Mengenal Susu Kambing etawarich untuk Kesehatan

Susu etawa belakangan sering jadi topik pembicaraan di mana-mana. Awalnya saya mendengar tentang khasiat susu ini dari ibu-ibu di sekolah yang sedang rumpi bahas keluhan yang sering mereka rasakan akhir-akhir ini. Hmm, memasuki usia 30-an tahun biasanya memang sudah mulai banyak masalah kesehatan yang sering dikeluhkan orang, salah satunya ya cepat capek dan masalah tulang dan sendi. 

susu etawa


Bahkan sekarang ada istilah 'menuju jompo' hanya karena sering merasa cepat lelah, tulang dan sendi yang mudah sakit akibat aktivitas sehari-hari, seperti orang tua yang gerak dikit eh bisa sakit seluruh tubuh. Padahal katanya sih kegiatannya tidak banyak berubah. Malah, tidak sedikit juga lho ada yang mengeluh sudah mengalami ciri-ciri pengapuran tulang. Duh, jadi seram juga sih ya dengarnya. 

Tidak hanya sampai di situ, beberapa waktu lalu saat kumpul keluarga, para tante juga sempat membahas tentang susu kambing yang mereka konsumsi. Salah satunya bercerita bahwa setelah mengonsumsi susu kambing etawa nyeri sendinya berkurang, tulangnya juga jadi kuat dan sekarang sudah bisa salat normal lagi seperti biasanya. Sebab sebelumnya beliau katanya sudah pernah salat dengan duduk di kursi karena tidak sanggup berdiri lama. 

Cari Tahu tentang Susu Etawa

Nah, sepulangnya dari sana, saya pun jadi kepo. Kenapa sih bisa seviral itu? Kenapa susu kambing bisa diklaim berkhasiat sebagai susu untuk pengeroposan tulang ya? Kambing kan bau, sampai sekarang saja saya ogah makan daging kambing karena katanya bau prengus. Hmm, pasti susunya juga bau tuh. Begitulah yang ada di pikiran saya saat itu. 

Saya pun langsung googling dan ternyata memang sudah banyak reviewnya lho. Jadi, susu etawa ini berasal dari kambing jenis Jamunapari atau Jamnapari dari Etawah, sebuah distrik di negara bagian di India. Kambing etawa ini memang kebanyakan dipelihara untuk diperah, namun dagingnya juga bisa dikonsumsi kok. 

Kandungan susu etawa yaitu memiliki protein yang lebih tinggi daripada susu sapi, sedangkan lemak jenuhnya malah lebih rendah daripada susu sapi. Nah, itulah sebab susu etawa biasa dijadikan sebagai susu untuk kesehatan yang punya banyak manfaat bagi tubuh terutama pada tulang dan sendi. 


Susu etawarich, Rekomendasi Susu Kambing Etawa yang Tidak Bau Prengus

Meskipun saat ini di pasaran telah banyak beredar produk susu nyeri sendi yang berasal dari susu kambing, namun susu etawarich menjadi rekomendasi oleh banyak orang karena memiliki keunggulan yang mana terbuat dari 98% susu kambing etawa yang rendah lemak dan juga rendah kalori sebab mengandung gula stevia yang baik untuk kesehatan, tidak berbahan pengawet dan juga dilengkapi dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat bagi tubuh. Satu hal yang membuat etawarich menjadi spesial dan direkomendasikan yaitu karena tidak berbau prengus. 

Wah, jadi makin penasaran dong saya ingin tahu tentang kandungan dan manfaat susu etawa etawarich ini. Secara ya, saya juga sekarang sudah 30+ dan sedikit banyak mengalami gejala-gejala nyeri sendi seperti ibu-ibu di sekolah dan juga cerita para tante saat pertemuan keluarga waktu itu. 


Kandungan dan Khasiat Susu Kambing etawarich


susu etawarich

Susu kambing etawarich menjadi rekomendasi tepat sebagai susu untuk pengeroposan tulang karena kandungan susu etawa berasal dari susu kambing yang juga dilengkapi degan bahan-bahan alami terbaik yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang antara lain: 

  • Susu kambing; Susu etawarich berasal dari susu kambing yang memiliki kandungan fosfor, kalsium, sodium, dan flourin yang mempunyai beragam khasiat bagi tubuh seperti mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan, mengandung asam lemak ensial yang lebih tinggi, mampu menurunkan kolesterol, dapat juga berfungsi sebagai alternatif susu yang tidak menyebabkan alergi. Tidak hanya itu, khasiat susu kambing etawarich juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menyerap zat besi dan tembaga, kaya akan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Gamat; Ekstrak gamat yang terkandung pada etawarich memiliki gizi tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang bisa mengatasi nyeri sendi serta dapat membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh. 
  • Daun Sirsak; Daun yang dikenal mengandung flavanoid ini  mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.
  • Bee Pollen; Bee pollen mengandung flavoaid, quercetin, dan gluthatione yang dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat, memelihara fungsi hati dan juga menjaga kesehatan jantung. 
  • Kayu Manis; Susu kambing etawarich juga mengandung kayu manis yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, serta dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes. Selain itu, kayu manis juga baik untuk meringankan rasa sakit pada tulang saat rematik, mencegah kerusakan jaringan pada persendian, dan menghambat osteolastogenesis. 
  • Gula Stevia; Stevia (Stevia rebaudiana) yaitu bahan pemanis dengan kandungan nol kalori. Tanaman yang berasal dari famili tanaman asteraceae dari Arizona, New Mexico dan Texas ini bisa digunakan sebagai pengganti gula karena rasa manisnya yang diklaim ratusan kali lipat lebih tinggi daripada gula biasa namun mengandung rendah kalori ketimbang gula biasa. 


