INDOMILK Susu Bubuk Bantu Anak Tinggi, Tangguh, Tanggap

Wednesday, October 14, 2020

Beberapa waktu lalu, Ibu Guru Sekolahnya Si Kakak minta data tinggi badan (TB) dan berat badan (BB) anak untuk di input sebagai data Dapodik. Jadilah langsung ukur tinggi dan berat badan Si Kakak. Kalau saya lihat sih TB dan BB teman-teman sekelasnya kurang lebih samalah dengan Si Kakak, tapi bukan berarti saya harus berpuas diri melihat perkembangannya seperti ini. TB Si Kakak sih masih termasuk normal untuk seusianya, tapi katanya sih anak laki-laki itu bakalan pesat pertumbuhannya setelah disunat. 

Indomilk Susu Bubuk

Biasanya para Ibu itu fokus ke berat badan anak kan ya? Berbeda dengan saya malah lebih memperhatikan soal tinggi badan anak-anak. Kenapa demikian? Karena sadar bahwa tinggi badan kedua orangtua mereka pas-pasan. Faktor utama yang memengaruhi tinggi badan anak adalah genetik, selain faktor lingkungan, dan juga nutrisi serta aktivitas. 

Jadilah, saya itu cemas ketika nanti mereka akan susah mencari pekerjaan karena tidak memenuhi syarat tinggi badan yang ditentukan sama seperti saya dulu yang susah untuk mencari pekerjaan karena terbentur oleh syarat dari perusahaan-perusahaan yang menginginkan kandidat karyawannya dengan tinggi badan minimal sekian sekian centimeter, huufft! 

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tinggi Badan Anak 


1. Faktor Genetik; 

Selama ini kita pahami bahwa faktor utama yang menjadi dasar penentu tinggi badan anak adalah faktor genetik yaitu tinggi dari kedua orang tuanya atau bisa dibilang warisan dari orangtua. 

Dari beberapa sumber yang saya baca, rumus memperkirakan tinggi badan anak berdasarkan tinggi orang tuanya adalah sebagai berikut: 

Anak laki-laki = ((TB Ibu + 13 + TB Ayah) dibagi 2) ±  8.5cm 
Anak perempuan = ((TB Ayah - 13 + TB Ibu) dibagi 2) ± 8.5cm

Kalau menurut rumus di atas, tinggi anak-anak saya nanti lumayanlah, 174 cm. Eiits, tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa anak yang memiliki orangtua pendek, kelak ketika dewasa anaknya pun akan pendek juga. Karena masih ada faktor-faktor lain yang dapat merubah potensi tinggi sang anak. 

2. Faktor Lingkungan;  

Lingkungan yang ideal dapat memaksimalkan tumbuh kembang anak, dalam hal ini mempengaruhi juga tinggi badan anak yang optimal. Faktor lingkungan ini dapat meliputi kasih sayang, kecukupan ekonomi, juga imunisasi yang lengkap sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, faktor lingkungan memiliki peran penting utamanya di awal-awal kehidupan anak agar dapat memaksimalkan potensi genetik yang dimiliki sang anak.

manfaat susu bubuk

3. Faktor Nutrisi dan Aktivitas; 

Faktor lain yang berperan dalam mendukung tinggi badan anak adalah nutrisi dan aktivitas sang anak. Menurut WHO, asupan nutrisi ideal yang dibutuhkan bagi pertumbuhan anak adalah makanan yang bervariasi, yang terdiri dari sumber protein baik nabati maupun hewani, kacang-kacangan, buah, sayur dan lemak. Tidak hanya itu perlu juga dilengkapi dengan produk susu seperti keju dan yogurt. Vitamin A dan D, zat besi, seng dan kalsium jua sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang. 

Disamping itu, jangan lupa juga memperhatikan kebutuhan aktivitas olahraga Si Kecil secara teratur untuk proses pemadatan tulang. Olahraga yang dianjurkan untuk mendukung tinggi badan anak seperti berenang, basket, lompat tali dan juga bulu tangkis yang dapat membantu meregangkan otot kaki dan tulang belakang sehingga anak dapat mencapai tinggi badan yang optimal. 

