Internet Menyatukan Indonesia, Memupuk Rasa Persatuan Bangsa

"Ma, sebutkan contoh pengamalan Pancasila sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari!" tanya Si Kakak saat mengerjakan PR beberapa waktu lalu.

Hmm, awalnya kaget dong saya, anak kelas 1 SD semester satu sudah dapat soal seperti itu. Perasaan dulu waktu kelas 1 SD belum belajar Pancasila secara rinci. Sebelum menjawab pertanyaannya, saya pun balik bertanya ke Si Kakak apa bunyi sila ketiga Pancasila dan juga lambangnya. Sekalian menguji apakah dia telah tahu atau hafal bunyi dari Pancasila yang memang sejak awal semester sudah diajarkan oleh Sang Guru.

Internet menyatukan Indonesia


Cukup takjub juga karena dia mampu menjawab meskipun terbata-bata dan masih belepotan. Lambang Pancasila, sila ketiga juga dia jawab dengan tepat yaitu Pohon Beringin. Yeaay, good job Kakak. 
Nah, tiba giliran saya untuk menjawab pertanyaannya tadi. “Ikut membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal kita, gotong royong” jawab saya mantap.


Mengenang Hari Kelahiran Pancasila


Melansir dari laman kompas.com, Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia pertama kali digagas oleh Soekarno pada saat sidang pertama Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yaitu dimana setelah kekalahan Jepang pada perang Pasifik, dan saat itu pihak Jepang berusaha mendapatkan hati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia. Pada tanggal 1 Mei 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan dilaksanakannya pidato oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

Selanjutnya, pada pemerintahan Presiden ketujuh, Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Kepres) No. 24 Tahun 2016 menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan sejak tahun 2017, setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Libur Nasional atau tanggal merah sebagai bentuk peringatan Hari Lahir Pancasila.



Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari


Dari pertanyaan Si Kakak tadi saya jadi kepikiran untuk mengulik lebih dalam lagi penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari: Persatuan Indonesia.

Sudahkah kita menerapkannya dalam kehidupan? Secara umum sih bisa kita kelompokkan menjadi dua yaitu:


1. Penerapan Sila Ketiga Pancasila di Lingkungan Keluarga


  • Menghormati yang lebih tua namun tetap menghargai anggota keluarga yang lebih mudah
  • Rajin membantu meringankan pekerjaan rumah
  • Rajin belajar agar dapat membanggakan orang tua dan keluarga
  • Selalu mementingkan kepentingan keluarga daripada kepentingan pribadi
  • Selalu rukun dan menghindari pertengkaran dalam keluarga


2. Penerapan Sila Ketiga Pancasila di Lingkungan Masyarakat


  • Memiliki sikap saling menghormati antar sesama warga
  • Mengutamakan persatuan bangsa Indonesia daripada kepentingan kelompok maupun kepentingan sendiri
  • Toleransi antar agama, suku dan adat istiadat
  • Mencintai keberagaman budaya Indonesia
  • Mentaati segala aturan yang telah ditetapkan bersama
  • Selalu berpartisipasi dalam kegiatan di masyarakat atau lingkungan sekitar
  • Saling menolong tanpa melihat latar belakang (suku, agama)


Nah, gimana? Tentu kita juga telah menerapkan sila ketiga Persatuan Indonesia dalam kehidupan kita sehari-hari kan ya? Hmm, ngomongin persatuan Indonesia sih, menikah dengan beda daerah itu juga bisa disebut persatuan Indonesia juga kan ya? Bagaimana kita meredam ego masing-masing dan bisa saling menghargai latar belakang yang berbeda: bahasa dan adat istiadatnya.

Saya juga jadi ingat saat mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh DIKTI kerjasama dengan TNI AL tahun 2007 lalu yaitu Pelayaran Kebangsaan, dimana kami dari 34 Provinsi di Indonesia dipersatukan dan berbaur dalam sebuah perjalanan selama 10 hari. Disitulah kami benar-benar mendapat pelajaran berharga dan dari kegiatan ini juga kami menjadi keluarga besar yang hingga sekarang masih terus bersilaturahmi dan saling tolong jika ada yang membutuhkan.

