Explore the blog
Wednesday, March 02, 2022

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Penyakit GERD

Halo, Ramadhan sudah hampir di depan mata ya. Sudah siap untuk menyambutnya? Semoga kita semua diberi kesehatan ya karena nikmat yang paling berharga adalah sehat! Setuju gak, Temans? Dengan sehat kita bisa beraktivitas dengan baik, lancar dan tanpa hambatan termasuk berpuasa di bulan Ramadhan untuk menjalankan salah satu kewajiban kita sebagai umat Muslim. 

tips puasa penderita GERD


Namun, mungkin sebagian kita ada yang was-was ketika menyambut Ramadhan, takut puasanya tidak lancar karena penyakit lambung atau GERD-nya kumat saat berpuasa. Hmm, jangan salah ya justru dengan puasa dapat menurunkan gejala GERD. Yups, GERD ini memang banyak dialami oleh masyarakat kita, sama dengan penyakit maag. Eits, tapi GERD itu ternyata beda lho dengan Maag. Lalu, gimana dong biar puasa tetap lancar? Yuk, baca sampai tuntas ya. 

Lambung adalah salah satu bagian penting dalam tubuh kita yang memiliki peran penting bagi sistem pencernaan. Organ inilah yang berfungsi mengolah makanan dan diproses sedemikian rupa hingga nantinya nutrisi dari makanan dapat diserap oleh tubuh. Namun jika lambung kita mengalami gangguan maka proses pencernaan makanan akan terhambat dan menimbulkan berbagai penyakit pada lambung seperti GERD. 


Mengenal Penyakit GERD 


Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) atau biasa juga dikenal dengan penyakit asam lambung yaitu kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan di sekitar pita suara. Hal ini disebabkan oleh melemahnya katup (sfingter) yang terletak pada kerongkongan bagian bawah. Dalam keadaan normal, katup ini akan terbuka sebagai jalan makanan dan minuman masuk menuju lambung untuk dicerna. Selanjutnya setelah makanan atau minuman masuk ke dalam lambung, katup ini akan tertutup kencang agar isi lambung tidak kembali naik ke kerongkongan. Nah, pada penderita GERD katup ini menjadi lemah sehingga tidak dapat menutup kembali dengan baik. 

Oh ya GERD berbeda dengan Maag ya! Jika pada GERD, kondisi saat cairan asam pada lambung keluar dari perut naik ke kerongkongan. Sedangkan pada Maag ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, makanan yang tidak tepat ataupun mengonsumsi obat tertentu yang membuat lambung menjadi luka. Namun, GERD dan Maag bisa saja datang di saat yang bersamaan. Jadi wajib selalu waspada ya, Temans! ☺


Ciri-Ciri Penyakit GERD


Melansir dari American Academy of Allergy Asthma and Immunology, tanda-tanda saat asam lambung naik yaitu: 

  • Heartburn yaitu sensasi perih dan panas seperti terbakar di dada. 
  • Rasa asam pada mulut
  • Cepat kenyang
  • Sakit tenggorokan
  • Lebih sering bersendawa
  • Mual
  • Muntah
  • Produksi air liur lebih banyak
  • Bau mulut
  • Mengalami batuk tanpa dahak


Penyebab Penyakit GERD dan Cara Mengatasinya


Adapun yang dapat memicu atau menjadi penyebab GERD dan solusinya antara lain: 

👉 Pola makan; atur pola makan sebaik mungkin, jangan pernah tinggalkan sarapan. 
👉 Pola pikir; hindari hal-hal yang dapat membuat pikiran terbebani dan menjadi stress.
👉 Pola hidup; atur pola hidup karena ini adalah kunci dari segalanya baik saat sakit maupun sehat. 


Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita GERD


Puasa itu baik lho dan sangat dianjurkan karena dengan berpuasa pola makan kita akan menjadi teratur. Organ pencernaan pun dapat melakukan kerjanya dengan lebih baik karena waktu kerja organ tubuh pun juga jadi teratur. Nah, agar puasa Ramadhan kita nanti berjalan lancar bisa terapkan tips berikut ya. 

  1. Jangan lewatkan untuk makan sahur.
  2. Segeralah berbuka puasa ketika waktunya tiba.
  3. Makan dengan perlahan dan porsi kecil.
  4. Jangan langsung tidur ataupun rebahan setelah makan.
  5. Hindari makanan yang merangsang asam lambung naik: makanan pedas, makanan bersantan dan berminyak, kopi.
  6. Tinggikan kepala saat tidur.
  7. Kenakan pakaian yang longgar.
  8. Konsumsi Nutriflakes


Nutriflakes: Makanan Sehat Untuk Terapi Asam Lambung


Nutriflakes yaitu makanan sehat (super food) berbentuk sereal yang terbuat dari umbi garut, daun kelor, Psyllium husk, susu kambing Etawa, dan gula aren yang diformulasikan untuk meredakan asam lambung tinggi. Kandungan sereal ini mengandung efek terapi untuk meredakan GERD, sembelit, obesitas, kolesterol, nyeri sendi, sesak napas dan juga maag.


kandungan Nutriflakes


Nutriflakes aman dikonsumsi anak-anak dari usia 2 tahun hingga lansia. Tidak perlu khawatir karena Nutriflakes sudah terdaftar BPOM. Tidak hanya bagi penderita asam lambung, Nutriflakes juga dapat dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet karena kandungan karbohidrat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh terkandung dalam sereal ini yang dapat memberikan efek kenyang. Sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti menu makanan harian. 

