Explore the blog
Friday, January 19, 2024

Strategi 30 Hari Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling banyak diminati karena bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi saat ini. Bagi pemula, memulai belajar Bahasa Inggris mungkin terasa menantang. Namun belajar bahasa Inggris sebenarnya menyenangkan lho jika kita memiliki strategi belajar yang tepat.

strategi 30 hari belajar bahasa inggris


Dengan mengetahui bahasa Inggris, kita tidak hanya dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari luar negeri ketika sedang melakukan traveling ke luar negeri namun juga bisa mudah mendapatkan pekerjaan karena menguasai bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang sangat diperhitungkan saat ini. Ini tentu sangat berguna Melalui strategi yang disusun secara tepat, kita dapat menguasai bahasa Inggris dengan waktu yang singkat bahkan hanya satu bulan atau 30 hari.  

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula? 

Sebenarnya kita bukan pemula dalam belajar bahasa Inggris, karena pastinya kita sudah mempunyai dasar tentang bahasa Internasional yang satu ini yang mana telah kita dapatkan di bangku sekolah dulu. Nah, sekarang saatnya kita lebih fokus untuk bisa belajar lagi. 

Tidak perlu ragu dan takut untuk memulai belajar bahasa Inggris karena saat ini telah banyak cara yang bisa kita tempuh untuk bisa belajar bahasa Inggris. Baik itu dengan adanya guru belajar tatap muka secara langsung maupun belajar jarak jauh secara online. Bukan hanya itu saja,  kita pun bisa belajar bahasa Inggris secara mandiri atau tanpa guru dengan berbagai cara melalui aplikasi maupun dengan rajin mendengarkan podcast atau konten-konten bahasa Inggris yang banyak beredar di media sosial. 

Namun, sebelum memulai belajar bahasa Inggris sebaiknya kita mengikuti cara-cara berikut ini: 


1. Tetapkan Tujuan Belajar

Cara pertama sebelum kita memulai pada inti pembelajaran bahasa Inggris, sebaiknya kita setting goals terlebih dahulu atau menetapkan apa sih tujuan kita untuk belajar bahasa Inggris itu? Apakah kita ingin belajar bahasa Inggris untuk keperluan profesional yaitu mencari pekerjaan, atau hanya sekadar kebutuhan untuk bisa bercakap bahasa Inggris karena ingin traveling ke luar negeri. 

Ada 4 dasar kemampuan bahasa Inggris yaitu mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Sebelum belajar sebaiknya kita juga harus menetapkan tujuan yang jelas dalam belajar, apakah kita akan fokus pada salah satu kemampuan dasar tersebut atau ingin menguasai semuanya. Dengan menetapkan tujuan belajar dapat membantu kita untuk bisa fokus mencapai tujuan belajar kita. 


2. Buat Rencana Belajar

Setelah menetapkan tujuan belajar, cara selanjutnya yaitu membuat rencana belajar secara mendetail mengenai hal apa saja yang ingin kita pelajari selama 30 hari. Rencana belajar yang kita susun itu harus sesuai dengan tujuan belajar yang telah kita tetapkan. 

tujuan dan rencana belajar

Mengapa rencana belajar harus sesuai dengan tujuan belajar? Karena akan berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan belajar selanjutnya seperti jika fokus kita pada kemampuan mendengarkan maka kita harus rajin mendengarkan podcast-podcast atau film-film berbahasa Inggris tanpa subtitle, begitupun dengan jika fokus kita adalah kemampuan membaca dan menulis maka kita harus rajin membaca buku, dan juga berlatih menulis sesuai dengan tata bahasa atau grammar yang benar serta memperbanyak berlatih kosakata.  

Begitupula jika kita ingin fokus pada kemampuan berbicara maka kita harus rajin menonton video ataupun film, melihat acara TV, perhatikan bagaimana mereka mengucapkan kalimat-kalimat dengan pelafalan yang tepat. Tidak kalah pentingnya juga untuk bergabung dengan klub-klub atau forum berbahasa Inggris dan jangan pernah malu untuk berlatih berbicara pada sesama member. 


3. Mulai dari Materi yang Mudah

Materi bahasa Inggris memang banyak, namun bukan berarti itu adalah hal sulit untuk mempelajarinya. Meski waktu terbatas, namun kita dapat memulai belajar bahasa Inggris dari materi yang mudah terlebih dahulu seperti pemahaman kosakata baik melalui bantuan kamus ataupun flashcard, kita juga dapat menjadikan lagu sebagai sumber belajar bahasa Inggris. Tidak hanya itu kita juga dapat menggunakan buku-buku bacaan dengan teks berbahasa Inggris. Tidak perlu langsung membaca novel atau artikel-artikel yang 'berat', kita bisa memulainya dengan membaca dongen atau fable berbahasa Inggris terlebih dahulu. 

Dengan kemajuan teknologi, kita juga dapat memanfaatkan website-website berbahasa Inggris dan aplikasi gratis yang bisa kita unggah dari smartphone kita untuk bisa belajar kosakata maupun pronunciation atau pengucapan yang benar agar dapat meningkatkan pemahaman kita. 


