby

  • Reyne Raea
    Reyne Raea 5:01 PM

    Waahhh diriku banget dong, waktu si adik masih piyo-piyo dulu, saya sering banget beli popok di Shopee, dan lebih terjangkau sih apalagi ada gratis ongkirnya.
    Seringnya beli buat keperluan sebulan, terlebih dulu waktu bayi, si adik sering banget pup berkali-kali, sampai stres gantinya hehehe.

    Kena ruam popok juga pernah, makanya memang kudu pilih popok yang terbaik ya :D

  • Renayku
    Renayku 5:03 PM

    Makasi infonya kak.. bermanfaat bgt nih ulasannya.. aku sih udah berencana pakein popok instan kalo pergi2 aja sm anak.. kalo si bayi di rumah mending pake clodi atau ga pake popok gpp hehe

  • cicifera
    cicifera 5:41 PM

    wah makasih ya mba tips nya.. iya nih, kalo ga jeli milih popok untuk bayi, bisa beresiko ruam popok ya, hiks

  • Kiky | riskysupriati.com
    Kiky | riskysupriati.com 9:23 PM

    Mantap jiwa mba Diah tipsnya. Pasti berkaca pada pengalaman sendiri yaaa. Tips ini berguna banget sih untuk ibu-ibu yang baru punya anak. Anyway, keep on writing ♡

  • April Hamsa
    April Hamsa 9:46 PM

    Aku ada satu merek popok yang aku percaya walau harga lbh mihil gpp yg pentimg bokong anak aman dr iritasi hehe
    Tp tetep kalau ada diskonan ya aku tetep seneng dan tetep berburu sih (duluuuu) :D

  • tigamusim
    tigamusim 10:14 PM

    Bener banget mbak, pantat bayi itu kulitnya bedabeda.. Dan ada pula yg se sensitif itu. Jadi biar banget ga bengkak ya bolehlah pilih tgh2 dulu hehe

  • nchie hanie
    nchie hanie 10:42 PM

    Penting banget pemilihan popok bayi ini, jangan sampe bikin anak ga nyaman yaa. Apalagi kalo iritasi.
    Semoga buibu ga mandang sebelah mata melihat harga murah popok yaa hihii, tanpa memperhatikan kualitasnya.

  • Diani Sekaring Sejati
    Diani Sekaring Sejati 11:16 PM

    Anak keduaku ini full pakai diapers. Ngga sanggup aku kalau pakai popok kain, nyucinya itu lhoo dan ngga cuma popok doang pasti merembet sampai ke baju, celana, alas tidur :D Oleh karena popok dipakai setiap saat jadi memang perlu banget memperhatikan kualitas dan kecocokannya dengan kulit bayi. Aku juga lebih senang beli diapers di marketplace, banyak diskon dan cashbacknya.

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 12:05 AM

    saya sebelum melahirkan banyak survey dan tanya2 sama teman yang sudah melahirkan, jadi saya ada bayangan harus mencari popok seperti apa buat anak saya :)

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 2:30 AM

    Nah penting ini, masalah popok bayi jg bisa jd resiko buat anak ya, apalagi kalo msh baru lahir. Alhamdulillah sih aku blm pernah nemuin masalah kena ruam popok dari bayi, asal memang rajin ganti aja :)

  • Apura
    Apura 3:13 AM

    aku pernah tu coba coba pospak yang gak jelas merknya. Hasilnya anakku jadi ruamh popok deh. Kapokkk. Sekarang enak banyak pilihan dan kualitasnya bagus. Bisa beli juga di shopee

  • Mechta
    Mechta 8:39 AM

    Terima kasih tips nya mba..penting nih buat buibu yg masih punya baby hingga batita yg perlu popok bayi ya..

  • Shyntako
    Shyntako 9:09 AM

    pilah-pilih popok memang perjalanan panjang juga ya mba, kita jadi tau mana yang akhirnya the best untuk si baby karena popokya sekali lagi cocok-cocokan juga ya kan, yang penting bikin nyaman, dan gak bikin iritasi

  • Lusi
    Lusi 10:04 AM

    Lucunyaaa... Popok yang bagus pasti ngebantu banget pas musim hujan gini ya. Si ibu nggak pusing kalau popok biasa belum pada kering, si anak juga nyaman.

  • CIci Desri
    CIci Desri 10:27 AM

    yang lembut, daya serap bagus dan karetnya ngga sakit jadi pilihan utama saat memilih diaper untuk anak ya mba :)

  • Ida
    Ida 11:37 AM

    Banyak popok murah zaman sekarang ini, tapi kan yang penting sebetulnya kenyamanan bayi ya... jadi memang harus dipilih yg bikin nyaman anak tidak membuat iritasi salah satu indikasinya..

