Explore the blog
Thursday, October 21, 2021

Pesan Tiket Kereta Api Ngga Pakai Ribet, Begini Triknya

Kereta api merupakan salah satu jenis transportasi yang diminati oleh banyak orang. Pergi ke luar kota menggunakan kereta api bisa memberikan pengalaman tersendiri. Traveling menggunakan kereta api sangat menyenangkan karena sebagai penumpang kita bisa melihat pemandangan dari persawahan, suasana desa hingga pemandangan kota.


pesan tiket kereta api


Salah satu aplikasi yang bisa kita kunjungi untuk melakukan pemesanan tiket kereta api adalah Traveloka. Sejak 2017, layanan pemesanan tiket kereta api sudah bisa digunakan secara eksklusif. Bahkan di saat seperti ini, Temans bisa melihat cara pesan tiket kereta api saat pandemi di Traveloka.

Destinasi Wisata dengan Kereta Api 


Saya jadi ingat pertama kali naik kereta api itu di tahun 2012 lalu dimana saat itu saya dari Bandung hendak ke Yogyakarta. Saya memilih untuk naik kereta api agar menghemat biaya dan juga merasakan pengalaman naik kereta api. Maklum, di Sulawesi Tenggara tidak ada kereta api, hihih. 

Sayangnya, saya berangkat di malam hari jadi tidak begitu menikmati pemandangan luar. Malah hampir sepanjang jalan saya sibuk laporan ke Kakak saya yang di Yogya prihal posisi saya setiap kali kereta berhenti di stasiun yang dilewati. 


destinasi wisata kereta api
pics by Canva


Sebenarnya ada beberapa daerah wisata di Indonesia ini yang ingin saya kunjungi bahkan ada beberapa kota yang membuat saya ingin kembali ke sana karena belum puas menjelajahnya. Nah, pas banget kota-kota tersebut adalah destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan kereta api. Dimana saja sih tempatnya? 


Bandung

Saya baru satu kali ke Bandung dan itu pun juga cuma 2 hari saja disana untuk menghadiri nikahan teman. Setelah ke acara nikahan teman, saya sempat berkeliling Dago dan mampir di dekat UNPAD bersama Devi. Tentu saya tidak puas dong karena belum menjelajah kuliner dan juga destinasi wisata menarik yang ada di Bandung seperti Alun-Alun Bandung, Jalan Braga, tentunya tidak luput juga memasukkan Floating Market Lembang jadi salah satu destinai tujuan saat ke Bandung nanti. 

 

Malang

Sejak 2016, saya terobsesi ingin berkunjung ke Malang. Kebetulan saat itu salah satu regional office tempat saya bekerja berlokasi di Malang. Kebetulan banget kan, Malang juga salah satu destinasi tujuan yang bisa ditempuh dengan kereta api. Di Malang kita bisa berkunjung ke Jatim Park 3, Museum Angkut, Eco Green Park lalu ke Batu juga lanjut ke Bromo. 


Semarang

Sama dengan Malang, saya juga belum pernah berkunjung ke kota ini yang memiliki begitu banyak wisata sejarah yang bisa kita kunjungi seperti ke Lawang Sewu yang menjadi ikon kota ini. Selain itu ada Masjid Besar Kauman yang mana satu-satunya Masjid di Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan Indonesia sesaat setelah Proklamasi dibacakan. Tidak hanya itu ada Museum Kereta Api Ambarawa juga jadi bisa sekalian lihat sejarah perkeretaapian di Indonesia. 


Yogyakarta

Meski sudah pernah sekali ke Yogya, tapi sama halnya dengan Bandung saya baru sekali ke Yogya dan saya belum puas juga untuk berkeliling ke sana, apalagi saat saya pergi Yogya waktu itu misinya adalah untuk operasi gigi, huhuh, manalah benar-benar waktu itu menikmati jalan-jalan ke Malioboro, Taman Pelangi, secara yang ada gigi bengkak. Makanya pengen banget suatu hari bisa ke Yogya lagi buat mengunjungi tempat-tempat indah disana, saya penasaran juga lho dengan Upside Down World sekalian nanti ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur di Magelang juga. 


