5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Selama Pandemi

Bismillahirrahmanirrahim.....

Beberapa hari lalu Si Kakak bertanya "Ma, kapan Kakak ke sekolah lagi?", saya yang lagi main ama Dedek cuma jawab "nanti ya Kak, kalau si Corona sudah pergi dari Bumi kita". Dan tadi pagi pertayaan yang sama keluar lagi doong. Kayaknya doi sudah bosan, ingin ketemu teman-teman dan guru-gurunya juga.


Tidak cuma itu saja, kemarin saya juga dengar dia bertanya ke Bapaknya, "Bapak, kenapa kita tidak pernah ke Lippo lagi, ke MGM, ke Marina?" *kayaknya sih ini protes karena sudah dua bulan tidak dibolehkan kesana* dan si Bapak cuma menjawab "tidak boleh kesana dulu karena banyak virus".


Corona Virus? Bagaimana Memberi Penjelasan ke Anak-Anak? 


Kita pasti sudah tahu kan ya si Corona virus atau Covid-19 itu. Lalu, bagaimana memberi penjelasan ke anak-anak tentang pandemi ini? Kalau kami sih dengan memberi penjelasan sederhana ke anak-anak mengenai keadaan yang sedang terjadi saat ini. Bahwa kita sekarang tidak boleh ke tempat yang biasa kita kunjungi dulu karena virus ada dimana-mana. Virus itu bentuknya kecil dan tidak terlihat yang bisa masuk ke tubuh kita tanpa kita tahu kapan dan dari mana si virus itu datang. Sambil menunjukkan video edukasi Corona (Covid-19) untuk Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu lho.

Hasilnya? Alhamdulillah, kalau Si Kakak sih antusias nontonnya dan manggut-manggut, ntahlah dia faham atau gimana. Tapi kalau ditanya, "Kak, tidak boleh keluar kan? Kenapa Kak?" dia pun menjawab "ada virus", katanya.

Di saat seperti sekarang ini, sebagai orangtua apalagi Ibu peran kita untuk menjaga kesehatan keluarga sangatlah penting, bahkan bisa dibilang lebih ekstra daripada saat-saat biasa. Termasuk menjaga daya tahan tubuh anak-anak. Tahu sendirilah ya si virus ini mudah banget menyerang jika imun kita drop, duuh Naudzubillah min Dzalik dah! Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit, Aamiin.

Di postingan #TalkingMama bersama Mbak Ria kali ini kami ingin membahas cara kami menjaga daya tahan tubuh anak-anak di saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Eits, jangan lupa nanti mampir ke cerita Mbak Ria juga ya: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dalam Menghadapi Pandemi Covid-19


Beberapa cara berikut adalah yang saya terapkan ke anak-anak agar daya tahan tubuh mereka tetap terjaga selama pandemi Corona ini:

1.Rajin Mencuci Tangan

Kalau  dari saya pribadi sih, jauh sebelum negara api menyerang Corona datang saya sudah  rajin mencuci tangan, apalagi jika dari luar. Wajib banget itu cuci tangan dahulu sebelum melakukan kegiatan lain apalagi kalau sempat mampir di suatu tempat, ntah itu tuk belanja atau keperluan lain. Meski selalu sedia hand sanitizer sih tapi belum afdol rasanya kalau gak cuci tangan. 

Anak-anak pun juga saya biasakan gitu sih, tapi sekarang lebih ditingkatkan lagi. Kalau Si Kakak sih udah tahu, kalau habis dari luar rumah itu harus cuci tangan dahulu, begitu juga sebelum dan setelah makan. Lalu, bagaimana dengan Adek? Dia mah follower sejatinya Kakak, apa yang dikerjakan Kakak juga diikuti. Apalagi soal cuci tangan, bisa moduslah dia tiap saat ke tempat kran air tuk cuci tangan, hadeeh

2. Perbanyak Minum Air Putih

orange (Kakak), toska (Adek)

Si Kakak itu jarang minum, beda dengan Adeknya yang tiap saat bisa minta minum. Makanya Kakak itu harus selalu dikontrol dan diingatin tuk minum air putih. Jadilah untuk memudahkan, masing-masing punya tumblr dan kalau mau minum pakai itu, kalau habis udah pada pintar isi sendiri juga. Tapi tetap, Kakak mah mesti tiap saat diingatin, tentang minumnya. Dia ingatnya minum itu sehabis makan, hohohoh.