3 Cara Menambah Tinggi Badan Anak 

Mengingat pentingnya tinggi badan anak itu, maka dari sekarang  saya pun mulai menerapkan cara-cara berikut agar tinggi badan anak bisa bertambah secara alami. 

1. Memberikan Makanan yang Bernutrisi 

Nah, salah satu upaya saya agar perkembangan anak-anak optimal dengan memberi makanan dan minuman yang bernutrisi, termasuk memberikan susu sebagai pelengkap gizi mereka. Sejak lepas ASI, anak-anak memang tetap saya beri susu karena sadar akan manfaat susu bagi pertumbuhan mereka terutama bagi Si Kakak yang sudah masuk usia sekolah. Bahkan si Dedek pun yang masih ASI kalau lihat kakak-kakaknya minum susu juga menagih minta jatah, hehehh. 

tinggi, tangguh, tanggap

Kalau Si Kakak Faraz, sebelumnya suka minum susu UHT karena sejak kenal susu tahunya ya susu dalam kotak itu. Berbeda dengan Adek Fawwaz yang dari awal kenalnya susu bubuk, walau kadang juga ikut minum susu kotak kakaknya. Belakangan sih Si Kakak juga sudah kenal dan jadi suka minum susu bubuk untuk anak. Apalagi sekarang saya memberinya Indomilk Susu Bubuk Optinutri rasa Cokelat, dia jadi makin doyan minum susu lho. Tapi tetap saya batasi kok sesuai anjuran pada kemasan agar manfaat susu bubuk lebih maksimal diperolehnya. 


2. Menerapkan Pola Tidur yang Baik

Jangan pernah sepelekan tidur, karena sesungguhnya tidur itu punya manfaat besar bagi kesehatan tubuh apalagi anak-anak. Sebab pada saat tidur inilah hormon pertumbuhan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan kata lain, saat tidur tinggi badan anak dapat bertambah secara optimal. Saya paling bawel deh ama anak-anak soal tidur ini baik itu tidur siang maupun tidur malam, karena jika mereka kurang tidur anak-anak akan menjadi tidak bersemangat dan bahkan jadi rewel. Apalagi saat pandemi seperti saat ini, yang mana anak-anak pengennya main mulu dan lupa tidur. Jadilah meski hanya 30 menit atau 1 jam saja, tidur siang tetap harus mereka lakukan, begitupun malam hari harus segera tidur juga biar badan segar. 

3. Melakukan Olahraga Bersama

Meski sulit karena orang tuanya memang jarang olahraga, tapi belakangan saya sudah mulai melatih mereka untuk menyukai olahraga agar badan tidak kaku dan juga manfaat dari olahraga akan terasa pada pertumbuhan mereka. Saya pun jadi ikut olahraga agar badan jadi sehat juga. 


INDOMILK Susu Bubuk Bantu Anak Tinggi, Tangguh, Tanggap 

Senang sekali rasanya bisa mengenal Indomilk Susu Bubuk ini yang memang diformulasikan sebagai susu bubuk untuk anak seusia Si Kakak. Padahal sebelumnya saya sudah berapa kali mencoba memberinya susu bubuk tapi tak ada satu pun yang diminatinya. Syukurlah sekarang dia telah memilih pilihan tepat karena Indomilk Susu Bubuk akan bantu dia menjadi anak tinggi, tangguh, tanggap. 

Lebih Dekat dengan INDOMILK Susu Bubuk Optinutri 

Berbeda dengan susu bubuk untuk anak lainnya, susu ini memang dirancang khusus agar anak dapat memperoleh manfaat susu bubuk yang optimal melalui 3 kandungan penting (Optinutri) yang ada di dalamnya yaitu: 

Kalsium Tinggi; kalsium yang dikandung dalam susu berperan sangat penting agar dapat membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, juga diperkaya dengan vitamin dan mineral sehingga dapat membantu fisik anak tumbuh TINGGI optimal. Sebagai orangtua, kita bertugas untuk dapat mengenali dan memahami kesukaan Anak dan dapat mengarahkannya dengan baik. 

Sumber Protein; protein berperan untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan pada tubuh, sehingga anak menjadi tangguh menghadapi tantangan di sekolah dan lingkungannya. Penting banget membekali anak dengan pengetahuan dan keterampilan fisik agar mereka menjadi anak yang berani, sigap dan juga TANGGUH. 

