Explore the blog
Saturday, November 30, 2019

Mitos Ibu Menyusui

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Hola, apa kabar? Sudah lama banget gak ada postingan collab di blog ini. Dua partner saya sedang punya kesibukan masing-masing, pun begitupula dengan saya sih yang sok  sibuk. Maming Uci sibuk dengan Baby Ugo yang menggemaskan itu yang lahir beberapa bulan yang lalu. Sedangkan Umi Ria sedang menikmati masa kehamilan keempatnya yang sudah mendekati due date, semoga semuanya lancar ya, sehat selamat, Aamiin.


Sebenarnya dengan Mbak Ria sih sudah beberapa kali kami berencana untuk posting kembali tapi ya itu tadi, ada saja hambatannya. Yasudahlah, tak mengapa yang penting mah semua sehat-sehat saja, Alhamdulillah. Nah, kebetulan Mbak Ria masih dalam masa hamil dan saya sedang menyusui maka kami memutuskan untuk mengambil tema mitos seputar hamil dan menyusui yang tentunya sedang kami alami ini. Apa saja sih mitos seputar kehamilan? Lalu, bagaimana pula dengan mitos seputar menyusui? Yukss, mari kita langsung lanjut aja yaah. 😊                       

Nah, bagi para Ibu menyusui pasti sudah pernah dengar tuh mitos-mitos yang beredar seperti berikut:


Ibu Menyusui Tidak Boleh Konsumsi Makanan Pedas Nanti ASInya Ikut Pedas

Photo by Barbara Kosulin on Unsplash
Ayoo, omongan seperti ini pasti sering banget kan di dengar oleh kita. Lho, memangnya jika makan  pedas ASI juga akan ikutan pedas ya? Faktanya adalah ASI itu hadir melalui proses yang sedemikian rupa, nutrisi yang disaring dari makanan yang dimakan oleh Ibu-lah yang menjadi ASI, makanan yang sangat tinggi nilai gizinya bagi buah hati. Mengonsumsi makanan pedas sebenarnya lebih berpengaruh kepada sang Ibu karena jika konsumsi makanan pedas secara berlebih  malah akan membuat pencernaannya terganggu seperti diare. Ini sama halnya juga dengan larangan busui minum air es, nanti ASInya dingin lalu kemudian anaknya jadi flu. Padahal mah khawatir kan kalau si Ibuk yang jadi flu, kan kasian anaknya nanti.

Baca juga: Warna-Warni Cerita ngeASI


Ibu Menyusui yang Sedang Sakit Tidak Boleh Menyusui Bayinya

Pernah dengar larangan Ibu menyusui yang sedang sakit tidak boleh menyusui anaknnya? Yes, itu juga salah satu mitos yang banyak beredar di kalangan masyarakat. Padahal ya, faktanya dengan tetap menyusui anak, secara tidak langsung Ibu melindungi dan membantu bayi tetap sehat dengan memberikan antibodi kepada si bayi melalui ASI yang dikonsumsi si  bayi.


Payudara Kecil, ASI yang Dihasilkan Sedikit

Hikss, sedih banget deh dengan mitos yang satu ini. Faktanya, payudara kecil pun juga sangat mampu untuk menghasilkan ASI yang banyak, sama halnya dengan Ibu yang memiliki payudara yang lebih besar. Itu dikarenakan jaringan dalam payudara yang tumbuh dan berkembang sejak kehamilan sehingga pada saat bayi lahir Ibu sudah bisa menghasilkan ASI dan bisa menyusui bayinya yang baru lahir.


Yes, ini saya alami sendiri lho! Meski PD saya kecil, Alhamdulillah saya tetap bisa memenuhi  kebutuhan ASI anak-anak saya terlebih di 6 bulan pertamanya, which is masih bergantung sepenuhnya ke saya. Hingga sekarang pun, sepanjang sayanya sedang tidak banyak pikiran dan si bayi tidak mogok menyusu langsung, ASI tetap deras. Alhamdulillah, pulang kerja pun saya tetap bisa membawa bekal ASIP untuk anak sebagai stocknya. Saya percaya banget  deh dengan prinsip ASI: supply on demand, jadi ASI itu memang ada sesuai kebutuhan bayi bukan diukur dari besar kecilnya PD sang Ibu.

