Strategi Digital Marketing untuk UMKM, Ampuh untuk Mengembangkan Bisnis

Di era pandemi, salah satu sektor yang merasakan dampak cukup besar adalah sektor penjualan terlebih pelaku UMKM. Hal ini disebabkan kebijakan pembatasan kegiatan, sehingga masyarakat semakin jarang beraktivitas di luar rumah dan memilih memanfaatkan teknologi digital guna memenuhi seluruh kebutuhan. Untuk itu pelaku UMKM harus mau mempelajari digital marketing sebagai strategi pemasaran produknya.


strategi marketing UMKM


Selain itu jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional melalui media televisi, radio, maupun cetak, pemasaran digital dinilai lebih efektif, terjangkau, dan tepat sasaran. 


Strategi Mengembangkan Bisnis dan Meningkatkan Keuntungan


Berikut ini beberapa taktik atau strategi yang dapat dilakukan pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan.

1. Lakukan Promosi Melalui Media Sosial


Promosi media sosial menjadi cara ampuh untuk meningkatkan penghasilan. Pasalnya hampir semua orang memiliki akun media sosial, sehingga kita pun dapat lebih mudah memperkenalkan produk ke khalayak luas.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan potensial menggunakan medsos, diantaranya:

👉 Berbagi Informasi Bermanfaat

Bagikan informasi penting dan bermanfaat bagi pembaca, buat konten berkaitan dengan produk yang dijual. Contohnya Temans menjual peralatan camping, maka informasi penting yang dapat dibagikan mulai dari tips ber-camping, tips menyewa peralatan camping, dan lain-lain.

👉 Adakan Kuis

Selain itu kita juga dapat menyelenggarakan kuis dengan hadiah menarik di akun media sosial. Hal ini dimaksudkan untuk mengajak calon konsumen untuk terlibat dan terikat dengan bisnis Temans.

👉 Lakukan Iklan

Platform medsos juga menyediakan fasilitas iklan contohnya CPC, sponsoredstories, page post ads, dan masih banyak lagi.



2. Buat Email Marketing


Ketika berbelanja di dunia digital, konsumen pasti akan menyantumkan alamat email sebagai salah satu dari kelengkapan data. Nah, bisa banget nih jika Temans memanfaatkan strategi email marketing untuk membagikan voucher, memberitahukan produk yang sedang promo, hingga memberikan ucapan di hari penting.

Namun karena tiap-tiap konsumen tentu memiliki banyak email yang masuk di kotak masuknya setiap hari, untuk itu kita harus melakukan strategi agar email tidak masuk ke kotak spam dan dapat dibaca oleh konsumen. Salah satunya dengan mencari tahu waktu yang tepat untuk mengirimkan email.


3. Bangun Website


Membangun website juga dapat menjadi strategi digital marketing tepat yang layak dicoba setiap pelaku UMKM. Peran website bagi bisnis adalah untuk membantu branding bisnis hingga proses transaksi pembelian.

Namun tak perlu khawatir jika Temans belum pernah terjun ke dunia website, karena terdapat jasa pembuatan website yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita seperti Stucel. Berdiri sejak tahun 2005, Stucel menjadi perusahaan digital agency dan web design terbaik di Jakarta. Telah dipercaya oleh banyak perusahaan besar, Stucel terbukti telah membantu bisnis untuk memiliki tampilan online yang lebih baik.



Manfaat Digital Marketing untuk Pelaku UMKM


Tak heran mengapa banyak pelaku usaha menerapkan strategi pemasaran ini, karena pemasaran digital terbukti mendatangkan banyak manfaat tak terkecuali bagi pelaku UMKM diantaranya:

Menekan Biaya Promosi


Promosi konvensional seperti mencetak brosur atau memasang pamflet tentu memakan biaya cukup besar. Namun lain halnya dengan promosi digital, dimana pelaku UMKM dapat menekan biaya promosi seminimal mungkin.

Menjangkau Pasar Lebih Luas


Manfaat lainnya yaitu dapat menjangkau pasar lebih luas. Karena tak hanya dapat menjangkau konsumen yang berada di satu kota saja, melainkan konsumen dari mana pun di Indonesia.

Membangun Komunikasi dengan Konsumen


Komunikasi dengan konsumen merupakan hal krusial yang harus selalu terjaga. Dengan strategi pemasaran digital, pelaku usaha dapat membangun komunikasi dengan lebih tepat dan mudah.

Rupanya dengan strategi digital marketing yang tepat melalui stucel.com, pelaku UMKM mampu bersaing dengan perusahaan skala besar sekalipun. 


Semoga informasi ini bermanfaat ya!



Diah
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 9:25 AM

    Nah, bener banget usaha UMKM memang cuma perlu strategi buat pemasarannya. Apalagi sekarang pandemi dan banyak saingan bisnisnya, jadi harus pandai-pandai digital marketing. Terima kasih tipsnya.

  • Dw
    Dw 10:33 PM

    Dulu masih inget banget kalau punya usaha tu minta tolong temen2 BBM buat bantu broadcast sekarang via sosmed gratis yang penting bisa amati dan tiru tips juga banyak dishare secara gratis

  • Moch. Ferry DC.
    Moch. Ferry DC. 11:38 AM

    Membangun usaha maksimal disupport website akan saling mendukung ukmk

  • Nchie Hanie
    Nchie Hanie 2:26 PM

    Nah, bener banget banyk cara dan strategi digital marketing untuk UMKM. Hal-hal di atas bisa banget membantu mereka agar dagangannya makin ngebranding dan laku juga.