Baca juga: Ragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

olahan buah

Untuk yang satu ini emang rada tricky sih, karena anak-anak ini suka milih tapi kalau sayur yang ada jagungnya sih mereka doyan, paling suka kalau ada baby corn gitu, wortel pun juga suka kok. Nah, kalau buah itu juga butuh perjuangan ngasihnya. Padahal waktu bayi mah pada doyan buah kok, eh sekalinya beranjak besar gini kalau disuguhin buah pakai acara drama dulu, jadilah biasanya saya akalin buahnya dijadikan kue atau popscile baru deh pada mau, heheheh. Oh iya, jangan lupa vitamin juga ya.

Baca juga: Manfaat Madu TJ Super/Extra Untuk Anak-Anak

4. Berjemur di Pagi Hari

Si Adek asyik berjemur

Ini sebenarnya tidak rutin. Sebelum Ramadhan biasanya anak-anak gantian berjemur ama saya atau Bapaknya. Tapi Ramadhan gini berubah jadwalnya, apalagi bulan puasa ini Si Kakak yang ikutan sahur,  kembali tidur setelah Shalat Subuh bareng Bapak dan biasanya bangunnya menjelang berbuka puasanya dia. Iyes, Kakak masih belajar puasa jadi masih setengah hari. Jadilah yang belakangan sering ikut berjemur cuma Si Adek aja, itu juga kalau pas saya lagi urus jemuran. Jadilah kalau mau menjemur di luar saya ajak dia sekalian, dan dia jadi happy dong bisa main di luar. Kalau udah lihat saya udah bawa cucian yang siap dijemur langsung siap deh dia "mau jemur, Mama?" tanyanya polos.

5. Tidur yang Cukup

Selain yang sudah saya sebutkan di atas, ini juga penting. Karena tidur yang cukup bisa buat tubuh anak menjadi sehat juga dan InsyaAllah daya tahan tubuhnya juga bisa kuat. Jadilah jam 10 malam tuh, anak-anak sebisa mungkin udah saya ajak tidur. Dan di siang hari pun juga saya biasakan mereka tuk tidur siang biar gak gampang capek dan jadi rewel, anak-anak kan kalau kurang tidur juga jadi rewel, senggol dikit bakalan heboh deh.

Nah, inilah kelima cara saya dalam menjaga daya tahan tubuh anak saat pandemi Covid-19 ini. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua diberi perlindungan kesehatan ya Temans, terutama tuk anak-anak.

Stay Safe and Healthy ya dan tetap semangat puasa Ramadhannya ya, menghitung hari lagi kita menuju kemenangan, InsyaAllah, Aamiin.




Diah
Next Post Previous Post
36 Comments
  • Ria Nugroho
    Ria Nugroho 12:18 AM

    Faraz udah kangen sekolah yaa? Sama nih iyas juga udah nanyain sekolah terus. Mudah-mudahan yaa pandemi ini bisa cepet selesai

  • Dessy Achieriny
    Dessy Achieriny 6:12 PM

    Kalau di rumah masih bisa kita pantau mengenai cuci tangan, tidur yang cukup dll. Namun kalau udh masuk sekolah agak was-was, karena gak bisa kita pantau. Semoga aja masuk sekolah diundur sampai pandemi berakhir.

  • Lina Muryani
    Lina Muryani 8:06 PM

    Anak sy udah 3 tahun n pengen jg jln2 Mb, bingung bikin dia betah di rumah kl g siap2 dgn bnyk mainan

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 10:28 PM

    Perbanyak minum air putih dan juga sayuran adalah hal yang penting ya mbak. Di tengah pandemi gini harus menjaga kesehatan karena sangat rawan sekarang di kesehatan.