Baca juga: Tetap Menyusui Saat Hamil? Kenapa Tidak

Bayi Nangis Terus, Tanda ASInya Kurang


Nah ini lagi, karena si bayi yang menangis terus meski sedang atau sudah menyusu dengan waktu yang lama, sering kali dikaitkan dengan pertanda bahwa si bayi tidak cukup mendapatkan ASI atau produksi ASI yang kurang. Padahal kenyataannya ASI itu lebih dari cukup untuk kebutuhan bayi. Belum tentu bayi yang menangis itu karena masih haus, bayi menangis bisa disebabkan oleh banyak hal seperti tidak nyaman karena merasa sakit atau merasakan kerisauan dari Ibunya yang sedang banyak fikiran. Bayi itu kan sangat peka! Maka kita sebagai orangtua pun harus lebih peka lagi pada bayi, secara mereka kan belum bisa bicara.

Baca juga: Baeberapa Mitos Bagi Ibu Hamil yang Beredar di Masyarakat

Hmm, saya yakin masih banyak lagi mitos yang beredar di masyarakat seputar menyusui yang sering kita dengan kan? Ayook, ada yang mau tambahin? Silahkan share di komen juga ya. Anyway tengkyu banget buat Mamak-Mamak Be Molulo yang sudah saya todong tentang pengalaman mitos seputar menyusuinya ini juga, hihihih.

Nah, jangan lupa baca cerita mitos Ibu hamil punya Mbak Ria ya. 🤗

#SemangatMengASIhi


Whould you like to comment?

  1. Paling sering tuh dengar mitos ibu menyusui gak boleh makan makanan pedas, padahal gak pengaruh ya; Tapi biasanya aku cuekin aja sih hihihi agak badung emang aku. Enak gitu kok makan pedas

    ReplyDelete
  2. Iya, suka banyak mitos yang beredar. Untung keluarga saya gak ikutin mitos-mitos begitu. Dokter juga suka kasih tau. Jadi saya aman dari segala omongan tentang mitos hehehe

    ReplyDelete
  3. Selalu banyak mitos dalam tiap episode kehidupan kita ya Mak.
    Just chill, relax, enjoy our life!
    (Nurul BukanBocahBiasa)

    ReplyDelete
  4. Waktu melahirkan anak pertama, seorang ibu di sebelah saya pernah dilarang sama ibunya makan ini itu. Trus ibu tersebut tanya ke dokter dan tentu saja mitos tersebut dibantah. Tetapi, begitu dokternya gak ada, ibunya tetap melarang anaknya ikutin saran dokter dengan alasan beliau lebih tau. Saya jadi merasa kasihan juga, sih. Memang susah jadinya mematahkan mitos kalau lingkungan gak mendukung

    ReplyDelete
  5. Makan pedes, ASI ikut pedes. Kebanyakan minum es, nanti bayi bisa pilek. Hahaha. Lha minum es, malah booster, gimana dong? Hihihi

    ReplyDelete
  6. Familiar sekali ya mitos2 ini. Kadang, walau kita tau itu mitos, tapi kalau sekitar kita terus mempermasalahkan, jadi bete juga. Dan justru omongan orang sekitar itulah yang bikin produksi asi terhambat ya

    ReplyDelete
  7. Hehe bener banget sy masih yang kerap dibayangi mitos2 ini dulu, cuma alhamdlh krn jauh dr ortu alias merantau gak terlalu dibaweli keluarga,jadi ya msh santai aja...

    ReplyDelete
  8. Iya betul, banyak banget ya mitos ibu menyusui. Aku dulu juga nggak berani makan pedas saat menyusui bukan karena nanti ASI nya pedas, tapi karena takutnya pengaruh ke pencernaan bayi, takut bayinya diare dll. Eh ini juga termasuk mitos juga kali ya :D

    ReplyDelete
  9. aku lupa dulu waktu nyusui pernah denger mitos mitos ini nggak ya? hehehe dah lupa euy, dah lama banget soalnya

    ReplyDelete
  10. Yang paling sering ya soal makan pedas itu. Sebagai pecinta pedas, aku kan nganu banget karena merasa tak bisa makan pedas. Mungkin dikurangi kali ya karena nanti berhubungan sama pencernaan Ibunya. Tapi dulu juga mitosnya Busui dilaranf makan ikan biar ASI gak amis. Akhirnya makan tahu tempe doang #sedih

    ReplyDelete
  11. Mechta7:38 PM

    Nah iya..mitos2 itu sering kita dengar ya..yg sering bikin parno ibu-ibu muda.. Untung ada yg sharing seperti ini.. TFS mba..

