Keunggulan Belanja Online dengan COD yang Banyak Diminati

Saat ini belanja online menjadi pilihan banyak orang karena lebih mudah dan praktis. Kita bisa membandingkan harga dari toko yang satu dengan lainnya tanpa harus berpanas-panasan keluar rumah. Alasan lain karena tidak jarang dengan belanja offline membuat pengeluaran menjadi membengkak karena butuh tambahan biaya yang dikeluarkan seperti ongkos parkir, biaya jajan, dan lain sebagainya. 

keunggulan belanja COD

Memilih belanja online tentu juga menjadi pertimbangan yang tepat di masa pandemi yang belum berakhir ini agar tidak perlu bertemu dan berinteraksi langsung dengan orang banyak di pusat perbelanjaan. Apalagi sekarang sudah banyak kemudahan dalam memilih dan menentukan ekspedisi yang hendak kita gunakan, salah satunya bisa mengecek ongkos kirim terlebih dahulu. Tidak hanya itu kita pun bisa memilih pembayaran Cash on Delivery atau transfer.


Keunggulan Pembayaran dengan Sistem Cash On Delivery

Dengan kehadiran toko-toko online yang setiap harinya semakin bertambah, tentu masing-masing dari mereka memiliki strategi marketing yang berbeda-beda untuk memikat hati para pembeli agar mau berbelanja di tokonya. Selain memberikan promo potongan harga ataupun potongan ongkir, para penjual juga memberikan kemudahan bagi pembeli dalam proses pembayaran dengan cash saat barang diterima atau dikenal dengan Cash on Delivery (COD) ataupun melalui transfer bank. 

Meskipun belakangan kita sering melihat di media sosial kasus COD yang mana pembeli tidak mau menerima barang yang telah dikirim ke alamat mereka dengan berbagai alasan, namun kenyataan di lapangan bahwa masih banyak penjual yang tetap menyediakan layanan COD ini karena memiliki keunggulan baik bagi penjual maupun bagi pembeli. 



Keunggulan COD Bagi Penjual


Bagi penjual, ada beberapa keutungan yang bisa didapatkan dari sistem penjualan Cash on Delivery atau COD ini antara lain; 

  • Dapat menjangkau pasar lebih luas; Dengan seiring perkembangan teknologi, belanja online sekarang ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan menengah ke atas saja yang tinggal di perkotaan. Melainkan orang di desa pun juga telah mengenal sistem pembelanjaan online, namun kendalanya adalah kebanyakan dari warga desa masih belum memiliki rekening.  Kalaupun juga punya rekening tidak semua telah mengenal mobile atau internet banking yang dapat memudahkan mereka melakukan transaksi perbankan melalui gadget mereka. Sehingga mengharuskan warga ke bank atau ATM terlebih dahulu yang pastinya jaraknya sangat jauh dari lokasi tempat tinggal dan juga membutuhkan waktu lebiih lama. Nah, dengan adanya sistem pembayaran COD yang ditawarkan dapat membuat warga desa pun bisa nyaman dalam melakukan transaksi jual beli secara online. 
  • Toko akan lebih dikenal; Memberikan kemudahan pembayaran Cash on Delivery memungkinkan nilai tambah pada toko untuk lebih dikenal di masyarakat sehingga penjualan pun akan meningkat karena pembeli bisa melakukan transaksi terlebih dahulu dan membayara pesanannya ketika barang sampai di tujuan. 
  • Barang aman dan gratis biaya pengembalian; Sebaiknya metode pembayaran Cash on Delivery ini disediakan oleh penjual yang bekerja sama atau menjual produknya di Market Place maupun platform bisnis yang bekerja sama dengan berbagai pihak logistik seperti Everpro, karena adanya jaminan asuransi pengiriman dan juga biaya pengembalian yang rendah bahkan gratis. 


