Hindari Macetnya Ibu Kota, Berikut Waktu yang Tepat Liburan di Jakarta

Monday, June 03, 2019

Pada tanggal 22 Juni 2019 mendatang, Jakarta akan memasuki usianya yang ke-492. Tak bisa dipungkiri lagi kalau Jakarta itu adalah kota yang super sibuk, kota metropolitan. Belum lagi dengan kemacetannya yang membuat orang terkadang kurang nyaman menghadapinya. Yaah, namanya juga Ibu Kota Negara pastilah ramai dan macet. Tapi herannya hal ini tidak pernah juga membuat orang untuk bosan mengunjungi Jakarta bahkan tinggal disana untuk mengadu nasib.

foto.tempo.co
Saat ini Jakarta juga sudah memiliki Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal dengan sebutan MRT, sama dengan negara-negara maju yang sudah lebih dahulu memilikinya. Nah, dengan adanya MRT ini diharapkan bisa menekan angka kemacetan di Jakarta yang sudah semakin sesak itu. Eiits, tapi karena dengan adanya MRT ini malah orang-orang semakin berbondong-bondong ingin melihat dan merasakan langsung fasilitas yang satu ini. Duuh, kebayang gak sih itu sesaknya bakalan seperti apa? Hohohohh.
Selain MRT, wajar saja jika banyak orang ingin berkunjung ke Jakarta. Bagaimana tidak, jika di kota ini begitu banyak hal yang bisa memanjakan masyarakat. Mulai dari objek wisata, arena bermain, tempat kuliner, pusat perbelanjaan mulai dari harga yang paling rendah hingga paling mewah, transportasi yang beragam dari bajaj, angkot, bus, TransJakarta, taxi dan ojek online maupun offline, dan lain sebagainya. 

Nah, bagi yang ingin ke Jakarta namun tidak sanggup merasakan kepadatan Ibu Kota apalagi kemacetan yang sangat sulit dihindari di hari normal, ada baiknya datang ke Jakarta pada saat berikut: 

1. Libur Lebaran

liputan6.com
Saat akhir Ramadhan seperti saat ini, jalanan di Jakarta biasanya mulai sepi. Ini karena salah satu penyebab yang membuat Jakarta padat adalah warga pendatang. Nah, pada momen libur lebaran seperti inilah saatnya para pendatang melakukan tradisi mudik lebaran bersama keluarga di daerah mereka masing-masing. Saat inilah jalanan Jakarta akan terlihat lengang dan bebas dari kemacetan. 

2. Libur Sekolah


travel.dream.co.id
Meski tidak sesepi ketika libur lebaran tiba, namun ketika liburan sekolah biasanya para orangtua akan menggunakan kesempatan ini untuk menyenangkan anak-anak mereka dengan berlibur. Orangtuanya pun juga bisa mengambil cuti agar bisa menemani anak-anak berlibur. Mereka pun juga bisa merasakan istirahat sesaat dari rutinitas dan ketika kembali nanti fikiran akan kembali segar.

Baca juga: 4 Destinasi Menarik Untuk Liburan Bersama Anak di Bali

3. Libur Akhir Tahun

manado.tribunnews.com
Libur akhir tahun juga biasanya diambil oleh kebanyakan warga Jakarta untuk berlibur keluar. Baik itu keluar kota Jakarta maupun keluar Negeri karena biasanya di libur akhir tahun ini juga bertepatan dengan libur semester bagi anak sekolah.  Tidak hanya itu, di akhir tahun biasanya banyak promo diskon tiket murah karena di libur akhir tahun akan ada dua tanggal merah yang berdekatan, Natal dan juga tahun baru. Nah, di momen inilah biasanya Jakarta juga akan terlihat sepi.

Yeah, setidaknya tiga waktu tadi yang bisa jadi pertimbangan kita jika ingin berlibur atau mengunjungi Jakarta namun tidak ingin merasakan padat dan macetnya Jakarta.