Beruntung banget kita berada di era digital yang mana internet menyatukan Indonesia bahkan dunia. Pas banget tahun 2021 lalu kami mengadakan reuni akbar virtual. Dari kegiatan ini kami bisa menyambung kembali silaturahmi bahkan dari angkatan pertama hingga kami yang angkatan terakhir, Pelayaran Kebangsaan VII. Jika bukan karena internet tentu akan sulit untuk menghubungkan kembali ratusan orang dan menyusun rencana kedepan untuk bersama-sama memberi kontribusi untuk Negeri.



Internet Menyatukan Indonesia: Saling Dukung Untuk Bangkit Bersama


Internet Persatuan Indonesia


Melalui IndiHome dari TelkomGroup yang merupakan provider terbesar di Indonesia telah memberikan layanan terbaiknya hingga ke 34 Provinsi agar semua warga Indonesia dapat menikmati kemudahan internet. Dengan adanya internet menyatukan Indonesia terlebih lagi di masa pandemi ini bisa mendekatkan saudara maupun kerabat yang jauh sehingga tetap bisa terhubung untuk saling memberikan dukungan.


Persatuan Indonesia Melalui Produk Lokal


Internet merupakan bukti nyata persatuan Indonesia. Masyarakat dapat selalu bersatu untuk saling mendukung, menghargai keberagaman agama, bahasa, suku dan adat istiadat. Memberdayakan sesama untuk bisa maju seperti dengan bangga menggunakan produk lokal, saling membantu memasarkan produk UMKM Lokal melalui sosial media yang mana dengan bantuan internet, semua orang bisa melihat dan turut mencoba produk tersebut bahkan hingga ke luar Negeri.



Persatuan Indonesia Melalui Seni


Apakah yang dapat menyatukan kita? Salah satunya dengan musik!

Masih ingat penggalan lagu dari Project Pop yang ngehits di awal tahun 2000-an? Yes, Dangdut is the Music of My Country, judulnya. Ya tidak bisa dipungkiri melalui musik kita bisa jalan bersama. Melalui internet, para musisi bisa mengenalkan hasil karya mereka dan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati bersama.

Dari sekian banyak manfaat internet dalam kehidupan kita yang dapat memupuk rasa persaudaraan dan persatuan Indonesia, namun kita pun juga dituntut untuk dapat bijak menggunakannya. Nah, saatnya kita bersatu untuk menjaga keutuhan bangsa. Meski kita berbeda dan berjauhan namun internet dapat menyatukan kita semua. :)




Diah

Next Post Previous Post
69 Comments
  • Arni
    Arni 7:04 AM

    Pas baca bagian "dangdut is the music of my country" auto menyanyi jadinya hahahaha
    Bener banget ini ya, internet menjadi pemersatu yang baik. Gak kebayang pas pandemi belum ada internet, pasti gak bakalan ada tuh acara online-online yang nyatuin kita dari seluruh penjuru negeri bahkan negara yang berbeda

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 7:28 AM

    Seperti aku dan kamu disatukan oleh internet hehe

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 10:22 AM

    Nah betul. Internet menyatukan, tapi kita kidu bijak dalam menggunakannya. Jadi jangan asal dan pakai untuk hal baik

  • Anisa AE
    Anisa AE 10:07 AM

    Wah luar biasa kalau bisa ngobrol soal Pancasila kayak gitu, semakin luas pengetahuan dan kajian tentang pancasila. Memang internet semakin memudahkan komunikasi dan mencari apapun selama ini. Terima kasih informasinya!

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 11:10 PM

    Kadang yang kita rasakan saat ini bahwa nilai2 Pancasila sudah mulai luntur di kalangan generasi muda. Semoga tulisan ini menjadikan pemahaman mereka tentang makna yang terkandung dalam Pancasila khususnya sila ketiga Persatuan Indonesia makin membuat masyarakat Indonesia bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

  • YSalma
    YSalma 11:23 PM

    Sangat tepat saat ini dikatakan internet menyatukan Indonesia. Tapi juga mengandung bahaya dengan mudahnya memecah belah anak bangsa melalui sebuah pernyataan yang mudah diakses dan disebarkan melalui internet. Semoga seluruh elemen masyarakat menggunakan internet dengan bijak. Indihome emang penyedia layanan internet yg sangat dapat diandalkan.

    • Siska Dwyta
      Siska Dwyta 12:25 AM

      Jadi tergantung juga dari bagaimana kita menggunakan internet ya. Kalau dilihat dari sisi positifnya memang banyak banget termasuk menyatukan Indonesia, meski tidak terlepas juga dari dampak negatif. Jadi emang harus bijak aja dalam menggunakan internet

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 12:44 AM

    wkwkwkwkw, dangdut is the music of my country, kok jadi pengen joget malam-malam dah diriku ini wakakaka.

