4 Penyakit Paru yang Bisa Terjadi Akibat Merokok

Sunday, June 23, 2019

Paling sebal tuh ya kalau berada di tempat umum atau kendaraan umum lalu ada yang merokok. Apalagi kalau di tempat itu sudah ada peringatan dilarang merokok! Duuh, ini orang bisa baca gak sih?! Belum lagi kalau disekitaran situ ada Ibu hamil, Ibu menyusui, orangtua dan anak-anak. Aarrgghh! Mereka memang sudah kebal, Marimar!
pixabay.com
Ya, begitulah adanya. Meskipun disana sini sudah ada peringatan dan semua juga sudah tahu tentang bahaya dari aktivitas yang satu ini tetap aja orang melaksanakannya. Miris yak, hiksss! Padahal udah tahu lho kalau merokok itu bisa merusak kesehatan terlebih lagi paru-paru, yaaa tapi tetap aja kepulan asap masih bertebaran dimana-mana. 

Saya pun juga masih sering terpapar asap rokok. Di kantor ada beberapa teman yang merokok, duh kalau mereka udah ngumpul, sudah deh bakalan ramai juga asapnya bertebaran kesana kemari.

Sebenarnya PakSu juga merokok, tapi sudah dari awal saya warning bahwa tidak boleh merokok di depan saya. Alhamdulillah sih sampai sekarang dia pun tidak pernah mengepulkan asap di depan saya ataupun anak-anak. Kalau temannya ke rumah pastilah mereka cuma di depan aja karena udah tahu istrinya ini bakalan bawel dengan hal satu ini.

Pun begitu kalau Beliau dari luar, dilarang keras dekat ke anak-anak sebelum cuci tangan dan ganti baju. Yekaaan, asapnya nempel dan sisa-sisa rokok juga masih ada disitu doong. Sebenarnya sudah beberapa kali Beliau berhenti merokok, tapi sayang belum berhasil total untuk melaksanakan niat yang satu ini. Faktor lingkungan, berteman dengan para perokok itulah juga yang menjadi sumber utamanya, huhuhuh. 

Baca juga: Ampuhkah Berkumur Air Garam Atasi Radang Tenggorokan?

Sudah tahu juga dong ya bahwa dengan merokok dapat menyebabkan kesehatan paru terganggu karena tidak bisa bekerja dengan baik. Kandungan zat kimia di dalam rokok bisa membuat produktivitas dari sel-sel membran penghasil lendir menjadi meningkat sehingga akan menyebabkan paru terlapisi oleh lapisan lendir tebal. Lendir yang melapisi tersebut tidak bisa dibersihkan oleh paru sehingga akan terjadi penyumbatan. Rokok yang dihirup juga dapat menghambat gerakan silia yang berfungsi untuk membersihkan paru. 

4 Penyakit Paru Akibat Merokok yang Harus Kita Ketahui 

sehatq.com
Cukup banyak penyakit paru yang bisa timbul akibat merokok secara aktif. Mayoritas penyakit yang disebabkan rokok tersebut terbilang kronis dan butuh perawatan intensif. Memang zat kimia di dalam rokok sangat berbahaya, zat tersebut dapat membuat pembuluh darah semakin berkurang dengan menghancurkan jaringan paru sehingga ruang udara menyempit. Berikut ini 4 penyakit paru akibat rokok secara lengkapnya: 

1. Emfisema
Emfisema merupakan penyakit dimana alveoli atau kantung udara yang ada di paru melemah, rusak, dan kemudian pecah. Rusaknya alveoli tersebut berpengaruh pada jumlah oksigen yang dapat menuju aliran darah dan luas permukaan paru yang berkurang. Penderita penyakit ini akan kesulitan untuk bernafas saat menjalankan olahraga atau aktivitas berat. Hal tersebut terjadi karena paru kehilangan kelenturan akibat zat dalam rokok. 

2. Kanker Paru
Kebiasaan merokok secara aktif dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru. Zat kimia yang terkandung dalam setiap batang rokok yang jika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh memiliki kemungkinan untuk merangsang pertumbuhan sel di paru menjadi abnormal. Sehingga dapat memunculkan sel kanker yang biasanya berada di lapisan bronkus atau wilayah lain yang ada di saluran pernapasan. Selanjutnya akan menyebabkan benjolan dan kemudian menyebar ke jaringan tubuh lain. 

3. Bronkitis Kronis
Bronkitis Kronis ditandai dengan terjadinya peradangan pada lapisan tabung bronkial. Lapisan tersebut berfungsi sebagai saluran yang mengirim udara dari paru maupun ke paru. Peradangan yang terjadi akan membuat lendir menjadi sangat lengket sehingga aliran udara yang menuju paru atau keluar paru menjadi terhambat. Aliran udara yang terhambat tersebut lama kelamaan semakin buruk dan menyebabkan penderitanya sulit untuk bernapas.

4. Pneumonia 
Memang secara umum penyakit Pneumonia disebabkan oleh serangan virus, bakteri, atau jamur. Namun, zat di dalam rokok jika dikonsumsi dapat menurunkan sistem imun yang dapat melindungi seseorang dari Pneumonia. Penyakit ini ditandai dengan adanya infeksi pada kantung udara yang ada di paru.

