Bukan Hanya Bagi Anak, Vaksin Juga Penting Bagi Orang Dewasa

Wednesday, September 30, 2020

Pemberian vaksin bagi bayi dan balita adalah salah satu kebutuhan yang wajib diberikan orangtua kepada anak-anak sebagai bentuk usaha atau ikhtiar orangtua dalam melindungi kesehatan anak. Meskipun sampai saat ini di masyarakat kita itu masih saja terus terjadi pro dan kontra tentang pemberian vaksin khususnya bagi anak-anak. Namun, orang dewasa pun juga penting untuk mendapatkan vaksin.    


Sebagai seorang Ibu, tentu saya pun juga berusaha memberi yang terbaik untuk anak-anak saya termasuk patuh memberikan imunisasi dan vaksinasi yang sesuai dengan ketentuan IDAI. Hmm, imunisasi dan vaksinasi? Emangnya beda ya?  

Ya benar, imunisasi dan vaksinasi adalah hal yang berbeda. Awalnya saya pun mengira imunisasi dan vaksinasi adalah hal yang sama, maklum lah ya mamah muda. Tapi setelah membaca beberapa referensi saya jadi tahu bahwa imunisasi dan vaksinasi adalah hal yang berbeda karena cara kerjanya pun juga berbeda, meski kedua hal ini memiliki manfaat yang sama yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit. 


Perbedaan Vaksin, Imunisasi dan Vaksinasi 


Vaksin adalah alat untuk membentuk antibodi terhadap suatu penyakit tertentu. 

Sedangkan imunisasi adalah proses dalam tubuh agar seseorang mempunyai kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Imunisasi ini memiliki dua jenis yaitu imunisasi aktif (yang bekerja secara alami di dalam tubuh untuk menghasilkan antibodi atau kekebalan tubuh terhadap penyakit setelah seseorang mendapatkan vaksin sebagai respon imun yang sudah dibentuk saat anak mendapatkan vaskin rutin setiap bulannya) dan imunisasi pasif (yang didapatkan dari orang yang kekebalan tubuhnya sudah terbentuk namun imunisasi ini bertahan tidak lama). 

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke mulut guna meningkatkan produksi antibodi sebagai upaya penangkal suatu penyakit. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa vaksinasi adalah tindakan mendapatkan vaksin, sedangkan imunisasi adalah hasil dari vaksin yaitu terbentuknya kekebalan tubuh. 

Manfaat Vaksin bagi Tubuh 

Segala sesuatu pasti punya manfaat sendiri, begitu juga dengan vaksin ini. Setiap orang membutuhkannya agar dapat melawan penyakit tertentu sesuai manfaat dari vaksin itu sendiri. Saat ini, vaksin pun juga sudah terbilang aman, cepat dan efektif dalam mencegah penularan penyakit. Beberapa manfaat vaksin bagi tubuh antara lain:

  • Mencegah penyebaran penyakit; Tidak hanya sekedar melindungi dari penyakit, pemberian vaksin ini juga dapat mencegah penyebaran penyakit tertentu. 
  • Melindungi dari risiko cacat dan kematian; Vaksin bagi Ibu hamil sangat penting untuk melindungi janin yang dikandungnya dari risiko cacat dan kematian (salah satunya adalah virus rubella). 
  • Daya tahan tubuh lebih kuat; Pemberian vaksin yang tepat dapat meningkatkan antibodi bagi seseorang, ini juga bisa sebagai investasi kesehatan bagi tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit. 

Meskipun waktu kecil orangtua telah memberikan vaksin buat kita, tapi ternyata vaksin itu juga berguna lho bagi orang dewasa. Jadi tidak hanya anak kecil saja yang butuh vaksin namun orang dewasa pun juga tetap membutuhkannya. Terlebih lagi dalam menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini. Setidaknya ada 7 jenis vaksin yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu: 

