Manfaat Menjadi Tuan Rumah dalam Kompetisi Internasional

Menjadi tuan rumah untuk sebuah kompetisi atau perhelatan Internasional tentunya menjadi sebuah kebanggan bagi suatu negara. Karena dengan adanya kesempatan emas yang diberikan ini negara tersebut bisa mengambil manfaat besar dan dapat dikenal lebih luas oleh negara-negara yang tergabung dalam kompetisi dunia.

manfaat menjadi tuan rumah kompetisi internasional

Indonesia sendiri telah berapa kali menjadi tuan rumah untuk kompetisi internasional, salah satunya yang masih hangat dalam ingatan adalah menjadi tuan rumah Asian Games di tahun 2018 lalu yang diselenggarakan di dua kota yaitu Palembang dan Jakarta. Serta yang paling terbaru dan sedang berlangsung adalah Miss Grand International yang juga dilaksanakan di dua kota secara bergantian yaitu Kota Denpasar dan Jakarta. 

Indonesia Sebagai Tuan Rumah dalam Kompetisi Internasional Tahun 2022


Bisa menjadi tuan rumah pastilah tidak mudah sebab butuh persiapan yang panjang dan melibatkan banyak pihak serta dana yang besar pula yang harus dikeluarkan oleh negara. Untuk tahun 2022 ini sendiri setidaknya ada 5 kompetisi internasional yang mana Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara. Apa saja sih kompetisi internasional tersebut? Jangan skip ya postingan ini. 

Yuukk, lanjuuuuut!


1. MotoGP - Mandalika, 18 - 20 Maret 2022

Meski masih dalam suasana pandemi, perhelatan akbar ini tetap berjalan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. Mandalika, Nusa Tenggara Barat pun dipilih menjadi tempat berlangsungnya balap MotoGP. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah dalam ajang MotoGP ini tentu sangat disambut baik oleh semua pihak terlebih lagi para penonton setia MotoGP yang selama ini hanya melihat balapan melalui layar kaca ataupun terbang langsung ke negara yang menjadi tuan rumah. 


2. International Olympiad in Informatics (IOI) - Daerah Istimewa Yogyakarta, 7 - 15 Agustus 2022

International Olympiad in Informatics (IOI) adalah kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika yang mana ditujukan untuk semua siswa Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada tahun 2022 ini, Indonesia menjadi tuan rumah yang mana IOI ke-34 ini diselenggarakan di Yogyakarta pada 7 hingga 15 Agustus 2022 lalu. Kita harus bangga lho karena Indonesia berhasil mendapatkan delapan medali dalam ajang olimpiade internasional ini yang mana terdiri dari tiga medali perak dan lima medali perunggu yang diraih oleh tim perwakilan Indonesia. 


3. FOX'S Para Badminton International - GOR Among Rogo, Yogyakarta, 23 - 28 Agustus 2022

Para Badminton merupakan ajang kompetisi bagi para atlit bulutangkis disabilitas. Di tahun 2022 ini Indonesia mendapatk kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara Para Badminton International yang mengambil tempat di GOR Among Rogo, Yogyakarta pada 23 hingga 28 Agustus 2022 dimana turnamen ini diikuti oleh 69 atlet yang berasal dari 10 negara. Sekali lagi Indonesia patut berbangga karena para atlet Indonesia berhasil meraih total 17 gelar dan menjadi juara umum Para Badminton International 2022. 


4. IFSC Climbing World Cup 2022 - Seri Jakarta, 24 - 26 September 2022

Melansir dari laman laman sport.bisnis.com bahwa IFSC Climbing World Cup 2022 ini digelar total di 12 lokasi yang mana Jakarta merupakan lokasi ke-11. Indonesia yang baru pertama kali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah ini telah menyiapkan yang terbaik agar turnamen ini berjalan dengan baik. Total 27 negara ikut berpartisipasi dalam perhelatan ini. Dari hasil pertandingan tercatat dua atlet Indonesia berhasil meraih dua juara sekaligus juga menjadi juara dunia Panjat Tebing 2022 yang diraih oleh Veddriq Leonardo. 


5. Miss Grand International (MGI), Denpasar dan Jakarta, Oktober 2022

Kontes kecantikan internasional ini digelar di dua tempat berbeda yaitu Kota Denpasar (4 hingga 14 Oktober 2022) dan Jakarta (14 hingga 25 Oktober 2022) yang mana total partisipan sebanyak 75 kontestan dari berbagai negara. Pada 7 Oktober 2022 peserta mengikuti opening ceremony dan gala dinner di The Seminyak Beach Resort&Spa Bali. Kemudian pada 11 Oktober 2022 telah digelar "Bali Agung The Grand Show with Miss Grand Internasional" yang mana menampilkan kreasi dari Bali Agung Show di Bali Safari Park. Ini merupakan salah satu acara favorit yang selalu dinantikan oleh pengunjung. 

