Review Produk: Harmony Manual Breastpump dan Purelan Nipple Cream dari Medela

Tuesday, June 25, 2019

Bismillahirrahmanirrahim..... 

MasyaAllah, hampir tiga bulan kembali menyandang sebagai Ibu menyusui a.k.a. Busui (untuk ketiga kalinya). Rasanya? Duh, gak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata deh. Alhamdulillah, senangnya tiada terkira. Saya sih dari awal emang menikmati proses mengASIhi itu. Tapi ini udah hampir tiga bulan, artinya harus siap-siap juga untuk kembali bekerja lagi karena masa cuti yang akan segera berakhir.


Lalu, apa nanti ketika kembali bekerja akan berhenti untuk mengASIhi? Aduuh, jangan doooong!

Niat saya semua anak-anak saya wajib mendapatkan haknya hingga dua tahun. Cukuplah Adek Fawwaz kemarin yang hanya mendapatkan ASI hanya kurleb 15 bulan saja karena Qadarullah, udah ada Dedek bayi dalam perut sejak Fawwaz berusia 10 bulan dan juga karena intensitas menyusu langsung yang tidak bisa 1x24 jam jadilah produksi ASI juga semakin menurun. 
Nah, makanya sejak semingguan yang lalu sudah mulai jadi mama perah lagi nih alias nyetok ASIP di kulkas sebagai bekal Dedek Faiz ketika emaknya berangkat ngantor. Hmm, baru nyetok sekarang? Telat banget dooong! Huuft, sebenarnya sih udah pengen dari awal bulan kemarin tapi kan bertepatan dengan Ramadhan dan saya kemarin Alhamdulillah lepas nifas langsung ikut puasa juga jadilah baru mulai pumping minggu kemarin.

Alasan lain juga karena saya sebenarnya dag dig dug der kalau udah nyetok banyak terus tiba-tiba PLN error lagi karena ada pemadaman yang lama gitu, huhuh. Pernah punya pengalaman buruk sih soal yang satu ini, hikss. 

Ngomongin soal ASIP berarti erat kaitannya dengan proses memompa ASI itu sendiri juga alat pompanya dong ya. Selama ini sih saya pumpingnya pakai pompa ASI manual. Sempat sih kepikiran kalau sekarang mau coba pakai pompa ASI yang elektrik aja biar lebih praktis, anti pegel dan efisien di waktu juga gitu. Udah sempat survey harga juga di beberapa e-commerce plus tanya ke bebeapa teman yang pakai pompa elektrik juga. Eeetapi tetiba dapat hadiah pompa ASI manual, Alhamdulillah kayaknya rejekinya emang di pompa manual deh. Tapi besok-besok kalau ada yang mau kadoin pompa ASI elektrik saya gak bakalan nolak kok. 😁
Penasaran pengen tahu pompa ASI saya yang terbaru itu seperti apa? 

harmony manual breastpump - medela

Taraaaa, ini dia nih pompa ASI terbaru saya: Pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari Medela.


Ada yang udah pakai pompa ASI seperti ini juga? Yuks, ngacung juga. Kita sama dong yah. Nah, pada blogpost kali ini sekalian deh saya akan menceritakan review saya setelah memakai pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari Medela. Eiits, tapi sebelumnya mari kita kenalan bagian-bagian dari produk ini  dulu ya biar yang belum tahu juga akan jadi tahu. Kali aja setelah baca ini mau langsung cari produk ini juga kan. 😉

spare part harmony manual breastpump - medela

Pompa ASI Harmony Manual Breastpump (2 Phase Expression Technology) dari Medela ini adalah produk pompa ASI manual buatan Switzerland yang terdiri dari: 


  1. 1x PersonalFit breast shiled (corong, umumnya berukuran (M) 24mm)
  2. 1x2 Konektor komponen
  3. 2x Membran katup 
  4. 1x Pegangan
  5. 1x Diafragma/tangkai dengan O-ring berwarna putih
  6. 1x Ujung katup
  7. 1x Botol (150ml)
  8. 1x Multi-lid (penutup botol)
  9. 1x Kaki botol
  10. 1x Buku manual (petunjuk penggunaan)
Nah, itu tadi bagian-bagian yang terdapat dalam kotak Harmony Manual Breastpump ini. Untuk petunjuk penggunaannya semua lengkap dijabarkan di buku manualnya. Bagaimana cara merakit juga merawat setelah peralatan digunakan. Selanjutnya mari kita lanjut ke review saya aja ya, Temans.