Untuk liburan di Jakarta, tentu kita membutuhkan penginapan, bukan? Jangan khawatir karena di Jakarta kita bisa dengan mudah mendapatkan hotel dengan berbagai tipe. Dari yang murah hingga harga mahal sekali pun ada. Silahkan disesuaikan saja dengan budget yang kita miliki. Sekarang ini tidak susah kok untuk mendapatkan hotel murah di Jakarta, pilihannya pun juga banyak. Coba saja cari di Traveloka dengan kata kunci hotel murah dan juga lokasi tujuan kita pasti bakalan dapat banyak pilihan hotel yang direkomendasikan.

Sebagai gambaran mari kita intip 3 hotel murah di Jakarta berikut yang dekat dari tempat-tempat favorit iconic Jakarta yuks:

1. Ibis Budget Jakarta Tanah Abang

Alamat: Jl. Tanah Abang II No. 35, Gambir, Petojo Selatan, Jakarta.

Bagi yang ke Jakarta ingin belanja di Tanah Abang, boleh banget tuh Kakak jadikan Ibis Budget Jakarta Tanah Abang ini sebagai hotel pilihan karena lokasinya yang sangat dekat lho. Dari hotel ini kita bisa berjalan kaki menuju pusat berbelanja yang tersohor itu, Tanah Abang. Tidak hanya itu dari Ibis Budget Tanah Abang juga dekat kok dari Monas dan Stasiun Gambir pun juga tidak jauh. Fasilitas yang dutawarkan: Free Wi-Fi, flat-screen TV, AC,  free parking, laundry service, Kids friendly, fitness center dan restoran.

Baca juga: Cerita ke Gelanggang Ancol

2. Red Planet Jakarta Pasar Baru



Alamat: Jl. KH. Samanhudi No. 25, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta

Liburan ke Jakarta dengan membawa anak-anak rasanya kurang afdol tanpa membawa mereka ke Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Impian Jaya Ancol. Bermain air dan menikmati berbagai wahana yang memicu adrenalin. Jarak dari Red Planet Jakarta Pasar Baru ini ke Dufan maupun Taman Impian Jaya Ancol tidak lebih dari 4 km saja. Fasilitas yang ditawarkan antara lain: TV flat 32', AC, free Wi-Fi, tempat parkir, restoran, Kids friendly dan juga smoke free. 

3. Favehotel PGC Cililitan

Alamat: Jl. Mayjend Sutoyo No. 76 Cililitan, Kramat Jati, Jakarta 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu objek wisata yang patut dikunjungi jika ke Jakarta. Disana kita bisa melihat keindahan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Favehotel PGC Cililitan bisa menjadi akomodasi pilihan jika berkunjung ke TMII karena jaraknya yang cukup dekat. Tidak hanya itu dari hotel ini kita juga bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan untuk melihat aneka binatang yang ada disana. Fasilitas yang ditawarkan dari hotel ini antara lain: Free Wi-Fi, AC, TV,  free breakfast, free parking, room service, laundry service, Kids friendly, restoran dan juga SPA.

Nah, sudah siap untuk liburan di Jakarta tanpa macet yang menghadang? Tunggu apalagi. Langsung buat itinerarynya aja yah.  Semoga bermanfaat!



 

You Might Also Like

38 Comments

  1. Iya ya, biasanya hari-hari libur begitu sebagian warga Jakarta justru pada ke luar kota.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya mba.. ingin juga sekali2 merasakan liburan di Jakarta tanpa harus macet2an ya..hehe..

    ReplyDelete
  3. Wah terimakasih infonya bermanfaat sekali. Saat jakarta sepi bisa leluasa jalan-jalan kemanapun ya mbak, kalau pas libur lebaran toko-toko banyak yang tutup ya mbak?

    ReplyDelete
  4. Belum kesampaian pengen ke Jakarta pas libur Lebaran. Besok Jakarta udah nggak liburan, deh.

