Checklist Menyambut Ramadhan di Tengah Pandemi

Hawa-hawa Ramadhan udah mulai terasa ya. Di Indonesia, ciri khas Ramadhan udah dekat itu kalau iklan sirup dan sarung udah mulai muncul berseliweran di TV. Nah, beberapa hari lalu udah lihat tuh iklan-iklannya. Ahaa, Alhamdulillah Ramadhan akan segera datang. Kurang dari 20 hari lagi, bulan yang dinanti akan hadir di tengah kita. Meskipun saat ini kita masih dalam suasana prihatin karena adanya pandemi virus corona yang melanda dunia, tapi bukan berarti ini menyurutkan suka cita kita dalam menyambut Bulan penuh berkah ini kan ya?



Hmm, sudah siapkah kita menyambut kedatangan Bulan penuh berkah ini? Gimana dengan checklist persiapan menyambut Ramadhan tahun ini? Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, pastinya harus lebih rinci lagi ya! Meski persiapannya harus dikerjakan dari rumah aja, tapi yakin deh InsyaAllah bisa tuntas jika bisa dilakukan dari sekarang. 


Nah, sambil menghitung hari mari kita lihat kembali yuk checklist persiapan Ramadhan 1441H berikut ini. 

✔ Lunasi Hutang Puasa Ramadhan Sebelumnya
Yang namanya hutang, sebisa mungkin harus segera dibayarkan ya! Apalagi ini menyangkut hubungan kita langsung denganNya. Nah, mumpung masih ada waktu beberapa hari tuk kejar bayar hutang, cuss ya disegerakan. Hitung-hitung belajar puasa lagi biar perutnya gak kaget saat nanti Ramadhan tiba. 
✔ Perbanyak Ibadah Sunnah
Mumpung #DiRumahAja nih, mari coba shalat di awal waktu dan perbanyak ibadah sunnahnya juga yuks! Toh, gak ada kendala lagi kan: kerjaan nanggung nih mau ditinggal, belum waktunya jam istirahat dan sebagainya. WFH berarti waktunya bisa lebih fleksibel kan? Jadi pas Ramadhan tiba kita udah terbiasa melakukan itu semua, pahalanya nanti dilipat gandakan lho. Mau, apa mau banget nih? 😍

✔ Persiapkan Ilmu Agama Lebih Banyak
Nah, selagi #DiRumahAja kita bisa juga mempersiapkan diri dengan mencharge ilmu agama kita lebih dalam lagi. Bisa dengan baca buku agama atau dengan menonton taudziah-taudziah yang banyak tayang di Youtube ataupun TV. Tidak hanya itu, coba cek lagi bacaan Al Qurannya, udah pernah khatam lagi belum setelah Ramadhan kemarin? Di sela-sela waktu luang kita di rumah bisa banget lho dipakai tuk khatamin Al Quran sebelum Ramadhan tiba sambil baca tafsirnya juga jadi makin komplit deh.

Baca juga: Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

✔ Persiapakan Kesehatan tuk Menyambut Ramadhan
Hal yang penting juga nih adalah kesehatan. Apalagi dalam pandemi sekarang ini kita harus lebih  ekstra tuk jaga kesehatan. Perbanyak minum air hangat, vitamin juga sebisa mungkin sempatkan olahraga juga ya. 

✔ Perbanyak Berdoa dan Bertaubat
Sebenarnya tidak perlu menunggu Ramadhan, sudah seharusnya kita selalu berdoa dan bertaubat. Apalagi seperti keadaan saat ini yang semuanya serba memprihatinkan. Kita semua diminta untuk tinggal di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan juga beribadah pun dari rumah. Maka sekaranglah saat yang tepat untuk lebih mendekatkan diri lagi padaNya, membujukNya agar kita dibukakan pintu taubatNya, diberi kesempatan kembali untuk merasakan indhanya RamadhanNya, bulan penuh berkah dan ampunan. 

✔ Mengenalkan dan Menyiapkan Anak Untuk Ikut Berpuasa di Bulan Ramadhan
Bagi yang punya anak toddler atau usia dini seperti saya, saat yang tepat nih untuk mengajarkan tentang puasa di bulan Ramadhan. Mengajarkan anak untuk sahur, menahan diri dari lapar dan haus, shalat lima waktu dan juga Tarwih meskipun tuk tahun ini kita dianjurkan untuk Tarwih #dirumahaja, ini pun nantinya bisa jadi quality time juga bersama keluarga. 

