Aqiqah Nurul Hayat, Pilihan Aqiqah Keluarga Indonesia

Setiap tanggal 29 Juni kita memperingati sebagai Hari Keluarga Nasional. Membentuk sebuah keluarga adalah impian setiap pasangan kemudian selanjutnya mengharapkan untuk segera diberi keterunan sebagai penerus keluarga. Memiliki anak-anak yang sehat, lincah, cerdas dan bisa dibanggakan adalah harapan setiap orang tua. Setelah anak lahir, tugas orang tua adalah memberikan nama, merawat dan membesarkannya dengan cinta dan kasih sayang. 


aqiqah-nurul-hayat


Namun di samping itu, sebagai orang tua juga perlu menyiapkan pendidikan yang baik untuk masa depan mereka serta menunaikan segala bentuk kewajiban dalam agama. Untuk hal ini menurut ajaran agama yang saya anut yaitu Islam bahwa orang tua harus melaksanakan aqiqah yang dianjurkan untuk dilaksankaan sebelum anak memasuki usia baligh. 

Tentang Aqiqah


Ketika seorang anak lahir, biasanya akan digelar selamatan sekaligus memperkenalkannya kepada keluarga dan kerabat akan kehadiran sang anak. Pada kesempatan inilah dilaksanakan aqiqah sekaligus penyematan nama bagi sang anak. 

Aqiqah berarti proses penyembelihan hewan ternak sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak dalam keluarga yang biasanya dilaksanakan pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan. Kemudian hewan ternak yang telah disembelih ini dibagikan kepada para kerabat dan tetangga. 

"Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih atas namanya pada hari ketujuh (kelahirannya), dicukur (rambutnya), dan diberi nama."  Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi (no. 2735), Abu Dawud (no. 2527), dan Ibnu Majah (no. 3165). 

Aqiqah untuk anak laki-laki yaitu dengan menyembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan adalah satu ekor kambing. Dalam ajaran Islam, hukum aqiqah adalah sunnah muakkad yaitu sunah yang diutamakan. Maksudnya, jika orang tua mampu melaksanakannya karena memiliki harta yang cukup maka aqiqah dianjurkan untuk dilaksanakan pada saat sang anak masih bayi yang dianjurkan pada hari ketujuh, keempat belas, keduapuluh satu setelah anak dilahirkan. Namun, jika orang tua belum mampu atau tidak mampu melaksanakan aqiqah pada saat itu, maka bisa dilaksanakan kemudian.


Pengalaman Aqiqah Anak 


Alhamdulillah saya dan Suami diberikan amanah anak pertama pada November 2014 lalu namun karena kami belum mampu untuk langsung melaksanakan aqiqah untuknya di hari ketujuh bahkan di hari keduapuluh satu setelah kelahirannya maka aqiqah baru bisa kami selenggarakan pada usia dua bulan lebih. Pelaksanaannya pun di rumah orang tua saya dan kami mengundang keluarga dan para kerabat baik dari saya maupun Suami. 

Selanjutnya pada September 2017 kami kembali diberi amanah lagi dengan kehadiran anak kedua. Hampir sama dengan kakaknya, si Adek pun juga baru di aqiqah bahkan lebih lama yaitu di usianya yang hampir 6 bulan. Kali ini pelaksanaannya di rumah mertua atas permintaan mereka. 

Pada April 2019, Alhamdulillah kami diberi amanah kembali dengan kehadiran anak ketiga dan kami pun tidak lupa untuk melaksanakan kewajiban kami sebagai orang tua dengan menyembelih dua ekor kambing untuk aqiqah yang nyatanya pelaksanaannya jauh lebih lama dibanding kedua kakaknya karena si Dedek di aqiqah saat usianya 9 bulan. Namun kali ini kami memilih untuk melaksanakan aqiqah di sebuah Pesantren di Kota Kendari, jadi semua urusan penyembelihan dua ekor kambing untuk aqiqah tersebut diurus oleh pihak yang telah ditunjuk. Pastinya pelaksanaan aqiqah anak ketiga jauh lebih praktis daripada saat aqiqah di rumah karena kami juga tidak mengundang selain keluarga inti. 


