Roboguru, Solusi Bantu Jawab Soal Sulit Anak

Sudah seminggu ini Si Kakak masuk sekolah - SD. Diawali dengan pengenalan sekolah, MPLS daring di rumah saja lalu di hari ketiga udah mulai diberi tugas. So far sih masih diberi tugas menulis dari Ibu Gurunya. Di hari Jumat kemarin untuk pertama kalinya ketemu teman-teman kelasnya via Zoom saat belajar Pendidikan Agama. 



Sudah diberi petunjuk juga nanti akan menggunakan buku panduan apa. Alhamdulillah bukunya pun sudah ada. Baru 2 buku paket cetaknya sih yaitu buku tematik dan satunya lagi buku Agama. Saya juga sudah baca sekilas isi dari kedua buku tersebut. 

Materi Pelajaran Anak Sekolah Zaman Sekarang


Surprisingly, pelajaran anak zaman now itu beda banget ya dengan dulu. Ini lebih kompleks meski masih level yang mudah dimengerti sih, beda dengan jaman emaknya sekolah dulu. Jadi kebayang deh nanti kalau Si Kakak duduk di bangku SMP dan SMA pasti lebih wah lagi pelajarannya. Saya sudah lihat juga sih, selama PJJ ini ponakan yang duduk di bangku SMP itu tugasnya banyak, materinya juga bukan kaleng-kaleng deh! 

Sampai Kakak dan Ipar yang mendampingi anaknya belajar tidak jarang harus bertanya juga pada Adiknya Ipar yang emang seorang Guru meski mereka juga sebelumnya sudah mencoba cari jawaban dari Google tapi memang ada kalanya kita kurang puas kan ya dengan jawaban yang tersedia dan harus mencari jawaban yang benar-benar sesuai. 

Duh, gak kebayang deh nanti Si Kakak juga bakalan bingung kalau dapat tugas yang dia gak tahu dan tentu akan bertanya ke saya tentang pelajaran-pelajarannya. Sedangkan materi pelajaran itu pastinya akan terus berkembang begitu pun juga dengan pembahasannya. 


Mengenal Roboguru dari Ruangguru


Syukurnya saya dapat info kalau sekarang itu ada fitur terbaru dari Ruangguru yang bisa jadi solusi bantu siswa dalam menjawab soal. Bukan rahasia lagi kan ya kalau Ruangguru itu adalah aplikasi bimbingan belajar online terbaik dan punya banyak fitur yang bisa digunakan oleh siswa dari semua jenjang bahkan bisa juga untuk persiapan SBMPTN dan STAN. 

Nah, fitur terbaru yang saya maksud tadi yaitu Roboguru yang merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan oleh Ruangguru yang akan membantu kita dalam menemukan jawaban bahkan untuk soal tersulit sekali pun. 


Cara Menggunakan Fitur Roboguru 


tanya Roboguru

Untuk menggunakan Roboguru dari Ruangguru ini pun sangat mudah sekali bahkan siswa sendiri juga bisa langsung bertanya kepada Roboguru melalui WhatsApp tapi bisa juga kok diakses dari website roboguru.ruangguru.com ataupun pada aplikasi Ruangguru. 


Bertanya Pada Roboguru Melalui WhatsApp


Sekarang ini semua udah menginstall WhatsApp di ponsel pintarnya bahkan aplikasi chat ini menjadi yang paling banyak digunakan. Nah, jika ingin bertanya ke Roboguru melalui WhatsApp sangat mudah yaitu:
 
tanya Roboguru via WhatsApp

  1. Ketik pesan "ROBOGURU" kemudian kirim ke nomor 0815-7815-000
  2. Pilih kelas/jenjang pendidikan.
  3. Pilih mata pelajaran yang ingin ditanyakan. 
  4. Ketik soal atau foto soal yang ingin ditanyakan. Pastikan soal bukan ditulis tangan dan foto harus jelas, tidak boleh buram agar Roboguru bisa mudah membacanya. 


Bertanya Pada Roboguru Melalui Website atau Aplikasi Ruangguru


tanya Roboguru via website


Jika sudah mengunduh aplikasi Ruangguru di handphone, kita juga bisa bertanya lho pada Si Roboguru ini. Begitu juga kalau mau tanya via websitenya, keduanya bisa dan caranya pun sangat mudah. Kita tinggal masuk pada menu roboguru, kemudian pilih jenjang pendidikan, mata pelajaran dan ketik  soal yang ingin ditanyakan. 