    ReplyDelete
  12. Memang ya Kita harus pandai² memilah mana mitos dan mana yang bukan mitos.

    ReplyDelete
  13. Belajar mengenai fakta jangan kita hanya di jejeli dengan mitos jaman old yang ada kita percaya yang belum tentu kebenarannya.

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali mitos ibu menyusui yang mestinya diabaikan ya. Soalnya banyak yang tidak terbukti. Dengan mengabaikannya, ibu jadi semangat untuk menyusui terus

    ReplyDelete
  15. Bener mbak mitos2 seputar menyusui memang sampai sekarang masih dipercayai, terutama bagi orang tua yang sudah sepuh. Kadang kita yang muda-muda suka mengabaikan. Mungkin dari mitos-mitos ini tidak sepenuhnya benar, barangkali ada hikmah dari mitos yang beredar ya mbak. TFS mbak.

    ReplyDelete
  16. Paling sebel sama mitos yang bilang ASI saya sedikit gara-gara si kecil nangis trus. Kalau ada yang komen kayak gitu pasti hati saya sakit sekali dengarnya, maklum ya waktu itu saya baru habis melahirkan dan baru merasakan gimana perihnya menyusui, hehe. Perjuangan seorang ibu untuk menyusui anaknya sudah tidak mudah eh ditambah lagi dengan mitos-mitos basi kayak gini.

    ReplyDelete
  17. Iya sering banget emang mba denger mitos kayak gini apalagi dr orang tua, palingan saya iya-iyain aja daripada ngebantah ya kan,tapi di belakang mah tetep aja dimakan makanan kesukaan hihi

    ReplyDelete
  18. hahaha sumpah bun mitos nya bikin ngakak soalnya ini kejadian sama kakak ku dan emang sih mitos gak cuma ini aja tapi banyak lainnya yang udah jadi kepercayaan. tapi untungnya semakin berkembangnya teknologi mitos mitos tersebut gak bisa dibuktikan juga pada akhirnya. mitos ya sekedar mitos

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ASI saya cukup untuk baby Shanum sampai usianya 2 bulan sekarang. Padahal di awal sempat takut karena khawatir ASI ga keluar banyak

    ReplyDelete
  20. Semua mitos itu aku alami, maksudnya sering dikasih nasihat sesuai mitos itu. Alhamdulillah karena sejak sebelum hamil udah gabung grup2 FB seputar menyusui, jadi udah 'iya-iya' aja kalau dinasihatin ini-itu seputar mitos menyusui 😁

    ReplyDelete
  21. Waktu anak pertama, baru sampai rumah udah dijejelin ini ga boleh itu ga boleh. kalau makan pedas anaknya mencret..ya ampun padahal gak selera makan tiap hari rebus2 doang hambar. #lahcurhat hahaha

    ReplyDelete
  22. Dulu sering dapat mitos ini mbak, kalau sakit enggak bisa nyusui anak, tapi semenjak tahu hal ini maka setiap saya sakit tetap aja menyusui.

    ReplyDelete
  23. Hia Mbak saya juga sering dengar Mitoe kalau si Ibu makan cabe saat menyusui, nanti anaknya BAB ada isi cabenya, ih lebih ngeri dan nggak masuk akal, memang orang jaman dulu sedikit janggal, mungkin karena teknologi belum maju kali ya :)

    ReplyDelete
  24. dan saya pelanggar semua mitos demi mitos ibu menyusui. hahaha... Ketawa jahat

    ReplyDelete
  25. tapi terkadang mitos itu ada yang suka bener mbak, pada saat menyusui itu aku mengalami PPD waaah pokonya perjuangan deh

    ReplyDelete
  26. Bukan cuma pas hamil saja ya, setelah melahirkan dan memasuki masa menyusui pun masih banyak mitos-mitos yang melekat pada seorang ibu. Aneh-aneh saja ya mitos yang beredar itu

