Review Produk: Harmony Manual Breastpump dan Purelan Nipple Cream dari Medela

Bismillahirrahmanirrahim..... 

MasyaAllah, hampir tiga bulan kembali menyandang sebagai Ibu menyusui a.k.a. Busui (untuk ketiga kalinya). Rasanya? Duh, gak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata deh. Alhamdulillah, senangnya tiada terkira. Saya sih dari awal emang menikmati proses mengASIhi itu. Tapi ini udah hampir tiga bulan, artinya harus siap-siap juga untuk kembali bekerja lagi karena masa cuti yang akan segera berakhir.


Lalu, apa nanti ketika kembali bekerja akan berhenti untuk mengASIhi? Aduuh, jangan doooong!

4 Penyakit Paru yang Bisa Terjadi Akibat Merokok

Paling sebal tuh ya kalau berada di tempat umum atau kendaraan umum lalu ada yang merokok. Apalagi kalau di tempat itu sudah ada peringatan dilarang merokok! Duuh, ini orang bisa baca gak sih?! Belum lagi kalau disekitaran situ ada Ibu hamil, Ibu menyusui, orangtua dan anak-anak. Aarrgghh! Mereka memang sudah kebal, Marimar!
pixabay.com
Ya, begitulah adanya. Meskipun disana sini sudah ada peringatan dan semua juga sudah tahu tentang bahaya dari aktivitas yang satu ini tetap aja orang melaksanakannya. Miris yak, hiksss! Padahal udah tahu lho kalau merokok itu bisa merusak kesehatan terlebih lagi paru-paru, yaaa tapi tetap aja kepulan asap masih bertebaran dimana-mana. 

Saya pun juga masih sering terpapar asap rokok. Di kantor ada beberapa teman yang merokok, duh kalau mereka udah ngumpul, sudah deh bakalan ramai juga asapnya bertebaran kesana kemari.

Sebenarnya PakSu juga merokok, tapi sudah dari awal saya warning bahwa tidak boleh merokok di depan saya. Alhamdulillah sih sampai sekarang dia pun tidak pernah mengepulkan asap di depan saya ataupun anak-anak. Kalau temannya ke rumah pastilah mereka cuma di depan aja karena udah tahu istrinya ini bakalan bawel dengan hal satu ini.

Pun begitu kalau Beliau dari luar, dilarang keras dekat ke anak-anak sebelum cuci tangan dan ganti baju. Yekaaan, asapnya nempel dan sisa-sisa rokok juga masih ada disitu doong. Sebenarnya sudah beberapa kali Beliau berhenti merokok, tapi sayang belum berhasil total untuk melaksanakan niat yang satu ini. Faktor lingkungan, berteman dengan para perokok itulah juga yang menjadi sumber utamanya, huhuhuh. 

Baca juga: Ampuhkah Berkumur Air Garam Atasi Radang Tenggorokan?

Sudah tahu juga dong ya bahwa dengan merokok dapat menyebabkan kesehatan paru terganggu karena tidak bisa bekerja dengan baik. Kandungan zat kimia di dalam rokok bisa membuat produktivitas dari sel-sel membran penghasil lendir menjadi meningkat sehingga akan menyebabkan paru terlapisi oleh lapisan lendir tebal. Lendir yang melapisi tersebut tidak bisa dibersihkan oleh paru sehingga akan terjadi penyumbatan. Rokok yang dihirup juga dapat menghambat gerakan silia yang berfungsi untuk membersihkan paru. 

4 Penyakit Paru Akibat Merokok yang Harus Kita Ketahui 

sehatq.com
Cukup banyak penyakit paru yang bisa timbul akibat merokok secara aktif. Mayoritas penyakit yang disebabkan rokok tersebut terbilang kronis dan butuh perawatan intensif. Memang zat kimia di dalam rokok sangat berbahaya, zat tersebut dapat membuat pembuluh darah semakin berkurang dengan menghancurkan jaringan paru sehingga ruang udara menyempit. Berikut ini 4 penyakit paru akibat rokok secara lengkapnya: 

1. Emfisema
Emfisema merupakan penyakit dimana alveoli atau kantung udara yang ada di paru melemah, rusak, dan kemudian pecah. Rusaknya alveoli tersebut berpengaruh pada jumlah oksigen yang dapat menuju aliran darah dan luas permukaan paru yang berkurang. Penderita penyakit ini akan kesulitan untuk bernafas saat menjalankan olahraga atau aktivitas berat. Hal tersebut terjadi karena paru kehilangan kelenturan akibat zat dalam rokok. 