Fitur dan Review Pompa ASI Harmony Manual Breastpump (2 Phase Expression Technology) dari Medela 

  • Terbuat dari bahan BPA Bisphenol-A free, jadi aman ya.
  • Dengan Teknologi Ekspresi 2-fase yang dimiliki, membuat pengguna merasa nyaman seperti irama isapan bayi secara alami. Dua fase yang dimaksud adalah fase stimulasi dan ekspresi. Jadi sebelum memulai memompa ASI kita dapat merangsangnya terlebih dahulu dengan menggunakan fase stimulasi seperti hisapan awal bayi yang cepat sehingga ASI dapat mengalir. Jika Moms merasa ASI mulai mengalir kita dapat pindah ke fase ekpresi yang mana pada fase ini gerakan memompa seperti meniru gerakan isapan bayi yang lebih lambat dan santai. 
  • Pegangan pompa yang dirancang ergonomis ini memungkinkan banget agar kita bisa mengatur gerakan pendek ataupun panjang irama isapan ASI (teknik dua fase tadi). Tentunya hal ini dapat membuat Moms semakin menikmati proses pumping ini, anti pegal deh
  • Bagian-bagian pompa ASI ini sangat mudah dipasang dan digunakan, begitu pula untuk membersihkannya, anti ribet lah ya
  • Tidak berisik dan tidak kentara ketika kita sedang melakukan pumping
  • Ringan dibawa dan praktis pula. 
pumping hari pertama dengan harmony breastpump dari medela

Alhamdulillah, sejak menggunakan pompa ASI Harmony dari Medela ini jadi makin semangat deh pumpingnya. Hasil yang didapat juga bisa jadi lebih cepat terkumpulnya. Prinsip pumping bagi saya sih dibawa santai aja, jangan terbebani, 'kejar setoran' ASIP sih boleh tapi kalau kita memaksakan diri juga, hasilnya malah  bisa jadi tidak seperti yang diharapkan. 

ASIP bekal Dedek nih nanti 😍

Dengan Harmony breastpump ini memungkinkan kita memompa ASI kapan dan dimana saja karena bentuknya yang mungil dan mudah banget dirakitnya. Dibawa kemana pun bisa karena ringan dan tidak mengambil banyak tempat. Teknologi 2 fasenya itu yang membuat nyaman dan rileks dalam memompa ASI, jadi bisa lebih banyak juga dong hasil pompanya. Menurut saya, breastpump manual ini recommended bangetlah buat para mama perah tuk jadi teman dalam cerita mengASIhi. 🤗

Oh iyah, selain manual breastpump ini saya juga mau kenalin satu produk terbaik Medela lainnya yaitu Purelan Cream. Krim ini sangat cocok untuk new busui ataupun old busui karena dengan krim ini dapat menolong kita mengatasi masalah luka pada puting susu (nipple). 
Saya jadi ingat waktu ngASI Faraz dulu dan saat dia mulai tumbuh gigi, puting saya sempat luka gegara digigit oleh si Bayi. Duuh, jangan ditanya deh gimana rasanya. Malah saya sempat demam karena hal ini. Lalu, apa saya menyerah dan berhenti memberi ASI? Oh tentu tyiiidaaakk doong. Dikuatin aja, ditahan. Malah dengan terus menyusu luka menjadi sembuh sendiri meski sembuhnya butuh waktu beberapa hari.

Naah, bagaimana dengan saat menyusu Fawwaz? Sempat juga sih kena saat dia mulai menggusi dan giginya tumbuh tapi syukurnya karena sudah punya pengalaman sebelumnya jadi bisa lebih disiapkan lagi mentalnya, hihih.

Gak tahu deh apa drama ngASI Adek Faiz nanti kalau udah mulai tumbuh gigi akan gimana? Eits, tapi sekarang gak perlu worry lagi. Saya udah punya Purelan Nipple Cream yang memang dirancang khusus untuk membantu meredakan masalah puting yang lecet.



purelan nipple cream - medela

Krim ini tidak menyebabkan alergi dan aman jika tertelan bayi. Di samping itu bisa juga digunakan pada bagian kulit yang kering. Hmm, bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan kan? Daripada nanti kebingungan lagi.

