Ampuhkah Berkumur Air Garam Atasi Radang Tenggorokan?

Saturday, June 15, 2019

Biasanya saat pergantian musim tiba, baik dari musim panas ke dingin, ataupun sebaliknya ditambah lagi dengan banyaknya aktivitas di luar, banyak orang mengeluhkan sakit di sekitar tenggorokan.

everydayhealth.com
Tidak hanya itu, selepas menjalankan puasa pun juga demikian. Kenapa? Karena sebulan itu tanpa disadari kita sering mengonsumsi minuman dingin atau segala jenis es dan gorengan. Nah, jika sudah seperti ini maka muncullah keluhan radang tenggorokan. Tapi, apa benar radang tenggorokan disebabkan oleh apa yang kita konsumsi itu?

Saat radang tenggorokan, banyak yang memilih cara tradisional untuk mengatasinya, salah satunya dengan kumur air garam. Namun, seberapa ampuh cara ini?

klikdokter.com
Radang tenggorokan yang disebut juga dengan infeksi tenggorokan atau faringitis adalah kondisi faring yang meradang. Saat ini terjadi, tak sedikit orang yang mengandalkan berkumur dengan air garam untuk meredakan nyeri atau keluhan lainnya. Seberapa ampuh metode ini untuk mengatasi radang tenggorokan?

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, 90 persen penyebab radang tenggorokan adalah infeksi virus, sehingga umumnya bisa sembuh sendiri tanpa obat-obatan, apalagi antibiotik. Jika memang minum obat, tujuannya lebih pada mengurangi gejala yang timbul.

Baca juga: Ragam Manfaat Jahe yang Perlu Diketahui

Jika memang penyebab radang adalah virus, kita bisa mencoba terapi non obat, yaitu dengan berkumur air garam. Namun, apakah cara ini efektif untuk atasi radang tenggorokan?

Efektivitas berkumur dengan air garam untuk atasi radang tenggorokan Berdasarkan artikel dari Harvard Medical School, berkumur dengan larutan garam memang dapat meredakan nyeri tenggorokan. Ini karena garam bersifat mengikat air.

“Kandungan garam yang tinggi pada larutan tersebut akan menarik air yang berada di dalam jaringan tenggorokan yang sedang mengalami peradangan,” jelas dr. Valda. Alhasil, bengkak pada jaringan tersebut dapat berkurang, begitu juga dengan rasa nyeri.

Larutan air garam untuk berkumur bisa dibuat dengan melarutkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam 250ml air.

“Berkumurlah dua kali dalam sehari dan gunakan air hangat. Air hangat dapat lebih membantu meredakan nyeri dibandingkan dengan air dingin. Selain itu, air hangat akan mempermudah garam larut dalam air,” kata dr. Valda menyarankan.

Jika penyebab penyakit radang tenggorokan adalah virus, biasanya penderita bisa pulih sekitar seminggu, tergantung imunitas tubuh dalam melawan virus tersebut. Agar imunitas tubuh baik, kita disarankan untuk istirahat yang cukup, minum banyak air, konsumsi minuman hangat, hingga menggunakan bahan herbal yang dipercaya dapat membantu mengatasi radang tenggorokan.

Nah, berkumur air garam bisa cukup ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan. Jika setelah berkumur nyeri berkurang, bukan berarti langsung sembuh! Kita tetap harus menjaga daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus dan cepat pulih. Untuk penderita hipertensi, saat berkumur hati-hati jangan sampai larutan ikut tertelan, ya!

Baca juga: Aneka Cemilan Kelapa yang Kaya Manfaat

Radang tenggorokan dapat dicegah kok dengan disiplin untuk hal-hal berikut: 

  • Biasakan mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet,  batuk ataupun setelah bersentuhan dengan orang yang sedang sakit. 
  • Gunakan antiseptik jika tidak memungkinkan mencuci tangan dengan air.
  • Gunakan tissue untuk menutup mulut jika bersin maupun batuk dan segera buang setelahnya. 
  • Gunakan masker agar terhindar dari polusi, terlebih lagi jika berada di sekitaran orang yang merokok. 
  • Hindari berbagi makanan dengan orang lain dengan menggunakan peralatan yang sama. 
  • Rutin bersihkan barang-barang di rumah yang biasa digunakan secara bersama, seperti: gagang pintu, telepon, remote (TV dan AC), dan keyboard komputer. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Semoga kita semua selalu sehat ya agar aktivitas tetap lancar, Aamiin 😊



 

You Might Also Like

43 Comments

  1. Nah, ini nih PR nya. Remote sama HP aku pasti kotor banget. Hampir sebulan sekali aku kena radang, uhuhu. Dan bener, dokter selalu sarankan aku kumur air garam meski sudah dikasih resep :)

    ReplyDelete
  2. Wah iya, remote tv atau AC, keyboard, bahkan hape, bisa jadi wadah berkembangnya kuman kalau tidak rajin dibersihkan. Terima kasih sudah mengingatkan ya. Kalau keampuhan berkumur air garam, sudah membuktikan sendiri sih. Air garam juga bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka, juga bagus untuk mencegah karang gigi kalau rutin berkumur sebelum tidur malam.