Keunggulan Roboguru dari Ruangguru


Hmm, gimana? Kedua cara ini sangat mudah, bukan? Baik itu melalui WhatsApp ataupun pada aplikasi dan juga websitenya. Saya rasa sih pilihan WhatsApp yang paling banyak diminati. Tidak hanya itu saja, fitur ruangguru ini bisa diakses tanpa harus berlangganan lho alias GRATIS tanpa dipungut biaya. Berbeda dari fitur Ruangguru lainnya yang dikenakan biaya berlangganan. 

Jadi, sebagai orangtua kita tidak perlu khawatir lagi ya jika anak bertanya soal yang sulit. Roboguru hadir telah sebagai solusi bantu anak dalam menjawab soal sulit karena Roboguru akan menjawab pertanyaan kita sekaligus dengan memberikan penjelasan yang lengkap. Oh ya perlu diingat, dalam sehari kita cuma bisa bertanya 5 soal saja. Tidak apa-apalah ya gratis gini juga kan. So, manfaatkan sebaik mungkin ya jatah pertanyaannya per hari, jangan beri pertanyaan iseng, hehehh.☺


Semoga bermanfaat. 




Next Post Previous Post
56 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 10:25 AM

    Roboguru memang sangat membantu saat ada pertanyaan sulit apalagi bisa mendapatkan jawaban yang tepat sasaran dan sudah ada penjelasannya. Praktis pula.

  • HendraDigital
    HendraDigital 3:46 PM

    Si bungsu juga udah mulai ke sekolah, tapi hanya untuk perkenalan saja. Selanjutnya belajar daring. Ini di JaTeng loh, masih belajar online.

    semenjak ada platform dari Ruangguru ini, saya dan istri nggak terlalu khawatir, karena si bungsu bisa belajar tambahan di Ruangguru. Apalagi ada Roboguru, urusan bertanya pelajaran jadi lebih mudah, cukup lewat wA saja ya.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 9:45 AM

    Kalau anakku yang bungsu gatau soal sulit nanya ke kakaknya. Nah giliran si kakak nanya ke emaknya hahaha...pusing kepala. Kalau ada roboguru kan bantu banget ya...wah beneran Ruangguru bisa jadi solusi belajar di semua lini

  • Anotherorion.com
    Anotherorion.com 12:23 PM

    Mantep bisa diakses via WhatsApp juga y ternyata kupikir harus via apps ruangguru juga, lebih memudahkan n praktis sepertinya

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 8:54 PM

    RuangGuru makin inovatif. Dengan adanya Roboguru sangat membantu sekali murid juga orang tua. Sama sama tenang

  • Farida Pane
    Farida Pane 4:52 AM

    praktis Banget ya ada roboguru ini. Bisa jawab soal via wa doang.

  • Okti Li
    Okti Li 9:16 AM

    Keunikan pembelajaran dari Ruangguru tuada habisnya ya. Salut saya dengan sistem Roboguru ini. Cukup dengan pesan wa kita udah bisa konsultasi pembelajaran dengan ahlinya. PJJ makin menyenangkan nih kalau begini...

  • Maria Tanjung Sari
    Maria Tanjung Sari 9:27 AM

    Kakak iparku juga nih sering mengeluhkan, pelajaran skrng itu beddaaa jauh sama skrng ya mbak. Untungnya ada roboguru yang bisa menemani anak belajar dna jadi solusi. keren memang

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 3:41 PM

    Wah senengnya masuk tahun ajaran baru, memang ruangguru selalu berinovasi dan memberi yang terbaik khususnya di dunia pendidikan di Indonesia ya kak.

  • Susie Ncuss
    Susie Ncuss 4:24 PM

    Setuju banget kalau fitur ini akan banyak dipake via whatsapp karena WA itu udah kayak nyatu dengan kehidupan gitu lho, hehe

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 5:14 PM

    Wah bisa via whatsapp juga ya, keren sekali. Sungguh solusi untuk orang tua dalam membersamai proses belajar mengajar pada anak di masa PJJ ini.

  • Lintang
    Lintang 5:59 PM

    Iya nih, anak SD jaman sekarang kalau masa darting gini bikin emaknya pusing hehe. Soalnya emang beda sama jaman emaknya. Eh untung ada fitur tanya jawab roboguru lewat WA yah. Jadi gampang kalau mau konsul tentang mapel tertentu.