Aqiqah Nurul Hayat Untuk Aqiqah Keluarga Indonesia


Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan teman lama yang baru saja melahirkan. Saat itu dia bercerita bahwa sedang bingung untuk pelaksanaan aqiqah sang anak, apalagi di masa pandemi yang belum berakhir ini. Ditambah pula karena saat ini dia dan suami berada di tanah rantau yang jauh dari keluarga, kebayang dong ya repotnya kalau dia harus mengurus segala hal tentang aqiqah dan juga memasak hewan yang disembelih. Namun katanya mereka pun tidak ingin berlama-lama menunda untuk menunaikan kewajiban sebagai orang tua untuk melaksanakan aqiqah bagi sang anak. 

Sesaat saya diam dan teringat sebuah postingan di media sosial tentang Aqiqah Nurul Hayat. Langsung saja saya mencari informasinya lebih lanjut dan ternyata layanan Aqiqah Nurul Hidayat ini ada di kota sang teman yaitu Tegal. 

Jadi, menurut informasi yang saya dapatkan dari laman resminya bahwa Aqiqah Nurul Hayat ini telah berdiri sejak tahun 2003 sebagai usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. Sejak saat itu juga Aqiqah Nurul Hayat bertumbuh dan menghadirkan puluhan ribu layanan Aqiqah setiap tahunnya. Saat ini Aqiqah Nurul Hayat tersebar di 30 lebih cabang di Indonesia yang terjamin karena memiliki sertifikat Halal dari MUI. Tidak hanya itu Aqiqah Nurul Hayat juga dikenal sebagai "PELOPOR AQIQAH SIAP SAJI" dan menjadi langganan masyarakat, Tokoh dan juga para artis. 


Alasan Memilih Aqiqah Nurul Hayat


Setelah membaca informasi tentang pelayanan Aqiqah Nurul Hayat tentu saya langsung merekomendasikannya ke sang teman dong karena menimbang beberapa alasan berikut mengapa kita harus memilih Aqiqah Nurul Hayat sebagai aqiqah pilihan keluarga Indonesia yaitu: 


1. Sesuai Syariah

Hal yang paling utama adalah karena semua proses yang dilaksanakan oleh Aqiqah Nurul Hayat adalah sesuai syariah dan ketentuan yang diajarkan dalam Islam. Mulai dari pemilihan hingga proses penyembelihannya yang sesuai ketentuan. 

  • Hewan sembelihan untuk aqiqah yaitu boleh berupa kambing baik jantan maupu betina, dan juga domba. Tidak sah jika menyembelih hewan untuk aqiqah selain kambing atau domba, seperti ayam, kelinci atau burung. 
  • Hewan yang disembelih untuk aqiqah haruslah dalam keadaan sehat, tidak boleh ada cacat maupun dalam keadaan sakit.
  • Hewan aqiqah haruslah merupakan hewan yang sudah layak disembelih seperti mana halnya hewan untuk kurban. Jika kambing maka minimal harus sudah berusia satu tahun.

2. Bersertifikat Halal dari MUI 

Hewan yang disembelih untuk paket aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat telah tersertifikasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Dinas Kesehatan dengan Nomor 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012.

3. Kualitas Terjamin 

Selain memperhatikan syarat sah hewan yang bisa disembelih sesuai syariat Islam, Aqiqah Nurul Hayat juga memperhatikan kualitas dan masakan terjamin karena dikelola dan dimasak oleh juru masak yang berpengalaman. 

4. Pilihan Paket Aqiqah yang Variatif


menu Aqiqah Nurul Hayat
pic: instagram.com/aqiqahnurulhayat


Selain menyediakan layanan penyembelihan hewan aqiqah, daging yang telah disembelih dapat dikirim langsung ke rumah secara gratis ataupun diolah terlebih dahulu dengan berbagai menu pilihan yang variatif dari gule, sate yang disajikan dalam panci ataupun menu kotakan, bahkan ada menu yang dikemas simpel dan kekinian seperti bento lho yang tentunya lebih praktis. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan budget lho ya. 

