,

Tips Mengenalkan Bahasa Inggris untuk Anak

Dalam era global dan digital saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh dunia. Bahasa Inggris pun menjadi bahasa asing yang paling banyak dikuasai bahkan anak-anak pun juga telah menguasainya. 

tips belajar bahasa Inggris untuk anak

Sebagai orang tua, sudah tugas kita juga untuk bisa memberikan pemahaman kepada anak agar dapat menguasai Bahasa Inggris menjadi keterampilan yang sangat berharga bagi mereka. Membantu anak-anak mengenalkan dan menyukai Bahasa Inggris sejak dini dapat memberikan mereka keunggulan di masa depan. 

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Anak adalah peniru ulung.
Pasti kita sudah tidak asing lagi kan ya dengan ungkapan tersebut. Nah, agar anak tertarik untuk mau belajar bahasa Inggris tentu kita akan melakukan berbagai cara agar mereka mau dengan suka rela mengerjakannya. Bahkan tidak jarang saat ini banyak anak yang sudah mengetahui bahasa Inggris hanya melalui tontonan maupun game online yang sering mereka mainkan. 

Ini sebenarnya bukan hal baru lagi, sebab teknologi telah menggiring mereka untuk bisa belajar mandiri dan karena seringnya mendengar bahasa Inggris dari tontonan mereka maka mereka bisa menyerap sendiri bahasa tersebut ke dalam keseharian mereka. 

Dengan mengenalkan Bahasa Inggris pada anak-anak sejak dini, kita memberikan mereka anugerah berharga untuk menjelajahi dunia, memperluas peluang, dan menjadi warga global yang berpengetahuan luas dan berkemampuan tinggi. Bahasa Inggris tidak lagi hanya menjadi keterampilan tambahan bagi anak-anak, tetapi sebuah keharusan di era globalisasi. Belajar Bahasa Inggris pada usia dini membawa sejumlah manfaat yang penting bagi perkembangan mereka antara lain: 

  • Membuka Peluang Pendidikan yang Luas; dengan menguasai Bahasa Inggris, anak-anak berkesempatan memiliki akses yang lebih mudah ke sumber daya pendidikan yang lebih luas dan bersifat global. Mereka dapat dengan mudah mengakses literatur, melakukan riset, dan mendapatkan sumber daya belajar lainnya yang tidak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tetapi juga memberikan perspektif yang lebih luas.
  • Menyediakan Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Variatif; Ketika mereka tumbuh dewasa, penguasaan Bahasa Inggris yang mereka miliki dapat memberikan keunggulan di pasar kerja global. Sebab banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Selain itu, dengan menguasai Bahasa Inggris dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih luas di masa depan.
  • Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi; Bahasa Inggris adalah alat komunikasi global. Dengan menguasai Bahasa Inggris, anak-anak dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara dan budaya. Kemampuan ini bukan hanya berguna bagi mereka dalam konteks profesional atau pekerjaan, tetapi juga dalam membangun hubungan sosial yang lebih luas.
  • Memperkaya Keterampilan Kognitif; Melalui proses belajar Bahasa Inggris, dapat memberikan dampak positif pada perkembangan keterampilan kognitif anak. Sebab belajar Bahasa Inggris melibatkan peningkatan kemampuan logika, kreativitas, dan pemecahan masalah. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki keunggulan dalam pemecahan masalah dan memiliki kemampuan berpikir yang fleksibel. 
  • Membuka Pintu untuk Pengalaman Antarbudaya; Bahasa Inggris adalah jendela ke dunia yang beragam. Melalui bahasa ini, anak-anak dapat menjalin persahabatan dan memahami beragam budaya dari berbagai belahan dunia. Hal ini dapat membantu mereka menjadi individu yang lebih terbuka, toleran, dan berpengetahuan luas.
  • Persiapan untuk Tantangan Masa Depan; Seiring dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi, keterampilan Bahasa Inggris menjadi semakin penting. Anak-anak yang menguasai Bahasa Inggris sejak dini akan lebih siap menghadapi tantangan masa depan yang terus berubah dan ini dapat menjadi bekal mereka sebagai pemimpin di era global.