✔ Persiapkan Keuangan Selama Ramadhan
Penting banget nih untuk digaris bawahi  yaitu masalah keuangan. Pastinya kita ingin dong agar selama bulan Ramadhan kita bisa makan yang bergizi dan semua serba cukup. Kita juga harus menyiapkan pos khusus untuk sedekah selama Ramadhan dan zakat sebelum masuk hari Lebaran nanti.

✔ Membersihkan Rumah dan Sekitar
Biar nanti kita tetap semangat dan fokus dalam beribadah, sudah saatnya dari sekarang kita cicil melakukan bersih-bersih rumah. Walau ini pasti sudah kita lakukan dari sebulan yang lalu kan. Tapi untuk saat ini, menjaga kebersihan rumah dan sekitar kita itu memang harus lebih ditingkatkan lagi. Jangan lupa juga untuk mencuci perlengkapan shalat biar kita nanti lebih khusyuk shalatnya.  
✔ Menyiapkan Kebutuhan Ramadhan
Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya nih adalah menyiapkan kebutuhan selama Ramadhan. Dari bahan makanan, vitamin dan juga kebutuhan lainnya. Bagi yang sering menerapkan food preparation pasti udah mulai sibuk nih dari susun menu sebulan hingga mengatur segala perintilannya. 

Oh iya, jadi ingat. Kemarin baca info kalau Tokopedia sekarang ada promo Ramadhannya seperti tahun sebelumnya. Kabar baiknya lagi nih ya kalau penawaran ini sudah mulai berlangsung sejak 1 April kemarin lho. Pasti penasaran kan pengen tahu apa aja yang bisa kita dapatkan dari promo sambut Ramadhannya kali ini.

1) Bebas Ongkir 
2) Crazy Deals (Mulai 1 April): Promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya.
3) Brand Deals  (Mulai 1 April): Penawaran menarik dari brand-brand ekslusif di Tokopedia
4) Flash Coupon (Mulai 1 April): Kupon-kupon promo yang bisa dipakai untuk transaksi.
5) Kejar Diskon (Mulai 1 April): Promo flash sale.
6) Tokopedia Play - Live Shopping (Mulai 20 April): Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback.
7) Kejutan (Mulai 6 April):
  • Kotak Kejutan (tap di app untuk dapat hadiah)
  • Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di-scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia)
  • Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah: Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram &  1.000 powerbank) + Ovo Points. 
8) Gajian Ekstra (27-29 April


Waahh, kesempatan banget nih tuk cari barang kebutuhan selama Ramadhan ya meski dari rumah aja, secara banyak keuntungannya gini kan ya. Gak cuma itu, meskipun sekarang dilarang mudik tapi kalau mau cari tiket buat persiapan nanti setelah pandemi ini berakhir bisa banget lho carinya di Tokopedia. Dari tiket pesawat murah hingga pesan tiket kereta juga bisa banget doong. Cara bayarnya pun juga beraam dan mudah, apalagi sekarang udah bisa pakai e money jadi gak perlu pusing lagi kan ya! Ayoo, tunggu apalagi? Buruan deh cek aplikasi maupun websitenya Tokopedia ya.

Selamat menanti datangnya bulan Ramadhan. Semoga kita semua masih bisa diberi kesempatan menjalankan ibadah Ramadhan ini dengan penuh kebahagian dan corona segera menghilang dari bumi ini, Aamiin.

Stay Safe, Stay Healthy ya Temans! ☺



 
Next Post Previous Post
31 Comments
  • Santi Dewi
    Santi Dewi 2:23 PM

    jasmani dan rohani mesti dibersihkan ya mba... supaya kita menyambut Ramadhan dengan nyaman, tenang dan khusyuk

  • roschendy.com
    roschendy.com 6:42 AM

    amin, semoga corona segera hilang . Ramadhan membawa berkah buat kita semua

  • Desri Desri
    Desri Desri 5:06 PM

    membantu banget artikelnya mba, untuk keuangan Insya Allah sudah disiapkan. semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusu' ya mba.

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 4:22 PM

    Budaya d keluarga besarku tiap dekati puasa dan Lebaran mesti berbenah seisi rumah, hehe. Semoga Ramadhan tahun ini Berjalan lancar bagi unat Muslim sedunia yah Mbak :') btw mulai ajarkan anak puasa usia berapa mbak?