    Btw internet memang menyatukan kita semua ya, senangnya sekarang tuh Internet udah masuk hingga ke pelosok nusantara, jadi kita bisa saling terhubung satu sama lainnya.
    Jadi, biarpun kita berjauhan, tapi bisa tetap bersatu melalui internet.
    Thanks IndiHome yang turut berjasa untuk itu :)

  • lendyagassi
    lendyagassi 4:07 AM

    Persis kaya anakku nih..
    Mungkin karena sekolah di swasta ya.. Jadi rasanya pelajaran PKN nya muter lagi ke pelajaran sila dan pengamalannya.

    Ternyata dengan pengamalan Pancasila yang tepat, maka kita semua bisa bersatu dan bersama membentuk sebuah karya yang positif. Dihubungkan dengan adanya internet lancar tanpa ngelag.

  • Shyntako
    Shyntako 10:10 AM

    Indihome tuh memang menyatukan Indonesia karena sekarang jangkauannya makin luas biar semua orang bisa mengakses internet dan gak ketinggalan zaman ya

  • Gina Nelwan
    Gina Nelwan 10:11 AM

    Saya pengguna indihome yang cukup terbantu selama ini, anak pas harus online gak ribet sama kuota karena pakai wifi, memang Indihome menyatukan Indonesia ya

  • Ngebolang.net
    Ngebolang.net 11:09 AM

    Judulnya internet menyatukan kita itu bener banget ya, mba, tanpa internet mungkin aku dan kau tidak saling kenal dan seakrab ini hehehe

  • Helenamantra
    Helenamantra 1:10 PM

    Menikah dengan pasangan yang beda daerah itu termasuk yaa mbak penerapan sila ketiga, hehe. Bener juga tuh apalagi kebiasaan di tiap daerah sangat unik. Kalau ga komunikasi bisa berantem.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 6:55 PM

    internet memang membawa banyak keuntungan dan manfaat jika digunakan secara bijak, termasuk untuk menyatukan bangsa

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 6:49 PM

    Aku udh lama pake Indihome, sejak awal nikah. Dan so far seneng sih, Krn stabil, konektifitas lancar, jarang eror. Pernah beberapa kali, tapi selalu ditanggapi cepat Ama teknisi dan cs. Terus jadi bener lagi. Yg penting itu. Soalnya ada bbrp provider yg kalo eror, wah bisa lamaaaaa bgt diperbaikinya, itupun ttp eror .

    Jadi sampe skr blm kepikiran utk ganti provider lain buat internet di rumah 😁

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 8:05 PM

    Dengan adanya internet memang banyak dampak positifnya, salah satunya mendekatkan dan menjodohkan yang jauh, hehhe.

    Tapi juga kadang jadi menjauhkan yang dekat sih jika tidak dimanfaakan dgn bijak

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 10:07 PM

    Indihome kayaknya penyedia layanan internet yang jaringan lebih stabil dibanding yg lain. Aku soalnya pernah pake layanan lain juga sering mati dan kendala. Pake indihome jarang kendala di daerah aku. Makanya kantor aku akhirnya pake indihome sampe sekarang.

  • Heni Puspita
    Heni Puspita 10:14 PM

    Nah betul nih ya. Dengan internet bisa menyatukan Indonesia. Kalau duluuu sekali kakek nenek dan orang tua kita jauh-jauhan dengan keluarga hanya bisa kontak via surat atau telepon. Sekarang bisa kapanpun kirim pesan dan VCan

  • Ratna Dewi
    Ratna Dewi 10:53 PM

    Aku nggak kebayang kalau nggak ada internet sejauh ini akan gimana. Lha bayangin aja di rumahku kalau TV rusak aja orang pada selaw, sekalinya internet mati pada uring-uringan semua. Dan alhamdulillah sekarang mau di rumahku atau pas pulkam, semuanya udah kepasang Indihome jadi aman deh.