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 9:06 PM

    Memang tugas sekolah bikin pusing orang tuanya. Kalo masih sd aoh gamlang ya..tapi kalo sudah smp sma alamaakkkk...

  • sari widiarti
    sari widiarti 3:28 AM

    Roboguru cerdas banget nih, cuma foto soal, kirim langsung dapat penyelesaiannya dari soal itu, apalagi gratis, bisa jadi solusi, apalagi sekarang belajar di rumah aja, nggak bisa diskusi atau belajar dengan teman, kalau ada roboguru, belajarnya makin lancar, gak pusing sama soal yg sulit

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 3:50 AM

    Makin keren aja nih Ruangguru. Ada Roboguru juga sekarang. Kayaknya Roboguru tuh singkatan dari Robot Guru kali yaa.. Haha soalnya kan pakai AI. Otw coba cek

  • Ainun
    Ainun 9:25 AM

    sekarang belajar jadi makin mudah dan terbantu dengan hadirnya roboguru ini
    adik aku sendri termasuk susah bener kalau disuruh belajar sendiri, heran juga

  • Sri Wulandari
    Sri Wulandari 11:59 AM

    Wih keren bisa jawab soal hanya dengan lewat foto. Kalau begitu anak-anak bisa makin semangat ini belajarnya. Asal jangan selalu mengandalkan jawaban roboguru nya ya hehe

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 2:37 PM

    Ini fitur yang bermanfaat banget menurut saya. Karena banyak soal-soal yang anak merasa kesulitan tapi malu tanya ke guru. Sedangkan saya juga nggak bisa bantu. Dengan adanya roboguru jadi bisa nanya dan dapat pembahasan soal yang lengkap.

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 5:18 PM

    Keren banget si Ruangguru, ini ada Roboguru yang dapat menjawab setiap soal. Membantu sekali saat anak kesulitan menjawab soal.

  • Marfa Umi
    Marfa Umi 7:56 PM

    Waaah kece dan canggih yak jadi nggak cuma ngasih jawaban aja nih si roboguru namun juga gimana sih proses dan penyelesaiannya. Anak jadi bisa mudah paham dan membantu PR atau latihan soal keseharian juga yak :d

  • Han
    Han 7:57 PM

    Hwaaa jadi momok banget yaa mbaa kalau gabisa jawab pertanyaan anak tuh haha. Saya juga maunya pengen belajar teruss biar nanti kalo ditanya2 soal SD masih bisa jawab wkkwwk. Tapi roboguru alhamdulillah ngebantu banget yah

  • Susie Ncuss
    Susie Ncuss 8:16 PM

    roboguru ini memang beneran solutif ya buat emak dan anak menghadapi PJJ yang entah sampai kapan inih... hehe

  • Yanti Ani
    Yanti Ani 9:53 PM

    Pakai Roboguru serasa punya guru privat pribadi ya, anak-anak sekarang semakin dimudahkan dalam belajar. Semoga saja layanan ini bisa betul-betul dimanfaatkan mereka dan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan bijak

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 10:43 PM

    Wah, anaknya Mba Diah saja materi belajar SD tingkat awal saja sudah mulai njelimet. Lha bagaimana dengan anak anakku nantinya coba?

    Asiknya sekarang Ruangguru menghadirkan Roboguru sih ya. Semoga makin berkembang terus biar pas jamannya anakku, aku ikutan tenang karena lebih terbantu juga urusan menemani sesi pembelajarannya.

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 11:04 PM

    emang kadang membersamai anak beajar itu ada kesulitannya meskipun soal yang diberikan mudah, kita tahu jawabannya tapi enggak tahu cara yang benar buat ngejelasinnya. Untunglah zaman sekarang ada roboguru yang membantu banget....

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 11:09 PM

    kecerdasan buatan dari ruang guru ini beneran solusi menjawab semua permasalahan belajar mengajar termasuk masalah tuga dan pekerjaan rumah yang tidak bisa diselesaikan ortu. kece nih

  • Khairunnisa Z Putri
    Khairunnisa Z Putri 11:33 PM

    Punya adek sepupu yang kalau ada soal pelajaran yang sulit kadang suka wa minta bantu untuk dijawab, untungnya nemu roboguru, jadi bisa kasih rekomendasi buat dia.