Nah, gimana review saya kali ini? Ayoo, Buibuk yang lagi galau dengan pompa ASI boleh banget lho kepoin langsung akun  IG Medela ini biar lebih yakin, disana udah banyak juga lho review dari Mama perah lainnya. Kalau mau langsung beli juga bisa langsung intip di tokonya lho.

Semangat mengASIhi ya Moms 🤗



 

You Might Also Like

56 Comments

  1. Saya jadi pingin nih membeli pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari medela

    ReplyDelete
  2. Wah pegangan yang ada pada pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari medela memang sangat praktis ya

    ReplyDelete
  3. Pompa ASI yang satu sangat cocok banget ya buat Bunda yang punyai si kecil

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak informasinya. Sangat membantu para Bunda

    ReplyDelete
  5. Bentuknya mungil ya mbak, bisa mudah dibawa kemana-mana ya mbak... Dan yg buat saya senng nih ada kream yg bis membantu meredakan lecet akibat di gigit si kecil

    ReplyDelete
  6. Wah toss mbak, aku pakai yang pemompa Harmony Medela yang manual ini. Semula karena memang harganya lebih murah dari yang elektrik dan kalau pakai elektrik aku juga enggak nyaman. Pompa ini enggak sakit, sesuai dengan ukuran payudara seperti bayi yang menghisap. Untuk botol susunya juga bagus mbak, aku masih ada di rumah hihi.

    ReplyDelete
  7. Dulu aku juga pakai pompa Medela waktu Alvin bayi, tapi aku cuma mompa beberapa bulan aja sih karena stok ASI di PD banyak aja. ASI perahnya dipakai kalau pas aku nganter pascal sekolah atau keluar rumah aja, neneknya yang nyendokin, tapi setelah 1 bulan aku ngurus sendiri semua, malas rasanya mompa hihihi. Karena aku gak kerja jadi gentong & anaknya dibawa aja kemana-mana. Nah aku juga waktu baru pulang dari rumah sakit direkomendasiin Purelan sama susternya soalnya putingnya agak lecet, maklum bayinya belum pinter nyusunya.

    ReplyDelete
  8. Selamat mengASIhi ya Mak. Sama nih anak saya juga baru berusia 2 bulan. Jadi pegen beli juga pompa asi ini.

    ReplyDelete
  9. Jadi teringat masa-masa merah ASI di kantor dulu... Pakai yang manual juga... Hihi.. Seneng ya kalau hasil pumpingnya banyak dan lancar... Serasa kaya dan nimbun harta karun kalau stok asi berlimpah tu...

    ReplyDelete
  10. Nambah lagi deh pengetahuanku tentang menyusui, duh makasih yah kak infonya, Jadi bisa punya persiapan dong ini kalau nanti ku mau menika dan punya anak hehe, btw salam kenal ya kak

    ReplyDelete
  11. Mba, pas banget putingku lecet karena digigt ga kunjung sembuh euy jadi taulah rasanya kalau nyusui dah merem melek karena sakitnya minta ampun :(

    jadi pengen coba beli purelan aman kan yah kalau tertelan duh bersyukur ada yang review ini :)

    ReplyDelete
  12. Memilih breastpump memang gak bisa sembarangan. Ada yang nyaman saat digunakan. Ada juga yang tidak. Kalau baca review ini Harmony Medela kelihatannya nyaman digunakan

    ReplyDelete
  13. Kalau manual memang praktis dibawa ke mana-mana ya mba. Dan medela juga merk yang aku pakai saat breastfeeding duluuu

    ReplyDelete
  14. Breastpump ada kakinya juga, lucu ya. Semangat mompa Mbak biar ASIP dedek lancar. Emang sih kunci busui itu kudu santai dan jangan lupa bahagia

    ReplyDelete
  15. Bagus banget ya produknya, unik gitu.
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi ibu yang super sibuk nih. Agar sang bayi tetap mendapatkan asupan ASI

    ReplyDelete
  16. aku belum pernah nyobain breastpump medela sih, tapi setau aku medela ini udah hospital grade ya

    ReplyDelete
  17. MashaAllah mba.. jadi inget jamannya semangat mompa asi kala itu hehe.. medela emang juara yak.. aku pakai juga.. walaupun manual tetap aku suka.. ringan dan pas.. jadi ngga gampang pegel.. ini aku masih simpan dengan rapi dirumah

    ReplyDelete
  18. Berbahan BPA Bisphenol-A free berarti bagus ini produknya buat pumping ASI ya. Kalau tak salah ingat, adikku juga kasih ASI dengan sistem pumping menggunakan produk Harmony Medela. Praktis juga alat pompanya dan bisa dibawa ke mana2.