Manfaat Susu Kambing etawarich untuk Kesehatan

Nah, setelah tahu kandungan yang terdapat pada susu kambing etawarich dan juga khasiat dari bahan-bahan tersebut terlihat jelas ya bahwa susu kambing etawa ini memang cocok untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap. Jadi pengen tahu juga dong manfaat susu etawa etawarich yang tidak hanya dapat digunakan sebagai susu untuk pengeroposan tulang saja sebab masih ada manfaat lain yang dapat kita peroleh yaitu:

✔ Memperlancar pencernaan
✔ Menjaga kesehatan jantung
✔ Mencegah pengeroposan tulang
✔ Mengatasi permasalahan sistem pernapasan
✔ Menjaga kesehatan sel tubuh
✔ Mencegah pengapuran tulang dan anemia

Susu kambing etawa juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki nutrisi 3x lebih baik juga mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu pertumbuhan janin dan memperlancar ASI bagi ibu menyusui.  

Susu kambing etawarich tidak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan lansia sebagai susu tulang keropos tapi juga dapat dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun karena dapat meningkatkan kecerdasan anak, menjaga daya tahan tubuh, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, serta memelihara bakteri baik pada usus. 

Susu etawarich terbuat dari bahan herbal yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan juga asam urat karena tidak menimbulkan kontraindikasi dan memiliki kadar lemak rendah dibandingkan susu yang lain. Buat yang sedang menjalani diet pun juga tidak perlu khawatir karena susu untuk kesehatan ini tidak menyebabkan kegemukan kok karena adanya senyawa cinnamaldehyde yang ada pada kayu manis yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan jika diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 


Cara Mengonsumsi Susu Kambing etawarich

Buat Temans yang sedang bingung untuk mengatasi permasalahan nyeri tulang dan sendi yang sedang mencari susu tulang keropos cocok banget nih mulai minum susu kambing etawarich. Cara konsumsinya juga mudah banget kok yaitu seduh 1 sachet susu kambing etawarich ke dalam 120 ml air lalu aduk hingga merata. Susu siap dikonsumsi. 

susu untuk kesehatan

Oh ya, susu etawarich dapat digabung dengan makanan dan minuman lain kecuali dengan teh ya. Jadi, jangan sambil minum teh ya, atau jadikan teh susu gitu. Begitu juga jika Temans sedang mengonsumsi obat, susu nyeri sendi atau vitamin lain, berikan jeda 2-3 jam setelah mengonsumsinya. 

Nah, penasaran bukan bagaimana cara mendapatkan produk etawarich ini? Mudah kok, Temans bisa langsung membelinya di distributor resmi yang ada di e-commerce seperti di Shopee dan juga Tokopedia untuk menghindari produk palsu atau tiruan serta ilegal ya agar kita dapat merasakan khasiat susu kambing etawarich yang baik untuk tubuh kita. 


Penutup

Memasuki usia 30 tahun, biasanya sudah mulai muncul keluhan yang dirasakan oleh sebagian orang seperti masalah nyeri pada tulang dan sendi. Ada banyak manfaat susu kambing etawarich yang dapat kita jadikan solusi untuk berbagai penyakit karena susu ini terbuat dari bahan alami yaitu susu kambing etawa dan berbagai bahan berkhasiat lainnya. Satu hal yang berbeda dari susu kambing lainnya yaitu susu etawarich tidak berbau prengus dan mengandung gula Stevia. 


Semoga sehat selalu. 




Diah
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 8:50 AM

    Penting banget ya Kak untuk jaga kesehatan diri sendiri terutama untuk tulang dan sendi. Alhamdulillah sudah ada susu kambing etawa rich yang bergizi dan juga enak rasanya.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 10:19 AM

    Saya agak nyengirpas membaca " menuju jompo", Mbak. Padahal kalau mudah lelah, terus tulang dan sendi sakit, bisa dialami orang yang masih berusia muda, karena melakukan aktivitas berlebihan termasuk olahraga berat berlebihan.
    Tapi memang mencegah lebih baik daripada mengobati. termasuk mengkonsumsi susu kambing etawa sangat membantu.