Omega 3; omega 3 (DHA dan EPA) berasal dari minyak ikan laut dalam, yang berperan dalam membantu perkembangan sel-sel otak dan menjaga kesehatan jantung sehingga anak selalu TANGGAP dalam menerima dan menyerap pelajaran di sekolah. Penting bagi orangtua untuk menyiapkan mental Si Kecil dengan memberinya stimulasi pertumbuhan mereka.   

Varian Indomilk Susu Bubuk 

Setelah tahu kandungan dan manfaat susu bubuk Indomilk ini, pasti penasaran dong ya ingin tahu varian apa saja yang tersedia. Jadi, terdapat 3 varian rasa yang dapat dinikmati dan bantu anak jadi tinggi, tangguh, tanggap yaitu: Instant Cokelat Omega 3, Instant Omega 3 Bebas Gula (Plain), dan Full Cream Omega 3 (Bebas Gula). 

Susu Bubuk untuk Anak

Kalau anak saya yang penggemar cokelat garis keras sih otomatis suka dengan Instant Cokelat Omega 3 nya ini. Tapi nanti mau saya beri rasa lain juga biar bervariasi. Oh iya, untuk kemasannya terdapat kardus  (400 gram dan 800 gram, semua varian) dan juga sachet (27 gram untuk plain dan 37 gram untuk cokelat).  


Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa? 

Ups, pertanyaan ini jadi kunci juga pastinya kan, Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa ya? Susu Bubuk ini diformulasikan khusus bagi anak yang berusia 5 - 12 tahun agar manfaatnya bisa terserap dengan optimal. 

Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa

Nah, sekarang sudah tahu kan ya semua informasi tentang Indomilk Susu Bubuk Optinutri ini kan? Tidak ragu lagi dong ya untuk memberikan ke Buah hati tercinta. Paling penting juga rasa penasaran akan pertanyaan Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa? Sudah terjawab dengan jelas ya sekarang.  

Semoga anak-anak bisa menjadi anak yang tinggi, tangguh, tanggap dalam menghadapi masa depannya ya, Aamiin. 


You Might Also Like

24 Comments

  1. Makin sehat tumbuh kembang si adek nih. Bagus banget untuk tulang juga ya mba

    ReplyDelete
  2. Wah, kasusnya kok mirip anakku yang bungsu ya, Mbak Diah. Memang anaknya jarang mau bergerak, apalagi pas pandemi gini, maunya ngemil aja tapi malas berolahraga. Bisa jadi solusi ya Susu Indomilk bubuk ini, ga cuma bikin tinggi tapi juga anak pintar karena ada kandungan omega 3-nya. Makasih ya infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Ok siap kak, tenryata selain makanan dan istirahat perkembangan anak juga makin baik jika ada asupan berupa susu, Sehat terus dedeknya kak

    ReplyDelete
  4. Penting sekali ya bunda memberikan asupan gizi lengkap dan seimbang untuk anak, dimasa-masa pertumbuhan. Alangkah bagusnya jika rutin minum susu setiap hari. Apalagi susunya Indomilk yang sekarang sudah ada varian bubuknya ya..

    ReplyDelete
  5. Jadi, si abang skearang tingginya udah pesat dong ya, soalnya bundanya kasih nutrisi terbaik supaya bisa tumbuh tinggi tangguh & tanggap

    ReplyDelete
  6. Baru tahu cara perhitungan tingi badan kayak gitu.

    Gak enak banget jadi anak cewek kalo bapaknya pendek ya. Dikurangi 13 😂

    ReplyDelete
  7. Mempersiapkan yg terbaik bagi anak-anak merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Seperti menyediakan nutrisi yg penting bagi pertumbuhan anak, selain dgn makanan bergizi juga perlu ditambah dengan susu. Semoga anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan cerdas

    ReplyDelete
  8. Wah Mbak Diah...aku jadi itung-itung deh tinggi badan anak-anak. Hehe...Baru tahu lho, ada prediksi tinggi badan anak dari orang tuanya. Memang sih susu Indomilk udah jaminan mutu deh...