  1. Vaksin Influenza; Influenza adalah penyakit yang paling sering hinggap di tubuh kita, apalagi saat pergantian musim. Menurut WHO, pemberian vaksin influenza dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mencegah influenza. Olehnya itu disarankan untuk melakukan vaksin influenza ini sekali dalam setahun untuk mencegah serangan maupun penularan flu. 
  2. Vaksin Pneumonia; Pneumonia adaah penyakit radang paru yang dipicu oleh bakteri Streptococcus yang biasanya menyerang saluran nafas bagian bawah. Penularan pneumonia ini terjadi lewat udara seperti saat batuk, bersin bahkan bicara. 
  3. Vaksin Hepatitis A dan Hepatitis B; Kedua vaksin ini sangat penting diberikan pada mereka yang bekerja di tempat penyajian makanan seperti di restoran. Penyakit Hepatitis A disebabkan oleh virus Hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran pengidap dan biasanya penyebarannya melalui makanan. Sedangkan penyakit Hepatitis B disebabkan oleh virus Hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati akut atau menahun. 
  4. Vaksin HPV; vaksin ini bertujuan untuk menghindari serangan virus Human PapilomaVirus (HPV) yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks pada wanita dan kutil kelamin pada pria maupun wanita.  
  5. Vaksin Tetanus, Difteri dan Pertusis; Pertusis biasanya dikenal dengan batuk rejan. Vaksin ini umumnya telah diberikan sejak balita terlebih lagi yang memiliki catatan aktif imunisasi sejak balita (imunisasi DPT). Namun jika usia 64 tahun dan belum pernah menerima vaksin jenis ini selama 10 tahun terakhir sangat dianjurkan untuk melakukan vaksir agar terhindar dari beberapa penyakit. 
  6. Vaksin Cacar; vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit cacar air yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Sama dengan imunisasi DPT, biasanya telah ada sejak balita namun jika belum mendapatkannya konsultasikan dengan dokter dan akan diberi dosis yang berbeda. 
  7. Vaksin Measles, Mumps dan Rubella (MMR); vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit measles atau lebih dikenal dengan campak, mumps atau gondong, dan rubella atau cmapak Jerman.  
Mengingat pentingnya vaksin itu sendiri, sebaiknya kita memang sadar untuk melakukan vaksin secara rutin. Apalagi menghadapi masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Setidaknya ada tiga dari tujuh vaksin tadi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat ini yaitu: vaksin influenza, vaksin pneumonia, dan vaksin pertusis ini karena erat hubungannya dengan saluran pernafasan. 

Cara Aman Mendapatkan Vaksin Dewasa 

Bagi yang ingin mendapatkan vaksin kita bisa segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Emang sih ya, sangat riskan jika ke luar terlebih lagi ke tempat seperti fasilitas kesehatan yang tingkat penularan virusnya sangatlah tinggi. Beruntunglah bagi Temans yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya yang dapat mengakses vaksin Jakarta via Halodoc, jadi bisa lebih mudah menemukan tempat-tempat yang menyediakan vaksin yang diinginkan lengkap dengan informasi lainnya yang kita butuhkan.                                                                                                                                           
Vaksin Jakarta Halodoc

Tentu, kita sudah tidak asing lagi dong ya dengan Halodoc? Jadi sekarang ini kita tidak hanya bisa melakukan konsultasi online dengan ribuan dokter spesialis maupun dokter umum yang kita butuhkan saja atau membeli obat via aplikasi ini saja lho, tetapi bisa juga mendapatkan informasi rapid test dan sekarang ada informasi lengkap mengenai vaksin juga ya. Duh, lengkap banget ya Halodoc ini. Jelas sangat bermanfaat buat kita semua ya terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya. Jangan lupa patuhi protokol kesehatannya ya: jaga jarak, selalu gunakan masker dan rajin cuci tangan dengan sabun ya! 



You Might Also Like

36 Comments

  1. Setelah dewasa kayaknya cenderung abai sama vaksinasi :( Padahal ke anak-anak disiplin banget bawa mereka vaksinasi

    ReplyDelete
  2. wah abru tahu aku jika orang dewasa juga butuh vaksin, tetapi masyarakat kita sepertinya kurang peduli akan hal ini. Semoha dengan adanya pandemi ini kita semua makin terbuka dan rutin dalam melakukan vaksin di tempat terpercaya

    ReplyDelete
  3. Di masa pandemi seperti ini, memang perlu sekali vaksin ya, Mbak. Apalagi kalau ada urusan mendadak dan harus bepergian jauh.
    Tapi namanya vaksin sebagai alat untuk membentuk antibodi terhadap suatu penyakit tertentu, jadi harus memang kita lakukan. Seperti kata bijak, lebih baik mencegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
  4. Waaah iya aku pikir iminisasi dengan vaksin juga sama. Ternyata beda ya. Emang perlu banget nih meski sudah dewasa buat divaksin. Soalnya kan mencegah penyakit tertentu ya . Jadi kita bisa pilih vaksin apa yang kita mau ya.