  • Niwanda
    Niwanda 2:29 AM

    Terima kasih sudah mengingatkan, Mbak. Memang ya, check list bisa sangat membantu buat mengelola keperluan (termasuk kebutuhan ruhiyah kita) agar ketika beneran masuk Ramadhan sudah lebih siap.

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 7:06 AM

    Gak nyangka banget sebenarnya aku Mbak kita mau Ramadhan dalam kondisi gini, hiks. Tapi tetap harus menyambut Ramadhan dengan ceria ya 🤗 setidaknya bisa dimulai dengan bersih-bersih dulu hihi

  • Ririe
    Ririe 11:02 AM

    Alhamdulillah Ramadhan tahun lalu bisa puasa full, semoga Ramadhan tahun bisa lebih baik lagi.

    Btw, itu hadiah kejutannya banyak banget,
    1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram, bahkan 1.000 powerbank. Semoga kebagian rejeki kejutannnya tsb.

  • Muna Fitria Hidayat
    Muna Fitria Hidayat 12:24 AM

    Rejeki adalah saat menyangka bahwa hutang puasaku hampir setengah bulan, tapi setelah ku cek catatan di bullet journal ternyata cuman ada 9 hari. Haha..

  • Ella Fitria
    Ella Fitria 1:16 PM

    Bener bgt, dr kemarin tmen2ku ribut karena blm membayar hutang puasa ramadan tahun lalu. Jd mereka seminggu full puasa pas kmrin masih masuk kerja. Hhh
    Mayan juga toped ini ya, bisa diandalkan untuk belanja kebutuhan ramadan

  • Hasnah Siregar
    Hasnah Siregar 6:29 PM

    Banyak kali ceklistnya ya, Mbak. Semoga kita bisa beribadah maksimal di bulan ramadhan. Semoga juga pandemi corona segera berakhir.

  • Haeriah Syamsuddin
    Haeriah Syamsuddin 8:38 AM

    Alhamdulillah, utang puasaku udah lunas beberapa waktu yang lalu. Ini termasuk hal wajib yang paling sulit kukerjakan. Abisnya, berat banget rasanya berpuasa di luar Bulan Ramadhan.

  • lithaetr
    lithaetr 8:59 AM

    MasyaAllah, semoga saya bisa semakin khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini. Sebab, saya merasa kekhusyukan bulan puasa tahun kemarin kurang sebab sedang hamil besar dan menunggu HPL kelahiran. Tapi keberkahan yang besar bisa lahiran di bulan Ramadhan. Semoga Adinda menjadi anak yang salihah, aamiin. Semoga Ramadhan tahun ini bukanlah Ramadhan terakhir kita, aamiin. Selalu rindu dengan bulan Ramadhan 🙏💗

  • Rizqillah Zaen
    Rizqillah Zaen 12:28 PM

    belum selesai hutang puasa hiks... semoga corona segera berakhir. meskipun dirumah saja, semoga ibadahnya tambah kenceng amin..

  • Dhika Suhada
    Dhika Suhada 1:26 PM

    Rindu Ramadhan 😍 semoga kita semua dipertemukan dengan Ramadhan dalam keadaan yang sehat tak kurang suatu apapun ya mbak. Perlu banget buat bikin persiapan menyambut Ramadhan. Meskipun masih dalam suasana stay@home, kalau perlu apa-apa bisa pakai tokopedia berarti ya? Bebas ongkir pulak. Asyiiiik

  • Siti Mutmainah
    Siti Mutmainah 4:20 PM

    Duhhh tinggal menghitung hari mau ramadhan, senang campur sedih rasanya, senang karna ramadhan tiba sedih karna ga bisa nikmatin suasana Ramadhan seperti biasanya huhu ., Btw oke juga nih ada promo belanja makasih infonya

  • Yustrini
    Yustrini 9:41 PM

    Bagus nih aplikasi belanja onlinenya. Banyak promo dan bisa gratis ongkir. Jadi tenang deh belanja kebutuhan tanpa ke luar rumah. Semoga lancar ya, ibadahnya :)

  • Isdamayas
    Isdamayas 9:56 PM

    Wah, banyak juga yg mesti diceklist ya mbak 😁
    Alhamdulillah hutang puasaku udah lunas, tinggal persiapan yg lain, nih. Terutama mempersiapkan anak utk mulai belajar puasa

  • Meilawati Nurhani
    Meilawati Nurhani 10:23 PM

    Wah makasih Mbak tipsnya. Pandemi ini jadi tantangan tersendiri ya, terlebih ramadhan kali ini mungkin jadi agak berbeda karena nggak bisa tarawih di masjid, untuk laki-laki shalatnya di rumah nggak berjamaah, dan lain-lain. Tapi itu nggak boleh menyurutkan semangat kita dalam beribadah ya.

