Explore the blog
Monday, July 12, 2021

Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru dengan Ruangbelajar

Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru dengan Ruangbelajar ~ Alhamdulillah, akhir Juni kemarin Si Kakak sudah terima ijazah TK nya. Saatnya masuk jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu SD. Dia kelihatan happy banget, mungkin sudah bosan juga kali secara 1 tahun di PAUD dan 2 tahun di TK, heheh.

Sebagai orang tua, tugas berikutnya adalah memilih sekolah yang tepat untuknya. Sempat galau juga antara ingin dimasukkan ke sekolah yang berbasis Agama atau sekolah umum yang Negeri. Hmm, daripada penasaran gak ada salahnya dicoba daftar keduanya, toh juga gak ada larangan untuk daftar. 

tahun ajaran baru ruangbelajar


Owh ya, sebelum memutuskan daftar sekolah kami berkunjung ke kedua sekolah tersebut dan membebaskan dia memilih sekolah mana yang dia suka sama ketika hendak masuk TK dulu. Awalnya Si Kakak  bilang ingin sekolah Islam itu, tapi belakangan malah bilang mau sekolah di dekat sekolahnya yang dulu saja, which is sekolah Negeri itu. Dan setelah melewati diskusi panjang dengan Paksuami akhirnya kami memutuskan di SD Negeri, Bismillah. 

Pengalaman Mendampingi Anak Selama PJJ di Rumah


Selama setahun kemarin bisa dibilang Si Kakak itu menjalani semi homeschooling, eh apa dibilang homeschooling aja kali ya? Gimana tidak, kalau namanya saja yang terdaftar sebagai murid di TK resmi tapi pada kenyataannya tiap hari mah belajarnya sama Mama juga di rumah. 

Selama belajar di rumah, apakah Si Kakak jadi murid yang penurut? 

Hmm, terkadang sih dia nurut tapi banyak dramanya juga. Apalagi jika kerja tugas menulis. Baru diberi tahu kalau hari ini menulis saja rawut wajahnya sudah mulai cemberut. Beda ketika mengerjakan tugas prakarya atau tugas berhitung, eeh dia malah jadi semangat lho

pengalaman mendampingi anak PJJ


Selama Pembelajaran Jarak Jauh atau lebih kita kenal dengan PJJ kemarin, memang hanya dilakukan via aplikasi WhatsApp saja, yang mana sebelumnya bahan ajar diambil dan dikumpulkan di Sekolah setiap 2 minggu  atau sebulan sekali. Jadi tiap hari belajar Guru cuma mengirim tutorial di group lalu anak-anak diminta mengerjakan tugas-tugasnya, proses belajar didokumentasikan kemudian dikirim ke Guru dan hasil prakteknya disetor kembali pada waktu yang telah ditentukan.  Sedangkan untuk pertemuan tatap muka  secara zoom hanya dilakukan sekali saja waktu  itu. 

Efektifkah? Kalau boleh jujur sih, rasanya ini kurang efektif karena harusnya ada interaksi antara guru dan juga murid lain kan ya. Biar anak juga bisa bersosialisasi dan merasakan atmosfir belajar sesungguhnya. 

Belum lagi selama PJJ pasti banyak gangguan dari dalam juga kan, misalnya saja ketika Si Kakak belajar, adik-adiknya silih berganti datang ingin lihat Kakak belajar karena merasa penasaran. Belum lagi kalau Si Kakak belajar terus lihat adik-adiknya main dia juga jadi gelisah ingin berhenti dan ikut bermain yang walhasil pasti jadi ribut. 

Persiapan Menyambut Tahun Ajaran Baru 


Nah, berhubung PJJ masih berlanjut dikarenakan pandemi yang melanda dunia ini belum berakhir, maka belajar daring adalah pilihan  terbaik saat ini. Olehnya itu, rasanya pengen banget deh memberikan sesuatu yang lebih buat Si Kakak biar nantinya dia bisa fokus belajar. 

Selain menyiapkan kebutuhan sekolah dari seragam hingga keperluan lainnya seperti buku dan alat tulis, kami juga mau agar dia nanti bisa merasa senang belajar meski lagi-lagi hanya di rumah saja. 

Sudah sejak lama sebenarnya saya ingin mendaftarkan dia ke bimbingan belajar online, tapi yang tersedia mulai dari jenjang SD saja. Ahaa! Pas banget ya sekarang ini kan dia udah masuk SD,  jadi udah bisa dong dia dibantu belajar dengan bimbel online.  

Memilih Bimbingan Belajar Online untuk Menemani Anak Selama PJJ


Sebenarnya dari bulan lalu sudah mulai hunting dan membandingkan layanan belajar online yang cocok untuk Si Kakak yang memang lebih senang belajar interaktif melalui video. 

