Explore the blog
Wednesday, March 23, 2022

Storytel, Cara Baru Menikmati Buku dengan Aplikasi Audiobook

Membaca buku adalah salah satu me time saya. Sayangnya sudah berapa tahun belakangan ini, membaca buku adalah hal yang sangat spesial. Bisa menyelesaikan satu buku dalam waktu singkat adalah sebuah pencapaian, meski bukunya adalah buku tipis yang halamannya tidak lebih dari 200 saja. Eits, kecuali buku anak-anak ya, itu mah tiap hari kerjaan saya membacakan mereka buku atau Read Aloud sebagai pengantar tidur maupun saat mereka datang membawa buku-buku pilihan masing-masing lalu minta dibacakan. 

Storytel


Padahal nih, dulunya saya termasuk rajin membaca dan juga sering menulis review singkat tentang buku-buku yang telah tuntas saya baca di situs jejaring sosial para pecinta buku. Setiap tahun saya juga selalu mengikuti Reading Challenge, meski selalu gagal karena masih kurang 1-2 buku yang belum tuntas. Namun, saya tidak pernah absen untuk kembali mengisi reading challenge lagi di tahun berikutnya. 

Sebenarnya beberapa kali saya juga coba baca buku online tapi rasanya membaca buku langsung dengan memegang fisik buku memang punya kenikmatan tersendiri, apalagi jika bukunya masih baru dan aroma kertas masih begitu terasa.


Aplikasi Audiobook, Tren Baru Menikmati Buku dengan Mendengarkan


Nah, beberapa waktu lalu saya melihat beberapa teman Blogger membagikan pengalaman mereka menikmati buku dengan mendengarkan audiobook? Kok bisa dibilang mendengarkan buku, bukannya buku itu dibaca? Gimana caranya sih? Serius karena bagi saya, audiobook adalah hal yang baru.

Saya pun membaca salah satu postingan yang dishare tadi dan tentunya jadi tertarik untuk mencoba mendengarkan aplikasi audiobook juga. Temans, pasti penasaran juga ya apa sih audiobok itu? Well, audiobook atau dalam bahasa Indonesia yaitu audio buku yang berarti buku yang dibuat dalam bentuk suara yang mana teks buku dibacakan oleh narator atau pencerita.

Ternyata belakangan ini audiobook sedang jadi pembicaraan lho, itu semua karena kemajuan teknologi. Audiobook bisa dengan mudah kita nikmati dengan banyak cara, salah satunya adalah aplikasi audiobook dari Storytel. Hmm, sebelum jauh ketinggalan, langsung juga saya mencari tahu lebih lagi tentang aplikasi Storytel.


Kenalan dengan Storytel, Aplikasi Audiobook Indonesia


Jadi, menurut laman resminya, Storytel adalah salah satu layanan berlangganan streaming buku audio dan e-book terbesar di dunia yang menawarkan mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul buku dalam skala global yang bertujuan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih berempati dan kreatif yang menyuguhkan kisah-kisah hebat yang dapat dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. 


rekomendasi buku


Yup, pas banget nih, Storytel cocok dinikmati oleh siapa saja termasuk emak-emak rumahan seperti saya yang begitu ingin menikmati buku.  Namun rasanya 24 jam sehari itu kurang karena harus membagi waktu dengan kerjaan domestik rumah tangga, mengurus anak-anak dan pasangan, dan juga mengurus kerjaan sebagai Blogger. Begitu juga dengan anak-anak, di Storytel tersedia begitu banyak rekomendasi buku yang bisa dinikmati oleh mereka. 


Lebih lanjut, bisnis streaming Storytel dilakukan di bawah merek Storytel dan Mofibo, sedangkan bisnis penerbitan Storytel dilakukan melalui penerbit buku audio StorySide dan Penerbit Nordik yang terkenal seperti Nortstedts, People's Press, dan Gumerus. Storytel saat ini telah beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia  (termasuk Indonesia) dan pusatnya berkantor di Stockholm, Swedia. 