 


Tips Belajar Bahasa Inggris untuuk Anak

Bahasa Inggris adalah keterampilan penting dalam dunia yang terus berkembang. Untuk membantu anak-anak memasuki dunia Bahasa Inggris dengan gembira, berikut adalah beberapa tips yang dapat membuat pembelajaran menjadi petualangan seru:


1. Gunakan Metode Belajar samil Bermain

Belajar sambil bermain merupakan salah satu metode yang banyak digemari anak-anak. Buatlah pembelajaran Bahasa Inggris seperti sedang melakukan permainan. Kita dapat mengfgunakan permainan papan dengan huruf atau kartu flash untuk membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Kegiatan ini dapat membantu anak untuk tetap fokus dan antusias.


2. Gunakan Buku Cerita yang Interaktif 

Pilihlah buku cerita yang tidak hanya mempunyai cerita menarik tetapi juga fitur interaktif seperti flaps atau suara. Anak akan lebih terlibat dan dapat mengasah keterampilan Bahasa Inggris mereka sambil menikmati cerita.


3. Ajak Anak untuk Berbicara

Ajak anak untuk berbicara dalam Bahasa Inggris sebanyak mungkin. Buat suasana yang nyaman dan tanpa tekanan agar mereka dapat berekspresi dengan bebas. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka berbicara dengan Bahasa Inggris.


4. Gunakan Aplikasi Pendidikan

Manfaatkan aplikasi pendidikan yang interaktif dan menyenangkan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris dengan cara yang mendidik dan menarik.


5. Gunakan Benda Sehari-hari 

Perkenalkan Bahasa Inggris melalui benda-benda sehari-hari. Sebutkan nama-nama benda di sekitar rumah dalam Bahasa Inggris. Misalnya, sebutkan nama buah-buahan atau warna-warna yang mereka lihat.


6. Buat Tantangan Berbahasa Inggris

Adakan tantangan harian atau mingguan. Misalnya, tantang mereka untuk mencari dan mengucapkan 5 kata baru setiap hari. Ini memberikan motivasi ekstra dan tujuan yang jelas dalam pembelajaran.


7. Berikan Pujian dan Hadiah

Jangan lupa memberikan pujian ketika anak berhasil menggunakan Bahasa Inggris. Sertakan pujian dengan hadiah kecil untuk meningkatkan motivasi mereka.



Penutup

Dengan memadukan unsur kesenangan, interaksi, dan tantangan, anak-anak dapat menjalani perjalanan belajar Bahasa Inggris mereka dengan penuh semangat dan kegembiraan. Buatlah  proses belajar menjadi petualangan seru agar anak mau dan senang belajar bahasa Inggris sebab dengan menguasai bahasa internasional satu ini mereka dapat membuka pintu ke dunia yang lebih luas. 

Nah, sudah siap untuk mengenalkan Bahasa Inggris untuk anak?:)



Semoga bermafaant,



Diah
Next Post Previous Post
29 Comments
  • duniaeni.com
    duniaeni.com 9:51 PM

    Makasih tipsnya mb, aku memang pengen anak-anak kenal bahasa inggris dengan menyenangkan, karena di rumah tuh kebiasaannya ya bahasa indonesia

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 11:21 PM

    Aku juga lagi mengajarkan Aisyah suka Bahasa Inggris nih, di sekolahnya dimulai belajar kosakata dan nyanyi.

  • Indra DP
    Indra DP 3:20 AM

    Di serba digital sekarang ini penting banget buat ngajarin si kecil belajar bahasa Inggris sejak dini, tentu agar bisa jadi keahlian tambahan kelak di dunia kerja nanti

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 10:40 AM

    terima kasih tipsnya mbak, mau cobain ah, belajar sambil bermain ini yang sepertinya lebih mudah dipahami anak ya

  • Kanianingsih
    Kanianingsih 11:41 AM

    thanks kak tipsnya, aku tuh rada lupa dengan anak ketiga ini karena beda juah ma kakaknya untuk ngajarin bahasa inggris jd kudu cari2 lagi informasi dan cara yg tepat ajarin bhs inggris ke anak

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 1:06 PM

    Iyaa Kak. Bahasa inggris penting banget, oleh karena itu udah dari level PAUD diajarkan ke anak-anak. Emang paling seru belajar sambil bermain ya jadi anak2 akan lebih cepat hafal vocabularies.

