Explore the blog
Saturday, November 04, 2023

Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Menjadi ibu rumah tangga, bukan semata hanya berurusan dengan dapur, sumur juga kasur yang sering disebut-sebut oleh banyak orang. Namun, menjadi ibu rumah tangga (IRT) butuh kemampuan lebih, khususnya dalam mengatur keuangan keluarga dengan baik. Bahkan harus tahu bagaimana cara mencukupkan budget yang minimalis agar bisa tetap bertahan sebulan tapi semua kebutuhan bisa tercukupi. Nah, makanya gak heran kalau sekarang banyak ibu rumah tangga juga punya penghasilan sendiri meski hanya dari rumah saja dan pakai daster sebagai baju dinas hariannya. Yup, dengan menjalankan bisnis rumahan yang bisa dikerjakan dari rumah, IRT pun juga bisa berpenghasilan sendiri sebagai aktualitas diri dan juga membantu perekonomian keluarga. 

bisnis rumahan


Sebagai Ibu Rumah Tangga kita pasti mau dong bisa jajan ini itu tanpa harus khawatir mengganggu budget bulanan yang sudah disusun rapi. Tidak menganggu pos khusus untuk tabungan masa depan anak ataupun juga dana darurat. Inilah peran penting bisnis ibu rumah tangga dalam mendukung perekonomian keluarga.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Banyak ide bisnis rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Tidak perlu khawatir jika tidak punya uang lebih sebagai modal usaha. Apalagi kalau harus pinjam sana-sini dulu untuk memulai bisnis rumahan. Sebab sebenarnya banyak kok bisnis rumahan modal kecil yang bisa dijalankan bahkan dengan modal niat pun juga sudah bisa untuk memulai bisnis rumahan lho, tanpa biaya sama sekali alias gratis. Hmm, kok bisa? Bisa dong itulah kemajuan bisnis saat ini. Nah, berikut beberapa ide bisnis rumahan modal kecil bagi ibu rumah tangga yang bisa kita jalankan lho.

Bisnis Blogging atau Vlogging

Sekarang ngeblog dan ngevlog tidak hanya sekadar tempat untuk curhat saja namun juga bisa menghasilkan. Dengan modal smartphone yang ada kita bisa memulai menulis di blog tentang pengalaman sehari-hari, pengetahuan, dan juga review produk yang kita gunakan yang bisa saja mendatangkan kerja sama dari brand tersebut maupun brand besar lainnya. Begitupun juga dengan vlog, kita bisa memulai membuat konten yang menarik yang bisa kita unggah di kanal YouTube maupun media sosial. Gak perlu nunggu punya peralatan yang pro dulu untuk memulai, pakai yang ada saja dulu yang penting optimis dan percaya diri. 

Bisnis Fotografi dan Jasa Desain Grafis

Punya hobi fotografi ataupun skill desain grafis? Jangan dianggurin aja, coba terus kembangkan dan promosi ke sosial media atau bisa juga menjualnya di platform penyedia gambar atau platform jual beli design. Mayan banget kan, daripada hasil jepret dan desain grafis nganggur dan penuhin memori aja mending dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan dong. 

Bisnis Jasa Kebersihan 

Saat ini banyak orang yang sudah tidak sempat lagi untuk beberes rumah secara menyeluruh karena kesibukan ataupun ingin memilih praktis. Bisnis jasa kebersihan ini bisa jadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan, kita bisa menggunakan peralatan kebersihan yang kita miliki di rumah untuk memulai bisnis ini. Untuk tarifnya sendiri, kita bisa menentukan harga layanan dari tingkat kesulitan kebersihannya dan juga durasi pengerjaannya. 

Bisnis Kuliner Rumahan 

Namanya makanan itu gak akan ada matinya. Semua orang butuh makan dan ini bisa jadi bisnis ibu rumah tangga yang paling banyak diminati. Jadi, bagi yang memang hobi masak, bisa banget tuh untuk mulai bisnis kuliner ini dengan cara posting hasil masak sehari-hari ke story WhatsApp dan medsos kalau kita buka atau menerima orderan masakan rumahan ataupun camilan. 