    ReplyDelete
  19. Sekarang breastpumb bagus2 dan modern ya, jadi inget dulu aku pompa ASi pakai pompa manual yang ujungnya merah gt kaya balon hehe.

    ReplyDelete
  20. Penting banget ini...
    Aku dulu pas lecet, gak aku kasih apa-apa doonk...karena ga paham mau dikasih apa yang aman untuk Ibu dan bayi, jika tertelan.

    Aku baru tahu kalau Medela ada yang manual.
    Aku kira elektrik semua, tipenya.

    Semangat berjuang mengASIhi, kak...
    Sukses, in syaa Allah.

    ReplyDelete
  21. Saya terakhir punya bayi itu 11 tahun lalu, dan masih tinggal di kota kecil di provinsi Kalsel. Kayaknya info2 ttg breastpump bagus belum sampe dan gak tau ada nipple cream. Sungguh, pasti membantu banget ngatasin nyeri pas saat dede bayi mulai gigit2.

    ReplyDelete
  22. Selama ini saya DBF sih Bund jadi belum pernah nyoba pompa ASI merk manapun baik yang manual maupun elektrik . Tapi boleh juga nih recommendednya, ya siapa tahu nanti bakal butuh pompa ASI juga apalagi sekarang juga sementara hamil dan masih tetap menyusui.

    Btw jadi tertarik juga nih baca pengalaman Mbak saat hamil dan tetap menyusu.

    ReplyDelete
  23. Krimnya aman ya kalau tertelan bayi? Ngeri aja ngebayanginnya hehehe... padahal di artikel ini sudah dijelaskan kalau ga pa pa ya saat tertelan :)

    Dulu aku pernah dapet lungsuran pompa ASI yang pake batu batere mba, tapi yang dari Medela ini kelihatannya oke juga. Selamat mengASIhi yaaaa.. Dedek Faiznya semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  24. Dulu pertama kali pakai pompa asi juga merek Medela ini. Yg jenis kyk gini dulu tetanggaku yang punya dan aku dipinjamin. Lumayan sih hasil pumpingnya :D
    Yg penting semangat mengASIhi adek bayi ya mbak :D

    ReplyDelete
  25. Bener ya Mbak, pumping atau mengasihi kuncinya dibawa santai dan beruntunglah ditemani harmony manual breastpump dan ada solusi saat puting lecet ya

    ReplyDelete
  26. Wah review kayak gini membantu banget nih untuk para ibu menyusui. Soalnya banyak banget merk pompa ASI

    ReplyDelete
  27. ah aku sepertinya butuh nih nipple cream medela purelan ini.. syifa lagi tumbuh gigi taring, duh sering banget digigit kalo lagi nen, apalagi kalo udah mau merem, refleks gigit xD gatel kya nya giginya, ga ketahan, haha..

    ReplyDelete
  28. Keren reviewnya. Sehat mba dan bayinya

    ReplyDelete
  29. Ini pumping manual, ya, Mbak? Wah, jarak kelahiran cukup dekat,ya, antara kakak dan adik.

    Saya dulu diam di rumah sih, jadi jarang pompa asip. Btw, trims reviewnya

    ReplyDelete
  30. Purelan ini memang efektif ya menyembuhkan luka di puting ya. Selamat mengASIhi!

    ReplyDelete
  31. Ini pompa keren amat ada 2 fase penekanan, utk stimulasi & saat ASI sudah mulai lancar utk diperah.
    Zaman dlu mana ada pompa beginian. Apalagi krim khusus yg aman jika tertelan bayi. Masya Allah, zaman now semua fasilitas utk bayi membuat para ibu benar² nyaman ya.

    ReplyDelete
  32. Mantap reviewnya, dari zaman dulu saya menyusui merek Medela memang direkomendasikan sih

    ReplyDelete
  33. selamat jadi mami perah mbak hehehe, aku dulu sampai pakai 2 macam, kalo pas di kantor pake yang elektrik (biar cepat karena suka dicari bu bos), nah kalo di rumah sembari nunggu dedek bobok, aku pake yang manual (biar lebih santai) hehehehe

    ReplyDelete
  34. enaknya pompa asi manual ini bisa dibawa kemana2, aku pernah ke luar kota ninggalin bayi, kalau udah kepepet sakit banget PD karena asi penuh, bisa perah dikamar mandi buat ngurangin sakit