  • Luluk Sobari
    Luluk Sobari 1:36 PM

    Terima kasih tipsnya Mbak Diah. Saya termasuk orang yang ingin mengenalkan Bahasa Inggris sejak dini pada anak. Tapi saya sendiri tidak bisa bahasa Inggris. Tapi mengingat sekarang makin canggih, mungkin dengan tips dari Mbak Diah ini bisa membantu saya mengajari anak saya Bahasa Inggris nantinya.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 2:07 PM

    Bahkan di perangkat kita pun menggunakan bahasa Inggris, kalau gak paham bisa gawat kan, nanti salah klik ini itu

  • Kang Sugianto
    Kang Sugianto 3:30 PM

    Jujur sebagai lulusan FKIP Bahasa Inggris, kalau dalam keseharian di rumah masih belum menerapkan, masih sekedar mengajarkan anak pada grammatical. Itupun pelajaran sekolah, tapi kadang aja kalau lagi di dapat aku mulai menerapkan minta tolong dengan menggunakan bahasa inggris. Misal Pass me the glasa, bla bla bla. Awalhnya ketawa aja si anak, namun akhirnya tanya, artinya apa

  • lendyagassi
    lendyagassi 5:12 PM

    Lucu yaa.. kalau ngliat anak kecil bisa Bahasa Inggris.
    Dan memang yang namanya bahasa itu tergantung circle sama kebiasaannya. Jadi kudu menciptakan suasana yang menyenangkan dan mengajarkan dengan cara yang fun.

  • Han
    Han 8:35 PM

    MasyaAllaah, kalau anakku tahu dan fasih ngomong englishnya karena nonton film hihi.. kalo aku dulu gaara2 main game yg pake bahasa inggris, jadilah sukaaa dan minat sama bahasa inggris, termasuk yang pernah ikutan lomba juga sih hihi. banyak cara menyenangkan yaa mba untuk belajar bahasa

  • Nona Wahyu
    Nona Wahyu 9:00 PM

    Kalau melihat anak-anak para influencer dan seleb, kayaknya udah familiar banget sama bahasa Inggris ya. Cuma emang sih, kalau anak dikenalkan dengan bahasa Inggris tuh, mereka jadi punya banyak peluang besar..

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 9:35 PM

    Kalau anakku belum aku ajarin secara spesifik sih. Cuma kalau lewat lagu luamyan cepet dapat kosa kata bahas inggris

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 11:20 PM

    Saya cuman bisa menganjurkan ke anak-anak untuk belajar bahas ainggris dengan sungguh-sungguh karena itu penting dan modal kerja. Nantitak suruh kursus di kampung inggris pare aja.

  • GE MAULANI
    GE MAULANI 8:20 AM

    Aku setuju Mbak kalau mengajarkan bahasa Inggris kepada anak itu penting banget soalnya di era global saat ini emang butuh banget bahasa Inggris Supaya bisa berkomunikasi sama dunia luar terus kesempatan jenjang karir yang lebih luas. Nah aku baru kepikiran sama tips mbaknya yang soal bacain cerita itu

  • Sabrina
    Sabrina 1:27 PM

    tipsnya bisa saya gunakan untuk belajar bahasa Inggris di rumah untuk keponakan saya niy mba Diah, kebetulan banget mereka lagi mau diajarin bahasa Inggris sama mamanya

  • Nengsi
    Nengsi 9:57 PM

    Semoga aku bisa menerapkan beberapa tips di atas agar anakku nggak gagap bicara bahasa Inggris nantinya. Hehe

