,

Pentingnya Belajar Bahasa Asing dalam Kehidupan Sehari-hari

Bahasa merupakan cara orang melakukan komunikasi antara satu dengan lainnya, baik secara lisan maupun tulisan. Setiap Negara di dunia memiliki bahasa resmi masing-masing yang digunakan sebagai bahasa pemersatu yang memiliki peran dalam mendukung kemajuan suatu negara. 

belajar bahasa asing

Bahasa juga menjadi sarana dalam membuka wawasan suatu bangsa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Tidak hanya belajar bahasa Ibu atau bahasa pertama yang kita kuasai sejak lahir, namun juga penting untuk belajar bahasa asing dalam menghadapi era globalisasi ini. Bahkan, belajar bahasa asing menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita menguasai bahasa asing. 

Alasan Mempelajari Bahasa Asing

Mungkin di antara kita ada yang bertanya kenapa sih harus belajar bahasa asing? Bahasa yang ada di Indonesia saja sudah beragam, kenapa harus belajar bahasa negara lain? 

alasan belajar bahasa asing
pic: Canva

Saat ini, bahasa asing bukanlah sesuatu yang baru. Selain bahasa Inggris dan bahasa Arab, masih banyak lagi bahasa asing yang dekat dengan keseharian yang biasanya kita temukan melalui berita TV maupun internet. Selain itu ada tayangan drama atau anime berbahasa Korea, Jepang, Mandarin. 

Setiap orang pasti memiliki tujuan masing-masing dalam belajar bahasa asing. Ada yang ingin belajar bahasa asing untuk memudahkan kita ketika traveling, ada yang ingin melanjutkan pendidikan maupun bekerja di luar negeri, ada pula yang ingin belajar bahasa asing hanya sebagai pengisi waktu luang saja. 
 

Manfaat Belajar Bahasa Asing dalam Kehidupan Sehari-hari

Apapun alasan kita belajar bahasa asing, memang kembali kepada pribadi masing-masing terkait dengan apa tujuan yang ingin kita capai. Bahasa asing memang penting bagi kehidupan kita sebab punya banyak manfaat antara lain:

1. Membuka Peluang Pendidikan dan Karier yang Lebih Luas

Pemahaman bahasa asing bisa menjadi kunci untuk membuka pintu peluang pendidikan dan karier yang lebih luas. Saat ini minat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri semakin tinggi. Dengan menguasai bahasa asing, kita dapat dengan mudah mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri baik dengan biaya sendiri maupun memanfaatkan beasiswa pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi ternama dari luar negeri. 

Selain pendidikan, peluang mendapatkan pekerjaan di luar negeri juga terbuka lebar bagi mereka yang dapat menguasai bahasa asing. Sebab banyak perusahaan multinasional mencari karyawan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam beberapa bahasa. Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing dapat membedakan kita dari pesaing lain di dunia kerja. Selain itu, dengan dunia yang semakin terhubung secara digital, banyak pekerjaan freelance dan kesempatan kerja jarak jauh yang membutuhkan kemampuan bahasa asing untuk berkolaborasi dengan klien atau rekan-rekan dari berbagai negara.

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Rasa Percaya Diri


manfaat belajar bahasa asing
pic: Canva

Mampu berbicara dalam bahasa asing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang mana akan menambah pula kepercayaan diri kita secara menyeluruh. Ketika kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dalam bahasa mereka sendiri, hal ini akan  meningkatkan kepuasan dan rasa percaya diri yang tinggi. Tentunya ini berdampak positif pada semua aspek kehidupan kita, dari karier hingga kehidupan sosial.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat 

Proses belajar bahasa melibatkan penggunaan otak secara intensif, yang mana akan memaksa kita untuk mengingat dan memperhatikan setiap detail informasi baru. Aktivitas ini dapat membantu menjaga otak tetap tajam dan dapat memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Studi telah menunjukkan bahwa belajar bahasa asing dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif kita. Selain itu, kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing dapat membantu kita menjadi lebih fleksibel secara mental dan membiasakan diri dengan berbagai cara berpikir.

4. Meningkatkan Pemahaman Budaya

Bahasa tidak hanya tentang kata-kata namun lebih dari itu juga tentang budaya. Setiap bahasa mencerminkan cara pandang dan nilai-nilai dari komunitas yang berbicara dalam bahasa tersebut. Dengan mempelajari bahasa asing, kita juga belajar tentang budaya yang terkait dengan bahasa tersebut. Ini membantu kita untuk menjadi lebih sensitif terhadap perbedaan budaya dan meningkatkan kemampuan kita untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda secara lebih efektif.

5. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak

Setiap bahasa memiliki struktur dan konvensi uniknya sendiri. Ketika kita belajar bahasa asing, kita tidak hanya mempelajari kosakata baru, tetapi juga memahami struktur dasar bahasa tersebut. Proses ini memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana bahasa itu bekerja, dan secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir secara abstrak. Kemampuan ini sangat berharga dalam menyelesaikan masalah, merumuskan argumen, dan memahami konsep-konsep yang kompleks.

6. Memudahkan Saat Ingin Berwisata

Ketika kita bisa berbicara dalam bahasa lokal, pengalaman wisata kita menjadi lebih dalam dan bermakna. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat tidak hanya membuat perjalanan lebih mudah praktis, tetapi juga membuka pintu untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang budaya dan kehidupan sehari-hari di tempat yang kita kunjungi. Selain itu, ini juga dapat membantu kita menjauh dari pengalaman wisata yang bersifat turistik dan menciptakan hubungan yang lebih otentik dengan masyarakat lokal.

7. Memperluas Jaringan dan Koneksi

Belajar bahasa asing dapat membuka pintu untuk memperluas jaringan dan koneksi kita secara global. Ketika kita bisa berbicara dalam bahasa orang lain, kita menjadi lebih mampu untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda. Ini tidak hanya memperkaya pengalaman kita, tetapi juga membuka pintu untuk membangun hubungan pribadi dan profesional yang kuat di seluruh dunia.

8. Memudahkan untuk Mengikuti Perkembangan Teknologi yang Terus Maju

Saat ini kita semua sudah tergantung pada teknologi. Alat-alat canggih dan pintar memang diciptakan untuk memudahkan hidup kita. Dengan memahami bahasa asing, kita dapat dengan mudah mengikuti pertumbuhan teknologi yang mana kebanyakan pengantarnya adalah menggunakan bahasa asing. Maka akan sangat bermanfaat jika kita mampu menguasai bahasa asing dengan baik sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang terus maju dari waktu ke waktu. 



Cara Cepat Belajar Bahasa Asing

Nah, banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa belajar bahasa asing dengan cepat. Kita bisa memulai belajar bahasa asing secara mandiri dan otodidak, atau bahkan melalui lembaga belajar online maupun offline dengan metode belajar tatap muka secara langsung dan dapat berinteraksi dengan pelajar bahasa asing lainnya. 

Biasanya ketika ada orang lain yang menjadi teman kita dalam belajar, kita akan termotivasi untuk bisa belajar lebih giat lagi. Namun ada pula tipe pembelajar yang malah lebih mudah dan cepat belajarnya jika sendiri. 

Lalu, gimana sih caranya agar kita bisa belajar bahasa dengan cepat? Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa cepat belajar bahasa asing antara lain: 

  • Pelajari kosakata yang tepat dengan cara yang benar
  • Lakukan variasi dalam belajar bahasa asing
  • Cari keterkaitan satu sama lain
  • Perluas daftar kosakata dengan mnemonik (teknik yang dapat memudahkan kita mengingat sesuatu; contohnya mejikuhibiui: merah-jingga-kuning-hijau-biru-ungu)
  • Jaga kualitas dan kuantitas belajar
  • Jangan takut untuk bicara
  • Komitmen dan konsisten


Penutup

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia. Sebagai makhluk sosial, kita akan membutuhkan satu dan lainnya. Salah satunya cara yang dapat menghubungkan manusia yaitu melalui bahasa. Selain bahasa Ibu maupun bahasa daerah, kita juga harus bisa menguasai satu atau bahkan lebih bahasa asing. Di mana bahasa asing memiliki peran dan manfaat penting bagi kehidupan sehari-hari terlebih di era globalisasi ini. 

Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan ketika menguasai bahasa asing yaitu kita akan mudah berkomunikasi dengan banyak orang dari negara lain karena adanya bahasa asing atau bahasa Internasional yang menjadi pemersatu. 

Nah, sekarang kita jadi lebih mengerti ya kalau bahasa asing itu memang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Bukan hanya saya saja, pasti Temans juga mau dong ya untuk mengupgrade diri dengan belajar bahasa asing juga kan? Nah, bahasa asing apa aja sih yang sebaiknya kita pelajari di era globalisasi ini? Skill atau kemampuan apa aja yang harus kita pelajari saat belajar bahasa asing? Temukan pembahasannya di postingan-postingan saya nanti ya. 