Keunggulan COD Bagi Pembeli


Sedangkan keunggulan dari sisi pembeli dengan menggunakan sistem pembayaran Cash on Delivery atau COD ini yaitu; 

  • Terhindar dari risiko penipuan atau barang tidak sampai; Dengan melakukan pembelian secara COD kita bisa melihat terlebih dahulu barang yang kita beli sebelum melakukan transaksi pembayaran namun harus sedikit repot, karena kita harus memvideokan barang yang diterima agar kita juga punya bukti jika terpaksa harus mengembalikan produk yang tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan oleh penjual di toko onlinenya. 
  • Tidak perlu punya rekening bank saat belanja; bagi yang terbiasa memegang uang tunai atau cash serta tidak memiliki rekening di bank, jelas ini menjadi pilihan yang sangat memudahkan dalam belanja online karena tidak perlu takut barang yang diinginkan habis terjual sementara terkendala dengan pilihan pembayaran transfer melalui bank.   


Namanya juga penjualan online sangat penting untuk memberikan layanan terbaik, kejujuran dan keterbukaan dalam berbisnis. Penjual dan pembeli harus sama-sama sepakat tentang metode pembayaran ini. 


Kirim Paket COD ke Seluruh Indonesia dengan Everpro

Selain metode pembayaran, penjual pun juga harus menyediakan barang yang sesuai dengan yang dideskripsikan atau diiklankan. Tidak lupa juga dengan biaya pengiriman atau ongkos kirim (ongkir) yang perlu dikeluarkan oleh pembeli. 




Nah, dengan adanya berbagai pilihan pengiriman dari yang ekspress hingga kargo tentunya membuat penjual semakin mudah untuk mengirimkan paket kepada konsumen atau calon pembeli. Dengan bekerja sama dengan logistik yang bisa menyediakan pilihan Cash on Delivery ini tentunya juga akan sangat membantu penjual dalam proses distribusi barang. 

Syukurnya sekarang sudah ada platform Everpro yang bisa membantu penjual dalam urusan kirim paket bahkan bisa Cash on Delivery ke seluruh Indonesia. Hmm, masih belum kenal ya dengan Everpro? Jadi, Everpro ini adalah platform yang menyediakan solusi untuk para pedagang online untuk meraih kemudahan dalam membangun, mengelola serta menngembangkan bisnis online. 


Alasan Pebisnis Online Wajib Gabung di Everpro


Bagi Temans yang sedang menjalankan bisnis online dan ingin agar bisnisnya lebih maju, saatnya gabung di Everpro deh karena dengan gabung di Everpro Temans akan mendapatkan keuntungan dalam bisnis yaitu: 

  • Menyediakan layanan kirim paket COD, Logistik COD, Kurir COD
  • Murahnya kirim paket dengan cashback hingga 30% dengan pengiriman reguler
  • Gratis biaya retur
  • Pengiriman paket COD RTS Rendah
  • Gratis daftar tanpa perlu bayar (cukup dengan menggunakan nomor telepon saja)
  • Pencairan COD dari konsumen membutuhkan lebih cepat, hanya 1 hari
  • Pembayaran COD murah, cukup bayar 3% dari total biaya
  • Bekerja sama dengan 15+ Ekspedisi terpercaya di Indonesia yang menyediakan layanan reguler hingga pengiriman COD  antara lain; JNE Express, SiCepat, SAP Express Courier, J&T Express, TIKI, Lalamove, Sentral Cargo, Indah Logistik Cargo, Grab, Gojek, Anteraja, Paxel, dan lainnya.
  • Pilihan transaksi dengan ragam metode pembayaran mulai dari Virtual Account, Bank Transfer, QRIS, e-wallet, hingga Cash On Delivery (COD)


Gimana? Udah kebayang dong ya kemudahan yang bisa didapatkan dengan bergabung di Everpro. Selain itu, Everpro juga siap memberikan layanan pengiriman paket atau barang dengan ongkos kirim atau ongkir termurah ke seluruh Indonesia. Cek ongkir di Everpro pro pun sangat mudah, cepat dan akurat. Misal ingin cek ongkir J&T Express, nah di Everpro sendiri sudah tersedia harga update 2022 lho yang mana kita bisa menemukan tarif ongkir paket JNT cargo (trucking), tarif J&T EZ, dan J&T ECO. Cukup mengisi lokasi pengiriman dan tujuan pengiriman, maka sistem Everpro akan menampilkan estimasi pengiriman dan harganya dengan lebih cepat dan akurat. 


