Es Cendol dan Biji Salak: Menu Incaran di Bulan Ramadhan

Saturday, August 18, 2018

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Duh, harusnya ini di postingnya saat Ramadhan kemarin. Tapi ya gitu deeeh, kebiasaan buruk *lupa*. Nah, berhubung udah dikejar-kejar oleh Mak Ketua Kelas jadilah tetap harus diposting dimari, hihihih *peace ya Mak*


Ramadhan kemarin saya dan teman-teman kantor beberapa kali berbuka puasa bersama di kantor. Kebetulan ada jatah satu kali bukber yang disediakan oleh kantor juga. Ditambah lagi kemarin ada salah satu tim kami yang masa kerjanya berakhir dan akan kembali ke Makassar. Jadilah semacam menghabiskan sisa-sisa waktu yang ada untuk berkumpul bersama tim yang sejak awal bersama *eceileeehh bahasanya yaakk* 😁

Tiap orang punya kebiasaan berbeda dalam memilih menu buka puasa. Biasanya sih, kebanyakan orang lebih mencari menu yang manis-manis di saat buka puasa dan juga gorengan renyah kriuk-kriuk sebagai pengganjal sebelum menyantap menu utama makan malam. Tapi gak sedikit juga yah yang lebih memilih langsung makan nasi atau menu utama sebagai pilihan berbuka puasa. 

Kalau saya sih, Alhamdulillah gak banyak pusing, gak milih-milih juga. Apa yang ada mari disantap. Kalau lagi di rumah sih, lebih seringnya langsung masak untuk makan malam karena PakSu lebih milih berbuka dengan nasi ketimbang kue-kuean. Kalau gorengan sih, doyan. Tapi lebih sering adopsi gorengan dari pinggir jalan ketimbang buat sendiri, heheheh. Oh ya, sesekali buat es buah juga atau yang paling praktis es kelapa muda campur sirup DHT atau sirup yang iklannya heboh beredar sebelum dan saat bulan Ramadhan tiba itu lho, Marj**.


Biasanya di bulan Ramadhan banyak penjual jajanan menu buka puasa menggelar dagangannya di mana-mana. Dari aneka kue, es, hingga lauk pauk jadi, siap santap. Nah, kebetulan banget Ramadhan kemarin itu banyak hujan, jadi malas banget deh untuk keluyuran cari jajan di luar. Padahal kemarin itu sebenarnya mupeng dengan es-esan, tapi duh takut flu menyerang jika tetap ngotot untuk minum yang dingin-dingin. 

Es Cendol

Sebenarnya bulan Ramadhan kemarin ada menu incaran yang dicari, sayangnya sampai Lebaran tiba tak kunjung bersua juga. Padahal biasanya mah es cendol bisa didapatin kapan saja walau bukan bulan Ramadhan. Eh tapi kemarin tidak sempat menyantapnya. Kalau di Kendari sini ada satu tempat jualan es cendol yang banyak peminatnya, tempatnya itu di daerah Mandonga. Es cendolnya itu dicampur dengan tape ketan hitam, hmm, jadi makin endes deh rasanya. Ada yang suka es cendol jugakah?


Biji Salak

Selain es cendol, kemarin sebenarnya pengen makan biji salak juga. Sempat kepikiran mau buat sih, tapi kalau udah di rumah itu Adek nempel mulu, susah lepasnya. Padahal dulu pernah sekali buat biji salak ini. Heheh, namanya unik yah? Masa' biji salak bisa dimakan? Hihihih. Padahal bahan dasarnya ini adalah dari ubi jalar atau ketela rambat yang dikukus kemudian dibentuk menyerupai biji salak, jadi deh disebut sebagai biji salak. Dicampur dengan kuah santan dan gula merah, duuh sluurp banget deh pokoknya. Manis dan mengenyangkan, pastinya. 

