Explore the blog
Monday, December 28, 2020

Harus Tahu, Berikut Kebiasaan Buruk Penyebab Bruntusan Yang Harus Dihindari

Harus Tahu, Berikut Kebiasaan Buruk Penyebab Bruntusan Yang Harus Dihindari ~ Munculnya bruntusan pada kulit wajah akan membuat siapa saja tidak percaya diri dengan penampilannya. Selain akan terlihat kasar dan tidak mulus, adanya masalah kulit tersebut bisa membuat make up tidak bisa menyatu dengan kulit wajah.



Bruntusan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dimana salah satu pemicunya adalah gaya hidup yang buruk. Selain perlu mengetahui cara menghilangkan bruntusan, juga harus bisa menghindari berbagai penyebabnya

Kebiasaan yang Menimbulkan Bruntusan di Wajah 

Secara tidak langsung, sebenarnya kita tidak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan yang bisa mengakibatkan bruntusan di wajah antara lain; 


1. Kesalahan Make Up 

Produk kecantikan merupakan hal yang paling melekat dengan erat pada kulit wajah. Namun, tak banyak yang tahu bahwa kesalahan dalam pemilihan make up atau produk kosmetik tersebut bisa berdampak menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari gatal, bintik wajah, jerawat, bahkan bruntusan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih make up yang terbuat dari bahan organik serta sesuai dengan jenis kulit. 

Selain itu, penggunaan make up yang tebal memang akan menyamarkan masalah kulit, tetapi perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa menyebabkan bruntusan menjadi semakin parah. Mengaplikasikan make up terlalu tebal akan membuat pori-pori wajah tertutup, sehingga kulit tidak bisa bernapas dengan baik. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk penyebab bruntusan satu ini.

2. Malas Membersihkan Wajah 

Tidak hanya badan saja, kulit wajah juga penting untuk dilakukan pembersihan, apalagi bagian tubuh tersebut yang paling berkontak dengan lingkungan luar. Dimana, dalam setiap anda beraktifitas, kulit wajah tersebut paling berisiko untuk terkena kotoran dan debu. Oleh karena itu, agar kulit wajah terawat, maka sepatutnya anda tidak malas dalam membersihkan wajah. 

Kebiasaan buruk ini bila dilakukan akan membuat debu, kotoran serta sisa make up selama beraktifitas seharian tetap menempel pada wajah. Sehingga, keadaan tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan kemerahan hingga bruntusan pada wajah. Maka dari itu, agar terhindar dari masalah kulit wajah, usahakan rajin untuk menjaga kebersihannya.

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa kebiasaan malas membersihkan wajah akan menimbulkan berbagai masalah kulit wajah. Namun, tak banyak yang tahu juga bahwa terlalu sering mencuci wajah merupakan salah satu kebiasaan buruk penyebab bruntusan. Maka sebab itu, disarankan untuk membatasi jumlah kegiatan untuk mencuci wajah. 

Membersihkan wajah memang dianjurkan, tetapi jika terlalu sering melakukan cuci muka juga tidak baik. Dimana, kebiasaan tersebut akan membuat wajah kehilangan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga akan menyebabkan muka menjadi kering, kusam, tipis, serta bruntusan. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci wajah paling sedikitnya sekali dan maksimal dua kali dalam sehari.

4. Kurang Konsumsi Air Dan Sayuran 

Air dan sayuran merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh, dimana apabila kekurangan zat tersebut bisa mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan, tak terkecuali masalah kulit. Kondisi kekurangan air bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, hingga bruntusan. Apalagi jika kita beraktivitas di ruangan dingin atau sering terpapar matahari, maka sangat dianjurkan untuk mencukupi asupan cairan agar kulit tidak mengalami dehidrasi. 

Selain kurang air, kebiasaan buruk penyebab bruntusan lainnya adalah kurang konsumsi sayuran. Sudah menjadi hal umum bahwa sayuran merupakan makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat, vitamin serta nutrisi lainnya yang berperan penting dalam mencegah terjadinya kulit kering. 

Adanya bruntusan pada wajah merupakan hal yang paling menyebalkan, apalagi jika hal tersebut menghinggapi kulit wanita. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, penting untuk menghindari berbagai kebiasaan buruk tersebut. Sebaliknya, juga dianjurkan untuk mulai mengubah pola hidup dan kebiasaan yang bisa merawat wajah dari masalah kulit.