    ReplyDelete
  3. Sesungguhnya aku baru tau berkumur air garam bisa mengurangi sakit radang tenggorokan mom hehe tp kembali lagi ke penyebabnya yaa

    ReplyDelete
  4. wah patut dicoba nih apalagi anak-anakku tuh sering ngalamin radang tenggorokan.

    ReplyDelete
  5. Radang tenggorokkan dengan air garam ampuh yah, karena sepengetahuanku garam ini bisa untuk pengobatan di sekitar area mulut

    ReplyDelete
  6. Radang tenggorokan kalau buatku sering jadi momok. Soalnya radang yang enggak sering diatasi bisa bikin demam, minimal nggreges lah. Makasih tipsnya ya mbak, simpel tapi kok ya sering terlupakan

    ReplyDelete
  7. Wah,belom pernah nyoba nih tips ini. Aku biasanya langsung minum obat kimia. Kudu nyoba nih cara ini. Nanti siang ah. Kebetulan memang lagi radang tenggorokan. Makasih tipsnya. :)

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau berkumur air garam bisa mengobati radang tenggorokan. Kadang yg mudah didapat malah ga dimanfaatkam ya. Makasi infonya mba,

    ReplyDelete
  9. Radang Tenggokan,,,sangat menyakitkan BRO

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau nih pakai air garam mbak, karena biasanya hanya bergantung sama obat saja. Boleh juga nanti dicobain kalau pas lagi gak enak tenggorokan.

    ReplyDelete
  11. wah pas bgt sy sedang radang ><. dr bbrp tips di atas yg sering lupa adalah mmbersihkan barang2 rumah 😢 terima kasih sdh diingatkan mll tulisanny mb 😍🙏🏼

    ReplyDelete
  12. Sejak ikut JSR, badan jauh lebuh fit. Alhamdulillah, qadarallah dg jaga makanan jadi nggak mudah kena radang dan batpil. Radang biasanya disebabkan virus ya mbak yg bisa sembuh tanpa obat. Bisa dicoba resepnya pakai larutan garam.. Semoga kita selalu sehat..

    ReplyDelete
  13. Kadang memang lumayan juga ya kumur air garam bisa mengurangi sakit tenggorokan.

    ReplyDelete
  14. Aku punya radang tenggorokan udah dari kecil dan kalau jajan es nya gak hati2 malamnya biasanya langsung kambuh mbak..

    ReplyDelete
  15. jadi air garam itu cuma meredakan gejala nyerinya itu, ya. kalau mau sembuh ya kudu cukup istirahat, makan dan minum biar virusnya kabur.

    ReplyDelete
  16. Beberapa waktu lalu aku kena radang, cuma belum tau kalau ada cara ini. Makasih mbak infonya, next kalau sakit lagi (semoga engga) aku cobain deh tipsnya.

    ReplyDelete
  17. wah, ini penyakit yang sering menyapaku mbak...gatal di tenggorokan emang bikin pusing, selama ini aku minum vitamin aja..kl ke dokter pasti dikasih antibiotik..hiks

    ReplyDelete
  18. Saya pernah kena radang tenggorokan, bahkan sampai sariawan, duuhh sariawan di bibir aja sakitnya minta ampun, ini di tenggorokan penuh sariawan, hiks

    Tapi dulu gak kepikiran kumur air garam sih, langsung antibiotik biar cepat sembuh hahahaha.

    Btw yang paling sebel tuh rokok, anak kedua saya paling gak bisa kena asap rokok, langsung radang tenggorokan dan batpil parah hiks

    ReplyDelete
  19. Amin. Sehat sehat selalu ya Mbak.
    Sehat itu tanggung jawab kita. Menjaga memang lebih baik daripada mengobati. Nenek saya dulu yang selalu menyarankan kalau sakit tenggorokan, sakit gigi dan atau sariawan sebaiknya minum dan kumur-kumur dengan air garam

    ReplyDelete
  20. Saya baru tahu bahwa garam bisa meredakan radang tenggorokan. Lain kali akan saya praktikkan jika saya dan keluarga sakit. Sekarang musim kemarau jadinya tubuh akan lemah dan mudah terserang sakit. Mana saya doyan gorengan dan jarang bisa beli buah di warung yang jauh dari rumah karena warung dekat rumah tidak menyediakan buah kecuali tomat dan mentimun.
    Garam yang murah dan mudah didapat bisa merupakan obat mujarab. Makasih sudah menulis ini dan menginfokan karena banyak yang awam seperti saya dan belum tentu dokter yang saya kunjungi akan menyarankan untuk berkumur dengan larutan garam.

    ReplyDelete
  21. Oh..baru tahu nih ttg tips ini.. dulu mah tahunya kumur air garam buat meredakan nyeri gigi saja.. TFS ya mba ..