Iyah, dia tipe anak visual-kinestetik. Selama ini saya lihat dia mudah mencerna pelajarannya jika langsung diberikan contoh, kalau cuma bilang ini begini, itu begitu mah dia cuma diam dalam kebingungannya. Dia pun juga tidak bisa duduk tenang saat belajar.



Jadi, setelah baca berbagai sumber dan juga cerita dari Mamak-mamak Blogger tentang pengalaman mendampingi anak-anak selama PJJ beserta tips dari mereka, tersebutlah salah satu bimbingan belajar online yang memang sudah tidak perlu diragukan lagi tak lain dan tak bukan adalah Ruangguru. Apalagi Ruangguru kan sekarang punya banyak produk yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, salah satunya adalah ruangbelajar


Belajar Lebih Menyenangkan Bersama Ruangbelajar dari Ruanguru




Ruangbelajar adalah salah satu produk dari ruangguru yang menawarkan video belajar animasi, latihan soal dan juga rangkuman berbentuk infografis serta tryout untuk persiapan ujian. Tersedia bagi semua jenjang pendidikan bagi semua kelas mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, persiapan  SBMPTN bahkan hingga kalangan umum pun bisa menggunakan ruangbelajar

Alasan Mengapa Harus Memilih Ruangbelajar dari Ruangguru


Setelah baca sekilas tentang ruangbelajar ini saya semakin penasaran dan jadi kepo dong ingin tahu lebih lanjut mengapa sih harus memilih ruangbelajar ini? Karena dari penjelasan singkat tadi, saya memang mulai tertarik dengan konsep yang ditawarkan dan rasanya cocok dengan Si Kakak yang memang senang belajar lewat video gitu. 


alasan memilih ruangbelajar


Nah, rasanya sudah jelas banget ya alasan mengapa harus memilih ruangbelajar dari ruangguru ini. Lihat saja dari segi pembelajaran, anak akan disuguhkan video belajar beranimasi yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan setiap murid dan diajarkan langsung oleh para Master Teacher terbaik. Materinya pun dapat diakses kapan saja dan berulang. 

Tidak hanya itu, video belajar juga bisa di download jadi tidak perlu khawatir bakalan boros kuota. Anak pun juga dapat berlatih ratusan ribu soal latihan yang dapat diakses di HP jadi gak perlu repot tuk print segala, paperless akan lebih baik. Lagian anak-anak jaman now kan lebih suka yang digital. 

Oh ya, dari semua kemudahan yang ditawarkan tadi, tidak kalah pentingnya juga adalah ruangbelajar itu lebih hemat bahkan bisa sampai 10x lipat dari bimbel jadul, lho. Anak pun juga akan merasa lebih nyaman karena belajarnya berasa privat, sendiri-sendiri tanpa ada gangguan.


Fitur di Ruangbelajar dari Ruangguru




Ada beberapa fitur menarik yang dimiliki ruangbelajar dari ruangguru ini yang tentunya akan membuat anak semakin senang belajar yaitu: 

  • Ruangguru PET
  • Ruangguru Adventure
  • Jadwal Belajar
  • Asah Otak
  • Bank Soal
  • Laporan Belajar
  • Beberapa fitur baru yang rilis di bulan Juli ini antara lain: Adapto, Rencana Belajar (Playlist Belajar), Subtitle Video, Fitur Pencarian, Pet Mission dan juga Tes Minat Bakat. 

Gimana, lengkap banget ya layanan ruangbelajar dari ruangguru? Fitur yang tersedia pun juga bisa buat anak-anak jadi semangat belajar. Nah. pasti jadi ingin juga kan ya anaknya dapatkan semua fasilitas dari aplikasi belajar online terbaik ini. Dengan adanya ruangbelajar bisa jadi solusi orang tua nih dalam mendampingi anak saat PJJ, sehingga hubungan ortu dan anak pun akan lebih harmonis. 


Semoga bermanfaat. 



Whould you like to comment?

  1. Harapan kita pastinya ingin pandemi segera berakhir ya mba, biar sistem belajar mengajar kembali seperti semula.
    Disamping itu,mendukung belajar anak dengan Ruangbelajar gak ada salahnya, biar anak makin aktif belajar.

    ReplyDelete
  2. Menemani anak belajar dalam masa PJJ rasanya memang nggak mudah ya Mba. Baca banyak pengalaman beberapa teman, rasanya tantangannya banyak.