    ReplyDelete
  9. Ternyata ada rumus untuk menghitung tinggi badan anak jika diambil dari keturunan. Baru tahu saya.

    Selain faktor genetik, faktor lingkungan dan nutrisi juga penting banget ya. Jadi kita sebagai orang tua tidak boleh abai, mentang-mentang bapak ibunya tinggi, pasti anak tinggi; belum tentu begitu. Karena ada hal lain juga yang mempengaruhinya.

    Untungnya saat ini ada susu bubuk Indomilk untuk mendukung pertumbuhan anak. Biar anak tumbuh tinggi, cepat tanggap dan cerdas.

    ReplyDelete
  10. "Tumbuh tinggi" itu memang perlu dikejar ya, karena ada batas usianya. Beda sama berat badan yang nggak ada batas usia. Aku dulu pengen banget sampe tinggi minimal 165 cm. Eh, mentok di 161 cm :D

    ReplyDelete
  11. susu kesukaan aku mbak, bahkan sampe sekarang. kalau lagi pengen minum indomilk, beli yang susu cair hehe

    ReplyDelete
  12. Ternyata ada cara menghitung tinggi badan anak ya..
    Supaya tumbuhnya optimal, perlu diberi susu seperti susu bubuk Indomilk

    ReplyDelete
  13. Banyak variannya ya mba Indomilk Susu bubuk optinutri ini, Mana kandungan nutrisinya pun lengkap. Ada kalsium, protein dan omega 3. 3 cara menambah tingginya aku catet ah, biar nanti kalau menikah terus punya anak, anaknya enggak kurang tinggi seperti aku :(

    ReplyDelete
  14. Dengan banyaknya susu untuk anak, ibu harus cerdas dan tanggal memilih susu yang sekiranya memang dapat memenuhi kebutuhan gizi anak dan tentunya harus disukai juga sih

    ReplyDelete
  15. Ternyata faktor yang berperan penting itu adalah susu Indomilk yang full nutrisi ya mbak

    ReplyDelete
  16. waaa tos dulu ah sama adeknya, aku pun minum indomilk susu bubuk cokelat ini. hihi
    rasanya enak, nggak eneg, banyak gizinya pula

    ReplyDelete
  17. wah,Susu Indomilk makin bnyak varian dan pilihan. Semangat mnum susunya Kak. semoga kakak makin sehat dan kuat seperti harapan Papa Mama ya 😍🌟

    ReplyDelete
  18. Aku dan anakku doyan nih Indomilk, rasanya enak dan Kaya manfaat ya mbak

    ReplyDelete
  19. Rajin minum susu apalagi dengan kandungan bagus seperti susu bubuk Indomilk ini dapat membantu tumbuh dan kembang anak-anak

    ReplyDelete
  20. Serius ada rumus menghitung tinggi badan anak? wah pengetahuan baru nih buat saya. Dulu, Audiku pun lahirnya bantet, kecil mungil. Pernah dibilang karena akunya pendek maka anaknya akan pendek juga. Sejak itulah Audi kuminta rajin minum susu. Eh sekarang tinggi. Indomilk salah satu susu kegemaran Audi lho

    ReplyDelete
  21. waaah indomilk ini susu aku dari jaman masih kecil dulu. enak yaa dek rasa cokelat. sehat-sehat selalu yaa dedek :)

    ReplyDelete
  22. Ini bisa jadi opsi kalau anakku udah mulai agak gedhe nih. Skrg sih masih full ASI. Kalau ngerasain yang kemasan kecil langsung minum sih enak. Mestinya yang ini juga yahud rasanya.

    ReplyDelete
  23. Oh, ternyata ada rumusnya ya , Mbak. Wah, kalau anak perempuanku lumayan ini, karena tinggi ayahnya 183, tapi kalau anak laki-lakiku kasian juga, cos Emaknya cuma 153, haha. Makanya saya support banget dari asupannya. Biarlah sama-sama tinggi kakak-adik. Salah satunya dengan konsumis susu begini.

    ReplyDelete
  24. Dalam tumbuh kembang anak memang nutrisi harus diperhatikan. Jangan sampai mengalami stunting. Hingga pertumbuhan tak memenuhi standar.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community