    ReplyDelete
  27. Jadi geli sendiri nih.. Mengingat 17 tahun yang lalu menyusui anakku. Sampe resign 1.5 tahun demi full asi. Salut dengan ibu pekerja yang menyusui anaknya. Semangat mba :)

    ReplyDelete
  28. Kalau aq, ASI q memang kurang, sedangkan bayi q lapar terus.padahal aq sudah makan apapun agar ASI nya banyak, jadi bayi belum berusia 6 bulan juga sudah ditambah sufor

    ReplyDelete
  29. terimakasih ya mba, jadi lebih tahu saya kalau ini sekedar mitos saja

    ReplyDelete
  30. Aku bukan tipe orang yg terlalu percaya mitos pas hamil. Makanya gak ada larangan apa2. Cuman jaga makanan aja jangan yg mentah. Karena ilmiahnya ada. Klo yg makan2 an pedas gak boleh sih ga ngaruh menurutku hihi

    ReplyDelete
  31. Makasih ya kak,jadi punya ilmu sebelum beneran dikasih kesempatan untuk menyusui,hehe.

    ReplyDelete
  32. Mestinya generasi mama-mama kita harus baca ya Mbak, biar kita gak terus-terusan dijejeli dengan mitos. Salah satu mitos paling lucu yang pernah kudengan adalah, kalau makan indomie nanti asinya jadi rasa mie.. wkwkwk

    ReplyDelete
  33. wkwkwkwkwk, ibu menyusui nggak boleh makan es krim, nanti ASInya manis kek es krim, ibu menyusui nggak boleh makan pare, nanti pahit.
    Ibu menyusui nggak boleh nonton drakor, entar anaknya penuh nutrisi artis Korea, apalagi yak?
    Okeehhh, itu ngarang kok say, selain es krimnya.

    Kalau saya mah cuek, selama anak sehat, makan aja yang kenyang hahaha.
    Mau es krim, es campur, es lilin, semuaaaaa...
    Asal jangan makan lilin, lilin mah dijaga biar nggak mati *loh? kok kayak ngepet yak hahaha

    ReplyDelete
  34. Zaman dulu emang banyak mitosnya, eh sama aja ya sekarang, turun temurun sih ya. Tapi kalu mamanya cerdas dan mau cari informasi udah pasti gak akan kemakan mitos :D
    Yg pede dan bahagia saat menyusui ya mbak :D

    ReplyDelete
  35. Wah iya, dulu saat menyusui, akrab banget dengan yang begini. Gak jauh-jauh, dari mamaku sendiri. Dari anak pertama sampai anak ke-4. Dengan dukungan suami, Alhamdulillah deh semua terlewati.

    ReplyDelete
  36. aku belum jadi ibu, bahkan jadi istri pun juga masih belum hehe. tapi baca postingan kakak jadi pelajaran banget ketika aku jadi ibu nanti, apalagi buat anak pertama pasti bakal dijadiin pengalaman banget ke anak selanjutnya hehe

    ReplyDelete
  37. Mitos seperti ini ada yang masih percaya ada juga yang nggak ya. Waktu kakak ku menyusui sih daku melihat yang dilakukannya aja, buat ilmu biar gak yang katanya-katanya gitu

    ReplyDelete
  38. Sebagai ibu hamil hendaknya memang jangan mempercayai mitos-mitos. Harus lebih banyak cari tahu berbagai informasi, ya.

    ReplyDelete
  39. Bener banget mba.. aku bahagia kalau makan pedes pas menyusui aku makan pedes dan alhamdulillah aman malah makin berlimpah asinya karena aku bahagia hehe

    ReplyDelete
  40. Kalo dulu saya dibilangin jangan minum panas/dingin, nanti ASI nya jadi kepanasan/kedinginan, heehhe....dikira dispenser kali yak.

    ReplyDelete
  41. I feel all of this banget Mbak! Apalagi aku memang anak baru satu jadi kemarin itu bener bener pengalaman baru banget.

    ReplyDelete
  42. Banyak emang mitosnya mba apalagi yang payudara kecil itu asinya dikit hahaha ngeselin banget ya yang ngomong

    ReplyDelete
  43. Banyak banget mitosnya ya mbak. Tapi namanya orangtua, takut salah kalau gak dituruti. Pamali katanya

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^