Es Cendol dan Biji Salak: Menu Incaran di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Duh, harusnya ini di postingnya saat Ramadhan kemarin. Tapi ya gitu deeeh, kebiasaan buruk *lupa*. Nah, berhubung udah dikejar-kejar oleh Mak Ketua Kelas jadilah tetap harus diposting dimari, hihihih *peace ya Mak*


Ramadhan kemarin saya dan teman-teman kantor beberapa kali berbuka puasa bersama di kantor. Kebetulan ada jatah satu kali bukber yang disediakan oleh kantor juga. Ditambah lagi kemarin ada salah satu tim kami yang masa kerjanya berakhir dan akan kembali ke Makassar. Jadilah semacam menghabiskan sisa-sisa waktu yang ada untuk berkumpul bersama tim yang sejak awal bersama *eceileeehh bahasanya yaakk* 😁

Tiap orang punya kebiasaan berbeda dalam memilih menu buka puasa. Biasanya sih, kebanyakan orang lebih mencari menu yang manis-manis di saat buka puasa dan juga gorengan renyah kriuk-kriuk sebagai pengganjal sebelum menyantap menu utama makan malam. Tapi gak sedikit juga yah yang lebih memilih langsung makan nasi atau menu utama sebagai pilihan berbuka puasa. 

Kalau saya sih, Alhamdulillah gak banyak pusing, gak milih-milih juga. Apa yang ada mari disantap. Kalau lagi di rumah sih, lebih seringnya langsung masak untuk makan malam karena PakSu lebih milih berbuka dengan nasi ketimbang kue-kuean. Kalau gorengan sih, doyan. Tapi lebih sering adopsi gorengan dari pinggir jalan ketimbang buat sendiri, heheheh. Oh ya, sesekali buat es buah juga atau yang paling praktis es kelapa muda campur sirup DHT atau sirup yang iklannya heboh beredar sebelum dan saat bulan Ramadhan tiba itu lho, Marj**.


Biasanya di bulan Ramadhan banyak penjual jajanan menu buka puasa menggelar dagangannya di mana-mana. Dari aneka kue, es, hingga lauk pauk jadi, siap santap. Nah, kebetulan banget Ramadhan kemarin itu banyak hujan, jadi malas banget deh untuk keluyuran cari jajan di luar. Padahal kemarin itu sebenarnya mupeng dengan es-esan, tapi duh takut flu menyerang jika tetap ngotot untuk minum yang dingin-dingin. 

Es Cendol

Sebenarnya bulan Ramadhan kemarin ada menu incaran yang dicari, sayangnya sampai Lebaran tiba tak kunjung bersua juga. Padahal biasanya mah es cendol bisa didapatin kapan saja walau bukan bulan Ramadhan. Eh tapi kemarin tidak sempat menyantapnya. Kalau di Kendari sini ada satu tempat jualan es cendol yang banyak peminatnya, tempatnya itu di daerah Mandonga. Es cendolnya itu dicampur dengan tape ketan hitam, hmm, jadi makin endes deh rasanya. Ada yang suka es cendol jugakah?


Biji Salak

Selain es cendol, kemarin sebenarnya pengen makan biji salak juga. Sempat kepikiran mau buat sih, tapi kalau udah di rumah itu Adek nempel mulu, susah lepasnya. Padahal dulu pernah sekali buat biji salak ini. Heheh, namanya unik yah? Masa' biji salak bisa dimakan? Hihihih. Padahal bahan dasarnya ini adalah dari ubi jalar atau ketela rambat yang dikukus kemudian dibentuk menyerupai biji salak, jadi deh disebut sebagai biji salak. Dicampur dengan kuah santan dan gula merah, duuh sluurp banget deh pokoknya. Manis dan mengenyangkan, pastinya. 

Kalau Temans apa nih menu incarannya di bulan Ramadhan? Biar kata Ramadhan masih 10 bulanan lagi, gak apa-apa dong di list dari sekarang keinginannya, heheheh. Mau bagi resep favorit seperti Mak Lidha Maul yang menulis resep Mageli: Penganan Gurih Incaran Saat Ramadan di web KEB juga welcome banget lho yah 🤗


1 comment:

  1. Kalo di keluargaku, buka puasa itu pake camilan, nanti setelah isya baru deh makan malam. Berbeda dengan keluarganya papanya wahyu, mereka berbuka puasa langsung dengan makanan berat, makanya pas awal2 menikah, sa kaget dengan kebiasaan itu 😅😅

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^