    Senangnya sekarang ada Ruangbelajar by Ruangguru yang melengkapi segala materi pelajaran yang disampaikan guru secara daring. Kalau bingung, tinggal klik Ruangbelajar by Ruangguru buat cari penjelasan yang lebih lengkapnya deh.

    ReplyDelete
  3. Ruang belajar ini satu aplikasi dengan Ruang Guru kah?
    Bagus ya, ada latihan soal, video animasi, dll.. Bikin anak betah belajarnya dong..

    ReplyDelete
  4. Kalau anak kecil kayak SD gitu memang harus didampingi ya mbak dalam pembelajaran jarak jauh. Untungnya ada ruangguru nih yang bisa mendampingi sekaligus solusi orang tua

    ReplyDelete
  5. Kepikiran juga mau masukin babang ke ruangguru, biar bisa meringankan tugas emak hihi

    ReplyDelete
  6. Bersyukur y mbak sdh makin dimudahkan untuk ngasih pendidikan buat buah hati ;) jd lbh tenang dan makin semangat ada teman belajar dari Ruang guru nih hehe

    ReplyDelete
  7. Recommended banget ya Ruang Guru ini. Saya mupeng sama fitur-fiturnya benar2 bikin anak bisa belajar dengan asyik dan menyenangkan. Oh ya gak terasa ya si Kakak udah masuk SD juga. Semangat mendampingi anak belajar di rumah Kak :)

    ReplyDelete
  8. Hwaaa aku juga udah cobain fiturnya ruangguru cuman yang ruangbelajar ini belum. Pengajarannya memang nyenengin

    ReplyDelete
  9. Ehh iyaa ya, aku baru ngeh. Kalau anak2 yang sekolahannya TK dan PAUD gitu, guru2 nya gimana? hehehe Dan sistem belajar PJJ nya seperti apa. Selama ini aku cuma perhatiin yg tingkat SMA sama SMP aja sihh.
    Riweh yaaa, smoga aja badai pandemi segera berlalu

    ReplyDelete
  10. Harga terjangkau jg ya mbak Ruangguru ini. Dan siswa tentunya butuh latihan soal agar selama pandemi tidak bermain melulu ya. Orang tua juga kerja kan jadi ruanguru ini solusi

    ReplyDelete
  11. Banyaknya fitur di Ruanguru ini membantu sekali anak buat belajar secara lebih menyenangkan tapi satu sisi juga dapat ilmu

    ReplyDelete
  12. Hi mb Diyah salam kenal. sebagai pasutri yang masih baru nih. belum merasakan riwehnya momong anak. tapi sejak pandemi ini peran orang tua seakan tambah berat aja yah mb. tapi alhamdulillah sekarang banyak platform pendukung yang memudahkan orang tua. semangat mb buat nemenin anaknya PPJ. semangat mb

    ReplyDelete
  13. Lho sudah mulai ajaran baru ya? Pantesan ibuq tetangga udah rutin cuap2 tiap pagi. Anakku kuliah baru mulai libur. Sedih ya gak bisa main sama teman2 di sekolah. Untung belajarnya nggak masalah, dibantu Ruangguru.

    ReplyDelete
  14. ruangguru nih makin inovatif yaa mbaa fitur2nya. aku kaget sih sudah ada fitur adventure ituu.. makin bikin anak semangat belajar yaah :D

    ReplyDelete
  15. ruang belajar keren yaaa, mau aku rekomendasiin juga ah buat kponakan aku nih di tahun ajaran baru ini, nggak kerasa ternyata udah masuk tahun ajaran baru lagi ya

    ReplyDelete
  16. Ruang guru memiliki fitur yg lengkap, ini suatu media belajar ap yg kita cari disediakan oleh fitur ruang guru

    ReplyDelete
  17. Bagus nih ...ngebantu banget anak belajar di rumah ya....Aku tinggal si bungsu nih, itu juga sudah SMP kelas 3...Mudah2an bisa belajar dgn baik dan menikmatinya walau PJJ

    ReplyDelete
  18. Enak banget ruangbelajar sangat membantu si kecil belajar di rumah ya kak... Apalagi infografis nya uwu sekali hihi

    ReplyDelete
  19. Ihh...udah mau SD, nih. Nanti ketemu Dafa dan Lulu, ya. Hihihi. Btw, menurut aku juga kurang efektif, nih, daring via whats app. ngga ada komunikasi, kan. Hikkss.

    anak aku kemarin udah nyobain ruangbelajar juga. seruu, ya.

