Pentingnya Menerapkan Mindfulness dalam Bekerja

Mindfulness - Self love - Healing - Kesehatan mental, adalah bahasan yang sedang marak diperbincangkan. Ya kesemuanya bermuara pada kondisi kejiwaan atau kesehatan mental. Bukankah mental yang baik akan mempengaruhi segala aspek kehidupan kita sehari-hari, kan? Kesemuanya memang berkaitan.
mindfulness dalam bekerja


Kali ini mari kita bicara tentang mindfulness yuuk, yang mana mindfulness merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan mental dan bisa diterapkan pada setiap orang dimana saja, kapan saja bahkan di saat sedang bekerja sekali pun. 

Mindfulness dalam Bekerja

Mindfulness diartikan sebagai kesadaran penuh, dimana keadaan pikiran yang berfokus terhadap situasi saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Dengan kata kain, dengan menerapkan mindfulness akan membuat orang lebih mencintai dirinya sendiri, mengurangi rasa stress, dapat lebih fokus bekerja dan lebih efektif, meningkatkan kebahagiaan serta mendapatkan keseimbangan dalam hidup. Dengan pikiran yang jernih dan hati yang bahagia kita tentu akan bisa lebih produktif lagi dong. 

Bekerja tidak hanya sekadar menuntaskan tugas semata akan tetapi ada banyak faktor di dalamnya yang dapat menjadi penentu keberhasilan seseorang dalam bekerja seperti lingkungan kerja yang mendukung, rekan kerja yang solid, atasan yang dapat mengayomi, dan faktor lain yang bisa membuat seseorang terhindar dari stress karena beban kerja yang berlebih atau yang monoton setiap harinya. Untuk itu diperlukan kesadaran agar seseorang bisa betah bekerja dan lebih produktif. 

Bekerja tidak pula untuk mengejar materi saja tapi bagaimana seseorang bisa menjadi yang bermanfaat buat dirinya sendiri, orang sekitar dan juga perusahaan tempatnya bekerja. Nah, untuk itu sangatlah penting bagi setiap perusahaan agar bisa menerapkan mindfulness dalam bekerja agar suasana kerja bisa jadi lebih baik. Kesehatan mental para karyawan pun tetap terjaga.


Cara Menerapkan Mindfulness dalam Bekerja 

Mengingat mindfulness ini adalah salah satu cara dalam menjaga kewarasan atau kesehatan mental saat bekerja, maka sangat penting untuk menerapkan mindfulness dalam bekerja, antara lain: 
  • Pilih mantra yang tepat; mantra ini dapat jadi sebagai pengingat ketika menghadapi situasi sulit saat bekerja. Yakin pada diri sendiri bahwa apa yang terjadi saat itu akan segera berlalu. 
  • Lakukan pengamatan atau observasi; dapat dilakukan dengan cara memusatkan perhatian secara penuh pada sebuah objek. Melalui pengamatan seseorang akan mampu mengidentifikasi masalah yang sekiranya akan muncul ataupun yang akan dihadapi kelak. Dengan demikian kita dapat meningkatkan fokus terhadap pekerjaan ataupun hal lainnya.
  • Jauhkan dari distraksi; agar terhindar dari pikiran yang tidak fokus, maka perlu untuk menjauhkan segala hal yang bisa mendistraksi pikiran seperti handphone. 
  • Lakukan kerjaan satu per satu; fokus atau memberi perhatian penuh terhadap suatu pekerjaan tertentu adalah salah satu bentuk penerapan mindfulness. Lakukan satu pekerjaan hingga tuntas tanpa memikirkan pekerjaan lainnya yang sudah menunggu, sebab melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu tertentu atau multitasking malah akan menurunkan produktivitas. Makanya lebih baik fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu. 
  • Lakukan peregangan dan mengatur pernafasan; Kita hanya perlu beberapa menit untuk mengambil jeda dengan melakukan pergangan seperti berjalan ke tempat lain, ke pantry, ke taman belakang, ataupun tempat lainnya, kemudian duduk dan menutup mata sambil mengatur nafas secara teratur untuk siap kembali fokus menghadapi pekerjaan. 
  • Beristirahat sejenak; bekerja tentu menguras tenaga dan pikiran, untuk itu berilah waktu sejenak pada diri untuk istirahat agar tubuh bisa rileks dan kembali segar untuk melanjutkan pekerjaan. 


JNE Sebagai Mindful Company Brand 2022 

Bekerja pada perusahaan yang peduli terhadap kesehatan mental karywannya tentu menjadi dambaan bagi para pencari kerja. Di era digitalisasi yang semakin berkembang ini, perusahaan tentu semakin bersaing dalam menonjolkan keunggulannya masing-masing. Karyawan pun juga dituntut agar semakin produktif dan kreatif. Oleh karena itu, perusahaan pun juga harus mampu membangun ekosistem yang sehat untuk menjamin kesehatan mental karyawannya. 

