Thursday, January 04, 2018

Perhatikan 3 Hal Berikut Ketika Menggunakan Popok Pada Bayi

Hulaaau, udah tahun baru nih. Selamat tahun baru. Apa kabar liburan akhir tahunnya? Semua berjalan lancar sesuai keinginan kan yah, cuaca mendukung dan menjadi liburan yang menyenangkan dong pastinya. Tahun ini saya liburannya stay at home aja. Yaah, ada sih kemarin sempat main percik-percik air aja di tepi pantai dekat sini. Berhubung tahun ini emang gak ada plan untuk liburan kemana gitu karena ada Adek bayi yang menurut saya si Adek mah belum mengerti tentang liburan bahkan mungkin belum menikmati liburan itu sendiri. Ya kan masih digendong kesana kemari, lehernya aja belum tegak gini. Jadilah cukup berada di dekapan Mama itu juga udah liburan ya Dek? Gak pake dititip-titip selama Mama libur menghabiskan jatah cuti tahunan, Adek bisa ngASI sepuasnya karena waktunya gak dijatah jadi Adek bisa nen kapan dan dimana saja ya, Nak 😘


Ngomongin soal liburan, sebagai Emak-Emak yang punya anak, apalagi masih batita dan belum lepas dari urusan popok pasti bakalan sibuk juga untuk mempersiapkan hal yang satu ini. Gak mau dong, saat liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi gak jelas hanya karena Mama kurang aware tentang si popok. Anak jadi rewel karena gak nyaman atau bahkan malah jadi ruam karena Mama lupa bawa stock popok yang mencukupi akhirnya jadi asal aja beli di kios atau toko terdekat, itu kan bisa jadi merepotkan Mama sendiri.

Uhuukk, pengalaman pribadi ya Di? Eheeem, gak juga sih karena saya klo bepergian mah suka bawa stock popok yang lebih dari cukup. PakSu biasa protes bilang macam gak ada toko aja disana sampai harus bawa banyak stock popok untuk anak-anak. Lah iyah dong, malas banget deh klo kehabisan, trus harus pusing cari lagi, kali aja pas stocknya disana sedang kosong atau gimana harganya yg lebih mahal dari harga beli normal biasanya xixixix. Saya juga jadi parno gini karena si Adek pernah ruam, merah, lecet di kulitnya. Padahal Mamaknya ini rajin gantiin popok Adek karena Adek rajin banget BAK bonus BABnya tapi tetap kena ruam juga mana waktu itu Adek Fawwaz masih bayi kecil mungil, huhuhuh, kasihan banget deh, sedih lihatnya. Saya gak mau kejadian ruam lecet itu terjadi lagi. Makanya sekarang saya lebih bawel soal per-popok-an, pilih-pilih popok untuk anak mah gak boleh asal pilih. Harus lihat juga kualitas dan kenyamanan anak, nantinya.

Awalnya saya emang rencana agar Adek pakai clodi aja saat saya berada di rumah, jadi selang seling gitu gak full berpopok sekali pakai sepanjang waktu. Kan stock lungsuran clodi dari Kakak Faraz juga lumayanlah buat ganti-ganti, jadi bisa hemat *oups, teteeuup 😝  selain itu saya juga senang lihat motif-motif clodi yang lucu-lucu itu. Tapi sayangnya, belakangan air di rumah tidak mengalir lancar seperti dulu. Mungkin karena semakin banyak warga yang menyambung air dari sumber yang sama. Jadinya klo pakai clodi gak bisa langsung dibilas di air mengalir, pakai direndam dan ditumpuk aja dulu wal hasil clodi jadi bau, huhuhuh. Bakalan ngaruh juga kan nanti dengan kualitas si clodi itu. Makanya, mau gak mau sekarang Adek jadi pakai popok sekali pakai aja ya, Dek. 