    ReplyDelete
  5. Ternyata Halodoc tidak hanya mbahas tentang penyakit saja yaa.. baru tahu kalau kita juga bisa mendapat info mengenai vaksin di aplikasi itu. Pengen tahu nih perkembangan vaksin covid untuk negara kita

    ReplyDelete
  6. Memang sebagian orang keliru ya mba, menganggap kalau pemberian vaksin khusus bayi dan balita saat posyandu.
    Dan tentu sebagai orang awam aku pun juga beranggapan sama, tapi waktu aku baca artikel mba ini, betapa pentingnya kita untuk di vaksin terlebih lagi dalam kondisi seperti sekarang ya.

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya ragam vaksin sekarang ini. Btw apakah jangka waktu atau masa penggunaan vaksin seumur hidup sekali atau beberapa kali dalam sekian tahun ya?

    ReplyDelete
  8. Wwowoh...baru tahu lho, ternyata vaksin dan vaksinasi beda. Dan baru tahu juga kalau dewasa juga perlu vaksin. Tahunya cuma kalau mau haji/ umroh aja. Harus konsultasi dulu ya ke dokter, perlu vaksin apa aja. Trims infonya...

    ReplyDelete
  9. saya saat dewasa seingat saya cuma vaksin yang mau nikah itu
    tapi kalau anak saya selain vaksin dasar juga ada tambahan yang untuk anti pnemonia
    krn dulu sempat kena dan setelah sembuh disuruh dokter vaksin
    sebagai yang pro vaksin saya setuju klu orang dewasa jg harus vaksin
    sekarang gampang ya mendapatkan vaksin cukup dengan akses aplikasi halodoc, keluar deh semua info tempat2 vaksin

    ReplyDelete
  10. Iya mbak kmren aku dapat project nulis vaksin banyak bangt

    Jadi sadar ternyata vaksin buat manusia dan juga buat yg dewasa itu banyak macamnya..

    Kirain banyak buat anak2 aja

    ReplyDelete
  11. Baru tahu beneran ternyata ada vaksin influenza ya Mbak Diah. Apalagi pas pandemi gini ya memang sangat urgent, semua orang--ga peduli anak--kudu sehat dan diproteksi. Makasih ya infonya berharga banget.

    ReplyDelete
  12. wah vaksin HPV pun nyari lokasi yang terdekatnya bisa lewat halodoc ternyata ya, lengkap dengan vaksin lainnya. Coba aku nanti mau cobain mba. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  13. Betul Banget nih ..anak dan dewasa terutama yg usia lanjut sangat rentan terkena virus maka untuk mengoptimalkan di berikan vaksin dan dgn ada halodoc sangat membantu sekali nih

    ReplyDelete
  14. Aku sempet mikir gini, vaksin itu ya udah cuma waktu kecil aja. Hehe. Ternyata semakin berkembang nya zaman malah jd semakin banyak penyakit, jadi orang dewasa juga harus vaksinasi ya. Canggih ya bisa cari tahu lewat aplikasi di halodoc sekarang.

    ReplyDelete
  15. Yang paling ditunggu sekarang adalah vaksin Covid hahah.. tapi semua vaksin yang berhubungan sama pernafasan nggak ada yang masuk di badan sy mbak.. saya masih heran aja sama yang anti vaksin, tapi ya kembali sama keyakinan masing masing hehe..

    ReplyDelete
  16. Lengkap banget informasinya mom, aku jadi banyak belajar dari tulisan ini secara baru punya bayi lagi

    ReplyDelete
  17. AKu seminggu lalu baru melakukan vaksin influenza yang tadinya emang gak kepikiran sih bakal melakukan vaksin ini dan kata pak suami orang dewasa juga perlu.