  • Kanianingsih
    Kanianingsih 12:50 AM

    Maksih tips dan reminder nya mba. Anak saya ada yg gak suka sayur nih, PR banget.

  • blogger parenting
    blogger parenting 6:59 AM

    Penting banget ya Mba menjaga daya tahan tubuh anak selama pandemi ini .karena cuma beginilah caranya agar terhindar dari virus. Soalnya belum ditemukan obat maupun vaksin nya..
    Kalau kami selain yang di atas, kalo terpaksa harus keluar rumah, memakai masker juga.

  • Kartika Nugmalia
    Kartika Nugmalia 8:16 PM

    Wah iyaaa... Sejak pendemi kami banyak konsumsi sayur dan buah buahan nih. Tetap semangat. Semoga ini semua segera berlalu yaaa

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 2:29 AM

    Noted Mbak Diah,, terutama yg no 4 rutin banget kami laksanakan di rumah. Allah kasih vitamin D gratis sayang banget dilewatkan ya

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 8:59 AM

    Terima kasih tipsnya mbak.
    Anak2ku juga sudah rutin berejemur tiap pagi

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 7:39 PM

    Jika kita rutin menerapkan tips yang mbak tulis, Insha Allah daya tahan tubuh kita juga akan fit sepanjang hari.

  • lithaetr
    lithaetr 1:10 PM

    Anak-anak memang yang sebenarnya paling stress dan paling butuh hiburan, tanpa kita sadari. Jadilah berjemur sambil jalan keliling komplek adalah hiburan renyah bagi kami, hehehe

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 1:26 PM

    Sepakat bgt sm kelima tips di atas mbak. Jaga kebersihan, makan yg bergizi, olahraga, istrihat yg cukup kudu bgt dilakukan secara seimbang. Apalagi anak2 meski di rumah aja tetap aktif sepanjang hari ya. Hhh

  • Anisa Deasty Malela
    Anisa Deasty Malela 10:09 AM

    Alhamdulillah tipsnya sangat membantu, semoga pandemi ini segera berlalu ya Bunda. Anak-anak sudah rindu bermain bersama teman-temannya

  • Risma Mualifatun Ni'mah
    Risma Mualifatun Ni'mah 9:47 PM

    emang bener anak-anak ini yang paling harus diperhatikan. soalnya mereka sama sekali belum ngeh tentang kondisi sekarang ini, kayak anakku hehe

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 4:38 AM

    Jangankan anak kecil..diri ini pun ingin menatap pemandangan lain selain atap jemuran haha. Bener nih mam, aku jg nerapin hal yg sm keluargaku...sering jemur nih sekalian jemur bayi hihi

  • Dhika Suhada
    Dhika Suhada 6:27 PM

    Sayur dan buah buahan sekarang jadi menu wajib nih di rumah. Stok buah tiap hari demi kesehatan seisi rumah. Salam sehat ya mbak. Semoga situasi segera kondusif, anak anak bisa kembali bebas bermain dan sekolah.

  • Meilawati Nurhani
    Meilawati Nurhani 11:12 PM

    Wah makasih tipsnya Mbak, memang di masa pandemi ini harus banget jaga imun anak, apalagi sistem imun mereka belum sekuat orang dewasa, penting juga memberi pemahaman tentang virus ini kepada mereka, dengan bahasa yang mudah dipahami tentunya.

  • Priyani Kurniasari
    Priyani Kurniasari 11:19 PM

    Alhamdulillah poin 1-4 sama mba, cuma untuk bobok siang anak pertamaku rada susah diminta. Tapi untungnya anaknya jadi tidur ceper kalau malam jadi emaknya bisa selonjoran dikit,hehe

  • Ane Fariz
    Ane Fariz 3:16 PM

    Emak dituntut untuk lebih kreatif mengolah makanan sehat ya... biar anak-anak nggak bosan.

  • Salbiah
    Salbiah 4:57 PM

    Banyak minum air putih ini yg agak susah Mbak. Meski diingatkan berkali Kali, padahal tinggal penjet dispenser karena gelasnya sudah tersedia. Semoga dg sejak dini dibiasakan akan berlanjut sampai mereka dewasa.