Bisnis Kerajinan Tangan  

Punya hobi membuat kerajinan tangan? Bisa banget tuh dijadikan peluang bisnis. Kerajinan tangan yang dikerjakan tidak selamanya harus dari barang baru, kita bisa mengolah barang bekas yang masih layak digunakan menjadi sebuah karya yang menarik seperti botol bekas menjadi dekorasi rumah, seperti vas bunga dari botol bekas, kotak serbaguna dari kardus susu, sisa kopi kemasan menjadi tas belanja, sisa kain perca menjadi celemek untuk digunakan saat masak di dapur maupun berkebun, tempat pensil maupun pajangan lainnya dari stik es krim dan barang bekas lainnya yang bisa diolah dengan menarik. Selain menghasilkan cuan, ini juga bisa jadi kontribusi kita pada lingkungan lho. 

Jualan Online Tanpa Modal dengan Dropship atau Afiliasi


ide bisnis rumahan
pic: yukjualanonline.com

Salah satu bisnis ibu rumah tangga yang sedang banyak diminati yaitu menjadi dropshipper ataupun bisnis afiliasi dari marketplace. Ini bisnis yang paling mudah dijalankan memang dan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk mengerjakannya. Tidak perlu stok barang terlebih dahulu dan juga melakukan packing dan pengiriman ke konsumen karena semua prosesnya akan dilakukan langsung oleh penjual. Cukup dengan share link produk ke media sosial maupun story WhatsApp kita sudah bisa mulai berjualan. Mudah banget, bukan? :)


Dari kelima ide bisnis rumahan ini, saya sudah mencoba beberapa di antaranya dan tentunya menghasilkan cuan dong. Kalau untuk saya sendiri sih, bisnis blogging dan jualan secara dropship atau afiliasi yang cocok saya jalankan saat ini karena bisa saya kerjakan di rumah sambil membersamai anak-anak dan juga mengurus rumah dan keluarga. Nah, Temans juga bisa mencari bisnis mana nih yang cocok untuk dijalankan dari rumah sambil mengurus keluarga karena semua bisa dikerjakan secara fleksibel menyesuaikan waktu kerja yang kita atur sendiri. 


Tips Menjalankan Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Sebenarnya masih banyak ide bisnis bagi ibu rumah tangga yang bisa kita kerjakan dari rumah. Tinggal bagaimana kita menentukan bisnis apa yang terlebih dahulu ingin kita jalankan sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada di sekitar kita.  Untuk memudahkan berikut beberapa tips menjalankan bisnis rumahan bagi Ibu Rumah Tangga yang bisa diterapkan. 

1. Tentukan Bisnis Sesuai Minat dan Keterampilan

Langkah pertama saat ingin memulai bisnis yaitu menentukan ide bisnis yang sesuai dengan minat dan keterampilan kita. Sebab sesuatu yang kita senangi dan kuasai akan lebih mudah kita jalankan ketimbang hanya mengikuti trend terkini saja. Jangan lupa pertimbangkan juga potensi pasar dari bisnis yang akan kita jalankan tersebut. 


2. Membuat Jadwal Kerja dengan Baik

Bisnis rumahan memang bisa dikerjakan dengan fleksibel tapi bukan berarti mengesampingkan tugas utama kita sebagai ibu rumah tangga dong ya. Untuk itu menerapkan manajemen waktu dengan baik adalah kunci sukses bagi IRT dalam menjalankan bisnis dari rumah. Sebaiknya buatlah jadwal kerja yang tetap agar bisa membagi waktu untuk keluarga dan bisnis, juga tidak lupa pula untuk memberi waktu pada diri sendiri atau me time demi kewarasan diri.

3. Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Meskipun bisnis yang kita jalankan tidak membutuhkan modal usaha di awal tapi dengan memisahkan antara keuangan bisnis dan pribadi kita dapat mudah mentracking kondisi keuangan bisnis kita.  Untuk itu, saat memutuskan memulai bisnis jangan lupa untuk membuka rekening bank khusus untuk bisnis ya. Hal ini juga bisa menjadi bahan evaluasi terhadap perkembangan bisnis kita ke depannya. 

4. Promosi dan Pemasaran Online

Manfaatkan teknologi dalam promosi dan pemasaran online untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Bisa melalui sosial media pribadi maupun sosial media atau web/blog yang kita buat khusus untuk bisnis kita, atau menyerahkan langsung pada digital marketing agency


5. Jualan di Platform eCommerce

Untuk menjangkau pasar lebih luas, jangan cepat puas dengan hanya berjualan di satu tempat saja seperti media sosial. Namun lakukan penjualan ke banyak tempat agar target pasar lebih banyak. Salah satunya yaitu berjualan di platform eCommerce atau aplikasi jual beli yang terkenal seperti Lazada. 