JNE MGI Bali 2022


Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) akan mengkoordinir perhelatan yang berbeda dengan kontes kecantikan internasional pada umumnya. Salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan keindahan Bali kepada seluruh peserta. Adapun kegiatan lain yang akan dilakukan para kontestan di Bali adalah, mengunjungi landmark Bali, mempelajari budaya Bali, petualangan kuliner, kompetisi pakaian olahraga, dan berbaur dengan masyarakat Bali.


Manfaat yang  Diperoleh Negara Menjadi Tuan Rumah Kompetisi Internasional


Nah, adapun manfaat yang dapat diperoleh oleh suatu negara saat menjadi tuan rumah dalam sebuah ajang atau kompetisi internasional antara lain:

  • Promosi Pariwisata, Sosial, Budaya: Tuan rumah berpeluang untuk menunjukkan pariwisata dari negara tersebut yang mana nantinya akan mengundang negara-negara tamu untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang diperkenalkan berikut dengan keunggulan dari daerah tersebut. Tidak hanya itu, tuan rumah juga bisa memperkenalkan aspek sosial budaya yang dimiliki negaranya. Bagaimana sang tuan rumah dalam menjamu tamu ini bisa menjadi nilai tambah atau branding bahwa negara tersebut terbuka bagi semua pihak. Hal ini nantinya juga akan membantu meningkatkan perekenomian negara. 
  • Perbaikan atau Pengadaan Sarana dan Prasarana: Menjadi tuan rumah tentunya negara akan menyediakan yang terbaik untuk para tamunya dengan memberikan fasilitas, sarana dan prasarana yang terbaik pula. Meski akan mengeluarkan biaya besar namun fasilitas yang ada nantinya akan tetap bisa digunakan oleh masyarakat setempat, turis domestik maupun luar negeri yang berkunjung ke daerah tempat pelaksanaan kompetisi internasional tersebut.
  • Membuka peluang kerja bagi masyarakat: Selama event internasional ini berlangsung tidak jarang membutuhkan tenaga pendamping untuk mendampingi tamu undangan dan juga memastikan event berjalan dengan lancar sesuai rencana. Hal ini bisa menjadi peluang bagi para pencari kerja maupun volunteer untuk membangun networking yang mana tidak menutup kemungkinan setelah event berakhir, mereka tetap bisa bekerja sama dengan para tamu dari negara lain kan? Otomatis tingkat pengangguran di negara tersebut bisa sedikit berkurang. 
  • Promosi Kuliner: Selain promosi pariwisata, sosial dan budaya tentunya tidak kalah penting juga untuk promosi kuliner atau makanan kebanggaan negara tuan rumah. Indonesia contohnya yang memiliki begitu banyak kuliner khas yang menggugah selera. Selama event berlangsung tentu ini bisa menjadi kabar baik buat para pebisnis kuliner dalam mempromosikan dagangannya. 
  • Menarik Investor: Tidak kalah pentingnya dengan menjadi tuan rumah, Pemerintah pun dapat memanfaatkan momentum ini untuk menarik investor asing untuk menanamkan modal dan bekerja sama dengan negara tersebut. 
  • Memetakan Talenta Anak Muda Hebat: Menjadi tuan rumah juga menjadi kesempatan bagi suatu negara untuk mengidentifikasi, mendorong, menantang, dan memberikan pengakuan terhadap anak-anak muda yang memiliki talenta hebat sesuai disiplin ilmu yang dimilikinya. 

Kalau ditelisik lebih dalam sebenarnya masih banyak lagi lho manfaat yang bisa dirasakan oleh suatu negara ketika menjadi tuan rumah dalam sebuah kompetisi internasional itu. Dimana akan sangat menguntungkan bagi negara tersebut terlebih untuk percepatan pemulihan ekonomi. 