  • Adriana Dian
    Adriana Dian 11:45 PM

    Wih kerennyaaaa.. sekarang RuangGuru juga punya AI untuk bantu anak anak belajar yaaaa.. makin kece nih RuangGuru dengan RoboGurunyaaaa

  • Zee Vorte
    Zee Vorte 11:48 PM

    waduh cakep banget, skrg udah jaman digital jadi adanya roboguru membantu siswa/i yang ingin mencari tau jawabannya

  • Erny Note
    Erny Note 12:02 AM

    Roboguru dari Ruangguru fitur baru yang sangat membantu siswa dlm mengatasi soal2 sulit ya. Recommended banget fitur belajar online ini.

  • Sabrina
    Sabrina 12:27 AM

    makin banyak ya sekarang produknya ruangguru, pastinya ini akan sangat membantu kaum ibu untuk proses pembelajaran anak-anaknya, termasuk Roboguru ini pasti sangat membantu untuk anak-anak dalam mengerjakan tuhas-tugas sekolahnya

  • Arni
    Arni 12:39 AM

    Sahabat orangtua dan murid nih ruangguru
    Apalagi di masa pandemi yang belajarnya anak gak pernah tatap muka langsung dengan guru
    Mau bolak balik nanya dan konsul tentang materi yang gak dimengerti juga kok yo sungkan sama gurunya
    Untungnya ada Roboguru dari ruang guru
    Pelajaran aman, anak senang, ortupun tenang hehe

  • Apura
    Apura 12:39 AM

    Iya aku kadang susah jelasin ke anakku tentang materi belajar dia. Padahal baru kelas 2 SD. Gak kebayang nanti kalau sudah naik tingkat. Kayaknya perlu pakai jasanya RoboGuru ini.

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 10:14 PM

    Ya sudah lah ya dari pada mak emak pusing mikirin soalnya anak-anak yang super sulit Dan bikin pening serahin saja pada Ahlinya roboguru gini

  • dudukpalingdepan
    dudukpalingdepan 11:06 PM

    Alhamdulillah nggak cuma aplikasi belanja aja yang berkembang ya, tapi juga aplikasi belajar anak. Ruangguru emang top deh, selalu ada inovasi untuk membantu siswa di Indonesia lebih giat belajar.

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 11:24 PM

    Thanks for sharing kak nah fitur kaya gini yang dibutuhkan sekarang huhu soale anak-anak dikasih soal sama gurunya vuma plek ketiplek soal aja kadang ga pakai penjelasan atau cara-caranya jadi anak-anak cari dn google tapi kalau pakai ini lebih praktis dan cepat ya.

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 4:04 AM

    Bener mbak. Jaman sekarang mengapa orang tua berlomba2 mencarikan tempat les untuk putra putrinya, itu semata2 karena materi jaman sekarang beda jauh dengan materi waktu kita masih sekolah. Kita sudah kewalahan untuk membantu menjawab soal2 yang kompleks. Bersyukur ada bimbel online sekelas Ruangguru yang komplit ya mbak. Kita tidak perlu khawatir anak akan ketinggalan materi di masa pandemi ini. Kita juga yakin meski hanya online tapi para mentornya mampu membantu kesulitan anak dalam memecahkan soal2 dari berbagai pelajaran.

  • Mechta
    Mechta 6:28 AM

    wah kwren banget ya Roboguru ini, pastinya sangat membantu para siswa dalam masa PJJ ini. Sudah gitu gratis lagi! Mantaaab betuuul..

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 8:46 AM

    Ada Ruangbelajar, ada Roboguru, wah banyak banget fiturnya Ruangguru ya, hehe..

    Tak dipungkiri dalam pembelajaran pasti ada soal yang anak kesulitan menjawab, bahkan orangtua juga sering kelimpungan. Bagus juga ada Roboguru, anak jadi bisa memecahkan masalah soalnya sendiri. Biasanya klo kita mah suka ghibah di grup nanya2 teman sekolah dan wali murid ya, haha

  • April Hamsa | Parenting Blogger  keluargahamsa.com
    April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 9:18 AM

    Iya kalau gugling suka gak engkap dan penjeasannya umum yaa. Menarik juga roboguru ini. BTW Mbak aku penasaran, roboguru ini kan bisa kita akses kalau kita punya apps ruang guru, apakah wajib bimbel dengan ruangguru dulu gtu ya, kalau mau akses roboguru?
    Atau cuma butuh aplikasinya aja tanpa wajib les di ruangguru juga bisa memanfaatkan si robogru ini?