Kalau Temans apa nih menu incarannya di bulan Ramadhan? Biar kata Ramadhan masih 10 bulanan lagi, gak apa-apa dong di list dari sekarang keinginannya, heheheh. Mau bagi resep favorit seperti Mak Lidha Maul yang menulis resep Mageli: Penganan Gurih Incaran Saat Ramadan di web KEB juga welcome banget lho yah 🤗


You Might Also Like

43 Comments

  1. Kalo di keluargaku, buka puasa itu pake camilan, nanti setelah isya baru deh makan malam. Berbeda dengan keluarganya papanya wahyu, mereka berbuka puasa langsung dengan makanan berat, makanya pas awal2 menikah, sa kaget dengan kebiasaan itu 😅😅

    ReplyDelete
  2. Aku dulu ga ngerti lho Mbak Diah, biji salak itu yang bagaimana. Pas ibu bikin, ternyata "oh ini to?". Dan itu kayak jadi menu pertanda ramadhan. Soalnya jarang banget kalau momen biasa bikin menu gituan

    ReplyDelete
  3. Sama aku juga ga pilih-pilih kalau mau buka puasa yang ada hajar hahaha kalau rajin dari gorengan sampe masakan buka buat sendiri kalau malasnya kambuh beliiiii :D

    ditempatku cendol banyak nih tiap hari dikantor aku beli wkwkwk dan biji salak juga ada tiap pagi indahnya kantorku sedia jajanan beginian

    ReplyDelete
  4. Ea biji salak, aku sudah pernah coba, bulan Ramadan kemaren juga. Ternyata gampang bikinnya yak, kalau blm nyoba bikin, tak terbayangkan caranya. Kalau es cendol, udah lama tak icip,

    ReplyDelete
  5. saya pikir beneran biji salak, karna salak kan buahnya aja kelat gitu apalagi bijinya.. btw kalau di keluarga kami justru haram minum es santen santen pas buka, biasanya cuma air putih , kue kuean sama kurma, abis isya baru deh makan santen santenan, kata ibu saya takut perut nya kaget

    ReplyDelete
  6. Untung bacanya bukan tadi siang, kalau nggak udah ngiler banget deh lihat es cendol :)))

    ReplyDelete
  7. Aih, suka banget sama keduanya walau bukan ramadan. Eh?

    ReplyDelete
  8. Resepnya mudaaah ya mba.. nanti nunggu Ramadhan berikutnyaaa hehe

    ReplyDelete
  9. Ingin mencoba biji salahnya Mbk kalau ramadhan lebih menyukai dugan mbk dibanding es cendol keluargaku lebih suka teh hangat juga

    ReplyDelete
  10. Biji salak ini minuman ta Mbak? aku takut keloloden makan biji salak soalnya setahu aku biji salak itu diroast bisa dijadiin kopi? hahaha kayaknya cuma istilahnya aja ya biji salak bukan biji salak beneran yang bisa dijadiin kopi.

    ReplyDelete
  11. Ak suka cendol lalu dikasih irisan nangka yang manis dan harum, kalo biji salah pasti mama tuh nggak peenah absen bulan ramadhan selalu bikin

    ReplyDelete
  12. es cendol tuh favorit di rumahku mbaaa...coba aah buat sendiri

    ReplyDelete
  13. Kalau Ramadan udah nggak ada lagi yang saya incer selama balik tinggal di Lamongan. Kalo di di Kalsel, inceran saya Ipau.

    ReplyDelete
  14. Duh jadi pengen es cendol juga, kalau di Bandung ada namanya es cendl elizabeth, maknyoosslah segernya

    ReplyDelete
  15. aku pernah bikin biji salak ini. tapi lumayan capek sih bikinnya hahahaha

    ReplyDelete
  16. Biji salak, favorit banget buat buka puasa.. Tapi daripada bikin, saya mending langsung makan aja, wkwkw.. saya anaknya males soalnya 😂😂

    Betewe, godaan pas puasa itu memang buka dengan es. Tapi saya menghindarinya, karena biasanya langsung meler. Huhuhh..kalau udah meler, tilawahnya jadi keganggu.

    ReplyDelete
  17. Kukira pakai biji salak beneran. Itu kalau ngrebus kapan empuknya coba? Hahaha

    ReplyDelete
  18. Duh biji salak..aku jadi rindu Ramadhan mbak :)

    ReplyDelete
  19. Kalau anakku tuh suka banget biji salak, mba. Kalau bulan puasa tuh kayaknya wajib banget buat beli biji salak. Klau aku sih suka cendol. Duh jadid kangen ramadhan :)

    ReplyDelete
  20. Nyariin fotonya koq ga ada ya es cendol biji salaknya? Apa emang kuota inetku gak bisa membuka fotonya?