  • Keke Naima
    Keke Naima 2:54 PM

    Sudah saatnya pelaku UMKM melek dunia digital. Harus belajar strategi digital marketingnya, nih. Supaya bisa semakin sukses usahanya.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 3:23 PM

    Keterbatasan gerak selama pandemi memang berdampak banyak bagi UMKM ya. Untung saja dengan memanfaatkan teknologi, UMKM bisa melakukan pemasaran secara digital. Dengan begitu bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan hemat biaya.

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana 3:34 PM

    Era digital marketing semakin memudahkan ya untuk para pelaku UMKM agar bisa terus berkembang. Mudah-mudahan manfaat digital marketing bisa dirasakan semakin luas

  • nitalanaf
    nitalanaf 5:22 PM

    Mengadakan quiz secara berkala, walau hadiahnya gak besar, memang ampuh juga sih untuk mengenalkan bisnis. At least social medianya jadi hidup. Post ber-hashtag bakalan masuk popular. Jadi ketika orang searching, mudah terlihat.

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 9:14 PM

    UMKM sekarang udah makin bagus dan sudah manfaatin teknologi dengan baik. Tetap ya kita kudu selalu belajar untuk ngembangin diri

  • trlitha11 (lithaetr)
    trlitha11 (lithaetr) 11:21 PM

    Memberikan pengetahuan tentang digital marketing untuk UMKM ini perlu untuk dilakukan. Apalagi penggerak perekonomian salah satunya karena lancarnya bisnis ekonomi di dalam negeri, salah satunya dengan kuatnya produk-produk lokal dalam negeri

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 2:19 AM

    Stucel sangat membantu pemasaran produk UMKM secara digital ya mbak. Jaman serba digital, pembuatan brosur untuk memasarkan peoduk rasanya buang-buang dana saja ya. Saya juga paling suka googling, nyari produk secara online dan hal ini jauh lebih menyenangkan ketimbang kita harus berburu barang secara offline.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 3:29 AM

    banyak strategi yang sepintas sederhana namun akan sangat membantu bisnis online yang dijalankan oleh UMKM ya mbaa

  • Nanik nara
    Nanik nara 10:03 AM

    Mengadakan kuis di media sosial ini memang bisa jadi salah satu daya tarik juga ya mbak. Berhadiah pulsa pun udah banyak juga yang pengen ikut

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 12:43 PM

    Karena sekarang banyak bisnis yang dilakukan secara digital jadi strategi pemasarannya juga harus dilakukan secara online yaa agar menjangkau banyak pelanggan

  • Idah Ceris
    Idah Ceris 12:47 PM

    email marketing emang penting bangettt buat salah satu strateginya. aku juga udah nyobain untuk blast email ke customer. lumayan nambah insight dan penjualan.

  • Sulung Siti Hanum
    Sulung Siti Hanum 12:58 PM

    Kalau semua pengusaha UMKM melek digital begini, kita akan jadi bangsa yang mandiri ya.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 1:06 PM

    Stucel termasuk solusi buat yang memang butuh bantuan untuk digital marketing ya Kak. Buat umkm yang sibuk produksi

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 1:12 PM

    Mau nggak mau ya, sekarang semuanya udah jamannya digital yang berperan. Melakukan promosi marketing pun harus dipikirkan strateginya melalui berbagai cara, mulai dari media sosial maupun email.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 1:46 PM

    Nah, penting banget nih buat UMKM atau yang mau bangun usaha untuk mengetahui strategi digital marketing. Karena sekarang zaman serba digital ya dan persaingan di bidang bisnis juga semakin ketat. Jadi salah satu solusinya kalau mau usaha lancar seperti yang disinggung di atas kudu tahu strategi digital marketing yang tepat.

  • lendyagassi
    lendyagassi 1:47 PM

    Digital marketing adalah ilmu yang harus dikuasai para UMKM saat ini agar bisa tetap bersaing di kala semua sudah serba digitalisasi begini.
    Bersama stucel.com memungkinkan setiap UMKM terbuka kesempatan luar biasa ke dunia yang lebih luas.

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 1:49 PM

    UMKM memang sudah saatnya go digital jadi memang harus melek sama digital marketing, manfaatkan influencer marketing, blogger dan berbagai fitur promosi digital lainnya ya mba biar bisa tetap survive dan menjangkau lebih luas pasarnya

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 4:45 PM

    Bikin website di Stucel membantu UMKM memasarkan produk dan jasanya ke market yang lebih luas lagi ya Mbak, strategi yang jitu, sipsip.

  • Silvana Devinta
    Silvana Devinta 10:40 AM

    Ikut pelatihan UMKM sering, ikut perizinan UMKM ngga pernah absen, tapi kalo semua sudah dan ngga aktif di pemasaran ya sama aja zonk ya...perlu banget UMKM belajar tentang pemasaran digital. Yang ngga hanya memanfaatkan status WA aja, dunia ini luas, konsumen terhampar di luaran, cuma jara jaringnya aja yang perlu teknik pas. Plus umpan yang tepat.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 6:39 AM

    Digital marketing itu penting banget dan umkm memang harus aktif dalam prakteknya agar hasilnya bisa maksimal

  • Amir
    Amir 12:18 PM

    Digital marketing memang tak bisa diabaikan lagi. Selama internet masih ada, apapun kondisinya, promosi via digital akan selalu lebih unggul karena bisa menjangkau semua kalangan

Add Comment
comment url