2. Kanker Paru
Kebiasaan merokok secara aktif dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru. Zat kimia yang terkandung dalam setiap batang rokok yang jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh memiliki kemungkinan untuk merangsang pertumbuhan sel di paru menjadi abnormal. Sehingga dapat memunculkan sel kanker yang biasanya berada di lapisan bronkus atau wilayah lain yang ada di saluran pernapasan. Selanjutnya akan menyebabkan benjolan dan kemudian menyebar ke jaringan tubuh lain. 

3. Bronkitis Kronis
Bronkitis Kronis ditandai dengan terjadinya peradangan pada lapisan tabung bronkial. Lapisan tersebut berfungsi sebagai saluran yang mengirim udara dari paru maupun ke paru. Peradangan yang terjadi akan membuat lendir menjadi sangat lengket sehingga aliran udara yang menuju paru atau keluar paru menjadi terhambat. Aliran udara yang terhambat tersebut lama kelamaan semakin buruk dan menyebabkan penderitanya sulit untuk bernapas.

4. Pneumonia 
Memang secara umum penyakit Pneumonia disebabkan oleh serangan virus, bakteri, atau jamur. Namun, zat di dalam rokok jika dikonsumsi dapat menurunkan sistem imun yang dapat melindungi seseorang dari Pneumonia. Penyakit ini ditandai dengan adanya infeksi pada kantung udara yang ada di paru.

Itulah informasi mengenai 4 penyakit paru yang bisa terjadi akibat merokok secara aktif.  Semoga sih ya, suatu hari nanti di Negara kita tercinta ini juga bisa mengeluarkan peraturan tegas tentang merokok ini terlebih di tempat umum. Mau juga kan ya lingkungan kita bebas dari asap agar warganya bebas dari bahaya penyakit paru. 

Oh ya, jika Temans ingin mendapatkan segala informasi berkaitan dengan kesehatan, kita juga bisa dapatkan di sehatq.com lho. Setidaknya terdapat 1116 ensiklopedia penyakit dan obat serta 1562 artikel yang bisa membantu kita gmendapatkan berbagai informasi kesehatan. Disediakan juga forum diskusi dengan moderator terlatih sebagai fasilitator dalam komunitas. 

Semoga bermanfaat. Salam sehat! 


Ampuhkah Berkumur Air Garam Atasi Radang Tenggorokan?

Biasanya saat pergantian musim tiba, baik dari musim panas ke dingin, ataupun sebaliknya ditambah lagi dengan banyaknya aktivitas di luar, banyak orang mengeluhkan sakit di sekitar tenggorokan.

everydayhealth.com
Tidak hanya itu, selepas menjalankan puasa pun juga demikian. Kenapa? Karena sebulan itu tanpa disadari kita sering mengonsumsi minuman dingin atau segala jenis es dan gorengan. Nah, jika sudah seperti ini maka muncullah keluhan radang tenggorokan. Tapi, apa benar radang tenggorokan disebabkan oleh apa yang kita konsumsi itu?

Cerita Ramadhan dan Lebaran 1440H

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Ketika takbir berkumandang di hari terakhir Ramadhan, rasanya sedih banget yah. Ramadhan akan meninggalkan kita dan ntah apakah kita masih diberi kesempatan kembali bertemu bulan yang penuh berkah ini? Semoga saja Allah masih mempertemukan kita kembali agar bisa bertemu dengan RamadhanNya, bulan dimana segala ampunan dan segala kebaikan diberikan, Aamiin. 😇


Postingan ini dirapel aja yah sebagai bahan cerita daripada tidak didokumentasikan sama sekali, heheh. Jadi, bagaimana saja cerita Ramadhan dan Lebaran saya kali ini? Yuks, baca sampai tuntas yah 🤗

Hindari Macetnya Ibu Kota, Berikut Waktu yang Tepat Liburan di Jakarta

Pada tanggal 22 Juni 2019 mendatang, Jakarta akan memasuki usianya yang ke-492. Tak bisa dipungkiri lagi kalau Jakarta itu adalah kota yang super sibuk, kota metropolitan. Belum lagi dengan kemacetannya yang membuat orang terkadang kurang nyaman menghadapinya. Yaah, namanya juga Ibu Kota Negara pastilah ramai dan macet. Tapi herannya hal ini tidak pernah juga membuat orang untuk bosan mengunjungi Jakarta bahkan tinggal disana untuk mengadu nasib.

foto.tempo.co
Saat ini Jakarta juga sudah memiliki Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal dengan sebutan MRT, sama dengan negara-negara maju yang sudah lebih dahulu memilikinya. Nah, dengan adanya MRT ini diharapkan bisa menekan angka kemacetan di Jakarta yang sudah semakin sesak itu. Eiits, tapi karena dengan adanya MRT ini malah orang-orang semakin berbondong-bondong ingin melihat dan merasakan langsung fasilitas yang satu ini. Duuh, kebayang gak sih itu sesaknya bakalan seperti apa? Hohohohh.

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community