    ReplyDelete
  21. Es cendol duren mbak enakk..hehehe. Aku juga suka nih kolak biji salah, kadang bikin sendiri biar puas makannya hehehe

    ReplyDelete
  22. Aku juga suka dengan es cendol.
    Walau tidak puasa klo pas lewat depan rumah. Tidak keberatan untuk berteriak biar si masnya berhenti !

    Cendooool !!

    ReplyDelete
  23. Kolak biji salk emang hidangan paling pas buat ta'jil. Es cendol juga. Hahhaha. Semua deh kalo lagi puasa mah bikin ngilerrrr.

    ReplyDelete
  24. Enak ini ya bijis salak segar buat cemilan Bulan Ramadhan, bulan lainnya aja suka

    ReplyDelete
  25. Aku tipe yang gak milih bukaan jg mba. Apa aja doyan tapi ya musti yang ringan2 dulu karena sudah kebiasaan ngemil jg kalau ga puasa hehehe

    ReplyDelete
  26. seandainya ada gambarnya pasti lebih bikin ngiler dan nelen ludah mba. Aku pun suka banget biji salak. Gabisa bikin sendiri mpe sekarang

    ReplyDelete
  27. Es cendol favoritku nihhh, duhhh malam2 bacanya malah pengen minum es, hahahaa

    ReplyDelete
  28. Jadi pengin ngemil bubur biji salak ni..

    ReplyDelete
  29. Pas Ramadan momen yang ditunggu pasti adzan maghrib.

    Menunya ga ada yang spesifik buat keluarga kecil kami.

    Tapi kalau di rumah orangtua di Surabaya, selalu ada es blewah dan di rumah orangtua suami, es dawet.


    Nikmat tiada tarraaa~

    ReplyDelete
  30. Kalo saya biasanya pas ramadan nyarinya biji salak, Mbaa

    ReplyDelete
  31. Bener banget. Dua menu ini juga di rumahku jadi incaran. Enak dan seger ya. Haduh, subuh2 gini jadi kepengen Candil. :))))

    ReplyDelete
  32. kalau es cendol sih masih banyak yang jual ya di luar bulan ramadhan kalua mau aku tinggal beli, hihihi emak2 males bikin

    ReplyDelete
  33. Kalau buat buka puasa, sebisa mungkin menghindari es dulu sih mbak... Eh tapi makasih loh ini jadi referensi minuman buat buka puasa nantinyaa...

    ReplyDelete
  34. es cendol tiada duanya pas bulan puasa.... jadi rindu Ramadhan..

    ReplyDelete
  35. Menu incaran, Biji Salak sama kolak singkong kak. Kesukaan banget, hehe

    ReplyDelete
  36. Yaaaaa! Aku juga suka es cendol dan biji salak Mbaaak.... Kalau ada resep biji salak aku dikasih tau ya, soalnya masa harus nunggu Lebaran dulu kalau pingin kan.... :)

    ReplyDelete
  37. Segeerrnya ngebayangin buka puasa pake es cendol dan biji salak. Siang2 pas cuaca terik juga cucok banget yg seger2 gini.

    ReplyDelete
  38. Di rumah kami, mulai Ramadhan lalu buka puasa hanya dengan kurma, air teh hangat manis dan potongan buah segar.
    Tak pernah minum es :D
    Karena mamak dulu selalu ajarkan begitu, jadi terbawa sampai menikah.

    Usai magrib baru deh makan besar.
    Namun karena sudah kenyang oleh air, kurma dan buah, biasanya makannya jadi sedikit.

    Selalu kalau habis Ramadhan berat badan turun 2-3kg.
    Dan... eit, habis lebaran kembali lagi ke berat semula, HAHAHA...


    ReplyDelete
  39. Hyaaah aku jd pengen es cendol dan biji salak. Apalagi kalau pas puasa adanya, makin terasa nikmatnya :D

    ReplyDelete
  40. ahhh es cendoll favorit, belum pernah nyoba biji salak sihh, selalu pernah nyoba tapi klo ke tempat jajanan pasti salah fokus saking bnyaknya jajanan hihih

    ReplyDelete
  41. Klo saya si sukanya air kelapa muda Mbak. Selain itu apa ya, semua enak2 aja si klo lagi lapar hihi

    ReplyDelete
  42. Biji salak membuatku jatuh cinta. Udah pernah buat sendiri tapi lebih nikmat beli aja saat bulan puasa. Kenapa ya?

    ReplyDelete
  43. Aku jd pengen biji salak, duh besok bikin ah ^^

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community