Solo

Hmm, sebenarnya udah pernah ke Solo juga tapi keadaan waktu itu tidak memungkinkan saya untuk jalan. Lagi-lagi saya mampir ke Solo itu dalam rangka mau berobat, huhuh, ngenes banget ya nasib saya. Selalunya pergi itu dalam keadaan sakit, hiks. Padahal kan saya juga ingin lihat Keraton Surakarta, Pabrik Gula De Tjolomadoe yang tersohor di Instagram itu, juga lihat-lihat batik di Kampung Batik Laweyan. Waktu ke Solo yang lalu sempat ke Pasar Klewer juga sih, lumayan beli daster dan baju batik dengan harga cukup terjangkau. 



Alasan Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka


Nah, setelah menentukan destinasi yang ingin dikunjungi dan sebelumnya tadi juga sudah baca cara memesan tiket kereta api saat pandemi, kita tentu sudah ngebet ingin segera liburan dong. Naik kereta bisa jadi pilihan hemat dan tepat. Langsung aja buka aplikasi Traveloka di handphone. 

Alasan Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

Kenapa sih harus Traveloka?  Baiklah, berikut beberapa alasan kenapa Temans harus memesan tiket kereta api di Traveloka.


1. Inventaris yang Lengkap


Sekarang kita tidak perlu khawatir atau pusing saat liburan karena kita bisa dengan mudah turun di stasiun terdekat. Temans jadi tidak perlu beralih transportasi berkali-kali untuk mencapai satu tujuan. Misalnya, ketika ingin mengunjungi Bojonegoro, kita cukup lakukan pemesanan tiket kereta api via Traveloka dengan tujuan stasiun Bojonegoro dan kita bisa langsung sampai.


2. Check in Tiket Mudah


Memasukkan kode pemesanan pada tiket saat akan mencetak boarding pass di stasiun keberangkatan seringkali membuat repot. Belum lagi ketika harus melakukannya dengan cepat atau tergesa-gesa karena jumlah orang yang mengantri untuk memasukkan kode pemesanan juga banyak. Karena Traveloka sangat mengerti segala kebutuhan penggunanya, Traveloka menyediakan barcode di setiap tiket kereta api yang dipesan melalui Traveloka.

Dengan barcode ini kita tidak perlu lagi mengetik kode pemesanan untuk mencetak boarding pass. Kita hanya perlu memindai barcode yang tercantum di aplikasi Traveloka dengan menggunakan mesin cetak tiket mandiri yang sudah tersedia di setiap stasiun.


3. Hasil Pencarian Lengkap


Ke mana pun tujuannya dan kapanpun Temans ingin pergi, serta kelas kereta api apa yang akan kita pilih, semuanya bisa kita temukan dan pesan di Traveloka. Di Traveloka juga tersedia pilihan rute kereta langsung dan transit yang bisa kita atur sesuai dengan perjalanan.


4. Banyak Promo Menarik


Traveloka sangat sering memberikan promo bagi setiap penggunanya. Promosi yang diberikan pun jenisnya sangat beragam mulai dari potongan harga, cashback, hingga fasilitas tambahan TrainPlus. Biasanya promo-promo yang muncul dalam bentuk kode voucher ini bisa kamu lihat di Traveloka App. Kamu juga sebaiknya mengikuti akun-akun sosial media Traveloka untuk bisa mendapatkan kode voucher yang sedang berlangsung promosinya.

Untuk bisa menikmati lebih banyak jenis promoTemans bisa menjumpai banyak sekali jenis promo di tab khusus promosi di aplikasi Traveloka. Mulai dari kode voucher promo, promosi kerjasama dengan bank tertentu sampai promo besar-besaran tanpa ada minimum pembayaran semua bisa kita jumpai di aplikasi Traveloka.