Itulah informasi mengenai 4 penyakit paru yang bisa terjadi akibat merokok secara aktif.  Semoga sih ya, suatu hari nanti di Negara kita tercinta ini juga bisa mengeluarkan peraturan tegas tentang merokok ini terlebih di tempat umum. Mau juga kan ya lingkungan kita bebas dari asap agar warganya bebas dari bahaya penyakit paru. 

Oh ya, jika Temans ingin mendapatkan segala informasi berkaitan dengan kesehatan, kita juga bisa dapatkan di sehatq.com lho. Setidaknya terdapat 1116 ensiklopedia penyakit dan obat serta 1562 artikel yang bisa membantu kita gmendapatkan berbagai informasi kesehatan. Disediakan juga forum diskusi dengan moderator terlatih sebagai fasilitator dalam komunitas. 

Semoga bermanfaat. Salam sehat! 


You Might Also Like

20 Comments

  1. Waduh memang banyak banget ya penyakit yang bisa terjadi karena sering merokok

    ReplyDelete
  2. Ngeri banget ya Mbak, untungnya di rumah nggak ada yang merokok hehe

    ReplyDelete
  3. Hmm memang menakutkan nih. Makanya saya tidak merokok saat ini hehe

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya. Terima kasih ya atas informasinya

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak juga ya penyakit yang diakibatkan dari merokok ini. Saya kira cuma kanker paru-paru saja

    ReplyDelete
  6. untungnya dirumah aman banget gak ada yang merokok, sampe dirumah tuh kita gak sedia asbak rokok, jadi kalau ada tamu, tamunya kan sungkan merokok krn gak disediakn asbak. tapi dikantor yang gak aman karena ada bos yang ahli hisap, jadi sebelum si pak bos mulai merokok kita sudah pada pakai masker duluan.

    rokok ini udah banyak banget ngasih penyakit buat yang aktif tapi gak juga bikin orang pada jera yah mbak, malah jadi kena imbas penyakitnya deh buat yang pasif.

    ReplyDelete
  7. Mbak, pneumonia ini gawat banget. Pernah kejadian sama anakku. Wakttu itu sampai pindah rumah sakit, harus di rumah sakit yang punya NICU. potek banget hatiku, padahal di rumah kami enggak ada seorang pun yang merokok

    ReplyDelete
  8. Hiks teringat dalsm ingatanku soal seorg balita kena pneumonia berat krn para perokok yg ga lihat sikons itu..

    ReplyDelete
  9. Aku dari dulu anti banget asama rokok. Apalagi ternyata banyak banget penyakit mematikan akibat rokok ini ya. Makin benci aku huhuhu.

    ReplyDelete
  10. Bahaya Merokok sangat ... sangat mematikan , jadi jauhkan keluarga anda dengan tidak merokok. karena bahaya merokok sangat kejam

    ReplyDelete
  11. Emfisema mirip asma ya, kesulitan bernapas...yang penting sih jauhi rokok deh, nggak ada manfaatnya kan

    ReplyDelete
  12. Waduh serem serem banget y mba penyakit karena nerokok dulu bapakku juga meninggal karena penyakit pneumonia..harus concern larangan stop merokok agar lingkungan semakin sehat

    ReplyDelete
  13. Huhuhuuu aku masih belom bisa meyakinkan suami aku berhenti merokok. Bacanya merinding sekali kak. Bahaya nya nyata sekali

    ReplyDelete
  14. Yang paling sering terjadi dan mudah muncul yaitu penmonia ya..setiap batuk agak lama dikit pasti pnemonia...tapi kalau batuknya hilang , pnemonianya juga hilang..gampang terkena dan gampang sembuh juga

    ReplyDelete
  15. Aku punya asma, kalau kena asap rokok langsung bersin-bersin dan bengek. Tapi jangan sampai kena 4 penyakit di atas ya.

    ReplyDelete
  16. Suami aku juga masih merokok dan sekarang mulai sering melanggar peraturan dilarang merokok di dalam rumah. Huhu. Trus kadang juga suka bete kalau ada anggota keluarga ke rumah dan dengan santainya ngebul-ngebul di dalam rumah

    ReplyDelete
  17. wah kayaknya saya harus mulai mengurangi merokok.
    Eh kalau mau baca seputar fotografi boleh mampir ke blog saya di gariswarnafoto(dot)com

    ReplyDelete
  18. Merokok ini banyak banget penyakit yang dihasilkannya. Semoga siapapun yang baca blog ini dan sedang merokok mulai berpikir lagi buat berhenti merokok deh.sayangi badan.

    ReplyDelete
  19. aku bukan perokok dan selalu sebel kalau ada yang merokok dekat aku, karena aku selalu concern akan efek yang diakibatkan dari rokok

    ReplyDelete
  20. Bahaya merokok ini udah banyak diketahui, gak cuma yang merokok saja yang rugi, tapi kenapa ya masih ada yang ngerokok di tempat umum dan asepnya kemana-mana.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community