Peran JNE Sebagai Official Partner Miss Grand International Indonesia 2022


Miss Grand International 2022 yang dilaksanakan di dua kota besar Indonesia ini memberikan kesempatan kepada JNE sebagai Official Logistics Partner Miss Grand International (MGI) 2022. JNE yang memiliki tagline Connecting Happiness ini juga turut menyerahkan donasi kapada Sanggar Tari Pradya Sari, sebuah sanggar tari yang dipilih karena menjadi lembaga yang memfasilitasi anak disabilitas dan anak kurang mampu untuk ikut belajar menari. Ini sejalan dengan implementasi prinsip JNE yang selalu berbagi, memberi dan menyantuni. Donasi tersebut diberikan diserahkan oleh Kepala Cabang JNE Denpasar, Alit Septinawati pada 7 Oktober 2022 saat menghadiri opening ceremony dan gala dinner di The Seminyak Beach Resort&Spa Bali. 

opening gala dinner MGI 2022


Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE juga menyampaikan, "Dalam menjalankan bisnis, langkah JNE akan tetap memberikan kebahagiaan bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan tagline connecting happiness. Sebagai perusahaan logistik Nasional berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan Ekonomi khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian dan dalam ajang ini JNE mengambil peran sebagai upaya dalam mendukung percepatan pemulihan perekonomian dan pariwisata Indonesia pasca Pandemi Covid 19."

Dalam hal ini JNE akan berperan penuh dalam mendukung kegiatan Miss Grand International 2022 yang diselenggarakan di Denpasar dan Jakarta. Tidak hanya menyerahkan donasi pada saat opening ceremony dan gala dinner, JNE juga telah menggelar giveaway tiket gratis bagi 5 pemenang yang beruntung lho untuk menghadiri Bali Agung The Grand Show with Miss Grand International pada 11 Oktober 2022 serta mengundang stakeholder JNE yaitu top member JLC (JNE Loyalty Card), loyal customer, mitra sales counter, pemenang giveaway, karyawan serta media. 


Penutup

Menjadi tuan rumah dalam sebuah kompetisi internasional adalah sebuah kehormatan bagi suatu negara. Ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengenalkan negaranya kepada dunia untuk memajukan perekonomian negara tersebut. Di sisi lain, masyarakat juga ke depan akan menerima manfaat dari pembangunan fasilitas yang digunakan untuk ajang kompetisi tersebut. 

Indonesia telah menjadi tuan rumah bagi berbagai ajang kompetisi internasional. Tidak hanya dalam bidang olahraga saja tapi juga pendidikan, teknologi, pariwisata, maupun kontes kecantikan bertaraf internasional seperti yang berlangsung di bulan Oktober 2022 ini yaitu Miss Grand International yang diselenggarakan di dua kota yaitu Denpasar dan Jakarta. 


Tertarik untuk melihat langsung Miss Grand International 2022 ini? Temans yang berada di Jakarta dan sekitarnya bisa lho untuk menyaksikannya di Sentul International Convention Centre, puncak acara atau final akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2022 mendatang lho. 



Diah

Next Post Previous Post
38 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 9:22 AM

    Selama inii ternyata ini yang buat negara-negara berlomba-lomba agar jadi tuan rumah dan pasti kalau sudah dipilih jadi tuan rumah bakalan melakukan yang terbaik. Tidak jarang juga Indonesia menampilkan keragaman budayanya, mantep. Terima kasih informasinya!

  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini 8:03 AM

    Ternyata demikian banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika menjadi tuan rumah sebuah ajang kompetisi internasional. Kita mesti pandai-pandai mengambil banyak manfaat darinya.

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati 1:56 PM

    Bener banget.. Dengan menjadi tuan rumah perhelatan internasional selain membuat negara semakin dikenal di kancah internasional, potensi dari negara tersebut juga dapat ditonjolkan. Itulah sebabnya menyukseskan event di mana negara kita menjadi tuan rumahnya sangat penting. Karena berhubungan dengan citra kita di mata negara2 lain.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 7:15 PM

    Wash aku nonton saat Asian Gmaes 2018 dan bangganya luar biasa...Kini ada Miss Grand International 2022 di Sentul International Convention Centre, puncak acara pada 25 Oktober 2022 mendatang, wah bisa nih nonton

  • diskretter
    diskretter 7:22 AM

    semoga semakin sering indonesia menjadi kompetisi internasional ekonomi indonesia semakin berkembang dan semakin dikenal dunia, aminn

  • alienda
    alienda 7:50 AM

    Semoga sisi pariwisata bisa terus naik dan kembali pulih. Salah satunya dengan menjadi tuan rumah dalam perhelatan internasional.

  • HendraDigital
    HendraDigital 9:22 AM

    Bangga banget sih jika Indonesia kerap menjadi tuan rumah dari sebuah even tingkat internasional. Ini artinya Indonesia sudah mendapatkan pengakuan dari internasional. Nah tinggal masyarakatnya aja nih yang harus mendukung. Jangan sampai ada tindakan anarkis atau lainnya yang akan mencoreng nama baik Indonesia.