  • Rizky Kurnia Rahman
    Rizky Kurnia Rahman 10:17 AM

    Ini sih joss banget, karena kecerdasan buatan yang ternyata betul-betul cerdas untuk membantu kita menemukan jawaban soal-soal yang sulit.

    Saya juga merasakan hal itu kok Mbak. Anak saya yang kelas 3 SD saja materinya sudah Masya Allah. Bagaimana nanti kalau dia sudah kelas-kelas atas ya? Mudah-mudahan tidak stres saja deh!

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 10:24 AM

    Aku terbantu dengan adanya kemudahan mengajukan pertanyaan via whatsapp mba. Makasih informasinya ya mba

  • lendyagassi
    lendyagassi 1:33 PM

    Iya banget..
    Zaman dulu kalau kakak-adek sekolah di sekolah yang sama, bukunya mah bisa diturunin. Jadi lebih hemat. Sekarang, buku anak-anak gak ada yang bisa nurun. Seragam pun...
    Asa 2 atau 3 tahun sekali, sekolah anakku ganti model seragam.

    Uda paling asik niih....ruangguru menyediakan roboguru untuk menjawab kesulitan dalam mengerjakan soal. Terimakasih, ruangguru.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 1:50 PM

    Roboguru ini memang cool ya.. jadi metode yang menarik untuk anak - anak belajar dan menadapatkan informasi serta ilmu pengetahuan yaaa

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 2:00 PM

    Barokallah ya Mba adanya Robo guru sangat memberikan kemudahan dalam belajar anak-anak maupun tenaga pendidikan

  • Kiky | riskysupriati.com
    Kiky | riskysupriati.com 11:28 PM

    Makin canggih aja lebih2 dari manusia wkwkwk. Sudah saatnya terus membekali diri di era serba automatisasi inii.

  • Heizyi
    Heizyi 11:18 AM

    Semenjak PJJ, rasanya kualitas belajar anak jadi menurun ya mbak. Semangat nya pun mulai kendor. Jadinya orangtua ikut kelabakan.

    Untungnya udah ada aplikasi belajar dari ruangguru. Jadi bisa bantu maksimalkan kembali anak belajar

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 11:11 PM

    Saya pengguna Roboguru nih buat membantu keponakan belajar..terbantu banget deh jadi engga pusing lagi saya harus ajari materi pada ponakan hehehe

  • Nanie
    Nanie 6:39 AM

    Saya juga baru tahun ajaran ini bergabung dengan buibu yang menemani anak PJJ, udah mulai merasakan bagaimana riuh dan dramanya meskipun baru kelas 1 SD wkwkwk

  • Jasmi Bakri
    Jasmi Bakri 5:51 AM

    Syukur ya kak sekarang ada Roboguru. Jadi membantu banget apalagi buat orang tua untuk bimbing anak belajar. Anak-anak pun jadi senang karena bisa langsung merujuk ke Roboguru kalau ada soal sulit.

  • Prita HW
    Prita HW 3:28 AM

    bener banget ya mbak, pembelajaran anak jaman now sama jaman emaknya beda banget dr segi kesulitan soal, jadinya ada macem roboguru ini helpful banget. Begitu juga pembelajaran fitur2 Ruang Guru lainnya, sukaa

  • Sabrina
    Sabrina 8:50 PM

    wah pastinya keberaradaan roboguru ini sangat membantu anak-anak belajar ya dan pastinya juga orangtua, semoga makin bermanfaat dna sukses buat adek-adek yang belajar daring seperti ini

  • Anonymous
    Anonymous 7:57 PM

    Wih kereeeeen nih buat belajar dan latihan soal anak dirumah bersama Roboguru

  • arigetas.com
    arigetas.com 6:14 AM

    Roboguru ini memudahkan banget bagi kami, para ortu yang seringkali gaptek nih, eh juga karena yang sudah lama ngga berkecimpung di soal-soal anak sekolah sih. ahhaha.

  • Elva s
    Elva s 6:48 AM

    Sudah banyak yang menggunakan aplikasi Ruangguru ya kak, karena metode pembelajarannya juga berbeda dari tempat lain. Makanya banyak anak anak sekolah yang merasa jadi lebih paham sama pelajaran.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 2:31 PM

    Makin kece aja nih ruang guru. Sekarang gak bingung cari jawaban tersulit ya. Tinggal buka roboguru udah beres.

Add Comment
comment url