4. Praktik Setiap Hari

Agar kemampuan kita semakin terasah, jangan lupa untuk praktik setiap hari baik kosakata maupun kalimat-kalimat yang sudah kita pelajari dari proses mendengarkan, membaca maupun menonton tv dan podacast-podacast berbahasa Inggris. Ajaklah teman atau orang sekitar kita untuk mau berbicara dalam bahasa Inggris. Jangan takut salah karena ini adalah bagian dari belajar bahasa Inggris yang harus kita lalui. 


5. Evaluasi Perkembangan Belajar

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam proses belajar bahasa Inggris yaitu mengevaluasi progress belajar kita dalam sebulan. Tujuan adanya evaluasi ini agar kita tahu seberapa jauh perkembangan pemahaman kita dalam belajar bahasa Inggris. 


Strategi Belajar Bahasa Inggris dalam 30 Hari


30 hari belajar bahasa Inggris


Hari 1-5: Kenali Dasar-dasar Bahasa Inggris

Pada lima hari pertama, fokuslah untuk memahami dasar-dasar Bahasa Inggris. Kita dapat memulainya dengan belajar huruf, angka, dan cara pengucapannya. Mulailah dengan kosakata dasar sehari-hari seperti warna, hari, dan bulan. Gunakan flashcard atau aplikasi belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman Anda.

Hari 6-10: Belajar Tata Bahasa Dasar

Setelah menguasai dasar-dasar, fokus pada tata bahasa (grammar) dasar Bahasa Inggris. Pelajari bagaimana cara membuat struktur kalimat sederhana, tenses dasar, dan cara membentuk pertanyaan. Berlatihlah dengan membuat kalimat sederhana sendiri dan gunakan buku tata bahasa sebagai referensi.

Hari 11-15: Dengarkan dan Tiru 

Penting untuk terbiasa dengan suara Bahasa Inggris. Kita dapat melakukannya dengan cara mendengarkan lagu, menonton film atau acara TV dalam Bahasa Inggris, dan selanjutnya tiru cara berbicara serta intonasinya. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara kita.

Hari 16-20: Berbicara dengan Pemahaman

Temukan teman atau partner belajar untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Diskusikan topik sederhana seperti hobi, pekerjaan, atau kegiatan sehari-hari. Berbicara secara aktif akan membantu kita memperbaiki pengucapan dan memperluas kosakata.

Hari 21-25: Baca dan Tulis 

Membaca artikel, cerita pendek, atau buku ringan dalam Bahasa Inggris adalah cara lain untuk memperkaya kosakata dan pemahaman. Catat kata-kata atau frasa yang tidak kita mengerti, dan cari artinya. Tulis esai singkat atau jurnal harian dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan menulis Temans.

Hari 26-30: Evaluasi dan Perbaiki 

Pada tahap akhir, evaluasi kemajuan Temans. Ulangi latihan-latihan sebelumnya dan perhatikan area yang masih perlu ditingkatkan. Mintalah umpan balik dari teman atau guru Bahasa Inggris untuk perbaikan lebih lanjut.


Penutup

Belajar bahasa Inggris merupakan kebutuhan dalam menghadapi era globalisasi ini. Belajar bahasa Inggris memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Tidak ada kata terlambat untuk mau belajar bahasa Inggris karena dengan kemajuan teknologi kita dapat belajar bahasa Inggris dalam waktu singkat bahkan hanya dalam sebulan atau 30 hari saja dengan menerapkan strategi belajar yang tepat. 


Nah, masih ragu untuk belajar bahasa Inggris? Gak lagi dong ya, kita bisa memulainya dari sekarang dengan mempraktikkan strategi belajar bahasa Inggris ini. 


Semoga bermanfaat.


Diah

Whould you like to comment?

  1. aku tuh lagi kepikiran, apa anakku aku les-in english aja yaa.. tapi masih ragu, online atau offline. sekolah anakku tuh padet sih sampe sore :(

    ReplyDelete
  2. Kalau boleh menambahkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Kita juga bisa menonton acara atau film berbahasa Inggris Kita bisa belajar pronunciation dan juga berbagai kata dan kalimat yang ada di film itu jadi kita bisa belajar langsung listening and comprehension dari film tersebut

    ReplyDelete
  3. Belajar bahasa apapun ini memang intinya adalah latihan dan praktik ya Kak. Kalau dah lama g dipraktikkan ya lupa lagi. Wkwkwk. Makanya kalau mau ambil tes TOEFL biasanya aku gempur latihan dulu buat remember materi2 sama kosakata. Mantap tipsnya Kak. Makasih

    ReplyDelete
  4. Belajar bahasa asing ini terutama Bahasa INggris memang membutuhkan effort yang luar biasa yaa.. Dan ketika melakukannya dengan sungguh-sungguh dan berurutan dari yang mudah lalu meningkat ke yang sulit, pasti jadi terukur perkembangannya. Apalagi diiringi dengan evaluasi di setiap sesinya.

