Explore the blog
Wednesday, July 21, 2021

Roboguru, Solusi Bantu Jawab Soal Sulit Anak

Sudah seminggu ini Si Kakak masuk sekolah - SD. Diawali dengan pengenalan sekolah, MPLS daring di rumah saja lalu di hari ketiga udah mulai diberi tugas. So far sih masih diberi tugas menulis dari Ibu Gurunya. Di hari Jumat kemarin untuk pertama kalinya ketemu teman-teman kelasnya via Zoom saat belajar Pendidikan Agama. 



Sudah diberi petunjuk juga nanti akan menggunakan buku panduan apa. Alhamdulillah bukunya pun sudah ada. Baru 2 buku paket cetaknya sih yaitu buku tematik dan satunya lagi buku Agama. Saya juga sudah baca sekilas isi dari kedua buku tersebut. 

Materi Pelajaran Anak Sekolah Zaman Sekarang


Surprisingly, pelajaran anak zaman now itu beda banget ya dengan dulu. Ini lebih kompleks meski masih level yang mudah dimengerti sih, beda dengan jaman emaknya sekolah dulu. Jadi kebayang deh nanti kalau Si Kakak duduk di bangku SMP dan SMA pasti lebih wah lagi pelajarannya. Saya sudah lihat juga sih, selama PJJ ini ponakan yang duduk di bangku SMP itu tugasnya banyak, materinya juga bukan kaleng-kaleng deh! 

Sampai Kakak dan Ipar yang mendampingi anaknya belajar tidak jarang harus bertanya juga pada Adiknya Ipar yang emang seorang Guru meski mereka juga sebelumnya sudah mencoba cari jawaban dari Google tapi memang ada kalanya kita kurang puas kan ya dengan jawaban yang tersedia dan harus mencari jawaban yang benar-benar sesuai. 

Duh, gak kebayang deh nanti Si Kakak juga bakalan bingung kalau dapat tugas yang dia gak tahu dan tentu akan bertanya ke saya tentang pelajaran-pelajarannya. Sedangkan materi pelajaran itu pastinya akan terus berkembang begitu pun juga dengan pembahasannya. 


Mengenal Roboguru dari Ruangguru


Syukurnya saya dapat info kalau sekarang itu ada fitur terbaru dari Ruangguru yang bisa jadi solusi bantu siswa dalam menjawab soal. Bukan rahasia lagi kan ya kalau Ruangguru itu adalah aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan punya banyak fitur yang bisa digunakan oleh siswa dari semua jenjang bahkan bisa juga untuk persiapan SBMPTN dan STAN. 

Nah, fitur terbaru yang saya maksud tadi yaitu Roboguru yang merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan oleh Ruangguru yang akan membantu kita dalam menemukan jawaban bahkan untuk soal tersulit sekali pun. 


Cara Menggunakan Fitur Roboguru 


tanya Roboguru

Untuk menggunakan Roboguru dari Ruangguru ini pun sangat mudah sekali bahkan siswa sendiri juga bisa langsung bertanya kepada Roboguru melalui WhatsApp tapi bisa juga kok diakses dari website roboguru.ruangguru.com ataupun pada aplikasi Ruangguru. 


Bertanya Pada Roboguru Melalui WhatsApp


Sekarang ini semua udah menginstall WhatsApp di ponsel pintarnya bahkan aplikasi chat ini menjadi yang paling banyak digunakan. Nah, jika ingin bertanya ke Roboguru melalui WhatsApp sangat mudah yaitu:
 
tanya Roboguru via WhatsApp

  1. Ketik pesan "ROBOGURU" kemudian kirim ke nomor 0815-7815-000
  2. Pilih kelas/jenjang pendidikan.
  3. Pilih mata pelajaran yang ingin ditanyakan. 
  4. Ketik soal atau foto soal yang ingin ditanyakan. Pastikan soal bukan ditulis tangan dan foto harus jelas, tidak boleh buram agar Roboguru bisa mudah membacanya. 


Bertanya Pada Roboguru Melalui Website atau Aplikasi Ruangguru


tanya Roboguru via website


Jika sudah mengunduh aplikasi Ruangguru di handphone, kita juga bisa bertanya lho pada Si Roboguru ini. Begitu juga kalau mau tanya via websitenya, keduanya bisa dan caranya pun sangat mudah. Kita tinggal masuk pada menu roboguru, kemudian pilih jenjang pendidikan, mata pelajaran dan ketik  soal yang ingin ditanyakan. 


Keunggulan Roboguru dari Ruangguru


Hmm, gimana? Kedua cara ini sangat mudah, bukan? Baik itu melalui WhatsApp ataupun pada aplikasi dan juga websitenya. Saya rasa sih pilihan WhatsApp yang paling banyak diminati. Tidak hanya itu saja, fitur ruangguru ini bisa diakses tanpa harus berlangganan lho alias GRATIS tanpa dipungut biaya. Berbeda dari fitur Ruangguru lainnya yang dikenakan biaya berlangganan. 

Jadi, sebagai orangtua kita tidak perlu khawatir lagi ya jika anak bertanya soal yang sulit. Roboguru hadir telah sebagai solusi bantu anak dalam menjawab soal sulit karena Roboguru akan menjawab pertanyaan kita sekaligus dengan memberikan penjelasan yang lengkap. Oh ya perlu diingat, dalam sehari kita cuma bisa bertanya 5 soal saja. Tidak apa-apalah ya gratis gini juga kan. So, manfaatkan sebaik mungkin ya jatah pertanyaannya per hari, jangan beri pertanyaan iseng, hehehh.☺


Semoga bermanfaat. 




Whould you like to comment?

  1. Roboguru memang sangat membantu saat ada pertanyaan sulit apalagi bisa mendapatkan jawaban yang tepat sasaran dan sudah ada penjelasannya. Praktis pula.

    ReplyDelete
  2. Si bungsu juga udah mulai ke sekolah, tapi hanya untuk perkenalan saja. Selanjutnya belajar daring. Ini di JaTeng loh, masih belajar online.

    semenjak ada platform dari Ruangguru ini, saya dan istri nggak terlalu khawatir, karena si bungsu bisa belajar tambahan di Ruangguru. Apalagi ada Roboguru, urusan bertanya pelajaran jadi lebih mudah, cukup lewat wA saja ya.

    ReplyDelete
  3. Kalau anakku yang bungsu gatau soal sulit nanya ke kakaknya. Nah giliran si kakak nanya ke emaknya hahaha...pusing kepala. Kalau ada roboguru kan bantu banget ya...wah beneran Ruangguru bisa jadi solusi belajar di semua lini

    ReplyDelete
  4. Mantep bisa diakses via WhatsApp juga y ternyata kupikir harus via apps ruangguru juga, lebih memudahkan n praktis sepertinya

    ReplyDelete
  5. RuangGuru makin inovatif. Dengan adanya Roboguru sangat membantu sekali murid juga orang tua. Sama sama tenang

    ReplyDelete
  6. praktis Banget ya ada roboguru ini. Bisa jawab soal via wa doang.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^