Nah, gimana sekarang jadi makin aware kan ya untuk menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan bruntusan itu. Hmm, noted to myself juga nih secara masih sering skip tuk bersihin muka dengan benar apalagi kalau udah ngantuk banget, hihihh. 


Semoga bermanfaat ya ☺



Whould you like to comment?

  1. Wajah memang harus dirawat agar tidak beruntusan. sekali keluar beruntusan perlu waktu lama untuk menyembuhkan dan bikin tidak percaya diri

    ReplyDelete
  2. Saya bruntusan kalau cuaca panas sekali. Langsung bintil2 deh wajah. 😅

    ReplyDelete
  3. Wah, serbasalah juga ya antara malas membersihkan wajah dan terlalu sering mencucinya. Aku masih ada nih bruntusan terutama di dahi. Susah hilangnya hehehe. Berarti mesti lebih banyak minum air putih, mengonsumsi buah2an dan sayuran ya. TFS mbak Diah.

    ReplyDelete
  4. Aku nih tipe yang gampang brutusan kalau gak cocok dengan produk make up atau skincare. Gak perlu nunggu 2-3 hari, biasanya gak lama pakai langsung keluar bruntusannya.

    ReplyDelete
  5. Benar banget nih, kesalahan make up bisa bikin kulit wajah bermasalah. Makanya sekarang aku lebih hati-hati memilih dan memakai make up.

    ReplyDelete
  6. Mba yang dimaksud dengan bruntusan itu apakah timbul bintik2 di wajah atau daging tumbuh seperti tahilalat?

    ReplyDelete
  7. Aku nih yang masih sering banget kelewat bersihin muka kalau malem, udah ngantuuuukkkkkk banget ya.

    Mqkanya kadang malem suka males make up gitu..
    Tapi apalah dikata kalau istri gak make up.. dilema...

    ReplyDelete
  8. Saya sering beruntusan kalo gk cocok pakai skin care baru biasanya kandungannya terlalu keras sehingga wajah pasti beruntusan parah dan kering kalo lagi begini duh rasanya gk nyaman bngt

    ReplyDelete
  9. Aku pernah banget beruntusan.
    Posisinya di kening. Alhamdulillah, ketemu sama skincare yang cocok.
    Tapi minum air mineral ini penting banget yaa..Menjaga kesegaran tubuh dari dalam.

    ReplyDelete
  10. Rajin membersihkan wajah pun juga kurang baik ya, jadi lebih bagusnya pas porsinya ya, sehingga wajah bebas dari bruntusan

    ReplyDelete
  11. Makasih remindernya Mba Diah... yg nomor tiga musti saya camkan nih hehe... terlalu sering membersihkan wajah pun bs menyebabkan bruntusan yahhh, kayak over gitu...hehe

    ReplyDelete
  12. Waah tengkyu infonya mbak. Aku baru tau kalau terlalu sering mencuci wajah juga bisa bikin bruntusan loh...

    ReplyDelete
  13. berguna banget nih tipsnya, banyak minum air putih dan rajin membersihkan make up bisa bikin wajah jadi sehat. beneran ngaruh..

    ReplyDelete
  14. wah, aku baru tau ternyata kebanyakan cuci muka juga ga baik ya :/ terimakasih infonya ya kak

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata sering cuci muka juga nggak baik ya..kalau.saya seringmya bruntusan karena alergi. Memang wajah tu perawatannya musti ekstra hati-hati ya, jangan ganti-ganti kosmetik juga..

    ReplyDelete
  16. kalau aku pernah bruntusan karena facial di salon. mungkin waktu itu kurang bersih ya perawatannya jadinya malah bruntusan dan jerawatan. akhirnya agak-agak kapok kalau mau facial ke salon

    ReplyDelete
  17. Terlalu sering mencuci wajah ternyata bisa bikin wajah bruntusan juga ya. Tapi malas cuci wajah juga efeknya sama berarti emang perlu rutin tapi nggak boleh berlebihan ya

    ReplyDelete
  18. Ternyata sering membersihkan wajah juga bisa bikin bruntusan ya buuu

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah dapat ilmu merwat wajah dari bunda semoga bisa di praktekkan . #situsmawardi

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^