Nah, karena ada pengalaman ruam popok itu saya sekarang berusaha lebih selektif lagi untuk urusan yang satu ini. Secara kulit bayi, apalagi yang masih baru lahir itu kan sangat sensitif. Gak semua bayi sama, seperti Faraz dan Fawwaz ini yang menurut pengamatan saya si Adek lebih sensitif kulitnya daripada si Kakak. Gak mau terulang kejadian yang sama lagi dong pastinya. Untuk anak gak boleh ada kata coba-coba kan ya? Makanya saya harus perhatikan lagi beberapa hal berikut:

1. Kualitas Popok. 
Kata orang, yang mahal itu baik. Tapi jangan salah, belum tentu yang murah, kualitasnya gak oke punya. Bisa juga koq bersaing dengan yang harga mahal. Jadi lebih teliti lagi dalam membeli ya, Moms. Klo urusan popok, biasanya ada yang premium dan ekonomis. Cek aja dulu, klo yang ekonomis bahannya juga bagus, gak harus maksain diri beli yang premium kan ya. 

2. Rajin Mengganti Popok. 
Biasanya klo bayi yang baru lahir itu lebih sering BAK dan ada bonus BAB juga. Jangan tunggu popoknya sampai penuh, kalau kelihatannya bayi kita udah mulai gak nyaman, segera ganti popoknya. Idealnya sih tiap 3 jam sekali. Tapi baru ganti popok, eeh si Adek BAB, yaudah cus Mom diganti aja yang baru jangan tunggu sampai Adek rewel karena gak nyaman dengan kotorannya. Nah, kotoran yang menempel ini jugalah yang sumber bakteri dan bakalan jadi biang dari ruam, hiks. 

3. Ukuran Popok. 
Agar anak nyaman, pilihlah popok sesuai ukuran bayi. Standardnya sih sesuai yang disarankan dari produk yang digunakan. Tapi kalau kelihatannya anak tidak nyaman dengan ukuran yang tertera pada kemasan produk, gak ada salahnya koq memakaikan anak 1 tingkat lebih tinggi. Asal tidak kedodoran aja yah. Oh iyah, jika Anak masih menggunakan popok tipe perekat, sebaiknya rekatnya jangan terlalu ketat biar ada ruang juga untuk kulit tetap bisa bernafas. Anak juga gak kesempitan, jadi tetap bisa aktif bergerak. 


Tiga hal di atas yang jadi perhatian ekstra saya saat ini dalam memilih dan menggunakan popok pada bayi. Saya gak mau lagi kejadian ruam pada kulit anak-anak saya, terutama untuk si Adek yang kulitnya masih sangat sensitif. Kalau untuk si Kakak sih harusnya udah bisa pisah dari popok, tapi apa daya emaknya belum berhasil juga melaksanakan misi yang satu itu, lepas popok - red. Untuk sekarang sih Kakak Faraz  bisa pakai popoknya apa saja karena toh juga dia sebenarnya udah pintar bilang klo BAB, tapi untuk BAK dia kayaknya masih malas pusing untuk terus bilang langsung klo ada keinginan BAK itu. 

Ahaaaa, untungnya sekarang udah ketemu popok yang cocok loh. MoKo Moko Pants, namanya. Popok celana dengan maxi gel dari Jepang ini cocok banget untuk anak aktif dan ceria seperti baby Fawwaz. Iyah, si Adek sekarang udah mulai belajar gerak macam ingin belajar tiarap padahal lehernya aja masih belum stabil, belum kokoh tegaknya. Tapi klo digeletakin udah mulai heboh sendiri, Alhamdulillah ya Nak. Makanya Mama udah rencana untuk gunakan popok celana ke Adek, naah pas banget deh ketemu dengan si Popok asal Genki Jepang ini. 

Tak kenal, maka tak sayang, katanya. Yuks atuhlah kita sama-sama kenalan ama si Moko Moko Pants. Kenapa sih harus gunakan Moko Moko Pants untuk si Kecil? Eng ing eng, alasannya karena berikut nih Moms:


1. Lebih Tipis, Nyerap Banyak.
Meskipun lebih tipis dari popok pada umumnya tapi jangan salah menilai dahulu yah. Popok ini juga mampu koq menyerap banyak cairan karena bantalan penyerap panjang dan tipis sehingga memberikan perlindungan dari kebocoran secara optimal dan tidak menggembung. 