5. Metode Pembayaran Beragam


Tdak perlu khawatir saat akan melakukan pembayaran pesanan di Traveloka. Bahkan, jika kita melakukan pembayaran melalui aplikasi Traveloka, kita akan merasa lebih hemat karena adanya promosi dan potongan harga yang diberikan oleh Traveloka. Traveloka memiliki metode pembayaran yang banyak, lengkap dan mudah. Mulai dari transfer melalui ATM atau minimarket hingga pembayaran melalui akun virtual yang bisa dilakukan melalui mobile banking. Temans bisa menikmati berbagai promo yang ada sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

Selain itu, sejak 2018 Traveloka sudah meluncurkan metode pembayaran baru yaitu PayLater dimana kita akan membayar tagihan menggunakan kartu kredit. Pembayaran dengan PayLater juga sangat praktis karena kita bisa memesan dan berlibur dahulu, kemudian baru membayar biaya yang sudah ditentukan.

Itu dia beberapa keunggulan memesan tiket kereta api di Traveloka. Mulai dari inventaris yang lengkap hingga metode pembayaran yang beragam semuanya bisa Temans rasakan ketika menggunakan Traveloka. Memesan tiket kereta api menjadi lebih mudah dan aman cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet. Kita juga bisa menikmati banyak promo yang diberikan oleh Traveloka. Untuk tahu informasi mengenai promo yang ada, langsung aja ikuti akun sosial media Traveloka.


Semoga bermanfaat. 




Whould you like to comment?

  1. Jadi pengin berpergian jauh, apalagi ke Solo harus naik kereta appi dan solusi nyari tiketnya yang mudah ya di traveloka.

    ReplyDelete
  2. Traveloka emang tak diragukan lagi sih, dari sebelum pandemi sampai skrng aku pun tetap pake traveloka utk kebutuhan tiket keluar kota

    ReplyDelete
  3. Pake traveloka memang gampang banget sih pesan tiketnya. Enggak pake antre dan mengurangi kerumunan, ya

    ReplyDelete
  4. Aaah, udah lama banget gak pake Traveloka. Baca ini, berasa diingatkan lagi betapa asyiknya era sebelum pandemi.

    ReplyDelete
  5. Tahun lalu pergi ke Semarang sebelum corona, mau jalan2 lagi nih, tapi masih nunggu bestie untuk jalan-jalan. Padahal pengin banget jalan2 lagi naik KA, sekarang cuma swab aja ya?

    ReplyDelete
  6. Praktis banget sekarang bisa pesan tiket KA via Traveloka, bisa disambi tiduran di rumah. Kalau duluu kan kudu antri tiket dan capeeek.

    ReplyDelete
  7. Wah langganan banget sih beli tiket di Traveloka, mah.. jadi nggak sabar euy pengen traveling lagi karena udah lamaaa banget nggak jalan-jalan naik kereta!

    ReplyDelete
  8. traveloka emang sudah jadi andalan aku banget sih terutama buat nyari penginapan kelas backpacker seperti aku. ditambah bisa juga beli tiket KA

    ReplyDelete
  9. Demennya memang begitu, selain promo yang menarik tiap satu bulan pasti ada jadi ditinggu² hehe, nah pembayaran bisa via apa aja. Soalnya kalau bagian ini yang terbatas, nggak membuat nyaman.

    ReplyDelete
  10. Kebetulan banget 2 minggu lagi mau mesenin ayah ibu kereta api, perjalanan 11 jam ke bandung. Bismillaah, boleh nih nyoba pakai traveloka biar ngga ribet haha

    ReplyDelete
  11. Teringat saat bekerja di Semarang. Aku selalu naik kereta api. Lebih seneng perjalanan malam sih. Pagi udah sampai. Bisa istirahat di kereta.

    Nah, aku sih emang pesannya melalui Traveloka. Lebih praktis menurutku.

    ReplyDelete
  12. aku pernah juga mba pesen tiket KAI via traveloka. temenku juga tuh, sampai pinjem akunku karena dia lupa password akunnya sendiri haha

    ReplyDelete
  13. Solusi anti ribet ya kak. Berhbung udah agak boleh keluar asal sudah vaksin dan melakukan tes negatif covid jadi bisa banget nih liburannya

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak juga manfaat dan keunggulan memesan tiket kereta api di Traveloka, ya. Serba praktis dan memudahkan untuk memesan tiket kereta api.