Penutup

Perkembangan teknologi menjadikan bisnis online sebagai pilihan yang tepat dalam proses transaksi jual beli. Apalagi saat ini begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh penjual untuk menarik minat pembeli agar berbelanja di toko onlinenya. Salah satu trik penjualan yang banyak diminati oleh pembeli adalah dengan adanya metode pembayaran Cash on Delivery atau pembayaran dilakukan saat barang tiba di tangan pembeli, hal ini juga menghindarkan pembeli dari risiko penipuan online yang sering terjadi. Dengan adanya COD ini penjual dan pembli harus punya kesepakatan bersama, keduanya harus amanah agar sama-sama merasakan kenyamanan dalam proses transaksi jual beli. 

Bagi penjual atau pelaku bisnis, bergabung di platform Everpro salah satu cara untuk memudahkan dalam membangun, serta mengembangkan bisnis onlinenya karena di Everpro penjual bisa mendapatkan keuntungan lebih terkait layanan pengiriman COD dengan RTS yang rendah. Tidak hanya itu, Everpro juga telah bekerjasama dengan 15+ Ekspedisi logistik profesional yang siap mengirimkan paket secara regular hingga pengiriman COD, dari cek ongkir hingga pengiriman paket sampai ke tujuan dengan aman.



Nah, Temans sendiri suka belanja online dengan metode pembayaran seperti apa? Ada yang suka belanja online dengan COD juga kah? Share di kolom komentar juga dong ;)




Diah
Next Post Previous Post
9 Comments
  • Selvia Sari
    Selvia Sari 11:01 AM

    Tim bank transfer ketimbang COD, jadi udah plong karena udah bayar

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah 4:48 PM

    Kalo aku sejak punya anak selalu belanja online karena praktis dan lebih hemat, tapi kalo COD an belum pernah dan Everpro ini bisa diandalkan banget yah

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 11:33 AM

    COD ini banyak manfaat sih jadi kita ga takut tertipu juga. Aku punya pengalaman lucu sama COD, jadi temanku suka COD tapiii dia sering gak ninggalkan uang akhirnya aku suka tombok dulu deh. hahaha

  • hastinpratiwi.com
    hastinpratiwi.com 2:12 PM

    Setuju banget, Mbakk.. Aku pun suka pakai COD. Lebih nyaman aja rasanya karena menghindari penipuan atau barang nyasar ke rumah orang. Kalau udah dibayar nyasar kan repot, hihiii.
    Semoga makin banyak pebisnis yang bergabung di Everpro, yak.

  • Sayyidah Inayah
    Sayyidah Inayah 4:04 PM

    COD lebih aman dan tak perlu tf dlu. Saya juga lebih suka COD

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 9:03 AM

    Aku belum pernah coba COD karena jarang ada di rumah. COD ini memang cocok buat yang gak punya rekening, dan dari keamanan barang juga terjamin. Walau ada beberapa kasus malah pembelinya yang gak mau bayar pas barang sampai.

  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 11:39 PM

    Wow.. Biaya returnya gratis. Keren juga. Jadi gak memberatkan pembeli nih

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 1:40 AM

    Saya kadang-kadang belanja online, memang kalau COD itu lebih aman ya. Ada kekhawatiran belanja tapi barang engga sampai soalnya.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 12:04 AM

    Yuhuu banyak banget keuntungan COD ya. Belanja juga jadi lebih praktis karena tinggal pesan dan tunggu barangnya datang baru bayar. Pastinya lebih aman juga kalau COD setidaknya bebaslah dari risiko penipuan online

Add Comment
comment url