    ReplyDelete
  20. Aku diceritain temenku juga yang menyekolahkan anaknya di SD Negeri. Alhamdulillah, semua berjalan baik dan kini dibantu pula dengan adanya aplikasi ruangguru yang menyediakan ruangbelajar untuk anak-anak agar lebih memahami pelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  21. nah kalau dibantu ruangbelajar, semoga saja belajar semakin mantab yaaa.
    Semangat semuanya

    ReplyDelete
  22. wah ruangguru pastinya sangat membantu sekali ya untuk para orangtua. Ruangnelajar yang menjadi salah satu produk andalannya pastinya bermanfaat banget apalagi di saat pandemi seperti ini ya

    ReplyDelete
  23. semangat ya bu. btw si kakak usianya berapa nih? aku masih menyekolahkan anak di rumah alias ala ala homeschooling dulu nih.

    ruangbelajar dari ruangguru ini bagus banget programnya, kalau dihitung hitung, harganya sangat terjangkau dan kualitasnya lebih seru ya, ada banyak fun game gitu..

    ReplyDelete
  24. Wah kayaknya seru nih, belajar bersama RuangBelajar dari RuangGuru...
    Kalau masih kelas 1 SD memang belajarnya harus menyenangkan ya Mbak, misalnya melalui video animasi. Semoga Si Kakak betah dan happy belajar di SD bersama RuangBelajar ya Mbak...

    ReplyDelete
  25. Sangat bermanfaat sekali ya Mba adanya ruang guru dan ruang belajar di masa pandemi. Anak-anak jadi tetap terkontrol belajarnya.

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah banget zaman sekarang teknologi udah serba maju, pendidikan masih bisa berlangsung meski dengan daring dan segala keterbatasannya. Aplikasi ini salah satu inovasi yang sangat membantu sih menurutku di tengah keadaan saat ini.

    ReplyDelete
  27. Aku juga pengen masukin si kk yang sudah SMP ke ruangguru mbak, biar lebih efektif. Kalau masih SD, emak masih bisa handel, tapi kalau sudah SMP, takut nggak bener ngajarinnya. Hehehe

    ReplyDelete
  28. Aku bisa bayangin gimana klo anak TK belajar dari rumah. Pasti gak nyaman bangetttt, secara umur segitu lagi senang bermain ya. Mbak. Ah, pandemi memang mengubah segalanya.
    Untunglah Ruangguru juga selalu inovatif mengeluarkan produk pembelajaran seperti Ruangbelajar ini. Semoga proses belajar si Kakak makin lancar. Aamiin.

    ReplyDelete
  29. ruang guru jadi solusi bgt baut org tua yang merasa anaknya kurang maksimal belajar dari rumah dengan materi dri guru sekolah aja ya mba say

    ReplyDelete
  30. Ruangguru besar banget Kontribusinya terhadap pendidikan Indonesia. Ruangbelajar bikin belajar makin menyenangkan. Lihat perbandingan dengan bimbel jadul, harganya murmer banget dan fitur lengkap. Engga salah berlangganan Ruangbelajar by Ruangguru bikin mempermudah anak belajar

    ReplyDelete
  31. ternyata ruang guru lumayan terjangkau ya, kupikir mahal juga biayanya. Fiturnya juga komplit ternyata. Saya juga mulai worries ini si sulung masuk kelas 9 tahun ini. kayaknya butuh ini deh. thanks infonya mba

    ReplyDelete
  32. Luar biasa ya ruangguru jd inovasi canggih di bidang pendidikan. Bermanfaat nih apalagi di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  33. barengan nih sama Keenan, mau masuk SD tahun ini. yeaaa!!! walau sedih pengalaman SD pertamanya di masa pandemi dan lewat PJJ tapi jadi makin seru nih karena dibantu ruangbelajar dari ruangguru, apalagi lagi ada diskon

    ReplyDelete
  34. seneng deh kalo ada platform belajar online yang inovatif kayak ruangbelajar by ruangguru ini. anak jadi nggak bosen dan jadi semangat belajar.

    ReplyDelete
  35. Allhamdulilah ya Mba Diah ada ruangguru yang sangat membantu sekali. Jadi anakanak dapat belajar dengan menyenangkan

    ReplyDelete
  36. Ruang belajar dari ruang guru ini memang solusi tepat selama pandemi ini ya mbak. Anak-anak terbantu banget proses belajarnya.

    ReplyDelete
  37. Wuih udah masuk SD nih. Pasti seruuu ya walaupun proses pembelajarannya masih jarak jauh.
    Memang orang tua harus super kreatif menciptakan ruang belajar bagi anak, biar mereka tetep asik belajar, dan nggak cepet bosen...

    ReplyDelete
  38. Ruangbelajar dari ruangguru ini sangat membantu banyak orang saat ini terutama anak2 yamg sedang belajar di rumah

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^