    ReplyDelete
  35. produk baru ya kak ...pompa ASI Harmony dari Medela, cara kerjanya sangat membantu para mom

    ReplyDelete
  36. aku pakai medela yang electric waktu masih menyusui dan pakai pureland nipple juga... semangat mengASIhi mom :)

    ReplyDelete
  37. Saat menyusui perlu banget nih pompa asi kaya gini harganya biar saat pergi anak ttp bisa dapat Asi ..thanks mba reviewnya

    ReplyDelete
  38. Aku tim pompa manual momm lebih mantep aja gitu rasanya hehe. Btw ini Cream baru Medela yah? Pastinya bakalbbermanfat banget buat para busui nih

    ReplyDelete
  39. AKu pake juga purelan nya sampe sekarang apalagi mass teething. Pas banget putingku lecet lecet dan ini emang ampuh banget

    ReplyDelete
  40. Jadi bisa kasih rekomendasi ke kakakku yang juga lagi #SemangatCiee mengASIhi, soalnya katanya sudah mulai lecet

    ReplyDelete
  41. Wahh, ini manual ya mbaa. Tapi kok pemakaiannya cukup praktis ya mbaa hehee. Semoga si kecil sehat selalu ya mbaa

    ReplyDelete
  42. Mbak, aku juga pakai ini waktu di rumah sakit. Di pinjamin sama temen, asli bermanfaat banget karen saat itu aku belum diperbolehkan nyusuin si bayi

    ReplyDelete
  43. Kenapa aku baru tau soal Purelan Nipple Cream:( hikss, dulu sempet bingung saat puting lecet sekarang udah ada creamnya, aman juga utk si kecil

    ReplyDelete
  44. Medela ini juga jadi andalan aku saat jadi busui. Dari mulai pompa, penamping asi sampai tas asi, semua pake medela.

    ReplyDelete
  45. Merk medela mah udah nggak dragukan kualitasnya deh mba. Masih tetap bagus dan ini butuh untuk support pemberian ASI

    ReplyDelete
  46. Wah sangat bermanfaat banget yah mom buat menyembuhkan luka yah

    ReplyDelete
  47. Jadi makin semangat pumping, ya, Mbak. Apalagi ada Purelan jadi nggak khawatir lecet.

    ReplyDelete
  48. Wiwin | pratiwanggini.net3:16 PM

    Senang ya kalo bisa pumping dengan lancar dan ASI-nya berlimpah sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi adik bayi :)

    ReplyDelete
  49. Wahh ini bagus buat ibu menyusui agar tidak lecet yah

    ReplyDelete
  50. Breast pump yang nyaman dipakai dan hasil banyak membuat ibu tenang dan anaj senang ya mb... Hihi. Saya dulu juga pakai manual meskipun dengan merk yang berbeda... Smg sukses asi eksklusifnya yaa...

    ReplyDelete
  51. aku sempet menggunakan breast pump hanya setahun kurang, karena nggak tega jadi berhenti bekerja, hihihi.
    Aku baru tau ada purelan yang menyembuhkan luka di puting, karena aku nggak pernah luka putingnya. semangat memberi ASI yang eksklusif mbak :)

    ReplyDelete
  52. Kalau buat ibu bekerja pompa asi memang penting banget ya, mbak. Medela ini dulu sempat jadi pompa impian aku. Cuma karena harganya yang agak mahal akhirnya aku milih pompa yang lebih murah. Tapi pastinya harga sebanding ya sama kualitas produknya

    ReplyDelete
  53. Aku pake pompa asi ini udah lama juga sih mbak, dan gel utk payudara nya juga lumayan bikin nyaman banget kalau lg sakit

    ReplyDelete
  54. waaa, makasih ya jadi nambah ilmu. Aku pribadi belum pernah ngerasain menyusui dan hamil, tapi insyaallah disegerakan doaan ya, cuma sering denger cerita temen yang putingnya suka lecet, kalau habis di pompa atau menyusui, alhamdulillah ada solusinya yah. Aman untuk si bayinya juga yah, aku rekomendasiin ke temen-temenku yang lagi jadi pejuang ASI ah.

    ReplyDelete
  55. Saya juga pakai pompa asi ini, nanti mau tulis review-nya juga ahhhh 😁

    ReplyDelete
  56. Aku belum pernah pake medela.
    pakai medela bisa pumping sambil senderan gak mba?

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community