Mugu Baby, Rekomendasi Perlengkapan Makan Anak Terbaik dari MOOIMOM

Sunday, October 18, 2020

Punya anak yang jarak usianya berdekatan itu super sekali! Iya gitu deh, ekstra jaganya, ekstra perhatiannya biar tidak saling cemburu dan bersaing, sibling rivarly istilahnya. Tapi sebaliknya, sebagai orangtua, kita mah inginnya membangun hubungan baik atau sibling relationship bagi mereka. 

rekomendasi perlengkapan makan anak

Selain itu punya anak yang jarak usianya berdekatan juga bisa lebih hemat karena barang-barang kakak bisa digunakan juga oleh adiknya, apalagi jika berkelamin sama seperti anak-anak saya. Secara kan ya anak-anak itu cepat bertumbuh, perasaan baru beli baju atau celana kemarin eeh udah gak cocok aja ama kakak, padahal barangnya masih bagus. Nah, kalau ada adiknya kan bisa langsung digunakan ama adik. Seperti halnya dengan perlengkapan makan anak

Waktu MPASI Kakak Faraz dulu saya tidak membeli perlengkapan makannya karena Alhamdulillah waktu lahiran dapat kado dari teman jadilah saya cuma membeli keperluan lain yang memang belum ada seperti saringan kawat, perasan jeruk, kukusan khusus buat makanannya biar gak campur, bahkan saya juga waktu itu beli slow cooker karena hasil baca rekomendasi perlengkapan MPASI, barang satu ini juga sebaiknya ada untuk memudahkan pembuatan bubur dan makanan bayi.

Drama Makan Sendiri VS Suap

Menjadi seorang Ibu itu memang harus belajar sepanjang masa. Termasuk belajar teknik-teknik pemberian MPASI kepada anak. Saya baru tahu istilah baby lead weaning (BLW) ketika jelang MPASInya Si Kakak karena seumur hidup sih cuma tahu kalau anak makan itu ya disuap seperti yang saya lihat biasanya. Membaca metode itu, saya pun jadi tertarik ingin menerapkannya ke Si Kakak ketika dia mulai MPASI karena saya pikir ini bakalan jadi mudah untuk melatihnya mandiri. 

Ups, tapi ketika mulai menerapkannya saya jadi menyerah sendiri karena tidak sabaran lihat anak makan berhamburan, makanannya lebih banyak yang terbuang, belum lagi mukanya pun juga celemotan. Duh, rasanya saya belum siap untuk terus melanjutkan metode BLW ini jadilah saya pun kembali menyuapinya. Hal yang sama pun saya terapkan pada kedua adiknya, sekarang Si Dedek Faiz yang usianya 18 bulan dan masih MPASI juga masih terus saya suapi. Kalau kakak-kakak sih sekarang udah pada bisa makan sendiri meski masih tetap didampingi dan tidak jarang pula disuap kalau lagi pada malas makan. 

Belajar Minum dari Botol 

Selain makan, minum adalah kebutuhan penting bagi setiap orang tak terkecuali untuk bayi dan anak juga. Sejak kenal MPASI, saya juga membiasakan anak-anak untuk minum air putih agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi, tentunya ASI pun masih terus berlanjut ya. Seperti saat ini Si Dedek yang sering lihat kedua kakanya minum pakai botol masing-masing, dia pun juga jadi senang minum di botol daripada gelas. 

Memang ya, anak seusianya itu paling pandai meniru orang di sekitarnya.  Tiap kali lihat botol dia happy banget, dia sudah bisa ambil botol sendiri dan minum lewat botol lho. Tapi karena botolnya tidak cocok buat dia jadilah yang ada airnya selalu tumpah di baju dan juga di lantai. Saya jadi khawatir, takutnya kalau keinjak kan bisa buat dia ataupun kakak-kakak jatuh terpleset. 

Makanya belakangan saya sibuk mencari botol minum yang cocok dan sesuai dengan usianya. Berhubung saat ini pandemi dan saya memang sangat membatasi diri pergi ke tempat-tempat umum, kebutuhan anak-anak. Kebetulan waktu itu lihat di website MOOIMOM ada rekomendasi perlengkapan makan anak dari brand MUGU. Ada botol minum anak anti tumpah dan tempat makan MPASI juga. Pas banget nih, maka saya pun memilih training bottle dan anti spill suction bowl dari MUGU Baby ini. Penasaran gak sih dengan produk-produknya? Yuks, kita review bareng ya. 

Review MUGU Training Bottle

botol minum anak anti tumpah

  • Botol ini terbuat dari bahan PP (Polypropylene); yaitu bahan plastik terbaik yang sangat cocok digunakan untuk perlengkapan makan dan minum anak. 
  • Botol ini ringan, warnanya bersih bening dan aman untuk anak karena BPA Free. 
  • Dilengkapi dengan sedotan dan tutup botol yang didesain flip cap untuk menjaga sedotan tetap higienis. 
  • Silicone straw dirancang dengan Gravity ball agar tidak mudah bocor dan dapat diminum dengan berbagai sudut. 
  • Tidak hanya itu saja, botol ini dilengkapi dengan pegangan ergonomis dengan ukuran yang sempurna untuk tangan Si Kecil agar mudah memegang botolnya sendiri. Pilihan terbaik untuk mengganti botol minum anak dari sippy cap ke botol biasa. 
  • Mudah dibersihkan dan aman juga bila dimasukkan ke mesin pencuci piring. Namun, sebaiknya hindari mensterilkan dalam microwave atau sering menggunakan air mendidih karena akan mempercepat kerusakana pada botol. 
  • Hindari pula paparan sinar matahari langsung ya. 
  • Tahan terhadap suhu -20 ° C - 120 ° C. 
  • Terdapat dua pilihan kapasitas botol yaitu 220ml dan 330 ml dan disarankan digunakan untuk anak usia 9m+. 
training cup bayi aman


Sejak Dedek menggunakan botol ini saya jadi tidak khawatir lagi air minumnya akan tumpah dan berceceran dimana-mana. Si Dedek juga bisa mengangkat botolnya sendiri dan meminumnya menggunakan sedotan bahkan dengan posisi setengah duduk dan rebahan. Jadi sekarang dia punya botol minum sendiri dan tidak rebutan lagi dengan kakak-kakaknya. 