  • Arif Rudiantoro
    Arif Rudiantoro 7:45 AM

    Sedih ya tahun ini, Ramadhan sudah di depan mata tapi kyaknya nggak bisa seperti tahun kemaren, apalagi sudah ada himbauan Social Distancing yg semua peribadatan harus di kerjakan di rumah, ane pun sudah 3 kali nggak sholat Jum'at, terus bagaimna nanti Sholat terawihnya.

    Heeem semoga Pandemi ini cepat berlalu

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 8:19 PM

    iya ya, sebentar lagi Ramadhan, Sayangnya Ramdahan tahun ini kayaknya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semoga Covid berlalu setelah ramadhan usai.
    Tapi tenang lah ya, Tokopedia memanjakan pelanggannya dengan berbagai promonya.

  • Susana Devi Anggasari
    Susana Devi Anggasari 1:54 AM

    Makasih ceklisnya, Mbak. Bisa digunakan buat panduan saya. Semoga Ramadhan kali ini membawa kebaikan buat kita semua.

  • Jihan Fauziah
    Jihan Fauziah 11:22 AM

    Poin lunasi hutang puasa bikin mak jleb. Tahun lalu, karena nifas aku nggak puasa sama sekali. Ini kelabrakan bayar hutangnya. Ukkh... semoga utang ini segera tuntas ya,.

  • Dyah Kusuma Susanti
    Dyah Kusuma Susanti 5:48 PM

    Banyak keuntungan belanja di tokopedia ya. Semoga belanjanya n puasanya lancar. Aamiin

  • Salbiah
    Salbiah 7:52 PM

    Alhamdulillah kalau hutang puasa sudah dilunasi. Nah, kalau persiapan keuangan nih yg meski hemat-hemat. Berharap puasa nanti bisa hemat krn sdh pandemi Covid 19. Semoga pandemi ini bisa segera berlalu dan kondisi ekonomi membaik, sehingga buka puasa bisa asyik seperti dulu. Walau ibadah tetap nomor satu.

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 5:20 AM

    Bener banget ceklisnya. Ramadan tinggal menghitung Hari. Harus pastiin udah enggak punya utang puasa. Di Tengah pandemi kayak sekarang, saya berharap bisa tetap beribadah seperti tahun sebelumnya. Pengennya bisa salat tarawih di masjid, tapi kalau mengharuskan di rumah aja, ya ikuti aja demi kebaikan.

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 3:23 PM

    Selain Ramadhan gak pernah khatam lagi. Semoga tahun ini lebih baik dan covid segera berlalu. Kangen banget mudik, menikmati nuansa puasa di kampung.
    Selain itu, program toped bulan Ramadhan bisa bikin kalap banyak promonya. Hehe

  • denik
    denik 8:06 PM

    Sudah bayar hutang. Ini poin penting yang gak boleh terlewatkan... hehehe

  • Ranti
    Ranti 11:11 AM

    Waiyaa aku jadi keinget buat beberes rumah dan cuci alat shalat. Persiapan ramadhan keluarga ternyata kelindes target-target pribadi nih huhu. Thanks for the nice reminder ya mba :)

  • Nisya Rifiani
    Nisya Rifiani 4:56 PM

    Yup yup... aku setuju banget bunda nih...
    Persiapan ramadhan jangan diabaikan, walaupun masih dalam suasana pandemi...
    Semoga tahun ini bisa lebih khusyuk ibadahnya, dan kembali kepada esensi ramadhan, menahan diri. Tentu di saat ini banyak yang membuat kita menahan diri... menahan diri dari mudik, belanja berlebihan, dan lain-lain...

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 9:35 PM

    Membersihkan rumah, menyiapkan bahan makanan untuk sahur dan berbuka, tentu saja juga menyiapkan niat yang lebih kuat untuk ibadah

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 3:18 PM

    Alhamdulillaah Ramadan sudah di depan mata. Btw oke banget nih tips Kak meski sekarang lagi masa pandemi tapi tetap dong harus semangat menyambut bulan suci nan penuh berkah

Add Comment
comment url