  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma 10:44 AM

    Info yang saya dengar rasa susu Etawa ini yang paling enak dibandingkan susu kambing yang lain, ingin cobain ah, sekalian untuk pencegahan pengeroposan tulang kan ya

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 1:47 PM

    Wah jadi warning buat aku nih yg mau memasuki usia 30 harus memperhatikan kesehatan. Banyak manfaatnya ya susu etawa ini bagi semua usia sampai dibicarakan dimana-mana.

  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar 4:16 PM

    Susu kambing etawarich ini banyak juga manfaat dan khasiatnya. Bisa untuk mencegah pengeroposan tulang dan mengobati nyeri sendi. Silakan bapak ibu mari kita checkout di distributor resminya.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 5:16 PM

    Wah ada kandungan daun sirsak juga ini etawarich nya? Wuaahh jadi penasaran mau nyoba mengonsumsinya.
    Sepertinya ini rekomendasi yang oke banget sih buat jadi hadiah kepada teman atau saudara pas dia milad ya

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 7:05 PM

    Awalnya tuh saya ragu lho terhadap susu kambing, karena sudah psimis dulu dengan aromanya.

    Tapi, ternyat ada susu kambing yang gak bau prengus nih. Mau cobain deh susu kambing etawarich ini.

  • Han
    Han 8:10 PM

    Mbaa maaf OOT, ini fontnya apa namanya? hehe lucu pwoll.
    Btw soal susu kambing tuh aku takutnya bau prengus gitu lhoo, kalo etawarich ini engga yah? Aku yang ngga suka susu, apalagi susu kambing, udah takut duluan ini wwkwkw, cobain aah ntr

  • Kyndaerim
    Kyndaerim 9:22 PM

    Naru denger nih susu kambing etawarich, paling suka sih ga bau prengusnya itu jaxi pengen nyobain akutu xixixi..

  • ANGGITA RAMANI
    ANGGITA RAMANI 9:42 PM

    Cocok banget nih untuk ibuku dan aku tentunya. Di usia yang nggak lagi muda pasti butuh asupan kesehatan untuk tulang

  • Deny Ir
    Deny Ir 10:46 PM

    jadi makin penasaran sama susu kambing etawa yang satu ini, kapan2 mo coba beli deh buat ortu, siapa tahu cocok dan bisa dikonsumsi tiap hari, makasih kak infonya,

  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto 10:49 PM

    Bersyukur bgt ya kak udh bisa sholat dgn normal lagi. Bentar lagi kan puasa. Jd smg bs ikut tarawih lg. Kdg ada imam yg cpt, tp ada yg lambat. Kalo ga kuat berdiri nih yg repot. Atau gerakan sholatnya terlalu cpt. Bs encok tuh sendinya.

    Untung ada susu kambing etawa ini. Nyeri sendi bablasss.

  • Indra DP
    Indra DP 11:52 PM

    banyak banget manfaat susu kambing etawarich ini. selain bagus untuk kesehatan tubuh, bagus juga membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. wajib dicoba ini

  • Eka FL
    Eka FL 12:05 AM

    waaahh saya baru nemu deh susu etawa yang ada kandungan gamat dan bee pollennya. udah pasti etawarich bagus banget buat kesehatan nih, apalagi buat tulang dan nyeri sendi, auto beli di marketplace kesayangan aku nih

  • Eka FL
    Eka FL 12:05 AM

    waaahh saya baru nemu deh susu etawa yang ada kandungan gamat dan bee pollennya. udah pasti etawarich bagus banget buat kesehatan nih, apalagi buat tulang dan nyeri sendi, auto beli di marketplace kesayangan aku nih

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 12:49 AM

    Mantap. Bisa buat segala usia dong ya. Anak anak, remaja, dewasa sampai orang tua bisa minum susu etawa juga.

  • lendyagassi
    lendyagassi 8:28 AM

    Anakku tuh gak nyangka banget suka sama susu kambing.
    Katanya rasanya beda sama susu sapi jadi sehari bisa beberapa kali minum susu. Waktu itu belum coba Susu Kambing etawarich. Boleh nih direkomendasiin sama ka Diah untuk dicoba..

  • GE MAULANI
    GE MAULANI 12:47 AM

    Ih seneng banget nemu susu kambing etawa yang gak cuma baik untuk menjaga kesehatan tulang tapi bisa juga memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan ih cakep mau beli ah buat bapak saya

  • Fera Marentika
    Fera Marentika 9:01 AM

    kya nya susu etawa merk etawarich ini recommended ya.. ga bau prengus, jadi anak2 busui dan bumil pun bisa meminumnya, ga bikin mual karena baunya xD

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 9:41 AM

    Uwooowwww, mamak prematur jompoh kek akoh, keknya butuh susu Etawarich ini 😍

    Udah lama banget ga pernah MiNum susu kambing lagi.

    Apalagi susunya premium ya, nggak bau kambing hahaha.

    Cus intip di e-commerce aahhh

Add Comment
comment url