    ReplyDelete
  5. Musim mudik jelang lebaran sudah pasti Jakarta lengang. Ini kesempatan baik buat yang mau ke Jakarta tapi sepi. Hanya pasti berbagai tempat wisata di Jkt nya juga tidak seramai hari biasa

    ReplyDelete
  6. Kepada Jakarta aku jatuh cinta, ahaha. Ya Allah, kemarin ke Jakarta cuma pengen nyobain tolnya doang. Mbak Diah kapan ngeJakarta lagi? Besok kita meet up disana. Ke kota tuaaaa :)))
    Btw, fave lumayan enak hotelnya.

    ReplyDelete
  7. Liburan memang asik apalagi kalau hotel murah dan dekat dengan tempat wisata. Tidak kena macet, mau pulang malam juga tidak perlu khawatir lagi

    ReplyDelete
  8. bener banget bagi warga luar kota bila ingin ke Jakarta bisa tidur di hotel IBIS dan bisa belanja di Pasar Tanah Abang

    ReplyDelete
  9. Saya lihat dan baca-baca berita yang kemarin Jakarta sepi, terus jalan dijadikan tempat buat foto-foto santai. Kayaknya asyik banget gitu ya kalau liburan di Jakarta pas lagi sepi. Bebas macet yang jelas.

    ReplyDelete
  10. Dan aku langsung salfok sama kepanjangan MRT wkwk baru tau loh MRT itu Moda Raya Terpadu duh merasa kudet untunglah baca-baca blog begini makin tahu deh :p

    jadi kangen ke Jakarta next ah libur lebaran ke sana :)

    ReplyDelete
  11. Kalau Miss waktu yang tepat liburan adalah waktu pas hari libur dan pas ada uang di kantong.

    Me time bersama keluarga saat liburan jadi menyenangkan tanpa harus kena macet

    ReplyDelete
  12. Nah hotel di sekitar Tanah Abang itu selalu jadi incaran kami. Kalau pas belanja barang dagangan setelan packing barang seharian itu lelahnya bukan main. Tidak langsung pulang, lebih baik istirahat di hotel terdekat. Sekaligus memanjakan diri sesekali ya...

    ReplyDelete
  13. Iya ya sekarang banyak yg ke jkt dgn tujuan ingin naik mmrt hehe...sy jg jd ingin nyoba nih mrt nya indonesia hehe.

    ReplyDelete
  14. libur lebaran tuh paling bener ke Jakarta soalnya bakal sepiii banget. hihi...
    biasanya tempat wisata juga beri diskon khusus, lho.

    ReplyDelete
  15. Libur sekolah dan akhir tahun ternyata jakarta lebih sepi, ya? Ok deh dicatat!

    ReplyDelete
  16. Iya ya Jakarta kalo lagi lebaran sepiiii, hihiii... cocok buat jalan-jalan. Dan hotel Ibis budget kayaknya pas kalo pengen belanja di Tanah Abang.

    ReplyDelete
  17. Jakarta memang menawarkan segala kemewahannya yaa...
    Lumayan sering ke Jekarda, dari mulai ada bis trans sampe sekarang punya MRT, tapi ku belum pernah nyobain satu pun...
    WHuhuu....meweek....

    ReplyDelete
  18. Jakarta sih ramai terus kecuali Lebaran yaaa hehehe.. enaknya fasilotas lengkap jadi pwnginapan dan hotel juga banyak

    ReplyDelete
  19. Yang paling juara sepinya ya pas libur lebaran itu ya kak, o iya sama pagi hari di tahun baru, sampai kurang lebih jam 10 an lah, dijamin sepi banget tuh...

    ReplyDelete
  20. Iya nih aku liburan ga kemana-mana, pulkam pun ga huhu. Btw liat ini jadi inget ternyata udah lama banget ga staycation di hotel bareng anak-anak.