Bisnis Rumahan Menjanjikan Bersama Lazada 

Lazada merupakan eCommerce terpercaya yang telah berdiri sejak tahun 2012 dan menjadi platform eCommerce terdepan di Asia Tenggara, khususnya pada 6 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Tidak hanya itu sejak tahun 2016 Lazada telah menjadi perusahaan eCommerce utama dari Alibaba Group yang didukung oleh teknologi terbaik di perusahaan Alibaba.  

Di Indonesia sendiri, Lazada merupakan platform eCommerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia dengan pilihan brand dan penjual terbanyak. Pada tahun 2030, Lazada menargetkan dapat melayani 300 juta pelanggan. Waah, prospek jualan di Lazada oke punya dong ya ini. 

Cara Berjualan Online di Lazada 

bisnis rumahan yang menjanjikan


Nah, cara jualan di Lazada itu mudah kok. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Akses laman lzd.co/daftarajasekarang kemudian pilih Daftar Sekarang pada pojok kanan bawah.
  • Masukkan nomor HP, kemudian pilih Kirim OTP melalui WhatsApp atau Kirim OTP melalui SMS.
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirim melalui WhatsApp atau SMS.
  • Masukkan email yang akan didaftarkan lalu buat password, kemudian klik selanjutnya.
  • Lengkapi alamat dan ID Bank.
  • Toko siap digunakan untuk jualan online. 

Keuntungan Jualan Online di Lazada

Berjualan di Lazada sangat menguntungkan karena proses pendaftaran yang mudah dan cepat, seller baru juga akan mendapatkan gratis 0% biaya komisi juga gratis 0% biaya promosi ongkos kirim serta banyak keuntungan lainnya. 

bisnis rumahan modal kecil


Paling penting nih ya, karena jualan online di Lazada kita berkesempatan untuk belajar banyak mengenai jualan online melalui situs Yuk Jualan Online di mana pada blog Lazada ini terdapat banyak update informasi serta tips mengenai wawasan jualan online dan bisnis online baik untuk pemula maupun yang sudah lama menggeluti bisnis online.

Saya sendiri belakangan senang membaca situs Yuk Jualan Online untuk tahu update terbaru mengenai jualan online, termasuk info bisnis rumahan yang menjanjikan dan tentunya biar jadi lebih semangat lagi dong untuk jualan. 


Penutup

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bebas mengaktualisasikan diri termasuk mendapatkan penghasilan yang dapat mendukung perekonomian keluarga. Ibu rumah tangga pun dapat berdaya dari rumah dengan melakukan berbagai aktivitas seperti menjalankan bisnis rumahan modal kecil yang bisa dikerjakan sambil mengurus anak-anak dan suami serta rumah tanpa meninggalkan tanggung jawab utama sebagai ibu rumah tangga. 


Nah, ada yang mau jualan online juga? Bisa banget lho mempertimbangkan ide-ide yang sudah dipaparkan tadi. Selamat berjualan. Semoga bermanfaat. :)




Diah

Whould you like to comment?

  1. Jasa kebersihan nih kalau dijalani sendiri masih oke. Kalau sudah mempekerjakan orang, baru pusing

    ReplyDelete
  2. jaman sekarang bisnis bisa dimana aja kapan aja ya mba, dimudahkan sekali, kayak teman anakku, dia masih kecil tapi bisa jualan online gantungan kunci custom, yang kelola toko online mamanya tapi produknya dia sendiri yang bikin, keren kecil2 sudah bisa berbisnis

    ReplyDelete
  3. bener ibu rumah tangga pun punya peluang untuk berbisnis. bisnis rumahan dimulai dari hobi dan kesukaan ya, biar semangat terus ngelakuinnya

    ReplyDelete
  4. Bisnis online ini banyak ragamnya ya, Kak.
    Bisa dilaksanakan kapan aja, tapi ya sesegera mungkin, biar peluang dapat cuannya juga makin besar, apalagi jni bareng Lazada kan jadi makin semangat

    ReplyDelete
  5. Ibu rumah tangga sekarang juga bisa produktif dengan memiliki bisnis yang dijalankan dari rumah ya. Keren.
    Lazada sangat membantu melakukan bisnis secara online, semua pencatatan terdata dengan rapi. Jadi fokus ke produk dan pelayanan.