Semoga bermanfaat ya. 



Diah
Next Post Previous Post
11 Comments
  • Asep Haryono
    Asep Haryono 10:03 PM

    Assalamualaikum. Ya benar sekali. Saya sangat suka sekali dengan artikel ini. Kuasai Bahasa Asing. Cintai Bahasa Nasional Sayangi Bahasa Daerah

    Salam dari Kubu Raya
    Kalimantan Barat

  • Haryadi Yansyah
    Haryadi Yansyah 4:23 PM

    Setuju banget sama poin yang dijelaskan. Minimaaaal banget bisa bahasa Inggris. Soalnya kerasa nih, banyak kesempatan lepas karena kemampuan bahasa terbatas hiks. Aku juga termasuk telat belajar. Baru ambil les ketika mau lulus kuliah. Wadidaw. Tapi, seenggaknya sekarang makin pede dan kalau traveling sendirian tuh ngerasa survive.

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 9:57 PM

    Aku baru bisa English sih yaa dan pengen belajar bahasa lain seperti Jerman, Belanda, atau Mandarin. Beneer sih kak kalau sudah mahir bahasa asing bakal buka kesempatan yg lebih banyak dan kalau nulis in English bayarannya bisa ratusan dollar.

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 1:52 PM

    Waktu aku kuliah 'Bahasa Inggris' ada mata kuliah 'Cross Culture Understanding'. Saya sepakat mempelajari bahasa asing, membantu memahami budaya mereka yang mungkin berbeda jauh dengan kita.

    Dan kita bisa mempelajari bahasa asing sesuai dengan kebutuhan saja. Seperti kalau untuk bepergian, bisa ngambil course yang khusus 'English for Conversation' misalnya.

  • Firsty Ukhti Molyndi (Molzania)
    Firsty Ukhti Molyndi (Molzania) 4:00 PM

    Molly sekarang lagi fokus belajar bahasa korea nih. untuk menambah pengetahuan dan nggak mengejar target. minimal pas ke korea beneran, bisa ngobrol sama orang sana saja. sekalian untuk bikin konten juga.

  • Endah Kurnia Wirawati
    Endah Kurnia Wirawati 12:12 AM

    Sejak kecil selalu mendengar beberapa bahasa yang berbeda jadi membuatku semangat untuk belajar bahasa asing. Meskipun tinggal di Indonesia, tapi saat kecil saya tinggal di Papua, yang bahasa daerahnya sangat jauh berbeda dari ibu saya yang Maluku Sulawesi dan Bapak yang Jawa.

    Meski tidak fasih, namun saat ini saya sudah menguasai beberapa bahasa, setidaknya memahami percakapan sehari-hari dalam bahasa Perancis, Belanda, Inggris, Jawa, Sunda, dan Bugis/Makassar.

  • lendyagassi
    lendyagassi 3:45 AM

    Sejujurnya, aku suka banget belajar bahasa.
    Karena impian banget bisa nonton film atau drama tanpa liat subs. Duluuu...sebelum internet seperti sekarang ini, subs film tuh butuh waktu, sehingga cara yang paling mudah menurutku adalah belajar bahasa.

    Tapi masa kini, belajar bahasa agar memperluas pergaulan.
    Anak-anak sekarang pinter dan cepet belajar bahasanya yaa... ((KAGUM))

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 6:56 AM

    Sudah beberapa bulan saya kepikiran ambil kurses bahasa tapi masih maju mundur. Baca tulisan Mba Diah ini jadi semangat nih. Bahasa Asing emang penting, terutama buat saya untuk menunjang di tempat kerja.

  • Antung apriana
    Antung apriana 8:11 AM

    belajar bahasa asing memang cukup penting yaa apalagi bahasa internasional kayak bahasa inggris. makanya nih aku pengen juga mendaftarkan anakku les bahasa inggris yang pastinya akan sangat membantunya di masa depan

  • Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com
    Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com 10:11 PM

    Meningkatkan konsentrasi Dan Daya ingat ini yang syusyah say, akoh sebagai mamak tuw eh senior, selalu sulit menghafal beberapa tulisan asing 🤣
    Bahkan bahasa Inggris aja, grammar nya kebolak balik mulu

  • Anonim
    Anonim 8:46 AM

    Mempelajari bahasa Asing memang memiliki banyak manfaat. Aku pribadi sebagai guru bahasa inggris merasakan manfaatnya meski hanya 1 bahasa asing yg aku kuasai, hal ini membuat aku tertarik mempelajari bahasa asing lainnya di kemudian hari

Add Comment
comment url