Fitur dari Aplikasi Audiobook Storytel


Fitur Storytel ini dirancang memudahkan penggunanya agar betah berlama-lama mendengarkan buku. Ada 4 fitur utama yang ada pada Storytel namun dalam fitur tersebut terdapat berbagai macam pilihan lagi. 

Home 

Menu utama atau halaman depan dari aplikasi ini yang menampilkan cuplikan buku-buku yang sedang kita dengarkan dan juga rekomendasi buku yang bisa didengarkan berdasarkan kategorinya. 

  • Continue listening: lanjut mendengarkan buku-buku yang belum tuntas dibacakan.
  • Because you bookshelfed: berisi rekomendasi buku yang sejenis dengan buku pilihan kita.
  • Top Titles in English: buku-buku bahasa Inggris pilihan dari para Storyteller minggu ini.
  • Top Titles in Indonesian: buku-buku dalam bahasa Indonesia yang sedang trending minggu ini, saat ini ada Filosofi Kopi, Dunia Sophie, Resign!, Selamat Tinggal, dan lain-lain. 
  • Editor's Pick: Pilihan Editor. Untuk saat ini, pilihan Editornya adalah Filosofi Kopi karya Dee Lestari. 
  • Familiar Voices: buku-buku yang dinarasikan oleh aktor, aktris dan public figure. Seperti: Dilan, The Hunger Games, Dunia Sophie, dan lainnya. 
  • Certified Best Sellers: berisi buku-buku terlaris sepanjang masa seperti Haryy Potter, The Hobbit, The Kite Runner, dan sebagainya.
  • Children's Book: berisi cerita-cerita untuk anak. Ini salah satu fitur favorit anak saya nih karena dia pun juga jadi bisa menikmati buku melalui fitur ini. 
  • Upcoming Books in Indonesia: buku-buku yang segera tayang audiobooknya di Storytel.
  • Fantasy & Sci-Fi: buku-buku yang bertema antariksa, naga, dan lainnya.
  • Romance: untuk yang suka dengan novel fiksi romantis, fitur ini yang paling tepat. Sebut saja cerita Divortiare, Autumn in Paris, Mariposa, Summer in Seoul. 
  • This Week's NY Times Best Seller: buku terlaris di daftar The New York Times minggu ini. 
  • Feel the Love, New!, Recommended by BTS, New York Best Sellers, Because you bookshelfed, Most bookselved this week, All Categories. Fitur Home ini memang yang paling banyak dan lengkap dari fitur lainnya. 


Search 

Selanjutnya pada menu search, kita bisa mencari judul buku berdasarkan trending searches: Top, Books, Authors, Narrators, Series juga Tags. 

Saat ini trending booksnya antara lain: Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi, A Game of Thrones karya George R.R. Martin, Sapiens A Brief History of Humankind karya Yuval Noah Harari, dan masih banyak lainnya. 


Bookshelf

Pada fitur ini kita bisa melihat deretan buku-buku pilihan kita, untuk memudahkan pencarian kita bisa sorot berdasarkan tanggal terakhir diubah, tanggal rilis, judul, paling terakhir dibaca juga Pengarang. Selain itu kita juga bisa filter untuk menampilkan buku yang sedang didengarkan, yang ingin didengarkan, ataupun buku yang telah selesai. Eits, kita juga bisa menampilkan buku-buku pilihan untuk anak-anak lho.

 

Profile

Berisi tentang profile kita sebagai pengguna. Disini juga kita bisa menetapkan target mendengarkan atau listening goal kita selama sebulan. Di halaman ini juga ada statistik penggunaan aplikasi Storytel kita dalam seminggu maupun sebulan. Ada statistik data pemakaian kita selama 30 hari juga dong, kalau saya selama seminggu ini tergolong morning reader karena saya menikmati buku mulai dari jam 6 pagi. Biasanya nih kalau mulai beberes saya pun juga siap mendengarkan audiobook, biar tetap semangat kerja gitu! Hohohoh. 

Oh iya, di menu pada Profile juga ada pilihan settings di pojok kanan yang berisi informasi umum tentang akun Storytel kita, settingan aplikasi apakah kita ingin mengaktifkan pilihan mendownload hanya melalui WiFi saja untuk mengurangi pemakaian kuota internet. Pilihan tampilan audiobooks dan ebooks - jadi di Storytel kita tetap bisa baca buku online juga ya.