    ReplyDelete
  21. Setuju banget kalo libur lebaran jakarta, jalanan jakarta lumayan lancar hehe., untuk tempat wisata tetep ramai tapi memang tidak seramai saat liburan lainnya.. banyak hotel hotel di Jakarta yang ramah kantong juga ya di Jakarta..

    ReplyDelete
  22. Wah jd pengen staycation. Thanks info2 hotelnya mbak. Mayan terjangkau kantong buat nginep tengah kota😁Jakarta emang macet tapi kalau udah terbiasa ya akhirnya bisa menikmati haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kerasa abis ini liburan anak sekolah lagi. Biasanya Jkt ranai juga sih, taoi lbh ke area kyk tempat rekreasi seperti Dufan atauke area Bogor Puncaknya😁

      Delete
  23. Libur lebaran nyekar aja gak ke makam Papa krn macetnya jln ke luar kota.

    ReplyDelete
  24. ah makasih rekomendasinya.. tadinya kita mau staycation nih di jakarta karena tahun ini ga bisa mudik.. tapi ga jadi, malah jadinya shopping, main ke PRJ, haha..

    ReplyDelete
  25. Paling sepi Jakarta saat libur lebaran karena pasti penghuninya pada mudik semua tapi mau macet kaya apapun saya selalu suka kota Jakarta lope bnget deh

    ReplyDelete
  26. Paling enak ke Jakarta saat libur lebaran karena pasti sepi bebas macet tapi walaupun macet saya selalu cinta ma kota Jakarta

    ReplyDelete
  27. Libur lebaran yang paling sepi jalanan Jakarta hehehe

    ReplyDelete
  28. Duh iya nih, berasa ya kemarin jakarta sepiiii pas lebaran. Jalanan jadi milik sendiri yaaa.. hihi. Dari kemarin aku emang pengen banget nih staycation. Makasi rekomendasi hotelnya gaaaa

    ReplyDelete
  29. MRT penuh banget kakak, hihi.. Cuma pas baca berita sedih juga di hari pertama pada datang ke ragunan ternyata bukanya di hari kedua

    ReplyDelete
  30. Sesepinya jakarta tapi tempat wisata tetep full mba,, antri semuanya,, jalanan Aja yg sepi hiks,, boleh nih mau stay suatu Hari ajak keluarga

    ReplyDelete
  31. waktu baca-baca berita, memang Jakarta sepi banget yah kalau hari lebaran. bener-bener bisa terhndar dari macet. Saya pribadi lebih suka melakukan perjalanan di waktu-waktu libur biar terhindar macet

    ReplyDelete
  32. Paling juara sepinya tu pas libur lebaran mba. Asli kosong banget jakarta.

    ReplyDelete
  33. Mertuaku tinggal di tangerang tapi aku belum pernah euy lebaran ke sana. Jadi ingat foto-foto yang kemarin viral pas jakarta lagi sepi pas lebaran. Hihi.

    ReplyDelete
  34. Oo.. MRT itu kepanjangannya Moda Raya Terpadu? Saya pikir Mass Rapid Train.. xixi..

    ReplyDelete
  35. Kalau tempat wisata di Jakarta sih jangan tanya deh, karena suka nyobain pas liburan suka ramai. Ini ada cara dari mbak Diah patut ku coba nih. Kadang suka ngebayangain ramainya tuh males banget.

    ReplyDelete
  36. Setuju banget mbaa, juara emang nih Jakarta pas lebaran lenggang pisan. Sampe-sampe aku bisa nomaden dari satu mall ke mall yang lain hahah. Btw, rekomendasi hotelnya oke nih, bisa dicoba. Hihi

    ReplyDelete
  37. Saya ke Jakarta hanya pas ada training admin dari kantor 😁

    Hmmm berharap suatu saat bisa ke sana lagi dan bisa jalan2 ke banyak tempat wisata di Jakarta

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community