    ReplyDelete
  5. kalau punya jadwal tuh belajarnya jadi sistematis juga, mulai dari yang mudah dan banyak juga webinar maupun aplikasi gratis yang bisa menunjang pembelajaran

    ReplyDelete
  6. Penting banget mempraktikkan bahasa inggris tiap hari biar terbiasa berbicara ya kak jadi ga cuma bac teori aja

    ReplyDelete
  7. Nah ini, pr banget buat saya 😅. Dari dulu tidak ada kemajuan

    ReplyDelete
  8. Tipsnya buat teman-teman yang mau belajar bahasa Inggris cepat sepertinya bisa banget ya diterapin, pastinya bakal ngebantu banget buat belajar bahasa Inggris lebih mudah dan menyenangkan

    ReplyDelete
  9. Udah bukan pemula lagi ya secara dari SD hingga kuliah belajarnya bahasa Inggris, hehe. Tapi tetap saja kita perlu belajar bahasa Inggris karena ilmu itu berkembang ya. Wah menarik banget dibuat strategi, kalau kaya gitu jadi ada tujuan yang dicapai dalam pembelajarannya jadi menantang dan seruuuuu.

    ReplyDelete
  10. Saya setuju kalau belajar bahasa itu harus praktik setiap hari. Waktu SMP, kan dekat dengan lokasi wisata kampung naga, kami setiap libur belajar bahasa dengan bule yg datang ke sana. Beneran lumayan tuh dapat pengalamannya

    ReplyDelete
  11. Yang paling penting, praktek sih ya.. apalagi belajar bicarany yang kadang susah karna gak terbiasa.

    ReplyDelete
  12. mba makasih ya, ini berguna banget, lagicari pedoman belajar bahasa inggris mandiri di rumah untuk anak saya nih, ijin meniru konsepnya ya mba,makasih

    ReplyDelete
  13. Suka banget dengan tips yang diberikan untuk belajar bahasa Inggris untuk pemula. Mana lagi persiapan untuk ikut ujian TOEFL sebentar lagi, jadi semangat buat belajar lebih giat lagi setelah membaca tulisan ini.

    ReplyDelete
  14. Aku jadi ingin krmbali belajar bahasa Inggris secara serius dan terarah gara-gara baca artikel ini hehehe ..... dulu mayan lancar, lama gak kupakai jadi lupa deh kosakata bahasa Inggrisku.

    ReplyDelete
  15. Kalau punya rencana belajar gini jadi lebih terarah ya. Apalagi jika ada mentornya yang berpengalaman. Hasilnya bisa berlipat ganda dari belajar otodidak.

    ReplyDelete
  16. Praktik memang menjadi salah satu kunci penting. Bahasa kalau gak selalu dipraktekkan suka jadinya kaku lagi.

    ReplyDelete
  17. setuju, latihan tiap hari dan jangan cepat bosan. Ini jadi rumus untuk mempercepat kita lancar belajar Bahasa Inggris

    ReplyDelete
  18. Semua tipsnya sangat relevan dan emang ampuh buat dipraktikkan, kak. Belajar bahasa Inggris tuh sebenarnya nggak sulit kalau konsisten ya terutama sesuai tips pertama itu menentukan tujuan belajar, jadi kalau di tengah belajar kita malas kita tuh harus bisa lihat lagi apa tujuannya buat apa nih, buat kerja apa buat sekolah apa buat nambah skill masa depan. Nah itu bisa jadi motivasi untuk bangkit lagi semangat belajar sama dipraktekin terus-menerus nambah bahan bacaan itu emang bener sih nambah kosakata sama kepercayaan diri.

    ReplyDelete
  19. Tips ini bisa diterapkan juga buat yang mau belajar bahasa Inggris lagi yaa, huhu lama banget ga belajar bahasa asing lagi selama beberapa bulan kebelakang. Merasa harus belajar dari dasar lagi

    ReplyDelete
  20. Emang kalau ada jadwal dan rencana kelihatannya akan lebih mudah ya terutama dalam mencapai target2 yang diinginkan dalam belajar Bahasa Inggris. Bisa nih tips dan strateginya aku praktikin ke anak2ku yang lagi gemar belajar bahasa asing TFS

    ReplyDelete
  21. Kalau aku minus-nya di speaking. Susah banget belajarnya kalau gak latihan setiap hari...

    ReplyDelete
  22. Praktik setiap hari ini yang paling peting, terus bicara pakai bahasa inggris tanpa perlu memikirkan omongan orang lain seperti (sok inggris dll) karna dengan itu kita terbiasa berbicara dalam bahasa inggris

    ReplyDelete
  23. Setuju banget sih, tips-tips diatas emang membantu banget buat kita yang mau belajar bahasa inggris.. Apalagi kalau terus praktik-praktik-dan praktik itu bener-bener mengasah banget

    ReplyDelete
  24. wah, makasih panduannya kak.. kadang aku masih bingung kalau mau belajar bahasa asing (terutama inggris) itu harus dimulai dari mana

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^