Selain itu ada pilihan bahasa, informasi langganan, Kids mode, nah ini yang baik nih karena menu kids mode hanya bisa terbuka jika kita memasukkan PIN yang telah kita tetapkan. Selanjutnya ada menu Offline books, disini akan tampil keseluruhan buku yang telah kita download dan tetap bisa kita nikmati meksipun tanpa jaringan internet, dan yang paling terakhir adalah pusat bantuan. 


Keunggulan Menikmati Buku dengan Audiobook Storytel



Aplikasi Audiobook



Setelah tahu fitur-fitur dari aplikasinya, tentu kita ingin lebih jauh mengenal keunggulan yang bisa diberikan oleh audiobook yang satu ini kan ya. Nah, selama pemakaian kurang lebih seminggu ini saya merasakan keunggulan Storytel itu antara lain: 

1. Pilihan Buku Banyak dan Narator yang Berkualitas

Pilihan buku yang banyak, sampai bingung sendiri mau pilih yang mana dulu untuk didengarkan. Oh ya, tidak hanya ada audiobook saja tapi ada rekomendasi buku yang bisa dibaca juga kok. Narator-naratornya juga pilihan karena mereka adalah yang berkualitas dalam membacakan buku termasuk para public figur seperti Dian Sastrowardoyo, Dee Lestari, Chicco Jerikho, dan masih banyak lainnya. 

2. Fleksibel 

Dengan mendengarkan audiobook Storytel, kita jadi lebih fleksibel karena bisa mendengarkan dimana saja dan kapan saja. Jangan khawatir jika ingin mendengarkan namun tidak ada koneksi internet karena buku bisa kita download terlebih dahulu dan bisa didengarkan kemudian. Jadi tidak perlu khawatir saat ingin menikmati buku namun kuota internet habis atau listrik sedang mati yang pastinya WiFi juga jadi tidak berfungsi. Storytel bisa dinikmati secara online maupun offline kok.

3. Mata Tidak Cepat Lelah

Membaca buku fisik tentu dapat membuat mata jadi lelah, begitu pula dengan baca buku online dari layar gawai yang berukuran kecil. Dengan menikmati buku melalui audiobook, mata kita jadi lebih terjaga dari paparan cahaya. Bisa disambi dengan melakukan kerjaan lain juga, jadi mata tidak perlu fokus pada layar. 

4. Paper Less

Saya ngaku, saya salah satu yang sering beli buku tapi hanya digeletakkan dan numpuk begitu saja karena belum sempat membacannya, bahkan ada beberapa buku yang masih lengkap dengan sampulnya. Padahal sekarang sudah banyak diserukan agar kita ikut diet kertas sebagai bentuk dukungan terhadap adaptasi perubahan iklim. Nah, dengan menikmati buku melalui audiobook kita tidak perlu lagi merasa bersalah karena ikut andil dalam aksi penebangan pohon untuk diolah menjadi kertas. Meski sih sensasi membaca buku itu memang lebih dapat feelnya, heheheh.

5. Lebih Hemat

Selain less paper dan tidak perlu beli buku dan menumpuknya lagi, dengan menikmati mendengarkan di aplikasi Storytel, Audibook Indonesia kita bisa jadi lebih hemat lho karena biaya berlangganannya terjangkau. Cukup membayar biaya langganan sebesar Rp 39.000,- per bulan kita bisa menikmati banyak buku dengan cara baru dan hanya duduk manis ataupun sambil tiduran. Bisa juga tetap melakukan pekerjaan rumah seperti masak, membersihkan rumah, melipat ataupun kerjaan domestik lainnya. Sejak kenalan dengan Storytel, saya jadi semangat beresin lipatan yang menumpuk karena bisa sambil melipat juga tetap mendengarkan buku. ☺


Pengalaman Mendengarkan Aplikasi Audiobook Indonesia Storytel


Saat pertama kali masuk di aplikasi audibook Storytel ini rasanya bahagia sekali karena benar-benar pilihan bacaannya begitu banyak. Saya sampai bingung sendiri mau pilih buku yang mana dulu nih untuk didengarkan. Nah, kebetulan salah satu wish list buku yang memang sudah lama ingin saya baca adalah Resign! Karya dari Almira Bastari yang rilis sejak 2018 lalu muncul sebagai rekomendasi buku di halaman utama aplikasi. Maka cus, langsung deh saya megkliknya.