    ReplyDelete
  6. Pengin kulik juga nih fitur Yuk Jualan Online untuk mendapatkan banyak ide dan inspirasi memulai bisnis online sendiri.

    ReplyDelete
  7. Awal jadi blogger, niatan saya cuma iseng. Sama sekali gak ada kepikiran kalau bisa jadi bisnis. Asiknya di dunia maya juga bisa memberikan banyak peluang menraih rezeki

    ReplyDelete
  8. Zaman sekarang dengan segala kemudahannya Ibu rumah tangga pun bisa punya bisnis sendiri ya mbak.
    Apalagi kalau memanfaatkan teknologi digital. Tinggal mau gak mengenbangkan diri dengan berbisnis krn idenya selain yang ditulis di atas sebenarnya juga masih banyak banget yaa.

    ReplyDelete
  9. Keren deh Lazada, bukan semata menyediakan tempat untuk jualan, tapi juga mengajarkan gimana caranya berbisnis yang benar dan tepat.
    Jadinya seller bisa banjir orderan nih.
    Btw, IRT sekarang beruntung banget ya say, banyak platform yang memudahkan untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan untuk kebutuhan rumah tangga atau lainnya :D

    ReplyDelete
  10. Bisnis jasa kebersihan ini bikin penasaran Mbak. Apakah kita yang melakukan sendiri dan pergi ke rumah orang-orang, atau bagaimana?

    ReplyDelete
  11. Aku pernah coba tuh yang bisnis rumah masakan, tapi bukan masakannku sih karena aku gak telaten masak. Masakan temen, aku jualin via online, Alhamdullilah waktu Covid itu laku banget loh

    ReplyDelete
  12. Wah, justru dengan profesi sebagai ibu rumah tangga, kita bisa eksplor berbagai bisnis seperti disebutkan di atas kan ya mbak
    Apalagi kalau dapat pembelajaran atau edukasi dari situs yang memang kasih tips dalam jualan online akan sangar berguna banget sih itu seperti situs Yuk Jualan Online

    ReplyDelete
  13. Ibu rumah tangga di era digital ini kalo menurutku sangat beruntung. Alasannya, ada banyak platform yang memungkinkan ibu bisa berbisnis dari rumah. Caranya juga mudah kan, seperti berjualan online di Lazada, misalnya.

    ReplyDelete
  14. Zaman serba praktis, orang beli apa-apa dari rumah. Ini yang bikin peluang ibu-ibu bisa punya penghasilan dengan jualan online, ya, Mbak. Platform seperti Lazada ini membantu banget bagi ibu-ibu atau UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas dengan kemudahan yang mereka tawarkan.

    ReplyDelete
  15. Enaknya jadi ibu rumah tangga zaman sekarang ya, udah banyak bisnis yang bisa ditekuni dari rumah saja. Yang penting ada niat dan usaha. Apalagi kalau mau berbisnis seperti jualan online gitu lebih mudah dan praktis memanfaatkan eCommerce seperti Lazada yang bisa memberi banyak keuntungan.

    ReplyDelete
  16. Jualan online dan blogger adalah jalanku kerja dari rumah sekarang. Alhamdulillah super happy menjalaninya. Sering juga ditemeni anak2 ketika kerja :)

    ReplyDelete
  17. Saya mulai kerja dari rumah sejak 2010. Pernah buat Gofood dan Grabfood, pernah buat rajutan, coba-coba menjahit, dll.
    Tapi yang paling panjang bisnisnya adalah menjual rangkaian bunga. Sempat punya workshop, tetapi kemudian single fighter lagi, dan hanya terima pesanan saja.
    Sejak tahun lalu, saya mencoba untuk jualan property berupa rumah, tanah kavling dan sewa ruang kantor.
    Tetap semangat untuk ibu-ibu rumahan semuaaa

    ReplyDelete
  18. Zaman korona, kerajinan tangan sangat digemari dan lumayan buat jadi bisnis rumahan. Sekarang pun kayanya masih ramai karena pada suka barang buatan tangan

    ReplyDelete
  19. banyak banget pilihan bisnis yang bisa dipilih ibu rumah tangga, seperti ibuku yang pinter masak dan berjualan sayuran matang, lumayan banget
    dari dulu aku pengen cobain bisnis dropshipper mbak, cuman belum terlaksana nih

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^