Explore the blog
Wednesday, November 29, 2023

5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas dan Cara Mengatasinya!

Secara umum, kondisi tenggorokan terasa panas memang tidak berbahaya, meskipun sering kali disertai dengan sensasi terbakar dan nyeri. Akibatnya, kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya, seperti gangguan makan, kesulitan tidur, dan produktivitas yang menurun.

tenggorokan terasa panas

Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus, tenggorokan panas juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Biasanya, hal ini harus diwaspadai ketika gejala berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Hmm, apa sih penyebab tenggorakan terasa panas itu? Pasti mau tahu bagaimana cara mengatasinya juga kan? Jangan langsung diskip ya! Yuuk kita simak. 

Kenapa Tenggorokan Terasa Panas?

Secara sederhana, penyebab tenggorokan panas bisa terjadi ketika seseorang mengalami flu dan batuk atau bahkan setelah mengonsumsi makanan yang pedas. Akan tetapi, ada juga beberapa penyebab tenggorokan terasa panas yang harus diwaspadai, yaitu:

1. Postnasal Drip

Pertama, kenapa tenggorokan terasa panas bisa disebabkan oleh sindrom batuk saluran napas atas atau postnasal drip. Sindrom ini terjadi ketika lendir dan cairan di area sinus mengalir ke tenggorokan yang menyebabkan iritasi serta sensasi terbakar. Postnasal drip bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, infeksi sinus, kelainan anatomi, dan lain-lain.

2. Selesma

Selanjutnya, penyebab tenggorokan terasa panas yang umum terjadi adalah selesma. Selesma atau common cold adalah kondisi di mana terjadi infeksi virus pada saluran pernapasan. Infeksi virus tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada jaringan di sekitar tenggorokan sehingga memicu sensasi terbakar sekaligus nyeri.

3. Radang Amandel

Radang amandel atau tonsilitis juga termasuk penyebab tenggorokan panas. Tonsilitis adalah infeksi yang menyebabkan amandel menjadi merah atau bengkak. Lalu, radang amandel juga bisa disebabkan oleh infeksi virus yang menyebar dari gangguan selesma. Selain menyebabkan sensasi panas di tenggorokan, radang amandel juga bisa membuat kelenjar di sekitar leher dan rahang membengkak.

4. GERD

Selain gangguan saluran pernapasan, tenggorokan panas juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pencernaan, terutama GERD.

penyebab tenggorokan terasa panas
pic: canva

GERD adalah penyakit kronis, di mana asam lambung mengiritasi lapisan dalam saluran pencernaan. Salah satu gejala GERD adalah tenggorokan panas karena melemahnya otot yang berfungsi untuk menutup saluran antara kerongkongan dan lambung.

5. Kanker Esofagus

Terakhir, kenapa tenggorokan terasa panas juga bisa menjadi pertanda dari kanker esofagus. Meskipun sangat jarang terjadi, potensi kanker esofagus bisa dilihat apabila sensasi panas di tenggorokan berlangsung selama lebih dari 2 minggu. Selain tenggorokan terasa panas, penyakit ini juga disertai gejala lainnya, seperti sakit telinga, benjolan di leher, batuk kronis, penurunan berat badan, dan lain-lain.


Cara Mengatasi Tenggorokan Terasa Panas dengan Adem Sari

Ada berbagai macam cara mengatasi tenggorokan panas secara efektif, salah satunya yaitu dengan minum Adem Sari. Yup, pasti sudah pada kenal kan ya dengan produk Adem Sari yang merupakan minuman panas dalam yang mengandung jeruk nipis, lemon, vitamin C tinggi, dan herbal untuk mencegah serta meredakan gejala sakit di tenggorokan. 
cara-mengatasi-tenggorokan-terasa-panas
pic: enesis

Kandungan-kandungan yang ada dalam Adem Sari juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari penyebab tenggorokan panas di atas. Selain sakit tenggorokan, Adem Sari juga bisa meredakan gejala lainnya, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut.


Penutup

Jadi, bisa dikatakan bahwa ada beberapa kondisi, gejala tenggorokan terasa panas adalah pertanda adanya masalah kesehatan yang serius, seperti GERD dan kanker esofagus.

Maka dari itu, salah satu cara yang efektif untuk mengurangi sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan adalah dengan minum Adem Sari. Akan tetapi, perlu diingat, jika sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh, jangan ragu untuk pergi ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat. 


Semoga sehat selalu!



Diah




Referensi
https://www.alodokter.com/tenggorokan-panas-inilah-10-penyebab-dan-penanganannya#:~:text=Tenggorokan%20panas%20adalah%20gejala%20yang,%2C%20pegal%20linu%2C%20dan%20demam

https://health.kompas.com/read/2021/10/25/190200268/11-penyebab-tenggorokan-terasa-panas-yang-bisa-terjadi?page=all

Whould you like to comment?

  1. sekarang masih kemarau ya, tenggrokan terasa kering. Aku sering minum es, tapi jadinya tenggorokan perih, perlu banget nyobain adem sari nih biar sembuh

    ReplyDelete
  2. Lihat adem sari ini jadi ingat ayahku, kalau sakit tenggorokan haus gitu pasti pengennya minum ini katanya jadi enak, rasanya memang enak ya mba Diah, kalau saya biasanya bibir suka pecah-pecah kalau di musim dingin, bisa persiapan nyetok ini di rumah niy mba

    ReplyDelete
  3. Aku kalau tenggorokan mulai gatal, biasanya habis itu kena flu, pilek. Pertama minum yang anget-anget. Terus minum Adem Sari juga biar agak enakan

    ReplyDelete
  4. Saya kalo makan cabe bubuk nih, lehernya suka panas. Kadang gusi bengkak pun saya minum adem sari juga.

    ReplyDelete
  5. Biasanya, kalo tenggorokanku mulai terasa panas dan sakit, itu artinya saya akan batuk

    ReplyDelete
  6. Lah serem banget ya tenggorokkan panas salah satu ciri kanker..

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^