Resign! Dibacakan oleh Ernita Arum yang mana cerita ini berkisah tentang kompetisi sengit yang terjadi di sebuah kantor konsultan di Jakarta. Pesertanya adalah para cungpret - alias kacung kampret (Alranita, Carlo, Karenina dan Andre) yang bukannya mengincar penghargaan sebagai pegawai terbaik, jabatan tertinggi atau bonus terbesar. Melainkan mereka mempertaruhkan siapa yang terlebih dahulu bisa berhasil angkat kaki dari perusahaan alias resign karena sudah tidak betah bekerja di bawah tekanan Sang Bos - Tigran, Pemimpin yang genius, misterius, dan arogan tapi telah dipercaya untuk memimpin timnya sendiri pada usia yang masih cukup muda.

Audiobook ini release pada 5 Januari 2022 dan diterbitkan oleh © Storyside. Durasi audiobook ini selama 8 jam 4 menit dengan total 42 Chapters. Saya tentu senang bisa mendengarkan buku dari aplikasi audiobook ini karena akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah. Seperti yang saya bilang tadi sejak lama saya ingin membaca buku ini tapi belum sempat dan juga belum membeli bukunya. Mendengarkan cerita ini jadi senyum-senyum sendiri, gemas sendiri dengan kelakuan si Pak Boss Tigran yang arogan itu namun sebenarnya care sama bawahannya terutama Alranita yang sejak lama ditaksir oleh Si Boss.

Audiobook Indonesia


Selain ceritanya yang menarik, naratornya juga membacakan buku dengan baik, jelas, dan intonasinya juga pas. Meski beberapa kali sih saya sempat mendengarkan ini sambil rebahan dan saya akhirnya sukses tertidur karena berasa sedang didongengkan, seperti ketika saya sedang membacakan nyaring untuk anak-anak saya. Begitu sadar saya kembali bangkit dan klik playback untuk mendengarkan kembali cerita yang terlewat saking penasarannya saya dengan cerita ini dan tidak ingin ada yang terlewat.

Bagaimana sih ending cerita Resign! Yang telah saya dengarkan ini? Jadi sapa nih yang berhasil keluar terlebih dahulu sebagai pemenang? Ayo, dengarkan sendiri aja ya ceritanya di Storytel! Caranya gampang kok langsung aja download Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android dan bisa berlangganan langsung dengan harga promo Rp 39.000,- per bulan. Psst, saat ini ada promo free trial selama 7 hari lho, jadi kita bisa coba dulu mendengarkan audiobook dengan cuma-cuma alias gratis nih.

Nah, bagi Temans yang ingin dengar buku best seller baik itu non fiksi maupun novel fiksi lain seperti Dilan, Selamat Tinggal, Divortiare, Negeri Lima Menara, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa atau mau dengar Harry Potter Audiobook juga bisa banget lho karena di aplikasi audiobook Storytel ini punya koleksi hingga lebih dari 500.000 judul lho! Bahkan ada yang tersedia dalam bentuk audiobook dan juga ebook, seperti Harry Potter audiobook. Keren banget gak tuh? ☺



Penutup


Beruntung banget ya, Storytel juga telah masuk di Indonesia dan menjadi platform audiobook yang dapat memudahkan perluasan pengetahuan dan wawasan dengan cara yang lebih menyenangkan. Platform ini menyediakan buku best seller dari seluruh belahan dunia.  Dengan adanya audiobook Indonesia ini semoga kemampuan literasi warga Indonesia bisa jadi lebih meningkat! Tidak ada lagi alasan tidak punya waktu untuk membaca ataupun susah dalam mengakses buku bacaan. Melalui Storytel ini, kita hanya butuh kuping untuk mendengar dan menyimak semua yang dibacakan oleh para narator sambil melakukan pekerjaan sehari-hari kita. 