Berminat untuk mencoba Nutriflakes juga? Bisa langsung dapatkan di Tokopedia Nutriflakes dan juga Shopee Nutriflakes ya. Temans juga bisa follow dan baca informasi lengkap seputar kesehatan terkait asam lambung atau GERD dan maag di Instagram @nutriflakes.official lho ya.



Penutup


Penyakit GERD atau asam lambung bisa dialami oleh semua orang bahkan bayi pun bisa merasakan penyakit ini.


Nutriflakes untuk GERD


Untuk itu penting agar menjaga pola makan, pola pikir dan pola hidup yang sehat agar dapat mencegah timbulnya penyakit asam lambung ini. Mengkonsumsi Nutriflakes yang memiliki empat bahan utama tumbuhan dan yang kandungannya sangat dibutuhkan oleh tubuh dapat menjadi cara sehat untuk memperoleh manfaat bagi kesehatan lambung kita terutama saat menjalankan ibadah puasa



Semoga bermanfaat. 



Diah



Whould you like to comment?

  1. terimakasih untuk tipsnya, yang sebentar lagi akan menghadapi puasa ramadhan

    ReplyDelete
  2. Allhamdulilah sekarang ada solusi ya Mba Diah. Jadi aman buat yang punya masalah gerd ini. Gerd rasanya kayak orang lagi hamil mba hehehe di pulung hati bawaanya mau dikeluarkan terus isinya.

    ReplyDelete
  3. Wah boleh banget nih dijadikan cemilan ya. Enak keknya

    ReplyDelete
  4. wahs aya juga ada GERD mba Diah, tipsnya bisa saya terapkan dan pastinya sangat bermanfaat buat saya mba

    ReplyDelete
  5. Sudah mau puasa ini ya, dan aku pernah diceritain temen yang punya gerd..Ya Allah, benar-benar kesiksa ya. Moga kita selalu sehat

    ReplyDelete
  6. wah gak kerasa udah mau puasa ya, bener juga nih kudu makan yang tepat biar lambung gak kaget apalagi punya asam lambung ini, bahaya jugga ternyata ya

    ReplyDelete
  7. Wah, menarik banget nutriflakes karena mengandung psyllium husk, susu kambing Etawa, dan gula aren yang diformulasikan untuk meredakan asam lambung tinggi, ramadan gak usah khawatir lagi ini mah...

    ReplyDelete
  8. Saya kalo puasa juga bisa seharian itu kerongkongan rasanya asam banget dan mual seharian juga. Biasanya memang karena pola makan dan tidur yang kurang. Enak ya ini udah ada obat untuk ngobatin gerd-nya, biar puasa makin lancar.

    ReplyDelete
  9. Sering mag tapi ngga tau gerd apa bukan, tahun lalu beberpapbeberpa hari puasa sempets kambuh untung cuma sebentar. Cocok nih tips.y buat sy pokok.y

    ReplyDelete
  10. Akhirnya tau juga beda gerd dgn maag. Jaga pola makan, pola pikir dan pola hidup itu penting ya mba. Nutriflakes bagus juga dikonsumsi

    ReplyDelete
  11. Laily Fitriani12:42 AM

    Wah, baru tahu apa aja tentang penyakit ini Mbak. Menjaga pola makan ini penting banget ya Mbak.

    ReplyDelete
  12. psylium husk itu bahasa indonesianya apa kak? kalau gerd ini masuk ke mag parah ya. atau karena psikis?

    ReplyDelete
  13. Terkadang orang susah membedakan maag dengan gerd, karena hampir mirip gejalanya. pastinya tetap harus jaga kesehatan dan pikiran agar tetap sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener nih saya juga kdang bingung bedainnya, semoga yang menderita gerd tetap bisa dan kuat menjalani puasa di bulan ramadhan, amiin

      Delete
  14. Baru tahu nih mbak, detail perbedaan antara maag dan GERD. Semoga puasa kita nanti diterima Alloh Swt.
    Bagi yang punya asam lambung, bisa diintip nih tips berpuasanya.

    ReplyDelete
  15. Mba Diah kebetulan banget saya punya Gerd juga sejak tahun 2019 karena memang susah banget mau makan, awalnya normal tapi hari itu telat makan seharian ampe malam, wah langsung sakit perih gitu. tipsnya bisa saya lakukan nanti pas puasa, semoga puasa kita aman dan lancar ya mba Diah, aamiin

    ReplyDelete
  16. saya pikir dulu GERD itu sama kayak penyakit maag atau penyakit maag yang sudah akut. ternyata berbeda ya dan saya lihat gejalanya juga beda. terima kasih tips-nya, mbak bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  17. Ya Allah, Alhamdulillah gak terasa udah mau jumpa lagi sama bulan Ramadhan. Wah bagus juga nih tipsnya. Kebetulan istri saya sedang sakit dan lg perawatan karena Gerd. Mudah-mudahan ntar bisa jalankan puasanya lancar

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah.. Tips ini sangat bermanfaat..

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^