    ReplyDelete
  15. Mbaakk, seumur2 diriku belum pernah naik kereta api. Tiap kali mau rencanain pasti gagal, huhu. Jadi saya belum ada pengalaman sama sekali naik kereta api, izin save ya mbak artikelnya.

    ReplyDelete
  16. Jadi, kapan kita ngebolang rame-rame naik kereta? Pasti seru kalau naik kereta jarak jauh, antar kota bareng teman-teman pasti seru banget deh

    ReplyDelete
  17. Nah iya aku juga suka pesen di Traveloka. Asli gampang banget! Dan ga ribet sih. Ga usah khawatir tiketnya lama tervalidasinya juga.

    ReplyDelete
  18. Seneng sih pandemi udah mulai terlihat teratasi yah meskipun kita memang masih wajib waspada yah. Aku lagi pengen ke Jogja nih kak pake kereta, infonya sangat membantu banget. Thanks yah!

    ReplyDelete
  19. Kangen traveling. Karena ditempatku belum ada kereta api jadi kepengen traveling pakai kereta api deh

    ReplyDelete
  20. Dari dulu, OTA fav ku kalo utk beli tiket, ya traveloka :D. Apalagi sebelum pandemi aku termasuk rutin traveling mba, jadi kebutuhan tiket dan hotel, pasti cari dr traveloka dulu, trus compare Ama OTA lain. Tapi so far traveloka LBH sering KSH harga terbaik.

    Yg aku seneng juga ada poin nya itu loh. Aku udah sering banget pake poinnya buat Redeem hotel, kayak pas ke Jepang trakhir. Beberapa hotel yg aku inepin itu jadi gratis Krn bayar pake poin2 traveloka :). Luamayn bangetttt.

    Aku cuma sekali naik KA kalo di Indonesia, pas ke solo. Itupun pergi doang. Dulu KA ga sebagus sekarang sih. Cuma kalo skr ini jujurnya Krn ga ada waktu aja, makanya jarang naik KA. LBH milih moda transportasi yg lebih cepat supaya ga rugi waktu . Tapi kapan2 kalo cuti luang, aku bakal coba lagi naik KA ;)

    ReplyDelete
  21. Jadi kangen travelling naik kereta. Tapi kalau pesan tiket kereta di Traveloka, untuk PCRnya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  22. Nanti aku pesan tiket kereta ke Yogyakarta dan Malang via Traveloka aja ah

    ReplyDelete
  23. Wah, udah lama juga ya Saya engga naik kereta api. Terakhir naik kereta waktu suami kerja di Semarang Pas tahun 2016-2017. Tenyata kalau pesan via traveloka jadi lebih mudah dan praktis ya

    ReplyDelete
  24. buat aku yang rajin traveling dan nyaman naik kereta, wajib tahu niy kayaknya pesan kereta api dalam kondisi pandemi seperti ini, jadi kangen jalan-jalan deh

    ReplyDelete
  25. Aku juga termasuk yang suka naik kereta api kak, heheh. Wah tetiba jadi pengen naik kereta api dari Bandung ke Surabaya (biar kayak lagu anak-anak itu). Semoga terwujud suatu hari nanti..

    ReplyDelete
  26. Aku kalau beli tiket kereta api suka di Traveloka. Selain bisa dapat potongam, prosesnya juga cepat dan tidak perlu antri. Selain itu, cara penukaran juga lebih mudah. Lebih asyik bisa pilih tempat juga.

    ReplyDelete
  27. Naik kereta api tut tut tuut. Sudah biasa pesen tiket di Traveloka nih. Gampang

    ReplyDelete
  28. Jujur aku termasuk pengguna aktif Traveloka, tapi pas setelah pandemi aku uninstall. Karena ya gabisa kemana-mana, luamaaa banget enggak jalan-jalan dan akhirnya bisa traveling lagi bareng traveloka.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^