2. Diapers Pants dengan Teknologi Fit Comfort Asal Genki Jepang.
Udah tahu dong yah, klo Jepang itu dikenal dengan negara yang punya teknologi yang lebih maju dari Negara Asia lainnya. Nah, popok ini dirancang khusus agar pas di badan dan lembut dengan daya serap tinggi yang bisa mencapai hingga 150ml atau setara dengan 5 gelas air. 

3. Didesain Khusus Mengikuti Lekuk Tubuh Bayi.
Mama gak perlu khawatir popok anak kebesaran ataupun kekecilan karena popok ini emang didesain khusus agar pas di badan, tidak menggembung dan elastis mengikuti lekuk tubuh bayi sehingga membuat bayi nyaman bergerak bebas. 

4. Berbahan Lembut Untuk Mencegah Iritasi pada Kulit Bayi.
Ahaaa, ini mah saya banget. Seperti yang saya bilang tadi kalau saya udah parno dengan masalah ruam. Jadi dengan adanya Moko Moko Pants ini saya jadi lega, apalagi kalau bukan karena popok ini berbahan selembut kapas sehingga mencegah iritasi. Permukaan berpori yang dapat mengeluarkan udara lembab dari dalam sehingga tidak panas dan tidak menyebabkan ruam popok. 

5. Memiliki 40x Gel Super Serap.
Dengan gel super tersebut, Moko Moko Pants ini mampu menyerap cepat sehingga permukaan popok tetap kering. 

Nah, gimana Moms? Udah tahu karakteristik si Moko Moko Pants kan yah? Klo saya sendiri sih udah bisa lega deh karena sekarang ketemu produk ini. Ukurannya juga beragam, dari yang S hingga XL. Sekarang Adek masih pakai yang S karena sesuai ukurannya tapi kayaknya nanti mau naik ke size M aja biar lebih nyaman. Secara Adek udah mulai grasak grusuk juga dia kalau sedang main, heheheh.


Yuks atuh Moms, Adek Fawwaz udah pakai Moko Moko Pants looh. Nah, sekarang giliran Moms juga yah #PilihMokoMoko untuk Dedeknya 🤗 Dengan Moko Moko Pants; Mama bisa jadi lega, Anak pun ceria dan bebas beraktivitas. 

 

11 comments:

  1. Mencerahkan mbakyu bisa jadi pengetahuan sebelum lahiran :D. Kemarin roaming mbahas popok ekonomis sm premium tapi akhirnya ngeh juga ditambah baca referensi ttg ini

    ReplyDelete
  2. Duh info menarik ini. Makasih banyak mba. Infonya bisa kupakai buat persiapan buat si dedek nanti.

    ReplyDelete
  3. Ashika sempat coba inii di. Dpt dari acara baby bash 😁 cocok jg

    ReplyDelete
  4. Baby ... Kamu unyu bingiits sih. Emeesshh

    ReplyDelete
  5. Bayiiiiii
    Ah geregatan deh kalau liat bayi
    Pengen cium cium cium

    Popok itu yang paling penting nyaman buat bayi dan kalau bisa juga nyaman buat kantong emak bapake hehehe

    ReplyDelete
  6. Hunting diapers nih gampang-gampang susah ya. Alhamdullilah sekarang ada moko moko

    ReplyDelete
  7. sepertinya kalo ada adeknya Wahyu nanti mau pakekan juga moko moko ini deh :)

    ReplyDelete
  8. Halo adek fawwaz rambutnya bikin iri deh hehehe. Toss donk kita samaan pake moko moko pants

    ReplyDelete
  9. Sama loh, rashya jg pakai moko2 :D

    ReplyDelete
  10. jadi pengen nyoba.
    masih labil nih sama popok. masih gonta ganti cari yang oke dan cucok.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^