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 11:44 AM

    Bener mbak tidak semua popok bayi cocok dipakai..kadang menyebabkan kulit kemerahan atau ruam pada kulit ya. Jadi harus pandai memilih popok yang cocok dengan kulit bayi ya mbak...yang nyaman dipakai sehari2 tanpa menimbulkan iritasi di kulit.

  • Lita Chan Lai
    Lita Chan Lai 11:46 AM

    Betul banget nih. Anak yang menggunakan diapers kadang sering kali kena gatal, ruam, inveksi dll. memilih popok yang sesuai tentunya butuh pengetahuan. thank infonya...rekomend banget sama diapers buat anak.

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 12:02 PM

    Nah bener nih pilih popok Bayi harus hati-hati ya karena kasihan juga nanti bayinya kena ruam popok.

  • Helena Magdalena
    Helena Magdalena 1:02 PM

    Shopee jawaban semuanya hahaha..aku juga nyari apa-apa selalu ke shopee.. Klo bicara popok, wajib banget cari yang daya serap tinggi dan ga geser2 biar anak ttp nyaman bergerak :)

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 1:18 PM

    Iya..anakku termasuk yang mudah iritasi kalau kena pospak.
    Jadi dulu tuh...sempat gonta-ganti merk. Pokonya sekalinya cocok, gak berani ambil resiko milih merk lain.
    Soalnya kalau uda iritasi, jadi gak bisa pakai pospak selama beberapa hari lagi...heuheuu~

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 1:29 PM

    Untuk popok bayi saya aware banget sih soale untuk daerah sensitif mereka kan jadinya pasti saya pilih yang bagus dan tidak menyebabkan ruam popok juga.

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 1:29 PM

    Bahan pokok emang paling penting jangann ampai pakai yang bahan gak bagus tapi bukin anak iritas kulitnya ya mbak? Kasian soalnya kalau anak udah rewel kena ruam popok atau alergi bahan popok tertentu

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 1:41 PM

    It takes a while to find the perfect diapers for each and every one of our kids. It’s good to know that we have a lot of choices nowadays and most of them are having better and better quality

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 1:56 PM

    Penting nih tips memilih popok dengan bayi. Harus sesuai juga dengan perkembangan usianya. Kalau udah bisa gerak kesana kemari tentu kebutuhannya udah beda dengan bayi yang masih tiduran aja.

  • Demia Kamil
    Demia Kamil 3:45 PM

    milih popok bayi itu wajib banget pilih yg terbaik yaa, dulu pas keponakanku masih pake popok juga bener bener harus yari tau mana yang bagus dan nggak bikin iritasi kulit hihi

  • Helenamantra
    Helenamantra 5:16 PM

    popok bayi ini penting banget buat buibu yang punya bayi sampai nanti lulus toilet training. Aku udah gonta-ganti merek, cari yang cocok dari segi kualitas maupun harga. AKhirnya nemu nih 1 brand yang pas buat bayiku. Belinya juga di Shopee karena murceee

  • catatansiemak
    catatansiemak 10:28 PM

    Memilih popok yang tepat nih kayak memilih skincare juga. Kudu hati-hati. Soalnya urusannya dengan kulit anak

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 10:43 PM

    Wah makasih sharing tipsnya Mbak. Di Shopee emang lagi end year sale banyak diskonan popok murah

  • Eka Mustika
    Eka Mustika 11:18 PM

    Bayi ku ga bisa pakai popok sekali pakai mba. Pernah di rawat di RS terpaksa dikasih popok itu langsung ruam parah sampai rewel banget. Dilema banget buat nyari yang cocok

  • Ika Puspita
    Ika Puspita 11:57 AM

    Kalo buat anak, even popok pun kita harus berhati-hati juga ketika memilih yah karena efeknya bisa bikin kulit ruam dan sebagainya. Dulu pun katika anak-anakku masih bayi, aku pilih produk-produk yang terbaik, biar aman buat anakku

  • Nanie
    Nanie 3:43 AM

    Nah ruam popok ini jadi peer banget buat bayiku soalnya kulitnya sensitif, alergian pula. Akhirnya pas ketemu produk yang cocok, ga mau ganti lagi deh. Btw saya blm pernah sih belanja popok online, kepikiran ongkirnya ke Makassar wkwkwk

  • kyndaerim
    kyndaerim 8:25 PM

    alhamdulillah, dulu itu anakku nggak sampe ruam-ruam waktu pake popok. hihi.. dan waktu itu juga beli popoknya di Shopee dong, dapet diskon dan cashback pula :D

  • Eni Martini
    Eni Martini 4:27 AM

    Jadi ingat waktu anak pertama aku sempat bingung milih popoknya dan bikin bayiku ruam terus. Duh...sedih klo ingat. Klo sekarang sudah banyak artikel kayak gini membantu banget

Add Comment
comment url