Semoga bermanfaat. 



Diah


Whould you like to comment?

  1. Kita kayak punya perpustakaan pribadi dgn koleksi 1/2 juta buku nih. Apalagi buat mengaksesnya ngga perlu repot. Cmn didengerin aja. Jd kita bs melakukan banyak hal sambil baca eh dengerin buku.

    Si kecil jg makin seneng krn kayak didongengin tuh.

    ReplyDelete
  2. Asyik ya storytel ini bisa nemenin waktu santai, ada banyak pilihan bukunya juga

    ReplyDelete
  3. Storytel ini lebih praktis ya Mbak, kalau baca buku harus ada waktu khusus dan butuh waktu lama tapi kalau dengar di Storytel, bisa sambil aktivitas ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Suka banget pake app Storytel karena bisa dengerin buku favorit disela aktivitas kita sebagai ibu rumah tangga

    ReplyDelete
  5. Tadinya aku kira Storytel tuh untuk anak-anak aja lho. Ceritanya cerita anak-anak doang. Ternyata ada buku-buku orang dewasa yang diaudiokan. Jadi pengen langganan juga nih, pengen dibacain cerita...

    ReplyDelete
  6. Storytel ini bisa banget sih ya kak jadi solusi buat mereka yang males baca buku tapi pengen tahu isinya. Seru yang english bisa bikin belajar listening haha

    ReplyDelete
  7. Siapa bilang menikmati buku gak ada cara yang asik, ye kan... Hadirnya Storytel jadi style cantik menikmati buku dengan baik

    ReplyDelete
  8. saya juga suka banget mbak sama novel resign. dulu saya dengar ini novelnya mau difilmkan tapi nggak ada kabar kelanjutannya. sekarang saya mau baca novel almira bastari yang lain yakni ganjil genap dan pas banget ada juga ini di storytel jadi bisa didengerin deh

    ReplyDelete
  9. Betul banget. Beruntung sekarang storytel sudah legal digunakan di Indonesia. Jadi kita bisa membaca atau mendengarkan cerita berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  10. Dgn perkembangan zaman, cara menikmati buku jg berubah ya kak. Dulu ya hanya baca buku fisik biaya, trs berubah ke pdf/ebook. Eh skrg malah bisa didengerin kayak podcast/didongengin.

    Makin gampang deh jadinya. Apalagi paket berlangganannya jg murah. Cusss langganan.

    ReplyDelete
  11. wah keren banget nih cara membaca buku, tidak butuh ruang yang banyak dan bisa di bawa kemana mana. biayanyapun terjangkau

    ReplyDelete
  12. Aku udah nyobain free trial Storytel ini selama 7 hari. Eh ternyata ketagihan dong akhirnya nyoba berlangganan aja sekalian. Soalnya banyak buku best seller yang masih pengen didengerin hehe.

    ReplyDelete
  13. Waaah tak sabar nih ingin ikutan download aplikasi audiobook storytel. Sambil tiduran atau sambil mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga bisa banget diselingi dengan suara2 merdu dari pembaca cerita di aplikasi ini.

    ReplyDelete
  14. Duh aku juga seneng banget nih dengerin buku di audiobook storytel.. sejauh ini sudah habis dua buku dan nagih karena bisa baca kapanpun, berasa lebih produktif, deh!

    ReplyDelete
  15. Aaakk mau banget dibacain buku Harry Potter. Itu udah lengkap ya mbak Harpot 1-7? Yang baca siapaaa? Penasarann.

    ReplyDelete
  16. Storytel ini ngebantu saya banget sih, yang udah gak sempet lagi baca buku sambil nyantai. Selain ngurus kerjaan yang nguras waktu, ngejar-ngejar bocil berlarian juga bikin wow banget rasanya.

    Mending dengerin baca buku gitu, lebih praktis dan nyaman.