Sayangnya, saat ini tidak semua perusahaan dapat menerapkan mindful company dan menjaga kesehatan mental para karyawan. Menjawab permasalahan ini, The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan Markplus.Inc yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental, emosional, dan fisik menyelenggarakan ALIVE FEST 2022 yang merupakan festival meditasi terbesar di Indonesia.  

Dalam kesempatan tersebut, Stephanie Hermawan selaku Co-Founder The Golden Space Indonesia menyebutkan bahwa "Masalah bisnis dan profesional tidak bisa dilepaskan dari masalah personal, maka tahun ini kita mengadakan Penghargaan Mindful Company Award untuk pertama kalinya di Indonesia. Selain untuk menginspirasi perusahaan agar menjadi mindful company, juga mendorong perusahaan untuk tidak hanya mengejar profit, namun juga peduli dengan purpose, people, dan planet”, ujarnya. 


JNE Mindful Company Brand 2022

Adapun Indikator penilaian penghargaan ini yakni dipenuhinya konsep Mindfulness 360°, yaitu keseimbangan empat aspek diantaranya purpose, people, planet dan profit pada perusahaan. Dan pada penghargaan perdana ini, JNE yang diwakili oleh Bpk. Yance Arvan selaku Project Brand Specialist berhasil menjadi bagian Mindful Company Brand 2022.

Lalu, mengapa JNE bisa mendapatkan penghargaan tersebut? Yup, karena dalam menjalankan usaha JNE tidak hanya mengutamakan profit semata tapi juga dengan memikirkan nasib karyawan, pelanggan, dan seluruh masyarakat, Connecting Happiness. Mereka pun terus menerapkan berbagi, memberi, menyantuni. 

Selalu salut dengan JNE dan semoga kedepannya menjadi tetap menjadi perusahaan yang selalu dekat di hati karyawan dan semua pihak yang mengenal JNE. Oh ya, jika Temans ingin melihat update seputar JNE dan apa saja kegiatannya bisa akses ke laman https://jnewsonline.com/ ya. 



Penutup

Belakangan semakin marak orang membahas tentang mindfulness dan juga kesehatan mental. Yups keduanya memang berkaitan. Sebab mindfulness merupakan salah satu cara yang baik dalam menjaga kesehatan mental. Mindfulness ini juga dapat membuat kita jadi lebih fokus terhadap situasi saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Dengan kata kain, dengan menerapkan mindfulness akan membuat orang lebih mencintai dirinya sendiri.

Mindfulness dapat dilakukan oleh setiap orang, kapan saja dan di mana saja, bahkan saat sedang bekerja agar dapat mengurangi rasa stress dan meningkatkan kebahagiaan. Dengan pikiran yang jernih dan hati yang bahagia kita tentu akan bisa lebih produktif lagi, bukan?

Nah untuk itu penting banget bagi setiap perusahaan agar bisa menerapkan mindfulness agar suasana kerja bisa jadi lebih baik. Kesehatan mental para karyawan pun tetap terjaga seperti yang selama ini diterapkan oleh JNE dan telah berhasil menjadi bagian Mindful Company Brand 2022. 



Semoga bermanfaat. 




Diah


Next Post Previous Post
37 Comments
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 7:57 PM

    Bener banget Kak kalau kerja jauhkan dari distraksi dan karena daku work from home kudu fokus liat laptop dan ga boleh ke-distract ama chat WA wkwkwk.

    Mindfulness dalam bekerja penting banget ya biar fokus dan cepat selesai tapi hatinya tetap tenang. Kalau sudah mindfulness ga bakal overthinking gitu ya karena mikirin kerjaan saat ini.

  • Yustrini
    Yustrini 10:24 PM

    Berkat mindfullnes ini jadi lebih semangat dan ringan bekerja. Terbukti JNE sekarang berkembang jadi semakin besar

  • HendraDigital
    HendraDigital 9:50 AM

    Apresiasi banget bagi perusahaan yang mengedepankan kesejahteraan karyawannya. Kalo karyawan happy, pekerjaan juga terselesaikan dengan baik dan benar. Secara otomatis, mindfulness akan terbentuk. Nice share 😊

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 10:29 AM

    Mindfulness bukan hanya diterapkan untuk diri sendiri namun juga sebaiknya diterapkan juga oleh perusahaan ya mbak. Kalau untuk diri sendiri bisa menghindarkan stress, namun untuk perusahaan bisa membuat perusahaan itu makin kompeten. Seperti JNE yang tidak hanya memikirkan profit perusahaan namun juga memberikan semangat berbagi kepada orang lain.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 8:15 PM