    ReplyDelete
  18. Dulu setau aku vaksin itu khusus anak anak usia 0-5 tahun dan ibu hamil aja, pas nikah aku juga baru tau kalau sebelum nikah ada namanya vaksin TT untuk calon kedua mempelai, ternyata cukup banyak jenis & manfaatnya nya ya vaksin itu.

    ReplyDelete
  19. lagi cari vaksin yang home care gt, msh takut datang ke RS, huhuu

    ReplyDelete
  20. Saya juga awalnya mikir vaksin itu cuma buat anak-anak. Kalo udah gede mah ga usah, udah kuat dan kebal. Eh ternyata vaksin-vaksin yang diberikan saat kecil, efektivitasnya juga bsia menurun seiring bertambahnya usia.

    ReplyDelete
  21. iya nih kayanya aku perlu vaksin ulang juga. Apalagi masa corona kaya gini

    ReplyDelete
  22. Kebetulan banget suamiku ngajakin buat vaksinasi flu. Aku lihat di Halodoc aja deh

    ReplyDelete
  23. Semoga kelak selain 7 vaksin di atas, Halodoc pun dapat merekomendasikan klinik dokter yang bs mengakomodasikan vaksin antiCovid-19 ya Mbak... aamiin

    ReplyDelete
  24. setujuu, memang vaksin untuk orang dewasa juga penting loh. tergantung kondisinya, sebelum vaksin baiknya konsul aja dulu kali ya ama dokter biar bisa tepat penanganannya.

    ReplyDelete
  25. Untung ada aplikasi Halodoc yaa. Kita jadi lebih mudah mencari informasi tentang fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin begini.

    ReplyDelete
  26. Bener banget. Vaksin emang penting juga buat orang dewasa untuk kita ya. Makasih informasinya ya sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  27. Iya saya juga baru tau tentang vaksin untuk dewasa ini, kapan hari tetangga saya cerita bahwa dirinya harus di vaksin biar nggak mudah sakit2an

    ReplyDelete
  28. Ternyata orang dewasa juga perlu vaksinasi ya, Mbak. Aku tu pengen vaksin Hepatitis dan HPV masih maju mundur hihihi.

    ReplyDelete
  29. Hehehe baru tahu saya perbedaan vaksin dan imunisasi. Padahal selama ini bawa anak bilangnya gitu terus. Dan lucunya bidan desa juga kader posyandu di kampung saya sama ga pernah (atau ga bisa?) kasih penjelasan

    ReplyDelete
  30. Iyap sepakat banget. Aku bberapa kali vaksin sebagai bentuk perlindungan diri biar sehat. Sosialisasi seperti ini wajib kita gencarkan ya

    ReplyDelete
  31. betul, vaksin penting untuk segala umur agar tetap sehat dan imunitasnya tetap baik. jadi jangan sampai gak vaksin yaa.

    ReplyDelete
  32. Halodoc semakin keren aja nih. Perasaan dulu cuma bisa konsultasi aja, sekarang makin banyak fiturnya. Thank you for sharing mbak.

    ReplyDelete
  33. Wah..
    Ternyata vaksin nggak hanya penting buat anak2 ya,, tapi perlu juga buat orang dewasa

    ReplyDelete
  34. Taunya yang buat mengurangi gejala Covid itu vaksin influenza dan pneumonia, ternyata Pertusis juga berpengaruh ya.

    DPT kan udah dapat sebagai imunisasi dasar ya, kalau untuk orang dewasa perlu diulang lagi gak ya saat ini?

    Aku sih rencana mau vaksin influenza khususnya buat suami yang emang gampang flu dan masih sering keluar rumah buat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun Mbak baru tahu soal ini. Masih dikit yang bahas

      Delete
  35. Penting banget vaksin untuk orang dewasa, saya juga sudah pernah vaksin influenza mbak karena penting apalagi di jaman pandemi saat ini.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah membaca :)

Nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^
Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

Followers

Member of

Emak2Blogger #1minggu1cerita BloggerPerempuan Estrilook Community Indonesia Hijab Blogger Mom Blogger Community