    ReplyDelete
  17. asik banget emang ya mba dengerin audiobooks dari Storytel, bisa juga jadi aktivitas bersama anak kan

    ReplyDelete
  18. asyik ya kalo pilihan bukunya banyak heheh eaku tertarik sama narator yang oke hehe pasti berasa dket sama yang baca . sekaligus nostalgia kayak dengeirn radio .. aku juga baru instal nih storytel

    ReplyDelete
  19. saya menggunakan aplikasi audiobook storytel ini juga mba Diah, useful banget buat para traveler seperti saya ini, karena ga harus bawa buku jaidnya kemana-mana buat dibaca

    ReplyDelete
  20. memang aplikasi storytel ini sangat prakti bagi yang ingin mencoba mendengarkan isi buku, Sepertinya kalau untukku buku non fiksi sangat tepat untuk didengar

    ReplyDelete
  21. Dengan adanya Storytel ini jadi enggak ada alasan enggak ada waktu buat baca buku ya, Mbak? Soalnya bisa diambil, sambil beberes rumah sambil dengerin baca buku. Cocok nih buat aku yang kadang baca buku malah ketiduran.

    ReplyDelete
  22. Iya mbak
    Seru banget
    Menikmati buku di Storytel ini
    Kita cukup mendengarkan ya, bisa tahu isi cerita buku

    ReplyDelete
  23. wah wajib download storytel ini, udah lama nggak baca buku. Ini klo dibacain enak lah ya.

    ReplyDelete
  24. Wah buat yang kadang tidak sempat baca buku karena ribet dengan anak2, bisa ya baca buku dengan mendengarkan aplikasi audio Storytel. Wah kudu download nih. Thx ya kak infony...

    ReplyDelete
  25. menarik banget yaa mba. kategorinya banyak dan bisa untuk anak dan dewasa juga.. kita pakai pas senggang, anak2 mau coba pakai buat dengerin buku juga bisa banget pilih yang children book

    ReplyDelete
  26. Fiturnya bagus-bagus juga ya. Aku yang beberapa tahun ini nggak baca buku karena sibuk sama kerjaan dan anak-anak, jadi bisa terbantu.

    ReplyDelete
  27. aku pakai juga kak, karna gak terlalu suka pegang buku fisik sangat terbantu dengan aplikasi storytel dengan fitur audiobooknya

    ReplyDelete
  28. Banyak buku-buku bagus di Storytel ini. Lalu selain yang berbahasa Indonesia, banyak juga yang berbahasa Inggris. Jadi bisa belajar hal baru, nambah pengetahuan, sekalian meningkatkan kemampuan listening, reading, dan speaking dalam satu waktu

    ReplyDelete
  29. Wah ini juga salah satu aplikasi kesukaan nih mbk. Buat yg nggak sempet baca buku ini solusi banget, bisa disambi ngerjain yang lain juga kan :D

    ReplyDelete
  30. Aplikasi yang sangat membantu sekali dan membuat hari-hari semakin produktif dengan buku bacaan Aplikasi Audiobook Storytel.

    ReplyDelete
  31. Karena Storytel anakku jadi rebutan headphone saking senangnya diceritakan buku mereka
    Nanti saya install di ponsel yang satu sebagai hadiah dia puasa full

    ReplyDelete
  32. aku suka dengen kehadiran storytel ini karena menjawab kebutuhanku akan kurangnya membaca buku, soalnya numpuk doang itu buku nggak kebaca-baca. bener dengerinnya asyik dan mata pastinya nggak lelah, pilihan bukunya juga banyak jadi bisa baca buku2 favorit

    ReplyDelete
  33. saya juga menggunakan aplikasi Storytel ini mba Diah, bermanfaat banget buat saya yang suka baca karena jadinya kemana-mana ga harus bawa buku lagi

    ReplyDelete
  34. aku udah download nih mbaa aplikasinya, bagus apalagi kalo buat perjalanan, jadi temen banget ya...

    ReplyDelete
  35. Wah menarik sekali ini storytell bisa dengerin buku sambil mengerjakan pekerjaan lain

    ReplyDelete
  36. Wah, menarik sekali ya
    Cara berlangganan aplikasi storytell nya, gimana ya? Karena saya coba blm bisa. Ada tulisan error. Pastikan telah memilih negara yg benar di akun play anda.
    Setelah saya cek, negara Indonesia,, tpi tdk bisa

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS/ UNKNOWN Please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^