    Manfaat yang didapat juga banyak ya untuk Indonesia, seperti promosi wisata, promosi kuliner, peluang kerja/bisnis bagi masyarakat dan lain sebagainya.

  • HendraDigital
    HendraDigital 9:23 AM

    Bangga banget sih jika Indonesia kerap menjadi tuan rumah dari sebuah even tingkat internasional. Ini artinya Indonesia sudah mendapatkan pengakuan dari internasional. Nah tinggal masyarakatnya aja nih yang harus mendukung. Jangan sampai ada tindakan anarkis atau lainnya yang akan mencoreng nama baik Indonesia.

    Manfaat yang didapat juga banyak ya untuk Indonesia, seperti promosi wisata, promosi kuliner, peluang kerja/bisnis bagi masyarakat dan lain sebagainya.

  • Dwi Puji Kusumastuti
    Dwi Puji Kusumastuti 10:01 AM

    semoga kedepannya Indonesia tambah dipercaya lagi untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan acara internasional. melihat dampak positif baik dari sisi ekonomi dan budaya sangat membantu masyarakat

  • sari widiarti
    sari widiarti 2:52 PM

    Berarti bentar lagi dong ya Miss Grand International, manfaat jadi tuan rumah tuh punyak dampak yg luas, paling terasa di sektor pariwisata dan ekonomi. JNE makin melebarkan sayap nih jadi official partner

  • Sugianto
    Sugianto 3:18 PM

    Menjadi tuan rumah banyak manfaat ya, Kak, selain bisa promosi, juga bis amengenalkan budaya kita ke seluruh dunia, baik secara langsung kepada audience atau penonton dan peserta dari luar negeri, maupun melalui siaran online yang juga tersebar langsung ke seluruh dunia, Tentunya, target yang melihat juga jelas.

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 3:26 PM

    Ada satu lagi Kak event intrernasionalnya yakni KTT G20 di Bali, November nanti.

    Wah keren banget JNE jadi official partner Miss Grand International 2022. Kulihat acara ini beda dari beauty peagant lain, lebih bagus gitu konsepnya.

    KAlau ada acara-acara internasional membawa nama baik Indonesia di mata dunia ya, terutama menjual pariwisatanya.

  • Sabrina
    Sabrina 8:41 PM

    Bangga ya menjadi tuan rumah untuk acara-acara internasional dan dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk acara besar ini, pastinya membawa dampak positif pada perekonomian Indonesia. Dan dengan kontribusi JNE pada acara ini semoga JNE makin berjaya dan makin banyak donasi yang tersebar ke orang-orang yang membutuhkan

  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti 9:36 AM

    JNE bukan sekedar menawarkan jasa tapi berperan aktif untuk memajukan masyarakat ya. Sukses terus JNE, semoga acara Miss Grand International 2022 juga sukses dijalankan

  • gemaulani
    gemaulani 10:07 AM

    Setuju banget, Jadi tuan rumah event internasional itu bisa turut memperkenalkan dab memajukan pariwisata di Indonesia. Beneran JNE keren banget deh jadi partner logistik Miss Grand Internasional 2022. Bener2 connecting happiness

  • Kanianingsih
    Kanianingsih 10:07 PM

    banyak manfaatnya ya jadi tuan rumah kompetisi internasional. Indonesia makin dikenal lagi oleh dunia

  • Renayku
    Renayku 11:27 PM

    Baru tau kalo Ivan Gunawan yg jadi koordinator Miss Grand di Bali. Keren bgt ini acaranya. Bisa mengangkat nama Bali lagi nih seusai pandemi biar rame lagi wisatawannya.

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 4:35 AM

    Kita patut bangga sebagai warga negara Indonesia ya kak. Ternyata negara kita sudah berulangkali menjadi tuan rumah perhelatan nasional, otomatis banyak manfaat yang dirasakan oleh negara dan masyarakat. Bukan hanya meningkatkan perekonomian rakyat namun bisa mendorong negara untuk melakukan perubahan, terutama dalam memperbaiki sarana dan prasarana yang tertinggal di berbagai bidang.

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 10:16 AM

    Keren nih Indonesia bisa jadi tuan rumah event Internasional terus ya. Semoga makin memperkenalkan Indonesia ke kancah dunia.

  • Adinda Tami
    Adinda Tami 10:40 AM

    Menjadi tuan rumah suatu acara memang memberi banyak manfaat. Kalau dari acara skala kecil nih, biasanya pedagang keliling yang ikutan panen. Buat acara bertaraf internasional, pasti manfaatnya lebih banyak lagi.