  • Siti Nurjanah
    Siti Nurjanah 7:20 PM

    Dengan teknologi dan perkembangan internet, bisa membuka peluang serta kesempatan untuk menjunjung nilai persatuan serta melestarikan budaya-budaya juga memberdayakan usaha lokal

  • Yustrini
    Yustrini 9:04 PM

    Iya, saya juga seringnya kaget sama soal-soal anak SD baru kelas 1 aja pertanyaannya udah sulit gitu. Perasaan dulu aku pas masuk SD baru diajari membaca deh, hehe

  • Didik
    Didik 9:55 PM

    Internet ini emang semacam pisau bermata dua. Ada yang bisa utk kebaikan. Ada juga utk keburukan. Tinggal kita aja untuk pintar2 memakainya dgn bijak. Salut buat mereka yang mau memanfaatkan utk aktivitas kebaikan dan meraih cuan.

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 10:40 PM

    Waduw, beratnya pelajaran anak kelas 1 SD jaman sekarang ya. Sudah sampai ke pemahaman pancasila dong.

    Nah, ikut serta alias berkontribusi dalam mengerjakan tugas domestik bersama-sama di rumah juga ternyata merupakan pengamalan dari sila ketiga Pancasila ya. Bahkan mementingkan kepentingan keluarga terlebih dulu sebelum kepentingan pribadi.

  • Lintang
    Lintang 11:25 PM

    Anakku juga yang masih TK udah ngapalin Pancasila sama lambangnya. Tapi emang sih internet tuh bisa menyatukan Indonesia dari pelosok ke pelosok, cocok banget dengan sila ke-3.

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 12:47 AM

    yang jelas dengan internet kita bisa dukung UMKM lokal Indonesia dengan beli produknya. mereka memasarkan dan kita yang beli secara online. Saling dukung perekonomian

  • hastinpratiwi.com
    hastinpratiwi.com 2:09 AM

    Kalau dulu, televisi yang menyatukan dunia. Sekarang, internet telah mengambil alih semuanya. Salut untuk Indihome yang hadir hingga ke pelosok negeri demi kelancaran era teknologi informasi.

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 4:13 AM

    Internet jadi salah satu praktik nyata dari sila tiga di era teknologi seperti sekarang ya mbak. Apalagi di masa pandemi dua tahun kemarin. Saat yang jauh pun terasa dekat karena internet, jadi persatuan Indonesia masih tetap bisa terbangun deh.

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 8:55 AM

    Iya bener dulu reuni susah banget buat dateng ke suatu kota, tapi kalo pake internet, gampang banget sih jadi banyak yang bisa ikutan.. tapi ramai banget ya ..

  • Mita Oktavia
    Mita Oktavia 9:24 AM

    Selalu seneng baca cerita tentang pengamalan "persatuan indonesia" dan betul kita harus bersatu mendukung produk2 lokal Indonesia dengan memanfaatkan kecepatan Internet yang ada. Agar produk Indonesia makin luas dikenal hingga mancanegara

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 9:47 AM

    Indihome memang internet andalannya Indonesia ya mbak
    Sinyal stabil, pas banget buat kebutuhan seluruh keluarga

  • Iim Rohimah
    Iim Rohimah 11:32 AM

    Memang sangat membantu IndiHome ini. Saya banyak memiliki hiburan, hingga silaturahmi yang luas lewat internetnya IndiHome.

  • YSalma
    YSalma 12:19 PM

    Internet mendekatkan yang jauh, mempromosikan dengan cepat dan menjangkau lebih banyak orang dengan cepat, sangat tepat sekali internet menyatukan Indonesia. Aplagi Indihome memberikan jaringan stabil pada pelanggannya. Semoga tetap dipergunakan dengan bijak oleh semua anak bangsa.

  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C 4:43 PM

    2022 masih ada loh daerah yg belum tercover jaringan internet, kalaupun ada mesti naik ke bukit atau lokasi yg tinggi dulu agar mendapatkan sinyal.. Semoga internet dapat lebih cepat hadir secara merata ke seluruh pelosok negri.

    Terlepas dari itu, memang banyak hal yg bisa menyatukan kita sebagai bangsa Indonesia. Pancasila menjadi simbol persatuan atas keberagaman di Indonesia

  • ginanelwan
    ginanelwan 8:17 PM

    Jika internet dapat menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia hingga sampai ke pegunungan jayawijaya, itulah seperti pancasila

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 10:46 PM

    Penerapan sila ketiga tidak hanya dalam bermasyarakat saja ya, bisa juga untuk di dalam keluarga.
    Karena dengan persatuan dan kesatuan akan makin utuh dalam menjalani kehidupan

  • Eka FL
    Eka FL 11:18 PM

    saya jadi inget pelajaran si kakak yang juga kelas 1 SD kemarin, di tema ada juga tentang pancasila. pelajaran PPKN sekarang emang terasa lebih berat ya, hehehe. tapi good is dikenalin sejak kecil jadi tahu dan paham tentang pancasila