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 8:48 AM

    Mengajarkan Bahasa Inggris pada anak ini cukup penting, soalnya di sekolah pun dari kelas 1 SD udah ada pelajarannya. Setidaknya nanti anak bisa berkomunikasi dengan baik

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 11:28 AM

    Bahasa Inggris, mandarin ya yang saat ini banyak dibutuhkan, bahasa international yang sering dipakai, memudahkan untuk belajar sekaligus untuk jenjang karirnya nanti, dimulai dari anak-anak dengan cara yang menyenangkan ya mbak

  • hani
    hani 12:21 PM

    Memang terbukti sih anak-anak harus dikenalkan bahasa kedua sejak dini. Bisa Inggris, atau bahasa asing lainnya. Terpakai banget di dunia kerja. Anakku kerja online, VA, basic language English. Satu lagi ngajar di kelas Internasional, ya pakai bhs Inggris deh.

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 1:01 PM

    Mudah ya ternyata, kita bisa mulai dari kegiatan sehari-hari dan juga berbicara dengan santai buat mulai bahasa inggris, ini bisa juga buat dipraktikkan ke pasangan sepertinya

  • Adriana Dian
    Adriana Dian 12:30 AM

    Anak anakku alhamdulillah belajar bahasa inggris dari.video youtube.. sampe sekarang alhamdulillah lancar bahasa inggrisnya.. hehe. Ternyata belajar tuh emang bisa dari mana aja ya maaaak.. yang terpenting kita sebagai orangtua harus siap sedia juga mendampingi anak anak belajar yaaa

  • Allamandawi
    Allamandawi 10:22 PM

    Aku jg pernah denger salah satu tips biar anak cepat mengerti bahasa inggris, salah satu orang tuanya harus aktiv berbicara bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, apalah daya kalau kedua ortunya ngak bisa kayak aku dan paksu. Mungkin metode di atas bisa banget dicoba.

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 10:31 PM

    Saya mengenalkan anak pada beberapa bahasa asing di rumah, termasuk bahasa Inggris. Paling sering Perancis dan Inggris karena saya menolak lupa bahasa, hehe. Sesekali sambil lalu memperkenalkan kosakata. Tapi aslinya lebih banyak secara tidak sengaja dan dia cuma mendengarkan sambil lalu.
    Kayaknya perlu bikin semacam program belajar, ya, demi masa depan anak.

  • Risma Mualifatun Ni'mah
    Risma Mualifatun Ni'mah 3:40 AM

    Jadi disadarkan setelah baca ini. Aku padahal kuliah bahasa Inggris tapi belum mulai mengajarkan anak bahasa Inggris. Cuma ngajarin pas ada PR dari sekolah. Harus dimulai sekarang nih kayaknya, mumpung anak2 belum terlalu besar.

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 6:58 AM

    Memang belajar bahasa asing sejak dini itu perlu kekuatan yang lebih dan motivasi dari si anak juga. Metode bermain adalah salah satu metode yang cocok belajar bahasa asing bagi anak.

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 10:26 AM

    Setuju banget Mbak. Dengan belajar bahasa Inggris, banyak peluang baik terbuka untuk kehidupan anak-anak kita di masa mendatang. Kalau anak-anakku belajar bahasa Inggris seringnya lewat baca novel berbahasa Inggris dan nonton film tanpa subtitle.

  • Eka FL
    Eka FL 12:02 AM

    yaang paling penting pembiasaan ya mba, kalau gak biasa anak jadi agak sulit juga belajar bahasa inggris dengan lancar. bukan sekadar ngajarin les sendiri sejam-dua jam gitu. tapi keseharian gak di praktekin

  • Finaira Kara
    Finaira Kara 9:51 PM

    Bahasa itu memang jembatan yang bakalan memudahkan, peluang sekolah, kerja, pertemanan, lingkungan, dll. Aku dulu juga belajar bahasa lebih mudah dari film dan lagu, lalu novel, baru deh yang naikin tingkat bahasanya wkwk.

Add Comment
comment url