5. Aqiqah Berkah dengan Sedekah

Memilih Aqiqah Nurul Hayat, InsyaAllah mendapat berkah karena kita sekaligus bersedekah untuk mendukung program beasiswa tiap semester bagi para santri, anak yatim di Pondok Pesantren Nurul Hidayat. 

6. Terpercaya

Membaca testimoni dari pelannggan Aqiqah Nurul Hayat, saya jadi yakin bahwa memilih layanan aqiqah disini adalah hal yang tepat karena telah terpercaya oleh para Tokoh seperti Ust. Wijayanto,  Asma Nadia, bahkan Menteri Pendidikan, Bapak M.Nuh pun juga memberikan testimoni kepada layanan aqiqah ini. Begitupun dengan para artis seperti Ricky Harun, Pasha, Nina Zatulini dan masih banyak lagi artis lainnya yang telah mempercayakan paket Aqiqah Nurul Hayat sebagai pilihan aqiqah untuk anak mereka. 


Rayakan Hari Keluarga Nasional dengan Aqiqah Nurul Hayat, Pilihan Keluarga Indonesia


Menyambut Hari Keluarga Nasional yang tidak lama lagi akan kita laksanakan, saatnya kita kembali refleksi diri sebagai orang tua, sudahkah kita memberikan yang terbaik untuk keluarga? Bagaimana dengan kewajiban kita sebagai orang tua? Sudahkah kita menunaikannya, termasuk aqiqah untuk sang anak? Memilih Aqiqah Nurul Hayat sudah jelas adalah pilihan yang tepat untuk aqiqah keluarga Indonesia.


casa kreatif



Nah, pas banget nih Aqiqah Nurul Hayat dan Casa Kreatif sedang mengadakan lomba menulis blog dengan tema Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia yang berhadiah jutaan Rupiah dan juga e-sertifikat. 

Ayo, jangan sampai ketinggalan untuk ikutan lombanya ya. Info lebih lengkap tentang lomba blog ini Temans bisa lihat di website Casa Kreatif ya. 



Diah
Next Post Previous Post
24 Comments
  • nitalanaf
    nitalanaf 9:16 AM

    Dulu di rumah juga kalo keponakan lahir, aqiqah-nya pake jasa catering aqiqah aja. Langsung diantar makanan dengan 2 menu, plus buku aqiqah juga. Enak sih, jadi simple ya...

  • Sarah Jalan
    Sarah Jalan 4:13 PM

    Masih ada kesempatan ni buat ikut lombanya, mumpung punya pengalaman aqiqah anak juga

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 9:34 PM

    Alhamdulillah anakku udah aqiqah.. kalo lokasinya Deket aja dan tau dari dulu mungkin aku bakal pake ini.. karna kemarin sempet nyari2 juga

  • Najwa Zachrani
    Najwa Zachrani 12:39 AM

    wah bisa banget nih aqiqah nurul hayat jadi rekomendasi buat yang mau ngadain aqiqah supaya ga perlu bingung lagi

  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya 1:07 AM

    Aku juga untuk ketiga anakku aqiqahnya pakai jasa aqiqah, terima beres. Aqiqah nurul hidayat bisa jadi reference aqiqah anak Indonesia ya.

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 8:16 AM

    Dulu waktu aku Aqiqah sih, Ibuku menyerahkan semuanya ke budhe yang ada di kampung, coba kalau tahu ada catering Nurul Hayat gini, pastinya jadi lebih mudah dan ngga ribet

  • Eni Martini
    Eni Martini 9:55 AM

    KLalau orang dulu akikah motong dan masak sendiri ya heheh, kalau sekarang enak banget praktis. Jadi meski akikah saat bayi baru lahir, kita ga capek

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 2:05 PM

    Wah keren banget ya aqiqahnya. Boleh nih saya referensikan ke teman yg mau aqiqah

  • Afifah Haq
    Afifah Haq 2:53 PM

    Di Bandung sudah ada belum ya Aqiqah Nurul Hayat? Bagus juga ya, dipilihkan domba yang layak. Kalau di tempat lain jujur aja belum tentu disembelihkan domba yang cukup umur hehe