    Istirahat sambil menguatkan diri, "Daku bisa...bisa...#SemangatCiee, bismillah". Jadinya semacam merapal mantra ya kak hehe, tapi memang ini bisa sih mensugesti diri biar lebih tenang

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 9:46 PM

    Kalau mau pekerjaan selesai dengan baik, tentunya saat mengerjakan harus fokus ya mbak
    Minfull sangat dibutuhkan saat bekerja

    • Erin Herlina
      Erin Herlina 8:14 PM

      Dalam bekerja ini memang rentan banget si sama kesehatan mental. Karena bisa menghilangkan fokus, jadi perusahaan juga punya andil untuk kesehatan mental karyawannya.

  • Indra DP
    Indra DP 9:55 PM

    Kadang dunia kerja itu pressure nya luar biasa. Namun jika kita menerapkan beberapa tips diatas kita bisa jadi lebih enjoy saat bekerja

  • Erin Herlina
    Erin Herlina 10:02 PM

    Ikutan salut juga nih sama JNE. Selain mendukung UMKM, ternyata karyawannya juga mendapatkan perhatian mengenai kesehatan mental. Masih jarang banget perusahaan yang memerhatikan kesehatan mental ini.

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 10:11 PM

    Paling susah melepaskan diri dari distraksi kalau bekerja apalagi kalau ada gosip hangat yang sayang buat dilewatkan hehehe.... harus fokus bekerja dan mengerjakan satu persatu sampai selesai

  • lendyagassi
    lendyagassi 10:13 PM

    Mindfulness sangat membantu dalam meningkatkan produktifitas. Dan terasa sekali ketika ada distraksi, maka mindful dalam bekerja jadi menurun sehingga lebih banyak pemakluman.

    Salut banget dengan pencapaian JNE Sebagai Mindful Company Brand 2022.
    Dengan kerjasama tim yang solid, maka etos kerja yang baik dan mindfulness bisa dicapai.

  • Laily M Octavia
    Laily M Octavia 10:53 PM

    Betul banget kak, kerja butuh mindfullness biar lebih produktif. Kerja jadi lebih baik juga

  • Artha Amalia
    Artha Amalia 12:26 AM

    Betul sekali, Bekerja tidak hanya untuk mengejar materi. Tapi dr mindfulness jd bisa lebih menghargai tiap pencapaian yg kita lakukan. Tiap langkah jadi diperhitungkan matang2.. btw keren juga ekspedisi termasyhur di negeri kita ini, semakin tua JNE malah semakin sering berbagi dan menyantuni

  • PeWe
    PeWe 4:31 AM

    Wah ya jelas kalau bekerja harus dengan kesadaran dan fokus yang penuh dong kak. Sifat mindfulness ini kadang bisa jadi penting gak penting, karena teralihkan biasanya.. Harus bisa mendisiplinkan diri sih

  • Nabilla DP
    Nabilla DP 9:01 PM

    betul mba, rasanya mindful itu perlu banget deeh di tiap aspek kehidupan. apalagi bekerja, perlu lebih fokus dan sadar dalam bekerja biar pekerjaan lebih optimal dan energi jga tersalurkan dengan baik

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 9:22 PM

    mindfulness itu penting banget untuk diterapkan dalam segala hal yaa mba, biar semuanya terorganisir dengan baik

  • Ainun
    Ainun 7:01 AM

    perlu banget yang namanya work-life-balance, cuman kadang kita yang nggak bisa memanage waktunya, jadi kayak 24 jam itu kurang
    terus belum lagi kalau di tempat kerja bawaannya full terus kerjaannya, padahal kalo pengaturan waktu kita baik, kita bisa curi waktu untuk rehat sejenak.
    aku ngerasa kalau kita kerja sambil emosi, kerjaan juga ga bakal sempurna, ada aja yg salah

    • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
      Ayu Natih Widhiarini - natih.net 12:38 PM

      Kalau saya sama sekali tidak bisa menjauhi HP di kantor, karena mostly segala koordinasi pekerjaan dilakukan via HP. Cara saya tetap mindful kalau kerjaan numpuk adalah coba list daftar kerjaan satu-satu dari yang paling prioritas terus kerjakan satu-satu sesuai list tersebut. Jadi lebih ringan dan bisa terselesaikan dengan baik loh

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 7:16 AM

    Memang bener kak kalau pas kerja kudu mindfulness biar fokus dan cepat selesai kerjaannya. Kalau keganggu pikiran atau yg lain ya enggak banget dan bakal lemot.

    Distraksi dalam bekerja apa ya? Jauh2 dulu dari godaan buka berbagai sosmed heheheh.