    ReplyDelete
  22. Ya, memang radang tenggorokan itu sebenarnya masalah imunitas tubuh, ya. Dengan memperbaiki imunitas, radang pun menyingkir

    ReplyDelete
  23. Wah saya baru tahu nih berkumur dengan air garam bisa membantu mengatasi radang tenggorakan. Makasih infonya ya mbak, tapi emang lebih baik mencegah ya daripada mengobati

    ReplyDelete
  24. Aku pernaaah mba.. dan lumayan enak rasanya yaa. Membantu meringakan radang

    ReplyDelete
  25. aku baru tau nih, aku taunya kumur air garam itu meringankan sakit gigi

    ReplyDelete
  26. Iya bener mba. Aku klo radang aku gargle dengan air garem

    ReplyDelete
  27. Pas banget aku baru saja sembuh dari radang tenggorokan nih mbak. kemarin sempet kumur garam juga.

    ReplyDelete
  28. nah aku kadang suka kena radang tenggorokan nih, kalo ga segera di atasin bisa lanjut jadi batuk xD kadang aku juga kumur pakai air garam, atau obat kumur. kalo ga mempan juga aku pakai obat tetes deh :D

    ReplyDelete
  29. Ooohh, saya baru paham cara kerjanya air garam. Ternyata untuk mengikat air yang membuat leher bengkak ya. Saya kira selama ini karena fitur antiseptik dalam garamnya lo Mbak. Nice info ya! Terimakasih Mbak Diah....

    ReplyDelete
  30. Saya baru tau kalau air garam bs jg buat radang tenggorokan. Yg saya biasa pakai sih kalau sakit gigi..😀

    ReplyDelete
  31. Kalau aku lagi radang tenggorokan pakai garam dan bawang putih dikeprak trus direndam air panas beberapa saat trus kumur-kumur efektif banget nyembuhin radang :)

    ReplyDelete
  32. Wah aku kadang juga suka sakit ktenggorokan nih Diah, pernah puasa keemapt kemarin aku diamkan aja malah jadi meriang badan. Bandel sih minum air es kebanyakan padahal aku bisa mengaturnya biar gak sampai sakit tenggorokan. Oh ya itu garamnya ada garam khusus kah? atau garam apa aja bisa untuk kumur-kumur?

    ReplyDelete
  33. Emang ga enak banget kalau radang ini susah nelen dan ga nikmat banget deh, biasanya kalau radang tiap hari minum vitamin C aja sama air putih yang banyak.

    ReplyDelete
  34. aku baru tahu bisa dengan berkumur air garam, karena penyakitku ga jauh dengan radang tenggorokan mba jadi pengen cobain ini deh

    ReplyDelete
  35. Padahal dipakai nya dengan cara di kumur yaa..
    Tapi bisa untuk meredakan sakit radang tenggorokan.
    Mulai biasain anak-anak buat pakai pengobatan alami begini yaa...biar ga ada side effect nya.

    ReplyDelete
  36. Belum pernah mencoba untuk berkumur air garam Mbak? Temenku kemarin mengeluh tenggorokannya sakit dan aku malah saranin untuk berobat, karena yang sakit cuma bagian kiri, kanan engga. nanti kalau ketemu, kucoba untuk diskusikan ini dengan temanku ya.

    ReplyDelete
  37. kalau aku malah biasanya air garam buat berkumur saat sakit gigi hehe karna katanya bisa membunuh bakteri gitu air garam tuh

    ReplyDelete
  38. Ampuh banget air garam ini, tak hanya untuk atasi radang tenggorokan, tapi juga bisa mencegah munculnya karang gigi kalau dilakukan setelah habis gosok gigi malam hari (sebelum tidur). Air garam juga bagus untuk mencegah infeksi pada luka lho.

    ReplyDelete
  39. duh tersiksa dan repot sih kalo radang tenggorokan udah kambuh, ke badan jadi demam, makan apapaun jadi gak nikmat. sepertinya sakit ringan tapi padahal bikin gak nyaman kalo dibiarkan ya mba. Alhamdulilah udah jarang kambuh sejak menghindari gorengan minyak jenuh dan jajanan es pemanis tinggi.

    ReplyDelete
  40. Saya seringnya radang karna asam lambung naik sih mbak. Jadi kayaknya gabisa ya kalo pakai air garam.

    ReplyDelete
  41. ini simple sepertinya tapi penting banget. Apalagi suka banyak debu di rumah dan kadang lupa cuci tangan. Duh numpuk penyakit deh

    ReplyDelete
  42. Aku biasanya kumur2 pakai air garam pas sakit gigi sama sariawan. Dan, oh aku tak pernah mencuci peralatan seperti remote TV, dan lain-lainnya itu. :(

    ReplyDelete
  43. Aku dulu waktu remaja sering kena radang dan selain kumur sama air garam, minum air perasan jahe diparut.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community