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 9:08 PM

    auto nyari info tentang aqiqah, karena menurut Ust Aam Amirudin, aqiqah berbatas waktu
    Jadi kalo udah lewat waktunya, termasuk sedekah
    ternyata di republika.co.id banyak pendapat, diantaranya ada yang berpendapat aqiqah tidak harus 7 hari sejak lahirnya baby

  • Sabrina
    Sabrina 9:43 PM

    jadi teringat semasa aqiqah saudara dulu, kami menyembelih dan memasak sendiri dan jika keluarga pekerja semua, cukup repot, sekarang sudah mudah ya mba DIah, bisa menggunakan jasa untuk paket aqiqah, apalagi penyedia aqiqah ini sudah mendapatkan izin MUI juga, benar2 terpercaya pastinya

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 6:06 PM

    Sunahnya memang di maksimal hari ketujuh kelahiran anak ya aqiqah itu tapi disesuaikan dengan kondisi orangtua si bayi memang.

    Aku sering denger soal aqiqah Nurul hayat ini. Ternyata banyak keunggulannya ya.

  • Boghaisan
    Boghaisan 12:59 AM

    Aqiqah, buatku sangat membantu sekali, dan semoga Semakin banyak masyakarat yang terbantukan dengan
    Aqiqah Nurul Hayat ini, karena aku cek Aqiqah Nurul Hayat sangat terpercaya

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 8:17 PM

    aku penasaran dengan harga paketnya aqiqah nurul hayat ini mba, memang lagi cari rekomendasi untuk nanti setelah lahiran mengadakan aqiqah

  • Gioveny Astaning Permana
    Gioveny Astaning Permana 4:37 PM

    momen aqiqah memang nggak bisa disepelekan ya mom. Sekali seumur hidup si kecil dan kita sebagai ortunya tentu pengen ngasih yang terbaik, terutama soal syariat dan rasa masakannya

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 4:58 PM

    Praktis ya kalau mau aqiqahan pake jasa aqiqah seperti ini apalagi yang memang sudah terpercaya dan cabangnya ada dimana-mana. Nggak khawatir juga pake jasa aqiqah nurul hayat karena proses penyembelihannya sesuai syariat dan sudah ada sertifjkat halal juga

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 10:45 AM

    Saya tinggal di perantauan, jauh dari keluarga besar, dan waktu aqiqah anak-anak merasakan repotnyaaa...Kini bisa ada solusi , ada Aqiqah Nurul Hayat yang jadi pilihan yang tepat untuk aqiqah keluarga Indonesia.

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 7:57 AM

    patut untuk direkomendasikan nih untuk para orangtua yang hendak Aqiqah'kan anaknya, pilih saja Nurul Hayat

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 12:33 AM

    Dulu, saya selalu memilih paketan catering untuk aqiqah. Tetapi, paketan sekarang memang lebih bagus-bagus. Memang enaknya seperti ini. Jadi lebih praktis

  • lendyagassi
    lendyagassi 8:25 AM

    Pilihan paket beragam dari Aqiqah Nurul Hayat, memungkinkan para orangtua baru menyesuaikan dengan budget yang dimiliki tetap juga tetap bisa menjalankan aqiqah sebagai sunnah muakkad.

  • Yettie herawati
    Yettie herawati 3:15 PM

    Aqiqah memang sebaiknya di lakukan bila kita mampu..
    Apalagi sekarang sudah praktis dan ada pilihan menu di Aqiqah Nurul Hayat yang dapat di sesuaikan dengan kemampuan kita

  • Agatha Revindra Widori
    Agatha Revindra Widori 4:46 PM

    Aqiqah menjadi lebih mudah ya Mba, banyak pilihan paket menu yang pasti halal dan sesuai syariah, btw kalo mau ikutan lomba menulisnya harus Muslim yah? Nonis bolehkah??

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 5:32 PM

    Memang harus pilih jasa aqiqah yang amanah supaya sesuai syariah Islam. Karena ada pengalaman yg gak amanah, alhasil masakannya kurang memuaskan.

  • Riadiani
    Riadiani 11:16 PM

    Makasih banget infonya nih mbak. Ank qu pada blm aqiwah bileh nih nanti pakai ini

Add Comment
comment url