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 6:14 AM

    Nice tips, Mbak. Anakku agak susah minum air putih, paling cuman seteguk aja habis itu dia lari-lari. Sekarang usianya empat tahunan, udah jarang bisa diajak tidur siang. Saya kasih multivitaminnya madu sih buat anak.

  • Haeriah Syamsuddin
    Haeriah Syamsuddin 7:18 AM

    Daya tahan tubuh anak-anak memang termasuk paling rentan drop di masa pandemi ini. Dengan menerapkan lima tips di atas, semoga ini menjadi ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan anak-anak.

  • Arif Rudiantoro
    Arif Rudiantoro 7:46 AM

    Tak tambain Bunda, kalau anak suka minum teh

    Alangkah baiknya di bikinkan teh lemon di pagi hari, untuk menjaga daya tahan tubuh khususnya di masa Pandemi.

    Lemon di percaya dapat membunuh toksin dan virus di dalam tubuh.

  • bundabiya.com
    bundabiya.com 11:05 AM

    aku menerapkan kelima hal itu juga mbak, plus aku kadang memberi anak-anakku vitamin dan madu :D

  • miyosi ariefiansyah (bunda taka)
    miyosi ariefiansyah (bunda taka) 8:18 PM

    Sebagai ibu jadi lebih protektif dg adany covid ini y mb
    Saya pun mbaa
    Semoga anak2 d sana dan d seluruh dunia sehat selalu

  • Dyah KS
    Dyah KS 10:02 PM

    Smoga pandemi lekas berlalu ya mba. Smoga Allah selalu melindungi kita dan keluarga mba Diah. Aamiin

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 10:45 PM

    Alhamdulillah, semua tips diatas sudah dijalani oleh anak2ku. Aku concern sama cuci tangan, dan vitamin. Harus pakai masker kalau terpkasa keluar rumah

  • Ratu Kemala
    Ratu Kemala 11:59 PM

    Orang dewasa juga harus mempraktikannya nih
    Duh tidur cukup yang masih kurang dari saya hehe

  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso 1:08 AM

    Alhamdulillah udah semua mba, sejak pandemi ini aku dan anak plus suami juga suka jalan jalan pagi sambi; berjemur. jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui deh

  • Mis Juli
    Mis Juli 1:23 AM

    Covid-19 memberikan pelajaran berharga untuk kita untuk kembali kepada kedisiplinan dan kebersihan sesungguhnya

  • Meilia Wuryantati
    Meilia Wuryantati 11:23 PM

    Terimakasih tipsnya Mbak, bener banget nih untuk menjaga daya tahan tubuh selama Pandemi ini. Aku dan anakku juga sudah melakukan nih. Nah cuma satu nih yang agak berkurang Berjemurnya jadi males2an duh.

  • Farahdjafar
    Farahdjafar 12:58 PM

    Emang kalo anak sekolah udah masuk masih was2 yah, karena kalo anak kecil kan yang mabtau orang dirumah yah

  • Miskah Khairani
    Miskah Khairani 8:24 PM

    Makasih nih mba tipesnya. Bener bgt nih Sebagai ibu jadi lebih protektif di masa wabah ini
    Semoga anak2 d sana dan d seluruh dunia sehat selalu, amin

  • Yeti Nurmayati
    Yeti Nurmayati 5:52 PM

    Betul sekali tipsnya. Semoga cepat berlalu Pandemi ini, rasanya kok takut mau kemana-mana saat ini.

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 11:49 PM

    PR banget ya mbak masa pandemi ini untuk para balita. Yang tua aja pada galaw, apalagi anak-anak hehehee.. .
    Semoga anak-anak tetap happy dan sehat di rumah. Itu yg paling utama.

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 11:08 AM

    Dan setelah adanya corona kita jadi terbiasa dengan pola hidup bersih. Itulah dampak positif dari adanya corona. Selebihnya negatif semua huhu

Add Comment
comment url