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 11:43 AM

    Benerr ikutan bangga ya Indonesia menjadi tuan rumah berbagai.event dunia. Kesempatan Indonesia menunjukkan keunikan dan keragaman budayanya.

  • Ainun
    Ainun 2:18 PM

    Bangga banget Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk beberapa event internasional, apalagi waktu moto GP kemarin, seneng ngeliat wisatawan luar negeri,kru moto GP bisa mengenal tempat wisata, kuliner di Lombok
    Apalagi waktu pandemi, kehidupan pariwisata Indonesia memang agak mati, dengan adanya event kayak gini, bisa naik lagi potensi ekonominya.

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 2:38 PM

    memang yaa jadi tuan rumah event internasional tuh peluang besar banget buat menguatkan ekonomi juga. Keren euy JNE support Miss Grand Internasional dan milih lembaga donasi nya yang memberdayakan disabilitas dan masyarakat kurang mampu

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 3:12 PM

    Jadi tuan rumah dalam penyelenggaraan internasional memang bergengsi sih ya. Karena banyak mata yang akan melihat ke sana dan sekaligus ajang promosi.
    Maka wajar saja banyak yang tertarik untuk jadi tuan rumah suatu acara

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 7:09 PM

    Menjadi tuan rumah acara internasional punya banyak keuntungan ya mbak
    Salah satunya bisa mendongkrak pariwisata kita
    Juga membanggakan nama negara di mata internasional

  • Yulia Rahmawati
    Yulia Rahmawati 7:54 PM

    Wuih pasti seru, saya ingin melihat juga... Selama ini seringnya lihat dari TV atau seru-seruan di medsos... Pagelaran internasional yang diadaka di Indonesia, membuat kita bangga dengan negeri kita tercinta Indonesia

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 9:40 PM

    mantap ya, jadi makin mendunia nih kita kalau banyak jadi tuan rumah event internasional begini :) keren banget JNE bisa jadi partner event GMI, makin berkembang nih :)

  • Munasyaroh
    Munasyaroh 10:39 PM

    Makin banyak event internasional yang diadakan, makin banyak kemanfaatan yang didapatkan.

  • Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita 11:52 PM

    Wah keren ya JNE mensponsori acara sebesar ini pada tahap event internasional pula. Btw memang banyak plusnya sih dibanding minusnya, soalnya ada banyak sektor terdongkrak dengan adanya event nasional tersebut.

  • gemaulani
    gemaulani 11:58 PM

    Mba yang International Olympiad in Informatics (IOI) di Yogyakarta lalu aku baru tahu jujur aja. Ternyata Indonesia tahun ini banyak menjadi tuan rumah kompetisi Internasional. Semoga aja bisa menarik investor lebih banyak ke Indonesia lewat perhelatan-perhelatan ini.

  • Ria Nugros
    Ria Nugros 12:41 AM

    Aku taunya yang jadi tuan rumah motogp, ternyata ada 4 lainnya yaa. Keren dan bangga deh sama negeri tercinta

  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji 12:54 AM

    Jadi tuan rumah untuk kompetisi internasional memang butuh persiapan yang matang ya Mbak, tapi manfaatnya juga banyak. Termasuk semakin banyak yang mengenal Indonesia ☺

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 12:56 AM

    Nama Indonesia semakin mendunia ya karena banyak event skala internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia. Dan ada peran JNE juga ya.. sebagai Official Partner Miss Grand International Indonesia 2022. Ini JNE juga keren ih

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 6:22 AM

    Indonesia tuh potensnya besar sekali
    Makanya perlu banget diupayakan maksimal
    Jangan sampai ada kerusuhan di setiap keramaian
    Citranya bisa buruk...
    JNE keren selalu karena membawa bahagia di mana saja

  • sylvianayy
    sylvianayy 5:25 PM

    Semangat Indonesiaku. Keren sih sudah banyak jadi tuan rumah untuk event event Internasional, semoga bisa berdampak baik untuk negara ya

  • Apura
    Apura 11:18 PM

    Wow besok dong ya tanggal 25 kegiatannya? pengin ikut menyaksikan event internasional gini juga deh. Keren deh JNE makin banyak program-program kecenya.

  • Laily M Octavia
    Laily M Octavia 3:24 PM

    Semoga makin banyak event2 internasional yg di selenggarakan di Indonesia

  • Nita Juwithafina
    Nita Juwithafina 4:05 AM

    Sebagai penggemar bulutangkis aku juga merasakan dampaknya sih :) apalagi klo udah perhelatan besar, semua berlomba2 untuk nonton dan tiket ludes dalam sekejap

Add Comment
comment url