  • Laily M Octavia
    Laily M Octavia 11:49 PM

    Aku juga langganan pakai indihome. Karena sinyalnya kuad banget internet lancar

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 11:53 PM

    Senang deh jadi punya IndiHome sehingga bisa tetap beraktivitas di dunia internet yang menjadi manfaat untuk profesi sebagai blogger
    Sudah bertahun tahun dan sekarang lagi di desa juga berusaha semangat dengan InidHome

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:46 AM

    Pengamalan pancasila masa kini bisa diperkuat dengan adanya jaringan internet yang lancar dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Semoga semua bisa memanfaatkan dengan baik.

  • Helloinez.com
    Helloinez.com 6:07 AM

    Internet, seperti pisau bermata dua. Bisa memberikan byk manfaat, bisa jadi sumber provokasi yg memecah belah bangsa

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 8:20 AM

    wah bener nih, selain dangdut emang internet ya yang bisa menyatukan banyak orang hihi jadi yang jauh-jauh berasa deket :) apalagi pakai indihome gini jadi makin lancar deh

  • Happy Hawra
    Happy Hawra 9:08 AM

    betul kak, di balik sejuta manfaat internet, kita perlu bijak dalam menggunakannya. belum lagi sekarang orang main sar-ser-sar-ser berita aja tanpa liat itu hoaks apa bukan. makanya kita juga harus ningkatin literasi digital ya

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 11:17 AM

    Dangdut adalah salah satu jenis musik yang disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Bisa menyaksikan di televisi, Youtube, media sosial apa saja dan di mana saja berkat jaringan internet IndiHome tentunya. Aku sudah lama berlangganan IndiHome 3P, Internet unlimited, televisi dan telepon rumah, mantap pokoknya, segala kegiatan online terlaksana dengan baik.

  • Wian
    Wian 7:05 PM

    Setuju banget klo internet menyatukan kita dati sabang sampai marauke bahkn sampai mancanegara.

  • Ria Andika
    Ria Andika 9:15 PM

    Kebutuhan internet sekarang udah jadi kebutuhan primer, wajib banget jaringannya stabil dan koneksinya cepet, Alhamdulillaj diperumahanku udah langganan indihome jg

  • HM Zwan
    HM Zwan 9:17 PM

    Betul mbak, dulu pas keluar lagu Project POP yang Dangdut is the music of my country langsung hits banget ya. Enak banget lagunya.. Berkat internet kita bisa kenal lewat dunia maya ya mbak ^^

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 10:09 PM

    Setuju sekali kak, internet menyatukan bangsa banget ya. Indihome ini tepat banget hadir di Tengah masyarakat Kita ya kak

  • lendyagassi
    lendyagassi 10:29 PM

    Adanya jaringan internet yang mudah dan kini bisa merata ke seluruh pelosok wilayah Indonesia, semoga semakin mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia.
    Senang sekali kalau bisa banyak orang semakin teredukasi dengan baik.

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 10:30 PM

    internet itu bisa banget menyatukan, juga memisahkan. makanya penting banget bagi penggunanya untuk selalu memilih dan memilah sumber bacaan di internet.. jauh2 deh ama yang hoax gituu

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 11:30 PM

    Betul banget memang internet menyatukan Indonesia. Biarpun jauh, kita tetap bisa berhubungan ya. Asalkan menjaga toleransi dan kebhinekaan.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 6:44 AM

    Internet debesttt pokoknya ya mba Diah
    Membantu dan membuat wawasan luas. Ibuku sama bapak beda daerah dan adat tapi bersatu sesuai sila lah ya. Akhirnya anaknya menyebar.

  • Keke Naima
    Keke Naima 3:56 PM

    Setuju banget, nih. Internet harusnya memberi manfaat positif yang maksimal. Bisa menyatukan dan mendukung sesama masyarakat

  • hani
    hani 5:46 PM

    Nah ini, poin penting, memupuk persatuan justru melalui keberagaman. Indonesia memang bermacam-macam budaya, apalagi ada 34 provinsi, justru harus saling mendukung.

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 8:15 PM

    jadi ingat menemani anak belajar. Emang ya belajar bersama anak-anak itu perlu biar makin kuat bonding ortu dan anak. Kalau internet lancar juga membantu menyampaikan materi yang sulit.