  • HendraDigital
    HendraDigital 8:38 AM

    Mindfulness dalam pekerjaan ini penting banget ya, untuk menjaga keseimbangan hidup agar tetap berjalan dengan baik. Agar tercipta juga hubungan yang harmonis antar sesama rekan kerja. Salut sama JNE yang konsisten menjaga kesejahteraan karyawannya.

  • sari widiarti
    sari widiarti 7:13 PM

    Menjauhkan distraksi ini yg masih PR banget, karena godaan untuk buka medsos selalu menyenangkan. Tapi udah menetapkan waktu untuk kerja sesuai dengan capaian.

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 9:41 PM

    mamak-mamak nih paling sulit bekerja tanpa distraksi, makanya mamak-mamak selalu dibayangi dengan stres hingga depresi, kalau dikasih kewajiban bekerja for money :D

  • Sabrina
    Sabrina 12:09 AM

    Setuju banget bekerja memang perlu mindfullness karena dengan fokus maka pekerjaan kita akan berjalan dengan lancar. Jadi ingat dulu salah satu value perusahan aku tempat kerja adalah mindfullness dan kami ada rutinitas yang wajib dilakukan agar mindfulness saat bekerja

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 8:48 AM

    Menurut saya, Mindfulness ini memang harus selalu diterapkan termasuk dalam bekerja, Mbak. Lingkungan kerja, terus ditambah tuntutan deadline kerja, bisa menyebabkan stress. Bahkan sebagai freelance yang bekerja sendiri, terkadang juga rawan merasakan stress. Dan Mindfulness ini bisa ciptakan dan sesuaikan dengan diri kita sendiri.

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 6:50 PM

    Iya sih. Aku pernah merasakan betapa ketika kita nggak mindfullness saat bekerja tuh bukannya bikin kerjaan cepat kelar. Yang ada malah berantakan teros kita stress karena mengkhawatirkan segala hal. Hehehe

  • Hamimeha
    Hamimeha 7:20 AM

    salah dua faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang adalah lingkunga kerja dan budaya kerja, dan mindfullness ini menjadi bagian dari keduanya .wah bangga sama JNE jika bisa menrapkan ini ..kinerja para karyawan bisa meningkat jika lingkungan kerja dan budaya kerja di sana bagus

  • Yustrini
    Yustrini 2:23 PM

    Mindfullness ini memang dibutuhkan agar selalu semangat saat bekerja.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 3:20 PM

    Sebenarnya di rumah atau di kamar kita bisa ya menerapkan mindfullness ini. Hanya ada aja deh terdistraksi. Entah itu suara kendaraan depan rumah, henpon yang bunyi terus hehe.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 8:44 PM

    Mindfulness dalam bekerja itu penting
    Agar kita bisa mengerjakan pekerjaan dengan fokus
    Kalau fokus pasti hasilnya maksimal

  • Ada Resensi
    Ada Resensi 8:48 PM

    Mengurangi distraksi jugalah yang bikin aku sering ngungsi ke coffee shop buat kerja. Bagiku kerja dari rumah itu godaannya bukan pada buka medsos, tapi keinginan beberes rumah, tidur siang, dan santai-santai :))

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 11:01 PM

    nah soal mindfullness ini udh kepikiran di penghujung 2022, ternyata klo kerja ga bisa serampangan yaa mesti fokus dan mindful. JNE tuh salah satu brand yg keren, segalam macam good thing diterapkan dalam budaya perusahaannya

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 11:32 PM

    mindfulness dan juga kesehatan mental jadi hal penting biar kita jadi nyaman bekerja sih menurutku, karena kenyamanan ngga melulu masalah gaji. Seneng nih kalo JNE memperhatikan masalah ini dikaryawannya

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:19 AM

    Mindful memang membantu dalam produktivitas.
    Apalagi bagi freelance, ketika memanfaatkan waktu dengan baik, maka semakin banyak konten yang dihasilkan dan semakin produktif.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 11:27 AM

    Mindfulness ternyata bisa membuat kesehatan mental semakin baik karena mental sehat dimulai dari pikiran yang sehat dan positif.

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 9:37 PM

    Waktu pertama kali kerja, kusuka merapal doa khusus. Kayanya ini jadi bagian Mindfulness. Ya, semua bisa dikerjakan dan akan berlalu. Btw, selamat buat JNE atas penghargaannya

  • dianovits
    dianovits 3:25 PM

    setuju mba midfullness cara ninja untuk bisa bebaskan hati dan pikiran dari penyakit kasat mata.

  • muhammad solehuddin
    muhammad solehuddin 7:01 AM

    wah dapet insight baru dari sini. terima kasih mba

Add Comment
comment url