Review MUGU Suction Bowl

mangkok makan bayi

  • Mangkok terbuat dari PP+ dan bagian bawah terbuat dari material TPE (Thermoplastic Elastomers) yaitu kombinasi dengan segmen yang lembut dari berbagai kopolimerisasi segmen keras yang memiliki sifat karet, ringan, yang tingkat fleksibilitasnya tinggi.
  • Dapat bertahan pada temperature 0°C - 80°C.
  • Bahan Food Grade yang bebas BPA.
  • Mudah dicuci dan aman bila dimasukkan ke dalam microwave dan mesin cuci piring. 
Dengan menggunakan mangkok dari MUGU Baby ini, Dedek jadi bisa bebas makan sendiri karena mangkoknya ini dilapisi karet hisap pada bagian bawah yang didesain untuk menjaga mangkok tetap pada tempatnya. Selain itu, sisi bundari di dalam mangkok membantu Dedek menyendok makanan jadi lebih mudah. Sangat cocok digunakan untuk melatih anak makan sendiri atau makan dengan teknik BLW. 

rekomendasi perlengkapan makan bayi



Senang sekali rasanya lihat anak bisa makan dan minum sendiri. Produk-produk dari MUGU Baby ini memang recommended banget! Oh iya, kemarin saya juga pilih Kids Dinnerware Set lho. Tergoda lihat paket lengkapnya yang terdiri dari mangkok, gelas, sendok dan garpu. Cocok deh dijadikan kado saat mengunjungi keluarga ataupun kerabat yang baru lahiran, buat persiapan anaknya nanti MPASI kan.

Nah, buat yang penasaran dan sedang mencari perlengkapan makan anak, langsung cek aja ya website MOOIMOM atau bisa lihat di Instagramnya juga: @mugubaby

Semoga bermanfaat ya.   



You Might Also Like

14 Comments

  1. desainnya lucu lucu buat anak kecil, seandainya dulu waktu aku kecil punya barang selucu ini, gemessnyaa

    ReplyDelete
  2. Produk-produk yang aku beli dari mooimom, menurutku recommended banget karena bahannya itu berkualitas bagus dan nyaman dipakai serta nggak bikin bahaya.

    ReplyDelete
  3. Botol minum tidak mudah tumpah ini beneran membantu banget buat ibu yang punya anak balita..
    Secara mereka suka banget numpahin air. .trus tempat makan dari mooimom ini bikin praktis kalo mau angetin MPASI ke microwave.

    ReplyDelete
  4. Perlengkapan makan bayi tuh gemes-gemes banget ya, dulu aku tuh senang milih peralatan makan yang lucu-lucu. Karena selain untuk membangkitan selera makan dan anak juga jadi happy karena melihat peralatan makannya.

    ReplyDelete
  5. Makin lengkap aja ya mooimom ini, saya memiliki produk mooimom yang breast pump nih. Botolnya sangat cocok untuk anak karena aman dan nggak bakalan tumpah

    ReplyDelete
  6. Bagus2 banget nih perlengkapan makannya lucu2 dengan warna yang ceria anak2 pasti suka tambah semangat makannya deh apalagi tempat minumnya gk perlu khwatir lagi ya tumpah2

    ReplyDelete
  7. Keren dan lucu ya desainnya. Bisa jadi rekomendasi buat persiapan anak ketiga nanti nih.

    ReplyDelete
  8. Ih, peralatan makannya gemesin ya. Aku kalo punya anak bayi kayaknya langsung nyari deh. Dan yang paling penting sih, selain gemesin tadi, adalah keamanan dan kenyamanannya ya. Btw, lengkap juga ya produk dari MOOIMOM ini. Dari ibu hingga ke anak. Bisa jadi tempat one stop shop for mom and kid ya.

    ReplyDelete
  9. Aku terkesima, mudah dan unik desainnya ya..mangkok dari MUGU Baby ini, baby bisa bebas makan sendiri karena mangkoknya dilapisi karet hisap pada bagian bawah yang didesain untuk menjaga mangkok tetap pada tempatnya.
    Pas ini digunakan untuk melatih anak makan sendiri atau makan dengan teknik BLW.
    Kepoin MUGU kalau gituuu

    ReplyDelete
  10. Ya ampun perlengkapan bayi makin lucu2 yaa, khusunya perlengkapan makannya :D
    Kalau aku punya bayi mungkin dah kalap bakal beli2 juga hihi. ANak2 biasnaya termotivasi makan dengan lahap jg kalau wadah makan dan botol minumnya lucu gtu :D

    ReplyDelete
  11. Wah lengkap ya perlatan makan dan minumnya..
    Uda gitu bentuknya kece, bikin anak semangat makan ya mbak

    ReplyDelete
  12. Bagus nih Mugu Training Bottle ya, tutupnya flip cap, jadi botol bisa lebih higienis dan Mom bs lebih tenang anaknya minum dengan aman ya

    ReplyDelete
  13. Naksir banget sama produk mugu baby ini hahaha dulu ga kesampean beli buat anak

    ReplyDelete
  14. Selain barang masih bagus dipakai adik. Kalau main dan belajar bisa bersama-sama.

    Mugu baby mengajarkan kemandirian pada anak

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community