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 10:08 PM

    Internet yang signalnya seperti IndiHome memberikan dampak yang positif bagi masyarakat kita saat dipakai secara bijak dan memanfaatkan internet secara baik

  • Fadmala A
    Fadmala A 10:20 PM

    Kaget juga nih, kalau kelas 1 SD sudah diajarkan pancasila.. Dulu aku kelas brp ya? :D

    IndiHome memang bisa menyatukan Indonesia dengan internetnya.. Semua bisa terjangkau dengan internet.. Menyatukan Indonesia seperti Pancasila ini ya.. Mengingatkan lagi untuk kita tentang pentingnya nilai" pancasila nih :)

  • Ainun
    Ainun 11:20 PM

    dengan internet semua informasi bisa diakses dengan mudah, dan suka sebel juga kalau pas lihat berita lihat orang-orang yang terinspirasi untuk melakukan kegiatan negatif yang katanya hasil dari nonton di internet.
    Memang penggunaan internet juga kudu selektif ya, memilih berita mana yang baik buat dikonsumsi

  • Indri
    Indri 5:26 AM

    Sebenarnya tergantung pada pribadi masing-masing ya mba, ada juga yang pakai internet untuk memecah belah sehingga sulit untuk mempersatukan kita

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 5:28 AM

    Internet sekarang bisa menyatukan Kita ya, Mba. Meski beda jarak, bisa terus terkoneksi. Di era digital seperti sekarang fungsi internet ini penting, inget pas awal pandemi semua serba daring.

  • Echi Mustika
    Echi Mustika 8:10 AM

    Internet seperti dua mata pisau yang berbeda kalo gak bijak bisa ambrol, bicara soa Pancasila byk anak" sekarang tidak hafal #sedih

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 8:59 AM

    Kita bertemu dengan internet juga ya mbak diaaah....banyak sekali keuntungan karena internetnya ya. Cuma seperti pisau bermata dua, tergantung siapa pemakainya ya mbak

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 12:47 PM

    paling terasa sekali manfaat internet selama pandemi, karena pembelajaran maupun pekerjaan tetap bisa berjalan walau tetap ada keterbatasan gara-gara sinyal yah..

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 7:51 PM

    Kalau pengamalan Pancasila kita baik dan benar, ternyata memang bikin kehidupan lebih tertata dan menciptakan kedamaian ya Mbak.
    Hebat nih Mbak Diah bisa ikutan Pelayaran Kebangsaan, keren banget...
    Dulu pengen ikutan juga, tapi sekadar pengen dan gak berani bersaing, hwkwkwkk..

  • Efa Butar butar
    Efa Butar butar 11:30 AM

    Waahh, pertanyaan anak-anak sekarang berat ya Kaaa. Hehehe.
    Eh, tapi aku rasa keren sih, memahami nilai-nilai Pancasila sejak dini. Btw, aku sepakat kalau Internet menyatukan banget.

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 5:21 PM

    Eh iya jadi kepikiran dulu zamanku diajarin Pancasila saat kelas berapa ya? Hehe.

    Ternyata pengamalan Pancasila bisa dimulai dari lini keluarga sampai masyarakat. Semua silanya termasuk sila ketiga.

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:57 PM

    Internet saat ini adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas online sehari-hari. Tanpa internet, selain pekerjaan yang terhambat juga pembelajaran anak-anak sekolah.
    Alhamdulillah,
    Dengan adanya jaringan internet yang lancar bisa menjangkau dan mengetahui banyak hal.

  • Farhati Mardhiyah
    Farhati Mardhiyah 2:51 PM

    Setuju nih internet memang bisa menyatukan bangsa, salah satunya dari internet kita mengenal produk-produk UMKM lokal dari berbagai daerah, mengenalkan juga berbagai budaya dari daerah, kalo tanpa internet mungkin cuma tau sebatas cuplikan dari textbook aja di sekolah

  • Antung apriana
    Antung apriana 2:20 PM

    internet memang memiliki banyak sekali manfaat ya, mbak. mulai dari mendekatkan yang jauh hingga menyatukan Indonesia dengan berbagai cara

  • Nurul Dwi Larasati
    Nurul Dwi Larasati 11:40 PM

    Internet kayak pisau bermata dua, kalau ditajamkan akan menjadi bahaya juga, kalau ditumpulkan malah nggak berguna. Makanya mesti bijak gunain internet buat berjejaring ya.

Add Comment
comment url